Bacaterus / Buku / 8 Buku Raditya Dika yang Bisa Membuat Pembacanya Ngakak

8 Buku Raditya Dika yang Bisa Membuat Pembacanya Ngakak

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tidak mengenal sosok Raditya Dika? Pria yang memiliki nama asli Dika Angkasaputra Moerwani Nasution ini kini banyak dikenal sebagai stand up comedian, YouTuber, dan juga sutradara film. Namun Raditya Dika sebenarnya mengawali karirnya sebagai seorang penulis di blog pribadinya.

Di tahun 2005, kisah-kisah di blog tersebut kemudian diterbitkan menjadi sebuah buku yang menjadi buku pertama Raditya Dika. Buku ini meledak di pasaran karena dianggap memberikan genre baru yang cukup segar, yaitu dengan format buku harian dan dibumbui komedi ala Raditya Dika. Bagi kamu yang mengaku fans Raditya Dika, kamu harus membaca kisahnya dalam buku-buku Raditya Dika berikut.

1. Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh

Kambing Jantan

* sumber: lelahnurulfadhilah.blogspot.com

Buku pertama dari Raditya Dika diambil dari nama blognya, Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh. Buku ini diterbitkan oleh Gagas Media pada tahun 2005. Buku dengan tebal halaman sejumlah 235 halaman ini ditulis dengan gaya dan konsep buku harian yang kemudian menjadi salah satu buku best-seller karena dianggap membawa genre baru.

Kisah dalam buku ini lebih banyak menceritakan mengenai kehidupan Raditya Dika ketika berkuliah di Adelaide, Australia. Dalam buku ini juga diceritakan sosok Kebo, pacar Raditya Dika yang saat itu harus menjalani hubungan LDR dengannya serta bagaimana adaptasi Dika ketika harus tinggal di Australia. Kambing Jantan juga sudah diangkat menjadi film di tahun 2009.

2. Cinta Brontosaurus

Cinta Brontosaurus

* sumber: www.alfan.id

Buku kedua dari Raditya Dika yang diterbitkan oleh Gagas Media terbit pada tahun 2006 dengan judul Cinta Brontosaurus. Masih dengan konsep buku harian dan mengangkat tema komedi percintaan, buku ini menceritakan 13 pengalaman hidup Raditya Dika dengan total 160 halaman. Di buku ini, Dika menceritakan kisahnya sejak ia masih menjadi murid sekolah dasar.

Novel Cinta Brontosaurus lebih banyak menceritakan mengenai kisah cinta Raditya Dika. Di buku ini kamu bisa membaca bagaimana kisahnya ketika ditolak oleh wanita yang disukainya saat masih berada di sekolah dasar hingga proses pencarian cinta Raditya Dika saat ia sudah beranjak dewasa. Semua kisah tersebut tentunya tetap diceritakan dengan gaya komedi yang menghibur.

3. Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa

Radikus Makankakus

* sumber: anakkosdaily.blogspot.com

Buku ketiga Raditya Dika memiliki judul yang cukup unik, yaitu Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa. Buku ini masih diterbitkan oleh penerbit Gagas Media pada tahun 2007 dengan tebal mencapai 230 halaman. Sama seperti kedua novel sebelumnya, novel ketiganya ini tetap menceritakan kisah hidup Raditya Dika yang dibagi ke dalam tiga belas bab.

Kisah-kisah dalam novel ini lebih banyak menceritakan pengalaman hidup Raditya Dika yang tergolong unik dan tidak biasa, mulai dari kisahnya saat melakukan penelitian kehidupan badut, pengalaman dia memiliki teman dengan dua kepribadian, pengalaman ketika Dika terjebak banjir bersama keempat adiknya, hingga cerita saat ia menemukan WC yang unik di suatu kota.

4. Babi Ngesot: Datang Tak Diundang, Pulang Tak Berkutang

Babi Ngesot

* sumber: www.gedangrejo-karangmojo.desa.id

Di tahun 2008, Raditya Dika kembali menerbitkan novel dengan judul yang sangat kocak, Babi Ngesot: Datang Tak Diundang, Pulang Tak Berkutang. Kali ini buku Raditya Dika diterbitkan oleh penerbit PT Bukune Kreatif Cipta dan memiliki tebal halaman sebanyak 216 halaman. Buku ini mengisahkan cerita komedi kehidupan Raditya Dika yang terbagi ke dalam 17 bab.

Selain mengangkat tema komedi, Raditya Dika juga memberi sedikit unsur horor dalam novelnya kali ini. Dalam satu cerita, Dika menceritakan bagaimana ia diteror oleh setan rambut poni yang ia anggap mirip Britney Spears setelah ia pindah rumah hingga membuat keluarga dan pembantunya kesurupan. Ada juga kisah saat Dika menyiapkan babi bersayapnya ketika kencan.

5. Marmut Merah Jambu

Marmut Merah Jambu

* sumber: www.tokopedia.com

Selang dua tahun dari novel terakhirnya, Raditya Dika kembali menerbitkan novel pada tahun 2010 dengan judul Marmut Merah Jambu dengan penerbit PT Bukune Kreatif Cipta. Buku dengan tebal halaman 222 halaman ini lebih banyak menceritakan kisah cinta yang dialami orang-orang dan juga dialami oleh Raditya Dika sendiri, tentunya dengan komedi yang kental.

Ada 13 kisah cinta dalam buku ini yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi Raditya Dika atau yang dialami orang-orang terdekatnya. Kamu akan membaca cerita cerita romantis namun konyol, mulai dari kisah cinta diam-diam, indahnya masa-masa PDKT dalam pacaran, hingga kisah pahit mengenai bagaimana sebuah cinta bisa ditolak mentah-mentah.

6. Manusia Setengah Salmon

Manusia Setengah Salmon

* sumber: www.bukalapak.com

Manusia Setengah Salmon adalah buku keenam dari Raditya Dika yang terbit tahun 2011 oleh penerbit Gagas Media. Buku dengan total halaman sebanyak 264 halaman ini mengambil judul Manusia Setengah Salmon karena ikan salmon dianggap sebagai ikan yang selalu berpindah-pindah tempat dan selalu berusaha untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Seperti judulnya, kisah-kisah dalam novel Raditya Dika kali ini lebih banyak membahas mengenai perpindahan, mulai dari pindah rumah hingga pindah hati dari satu orang ke orang yang lain. Dalam berbagai kisah di buku ini, Dika menceritakan dengan gaya komedi khasnya bagaimana proses perpindahan itu memang sulit namun juga banyak pelajaran yang bisa didapatkan.

7. Koala Kumal

Koala Kumal

* sumber: mbahyudi45.blogspot.com

Novel drama komedi selanjutnya dari Raditya Dika terbit pada tahun 2015 oleh Gagas Media dengan judul Koala Kumal. Novel dengan tebal halaman sebanyak 250 halaman ini berisikan dua belas kisah keseharian Raditya Dika yang lebih banyak menceritakan mengenai cerita-cerita tentang patah hati yang dialami Dika semenjak ia masih menjadi anak SD hingga mahasiswa.

Berbagai kisah tersebut banyak menceritakan mengenai kisah Raditya Dika yang berujung tragis, mulai dari kisah patah hatinya saat kecil hingga saat ia bertemu dengan wanita yang tidak diketahui namanya. Selain itu, dalam novel ini juga diceritakan mengenai kisah saat Raditya Dika mulai menggeluti dunia film saat buku-bukunya mulai diangkat ke dalam film layar lebar.

8. Ubur-Ubur Lembur

Ubur-Ubur Lembur

* sumber: farbooksventure.blogspot.com

Ubur-Ubur Lembur merupakan novel terbaru dan terakhir dari Raditya Dika saat ini. Novel Ubur-Ubur Lembur terbit pada tahun 2018 melalui penerbit Gagas Media. Dengan tebal halaman sebanyak 232 halaman, Ubur-Ubur Lembur mengangkat genre komedi dengan berbagai macam tema di dalamnya, mulai dari pertemanan, percintaan, karir, dan juga masa kecil Raditya Dika.

Dari berbagai kumpulan kisah Raditya Dika yang konyol tersebut, pembaca juga bisa mengambil pelajaran mengenai bagaimana proses perjalanan hidup seseorang hingga ia menjadi dewasa. Raditya Dika menuliskan bahwa semakin kita berubah menjadi dewasa, maka dunia sekitar kita juga akan ikut berubah.

Itulah delapan novel Raditya Dika yang dijamin akan membuatmu terpingkal-pingkal saat membacanya. Namun, dibalik kisah-kisah konyol kesehariannya, Raditya Dika juga banyak mengajarkan pembacanya mengenai pembelajaran hidup yang disampaikan dengan gaya komedinya yang ringan.

Buku Raditya Dika manakah yang sudah kamu baca dan menjadi favoritmu? Ceritakan di kolom komentar! Jangan lupa untuk selalu membeli dan membaca buku original untuk menghargai penulisnya ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *