Bacaterus / Buku / Mari Mengembangkan Diri dengan 10 Buku Self Improvement Ini!

Mari Mengembangkan Diri dengan 10 Buku Self Improvement Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Oktober 2019

Sebagai manusia kita harus terus belajar untuk mengembangkan diri. Nggak peduli berapa pun usianya, dari manapun asalnya. Mengembangkan diri nggak cuma di sekolah atau di kampus, tetapi bisa dilakukan di mana saja dengan cara yang berbeda-beda.

Arus perubahan datang semakin cepat, kalau kita nggak mengembangkan diri kita akan jadi orang yang ketinggalan. Pengembangan diri adalah syarat utama dalam beradaptasi untuk perubahan itu. Membaca buku bisa jadi salah satu cara yang menyenangkan untuk mengembangkan diri.

Ada banyak buku pengembangan diri atau yang biasa disebut buku self-improvement. Butuh rekomendasi? Mari mengembangkan diri dengan 10 buku self-improvement di bawah ini.

1. GRIT: Kekuatan Hasrat dan Kegigihan – Angela Duckworth

GRIT Kekuatan Hasrat dan Kegigihan (Copy)

Dalam usaha mengembangkan diri GRIT adalah pilarnya. Menurut penelitian Angela Duckworth, seorang profesor psikologi dari Universitas Pennysilvania, GRIT adalah ketekutan dan gairah untuk menuntaskan tujuan jangka panjang. Itu adalah bahan bakar terpenting dalam perkembangan manusia. Apakah kamu punya GRIT? Bisakah GRIT diasah atau dikembangkan?

Semua pertanyaan tentang GRIT akan dijawab oleh buku ini. Kalau kamu punya tujuan jangka panjang yang ingin kamu tuntaskan, bacalah buku ini. Apa yang tertuang di dalam buku ini akan jadi bekal yang berbobot untuk usahamu di kemudian hari. Tertarik untuk membaca buku ini? Bisa beli bukunya di Bukalapak lewat link ini.

2. Principles: Life and Work – Ray Dalio

Principles Life and Work (Copy)

Nama Ray Dalio mungkin nggak asing di telinga banyak orang. Wajar saja, dia salah satu orang terkaya di dunia. Buku ini tebal, jadi ada baiknya dibaca kalau lagi santai. Nggak perlu dilahap habis dalam sekali duduk karena apa yang disampaikan di buku ini butuh fokus kita.

Ray Dalio membagikan prinsip-prinsip yang dia pegang dalam meraih kesuksesan. Tentu saja apa yang dia katakan bukan kata-kata manis tetapi tanpa makna, karena dia sendiri sudah membuktikannya. Prinsip-prinsip yang tertuang di dalam buku bisa jadi mengisi ruang-ruang kosong dalam pikiran dan persaanmu.

Buku dengan harga kisaran Rp120 ribuan ini bisa Anda beli melalui toko online Bukalapak di link ini.

3. Filosofi Teras – Henry Manampiring

Filosofi Teras (Copy)

Emosi negatif adalah masalah hidup yang dekat dan seringkali terjadi tanpa disadari. Apa kamu pernah marah-marah waktu terjebak macet? Apa kamu pernah merasa rapuh sehingga apapun bisa dengan mudah menghancurkan pertahanan dirimu? Buku ini membantu kita untuk mengembangkan diri dari dalam.

Meskipun ada kata ‘filosofi’ di judulnya, juga banyak bercerita tentang filsafat dan hal yang berkaitan dengan itu, buku ini nggak berat kok. Bahkan, buku ini akan relevan untuk orang yang nggak suka baca sekalipun. Disarankan supaya nggak buru-buru kalau lagi baca buku ini, maknai dan nikmati lembar demi lembar karena apa yang tertulis di sana akan kita bawa untuk waktu yang sangat lama.

Jika Anda tertarik untuk membaca buku ini, silakan langsung miliki bukunya dengan membelinya di Bukalapak lewat link ini. Bukunya dijual dengan kisaran harga Rp80 ribuan saja.

4. Lateral Thinking – Edward de Bono

Lateral Thinking (Copy)

Buku ini diterbitkan tahun 1970 dan menyajikan gagasan tentang teknik berpikir. Sebuah gagasan yang nggak bisa. Biasanya kita cuma berpikir begitu saja, seolah berpikir menjadi tindakan otomatis. Namun, cobalah baca dulu gagasan Edward de Bono tentang berpikir. Kemungkinan besar, gagasan ini nggak dipelajari di sekolah. Padahal berpikir adalah kewajiban umat manusia selain bernapas.

Buku ini akan membantu kita memperbaiki cara kita berpikir. Buku ini menuturkan gagasannya dengan cara yang mudah dipahami, jadi siapapun yang membaca nggak akan kerepotan untuk memaknai setiap kalimatnya. Setelah membaca buku ini, kamu akan punya pendekatan yang berbeda ketika memikirkan sesuatu atau memecahkan masalah. Tertarik? Klik link ini untuk bisa membelinya di Bukalapak.

5. Think Like a Freak – Steven D. Levitt

Think Like a Freak (Copy)

Apakah kamu pernah mendengar gagasan yang gila tetapi keren dari seseorang sampai kamu mengguman, ‘kok aku nggak mikir ke sana ya?’. Barangkali itu karena dia sudah membaca buku ini, sementara kamu belum. Kita juga sering melihat orang-orang melakukan sesuatu yang luar biasa, sementara kita cuma bisa mengagumi mereka.

Mungkin kamu pernah mengalami masalah besar, sementara itu ada orang lain mengalami masalah serupa tetapi bagi dia itu hanyalah masalah kecil yang sangat biasa. Kenapa bisa demikian berbeda? Karena kamu dan dia punya cara berpikir yang berbeda. Buku ini akan membantu kamu berkembang sejak dalam pikiran. Yuk, baca dan beli bukunya di Bukalapak lewat link ini!

6. The Book of Ikigai – Ken Mogi

The Book of Ikigai (Copy)

Jepang dikenal sebagai negara dengan budaya yang kuat. Budaya tepat waktu, menjaga kebersihan, dan lain-lain. Ikigai adalah salah satu budaya yang dipegang orang Jepang dari generasi ke generasi. Buku ini akan membuat kita bertanya pada diri sendiri.

Ikigai berbicara tentang keselaran. Ikigai, filosofi Jepang yang mengandung motivasi, semangat, serta gairah untuk menjalani hidup. Ada contoh nyata yang tertulis di buku ini. Salah satunya kisah Jiro Ono, pembuat sushi terkenal yang berusia 91 tahun. Dia menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk membuat sushi dan nggak pernah bosan. Karena dia menemukan ikigai ketika membuat sushi. Mau baca buku ini? Silakan beli bukunya di Bukalapak lewat link ini.

 7. Memorizing Like an Elephant – Yudi Lesmana

Memorizing Like an Elephant (Copy)

Gajah dikenal sebagai binatang dengan ingatan yang hebat. Sementara manusia, Bahkan gajah bisa mengingat hal-hal kecil seperti bau tubuh kelompoknya. Kebanyakan manusia, punya ingatan seadanya. Ada berapa banyak orang sih yang meluangkan waktu untuk mengasah ingatan?

Buku ini dibuat untuk kamu yang ingin mempertajam ingatan. Seperti pisau, ingatan juga bisa tumpul kalau nggak diasah. Semakin hari, semakin banyak hal yang kita lupakan. Bahkan hal-hal sederhana seperti kunci kamar, dompet, atau ponsel. Kalau kamu ingin mengasah ingatan, buku ini akan jadi pendamping yang tepat. Segera dapatkan buku ini di Bukalapak lewat link ini.

8. Get Smart – Brian Tracy

Get Smart (Copy)

Semua orang ingin pintar, tetapi seringkali kita nggak tahu bagaimana caranya. Apakah pintar itu berarti membaca banyak buku, rajin mengerjakan tugas, atau hal-hal semacam itu? Brian Tracy punya cara yang efektif untuk memaksimalkan kinerja otak kita.

Entah apa tujuan kamu saat ini, mungkin kamu ingin toko yang baru kamu rintis laris, atau kamu ingin mendapat nilai bagus di akhir semester. Buku ini akan membantu kamu merapikan cara-cara menjadi lebih efektif untuk mencapai tujuanmu. Dengan harga sekitar Rp60 ribuan, Anda sudah bisa mendapatkan buku ini di Bukalapak lewat link ini.

9. How to Win Friends & Influence People In The Digital Age – Dale C & Assoaciates

How to Win Friends And Influence People In The Digital Age (Copy)

Sekarang ini komunikasi sudah semakin dekat, beragam dan mudah. Ini eranya digital, otomatis punya cara yang berbeda untuk bergaul di era digital. Buku ini akan memandu kamu yang ingin bergaul dan punya pengaruh di era digital. Menyapa orang di media sosial punya cara yang berbeda dengan menyapa tetangga.

Mengingat semakin hari dunia digital semakin berkembang, rasanya buku ini akan menjadi sangat penting untuk dipelajari. Apa yang tertulis di buku ini nggak cuma berguna untuk pergaulan tetapi juga untuk pekerjaan. Dua hal itu adalah pilar utama kesuksesan seseorang. Ingin punya bukunya? kamu bisa mendapatkannya di Bukalapak dengan cara klik link ini.

10. Goodbye, Things: Hidup Minimalis ala Orang Jepang – Fumio Sasaki

Goodbye, Things Hidup Minimalis ala Orang Jepang (Copy)

Coba lihat sekelilingmu, apa yang ada sekarang? Dari semua itu, seberapa banyak yang masih berguna? Pasti nggak semuanya kan? Lalu, kenapa masih ada di sana kalau nggak berguna? Kita mungkin nggak tahu kenapa yang nggak berguna masih ada di sana.

Fumio Sasaki cuma pria biasa. Dia nggak percaya diri dan suka membandingkan diri. Suatu hari, dia mengurangi barang-barang yang dia miliki. Dia mencoba untuk hidup minimalis dan manfaatnya di luar perkiraanya. Dia membagikan kisah, tips, dan manfaat yang dia rasakan di buku ini. Untuk membeli buku ini, silakan kunjungi Bukalapak di link ini.

Demikian 10 buku self-improvement yang direkomendasikan buat kamu. Semoga buku-buku itu bisa membantu kamu untuk mengembangkan diri. Selain itu, kamu juga perlu nih membaca buku yang bisa memberikan motivasi supaya menjadi manusia yang lebih baik. Kalau kamu punya buku lain, silakan dibagikan di kolom komentar ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar