Bacaterus / Buku / 10 Rekomendasi Buku Panduan Diet yang Menarik untuk Dibaca

10 Rekomendasi Buku Panduan Diet yang Menarik untuk Dibaca

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Menurunkan berat badan memang bukan perkara yang mudah. Meskipun demikian, bila mengetahui tips dan trik yang tepat dalam melakukan diet, maka bukan hal yang mustahil bagi seseorang mendapatkan tubuh ideal seperti yang diharapkan.

Nah, berbicara mengenai diet, kali ini Bacaterus akan membahas beberapa buku yang menarik untuk kamu baca sebagai panduan dalam melakukan diet.

Selain ditulis oleh praktisi berpengalaman, buku-buku ini juga bisa membantu memotivasi kamu untuk menjalani hidup lebih sehat. Inilah 10 rekomendasi buku panduan diet yang wajib untuk dibaca.

1. Bukan Buku Diet – Alvin Hartanto

Bukan Buku Diet - Alvin Hartanto

* sumber: ebooks.gramedia.com

Meskipun judul bukunya terdengar kontradiktif, namun Bukan Buku Diet karya Alvin Hartanto ini bisa menjadi solusi tepat bagi kamu yang ingin menjalani diet dengan sukses. Buku ini sendiri berisi panduan diet yang cukup lengkap bagi para pemula.

Selain berisikan cara menanamkan mindset pola hidup sehat, buku ini juga menyajikan informasi penting seperti pola makan sehat sesuai ahli gizi, panduan olahraga di rumah sampai mitos-mitos seputar diet yang wajib diketahui oleh orang-orang yang ingin memulai diet.

Nah, bila kamu bingung memilih buku panduan diet yang cocok bagi pemula, Bukan Buku Diet bisa menjadi rekomendasi yang menarik.

2. Diet Kenyang dengan Cooking Hypnotherapy – Dewi Hughes

Diet Kenyang dengan Cooking Hypnotherapy - Dewi Hughes

* sumber: ebooks.gramedia.com

Dewi Hughes merupakan satu dari sekian banyak selebritis yang berhasil menurunkan berat badan dengan menjalankan pola diet. Nah, dalam bukunya yang berjudul Diet Kenyang dengan Cooking Hypnotherap Dewi Hughes membagikan pengalamannya selama menjalankan diet sampai akhirnya sukses memiliki tubuh ideal.

Buku ini sendiri tidak hanya menyajikan seputar makan, akan tetapi juga terdapat pengalaman penulis dalam menanamkan sugesti melalui hypnotherapy ketika menjalankan diet. Nah, bagi kamu yang ingin sukses menurunkan berat badan mengikuti selebriti yang satu ini, buku ini bisa menjadi panduan menarik yang wajib untuk dibaca.

3. Diet Minimalis – DR. Yoshinori Nagumo

Diet Minimalis - DR. Yoshinori Nagumo

* sumber: mobile.twitter.com

Diet Minimalis adalah karya Dr Yoshinori Nagumo, seorang direktur umum dari klinik Nagumo. Selain menjadi dosen tetap di Jikei Medical University dan Kinki University, ia juga kerap menjadi dosen tamu di beberapa universitas, seperti Dong-A University, Korea Selatan dan Dalian Medical University di China.

Dalam bukunya, Dr. Yoshinori Nagumo menjelaskan secara detail beberapa sumber daya tahan hidup yang dimiliki oleh setiap manusia. Pada dasarnya diet yang disarankan dalam buku ini adalah makan sekali sehari dengan mengkonsumsi makanan secara utuh.

Meskipun sepintas terlihat ekstrim, namun dalam buku ini dijelaskan pula alasannya secara rinci berdasarkan penelitian medis yang telah dilakukan sang penulis. Sehingga tentunya aman bila dilakukan sesuai dengan panduan. Nah, biar lebih jelas, kamu bisa baca sendiri buku panduan diet ini.

4. Diet Untuk Penyakit Komplikasi – Rita Ramayulis, DCN, M. Kes.

Diet Untuk Penyakit Komplikasi - Rita Ramayulis

* sumber: shopee.co.id

Nah, bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit komplikasi, namun ingin menjalankan program diet dengan aman dan efektif, maka buku berjudul Diet Untuk Penyakit Komplikasi karya Rita Ramayulis ini bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai panduan diet.

Selain dapat membantu para penderita penyakit komplikasi untuk berdiet, dalam buku ini juga terdapat berbagai tips dan trik dalam mengatur makanan yang tepat bagi penyakit yang berbeda.

Dalam buku ini sendiri akan dibahas dua penyakit yang kerap ditemukan dalam masyarakat, yaitu obesitas dan diabetes mellitus. Nah, bagi kamu yang memiliki masalah-masalah di atas, buku diet yang satu ini pun wajib untuk kamu baca sebelum memulai diet.

5. The 8-Hour Diet

The 8-Hour Diet

* sumber: m.bukalapak.com

Istilah intermittent fasting memang bukan hal yang asing bagi para pelaku diet. Pola diet seperti memang banyak dipilih orang karena cukup efektif dalam hal penurunan berat badan.

Nah, dalam buku berjudul The 8-Hour Diet karya David Zinczenko dan Peter Moore ini pun memiliki pola yang sama dengan diet tersebut, di mana pelaku diet lebih memfokuskan diri pada menu makanan yang harus dikonsumsi dalam jangka waktu 8 jam sebelum akhirnya dilanjutkan dengan berpuasa.

Menariknya, dalam buku ini juga dijelaskan 8 makanan yang bisa menjadi rekomendasi untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, alzheimer dan lain-lain.

6. You The Owners Manual – Michael F. Roizen, M.D, Mehmet C. Oz, M.D.

You The Owners Manual - Michael F. Roizen

* sumber: m.bukalapak.com

Salah satu buku panduan diet yang cukup populer dan cukup laris di dunia berjudul You: The Owners Manual karya Michael F Roizen dan Mehmet C. Oz atau yang populer dengan Dr. Oz. Dalam buku ini para pembaca akan diajak untuk mempraktikkan program diet tanpa disadari pelakunya sedang menjalankan diet.

Selain mengajak pembaca mengenal lebih jauh bagian-bagian penting yang terdapat dalam tubuh, buku ini juga mampu membantu merubah cara pandang pembaca mengenai diet. Buku ini memang tidak hanya mengulas mengenai pola makan saja, akan tetapi membahas juga berbagai aspek lain dengan cara yang mudah dimengerti dan menyenangkan.

7. Sure You Can Do Diet – PT Nutrifood

Sure You Can Do Diet - PT Nutrifood

* sumber: m.bukalapak.com

Selanjutnya ada buku berjudul Sure You Can Do Diet yang ditulis PT Nutrifood Research Center. Buku ini sendiri didedikasikan bagi masyarakat khususnya bagi masyarakat Asia dengan gaya hidupnya. Buku ini sendiri menyajikan berbagai informasi menarik seputar nutrisi yang tepat bagi tubuh, panduan olahraga, hingga panduan untuk mendapatkan postur bentuk tubuh ideal.

Selain menggunakan bahasa yang sederhana, buku ini juga dilengkapi dengan gambar yang membuat siapa saja yang membaca bisa memahami dengan jelas. Nah, bagi kamu yang ingin menjadikan diet sebagai gaya hidup, maka tak ada salahnya membaca salah satu buku panduan diet terbaik ini.

8. Rahasia Diet – Denny Santoso

Rahasia Diet - Denny Santoso

* sumber: m.bukalapak.com

Denny Santoso memang bukan nama asing dalam dunia kesehatan. Pakar nutrisi yang cukup terkenal ini memang kerap membagikan tips dan triknya dalam menjalankan pola diet. Salah satunya dalam bukunya yang berjudul Rahasia Diet.

Dalam buku ini ia menjelaskan berbagai hal penting yang harus diketahui oleh orang-orang yang ingin mendapatkan tubuh sehat. Selain meluruskan berbagai pandangan keliru tentang diet, buku ini juga mengajak pembaca membuka wawasan baru mengenai diet yang lebih mudah, namun bisa mencapai hasil yang maksimal.

Buku ini memang bisa memenuhi keingintahuan masyarakat awam tentang pola diet yang benar. Jadi, buku ini sangat menarik untuk dibaca oleh para pemula.

9. Perfect Health Diet – Paul Jaminet dan Shou-Ching Jaminet

Perfect Health Diet - Paul Jaminet

* sumber: shopee.co.id

Buku yang ditulis oleh pasangan Paul Jaminet dan Shou-Ching Jaminet ini bisa menjadi buku panduan diet lainnya yang bisa jadi alternatif bagi kamu yang ingin menjalankan pola diet yang sehat. Perfect Health Diet sendiri berisikan pengalaman penulis yang menjalani hidup sehat meskipun mengalami penyakit kronis.

Setelah melakukan penelitiannya selama hampir 5 tahun. Kedua peneliti yang berasal dari Harvard University itu pun membagikan rahasia keduanya menjalani hidup sehat dengan memaksimalkan nutrisi bagi tubuh, detoksifikasi, dan meningkatkan imunitas tubuh.

10. Diet Keto – Adelina Mayang

Diet Keto - Adelina Mayang

* sumber: shopee.co.id

Diet Keto memang cukup populer dalam beberapa tahun ke belakang. Untuk memberi informasi yang cukup bagi pelaku diet, buku ini bisa menjadi bacaan yang menarik. Di dalam buku ini pembaca akan diajak berkenalan dengan salah satu diet yang cukup banyak digemari masyarakat Indonesia.

Diet Keto sendiri merupakan diet yang dilakukan dengan memanfaatkan asupan rendah karbo dan tinggi lemak. Diet ini dipercaya mampu menurunkan berat badan dengan cepat tanpa harus menahan diri dari makanan yang lezat. Bila kamu ingin memulai diet keto, buku panduan diet yang satu ini memang wajib kamu baca sebelum mulai melakukan diet.

Demikianlah 10 rekomendasi buku panduan diet terbaik yang wajib dibaca oleh mereka yang hendak melakukan diet. Semoga buku-buku panduan buku diet yang telah dibahas di atas bisa menjadi referensi bagi kamu yang hendak merubah pola hidup sehat dengan berdiet. Kamu bisa mendapatkan buku-buku original di atas di toko-toko buku favoritmu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *