Bacaterus / Buku / 10 Buku Paling Kontroversial yang Banyak Dilarang di Dunia

10 Buku Paling Kontroversial yang Banyak Dilarang di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Semua orang sepakat bahwa buku adalah jendela dunia dimana semua orang bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang berguna dari sebuah buku. Buku bisa membuat wawasan Anda semakin luas dan membuat pikiran Anda semakin terbuka. Banyak hal yang bisa di dapat dari membaca buku. Meskipun begitu ada beberapa buku paling kontroversial.

Kali ini bacaterus akan membahas beberapa buku paling kontroversial di dunia. Buku-buku yang akan dibahas kali ini adalah beberapa buku yang dianggap membawa dampak buruk tidak hanya ke satu orang, namun ke seluruh dunia dan seluruh masyarakat baik yang membacanya atau yang tidak membaca.

The Satanic Verses

satanic verses buku paling kontroversial

Buku yang diterbitkan pada tahun 80-an ini merupakan salah satu buku paling kontroversial. Pasalnya buku ini menggemparkan kaum Muslim di dunia. Di novelnya yang ke-4 disebut bahwa Rushdie, penulis buku ini sangat menghujat agama tertentu contohnya menyebut Muhammad sebagai Mahound.

Beberapa Negara seperti Venezuela, Jepang, dan Amerika melarang adanya peredaran buku ini. Di Venezuela akan dijatuhkan hukuman 15 bulan penjara bagi siapapun yang membaca buku ini. Sementara di Jepang, seorang penerjemah yang terlibat dalam buku ini ditikam sampai tidak bernyawa lagi. Sedangkan di Amerika, buku-buku ini diambil dari rak-rak yang ada di toko buku.

American Psycho

american psycho

American Psycho adalah sebuah novel yang diterbitkan pada tahun 1991 dengan menyoroti Yuppies yang memiliki sifat lelucon di Amerika. Peran utama yang ada dalam novel ini, Patric Bateman, adalah seorang yuppie gila dan seorang pembunuh berantai. Buku ini termasuk dalam kategori buku paling kontroversial di dunia.

Saat dirilis ternyata novel ini dikecam keras oleh masyarakat karena dianggap menceritakan kekerasan grafis yang ekstrim serta penyiksaan seksual. Sampai akhirnya sang penulis novel ini, Bret Easton Ellis, menerima surat-surat kebencian serta ancaman kematian. Buku ini dilarang untuk orang yang belum memiliki usia diatas 18 tahun.

Lolita

lolita buku paling kontroversial

Bukan hal aneh jika buku tentang pedofilia adalah sesuatu yang sangat dikecam oleh masyarakat. Hal ini terjadi kepada novel Lolita karya Vladimir Nabokov ini. Novel ini menjadi sangat kontroversial pada saat pertama kali diterbitkan pada tahun 1955 di Perancis.

Novel ini menceritakan seorang pria, Humbert, yang memiliki obsesi kepada gadis 12 tahun, Dolores Haze. Dari cerita inilah membuat buku ini sebagai buku terlarang di beberapa Negara seperti Perancis, Inggris, Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Argentina.

Jangan disangka novel ini tidak ada yang membeli, pasalnya novel ini sangat laku keras dan sangat sukses di Amerika dengan total penjualan 100.000 eksemplar dalam tiga minggu pertama. Sayangnya buku ini juga termasuk dalam kategori buku paling kontroversial di dunia.

The Chocolate War

chocolate war buku paling kontroversial

Buku ini sebenarnya diperuntukkan untuk kalangan remaja dan dewasa muda, namun buku ini dengan cepat dilarang untuk beredar setelah para orang tua membaca isi-isi dari buku tersebut. Orang tua banyak protes dan meminta untuk melarang peredaran buku The Chocolate War dan menjadikannya buku paling kontroversial di dunia.

Mereka tentu saja memiliki alasan karena novel yang diterbitkan pada tahun 1974 ini berisi tentang kekerasan, kata-kata untuk memaki orang, serta mastrubasi. Novel ini tidak akan ditemukan dimanapun karena buku ini masih dilarang di perpustakaan dan toko-toko buku di seluruh dunia sampai saat ini.

Holly Blood and Holly Grail

holly blood and holly grail

Holly Blood and Holly Grail sebuah buku yang diterbitkan pada tahun 1982. Buku ini mengejutkan masyarakat dunia dengan pandangan yang ditawarkan yang ada pada buku ini dan menjadi buku paling kontroversial di kalangan masyarakat dunia terutama umat Kristiani.

Buku ini membuat marah banyak orang terutama penganut Kristen. Pasalnya buku ini memberikan pandangan bahwa Yesus tidaklah ilahi, ia menikah dan melakukan hubungan seks dengan wanita, Maria Magdalena. Setelah itu mereka memiliki anak.

Dan dikatakan dalam buku ini bahwa anak Yesus bermigrasi ke Gaul, yang sekarang dikenal dengan Perancis, dan mendirikan dinasti Merovingian.

The God Delusion

god delusion

Ini adalah sebuah novel yang kontroversial dan menjadi bahan perdebatan untuk kalangan ateis dan teis. Novel ini beranggapan bahwa pencipta atau Tuhan itu tidak ada dan hanya percaya pada diri sendiri sebagai Tuhan.

Namun, jangan salah bahwa buku novel nonfiksi yang satu ini termasuk novel nonfiksi yang paling sukses hingga mencapai dua juta kopi. Dawkins, sang penulis terang-terangan mengatakan di dalam bukunya ini bahwa agama hanya sebuah khayalan. Dawkins sendiri tidak percaya tentang adanya Tuhan dan lebih percaya terhadap hal-hal logis.

The Wasp Factory

wasp factory

Novel kekerasan sangat dikecam dan dilarang oleh beberapa orang bahkan di beberapa Negara seperti novel karya Banks ini. Penulis asal Skotlandia ini menulis sebuah novel yang dianggap mengandung kekerasan. Novel pertama Banks yang diluncurkan tahun 1984 ini dikecam dan dilarang.

Dalam novel ini menceritakan seorang Frank Cauldhame, 16 tahun, yang menyiksa binatang dan membunuh tiga orang anak. Novel ini ditulis dengan gaya kata ganti orang pertama. Kisah hidup Frank diceritakan dari pikiran Frank sendiri.

Nineteen Eighty-Four

nineteen eighty four

Buku ini sangat dipengaruhi oleh pandangan sang penulis, George Orwell. Ia menulis buku ini pada saat menjelang kematiannya. Dalam buku ini berisi tentang Amerika Serikat dan Uni Soviet, serta topik-topik seputar totaliterisme, penyiksaan, pelanggaran privasi, pengendalian pikiran, seks, agama, dan masih banyak lagi.

Ada juga yang beranggapan bahwa novel ini yang telah menciptakan gagasan “Big Brother”, artinya kita selalu diawasi. Namun beberapa juga menganggap bahwa sang penulis pada saat menulis buku ini sedang sakit jadi dia menulis tidak dengan kesadaran penuh.

The Davinchi Code

DaVinci Code buku paling kontroversial

Buku kali ini merupakan buku paling kontroversial dan juga bisa dikatakan sebagai buku yang cukup terkenal. Sebenarnya buku ini berupa sebuah novel. Namun, buku ini menjadi buku paling kontroversional karena mengungkap rahasia-rahasia gelap yang disembunyikan oleh Gereja Katolik.

Penulis novel ini adalah Dan Brown. Dan Brown sendiri telah menulis beberapa seri Davinchi Code seperti novel Angels and Demons. Di balik kontroversinya, novel ini juga memiliki banyak cukup penggemar. Namun sayangnya Dan Brown pernah digugat atas tuduhan plagiarisme.

Catcher in The Rye

catcher in the rye

Kali ini buku paling kontroversial datang dari novel yang cukup terkenal juga. Novel ini dianggap sebagai salah satu novel terbesar yang pernah ditulis dan juga berada dalam daftar Time Magazine’s. novel ini menjadi 100 novel berbahasa Inggris terbaik lho.

Namun, meskipun novel ini sangat terkenal, ternyata novel ini tidak lepas dari predikat buku paling kontroversial. Awal mulanya novel ini hanya ditujukkan untuk orang dewasa, namun sayangnya banyak remaja yang gemar membaca novel ini.

Novel ini menjadi buku paling kontroversial dikarenakan telah banyaknya para remaja yang membaca. Dan dalam novel ini terdapat unsur kebingungan, kecemasan, seksualitas, keterasingan, dan juga banyaknya unsur-unsur pemberontakan remaja. Namun beberapa para kritisi juga mengkritik novel ini dikarenakan adanya unsur anti-kristen sentiment.

Nah itu dia beberapa buku yang paling kontroversial di dunia. Bagaimana menurut Anda? Apakah buku-buku diatas layak dibaca atau tidak?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *