Bacaterus / Buku / Buat Bos dan Calon Bos, Ini 10 Buku Kepemimpinan Terbaik!

Buat Bos dan Calon Bos, Ini 10 Buku Kepemimpinan Terbaik!

Ditulis oleh - Diperbaharui 31 Maret 2020

Dibalik kerennya seorang pemimpin, ada beban tanggung jawab yang demikian besar di baliknya. Ada orang-orang yang merelakan diri dipimpin. Untuk itu, seorang pemimpin harus senantiasa berkembang dari hari ke hari. Karena perkembangan pemimpin akan berbanding lurus pada perkembangan apapun yang dipimpinnya.

Wawasan dan pengalaman jadi modal utama kepemimpinan seseorang. Kalau kamu ingin merasakan jadi pemimpin, jadilah orang yang layak dipanggil ‘Bos’ sama orang-orang yang kamu pimpin. Kamu harus mengakrabkan diri dengan buku-buku. Karena di sanalah sumbernya segala ilmu. Buat bos dan calon bos, Bacaterus akan memberikan informasi 10 buku kepemimpinan terbaik.

1. Leadership 101 – John C. Maxwell

Leadership 101 - John C. Maxwell

Seorang pemimpin sudah sepantasnya mengetahui hal-hal apa saja yang harus diketahui oleh pemimpin. Beban yang ditanggung pemimpin berbeda dengan orang lain. Ada hal yang nggak diketahui orang lain tetapi harus diketahui oleh seorang pemimpin. Hal-hal itu, tertulis di buku ini.

Pikirkan semua kesuksesan di dunia ini. Negara yang maju? Perusahaan yang berkembang? Atau mungkin keluarga yang harmonis? Semuanya ditentukan oleh kepemimpinan. Di dalam buku ini tertulis intisari dari kepemimpinan yang sangat berguna untuk mengembangkan potensi yang dimiliki para pembaca. Tenang, pemimpin hebat juga pernah ada di posisi belum jadi apa-apa seperti kita saat ini. Jadi, buku ini cocok untuk siapapun tanpa kecuali.

Kini, kamu bisa membeli buku Leadership 101 ini di Bukalapak melalui link ini.

2. Great Leader in You – Derli Fahlevi

Great Leader in You - Derli Fahlevi

Untuk bergerak maju, kita harus melakukan perubahan secepat mungkin dan sebaik mungkin. Perubahan itu ditentukan oleh sikap kepemimpinan yang kita miliki. Kita semua pemimpin untuk diri sendiri kan? Kita berperan untuk menginpirasi, memotivasi, dan berinovasi sekurang-kurangnya untuk diri sendiri.

Buku ini menawarkan solusi untuk segala perubahan dan perkembangan yang akan kita hadapi. Di dalamnya tertulis gagasan sekaligus harapan supaya kita terhindar dari disrupsi dan mampu membuat keputusan yang tepat. Kepemimpinan nggak cuma harus dimiliki sama orang besar, kita juga perlu mempelajari itu untuk kebaikan diri sendiri.

Dapatkan buku Great Leader in You ini secara online dengan membelinya di Bukalapak lewat link ini

3. The 4 Dimensions of Extraordinary Leadership – Jenni Catron

The 4 Dimensions of Extraordinary Leadership

Buku ini membahas tentang 4 dimensi yang menjadi pondasi kepemimpinan. Narasi yang tertulis di buku ini sederhana tetapi menawan. Dilengkapi dengan kisah-kisah nyata yang menginspirasi. Ada empat aspek penting yang dibedah di buku ini.

Buku ini membahas kepemimpinan lebih dalam dari berbagai sisi. Kita butuh hati untuk kepemimpinan relasional. Kita butuh jiwa untuk kepemimpinan spiritual. Kita butuh pikiran untuk kepemimpinan manajerial. Kita butuh kekuatan untuk kepemimpinan visioner. Kalau kamu ingin memperkuat kepemimpinan dari dalam, buku ini akan sangat membantu.

4. Change Leadership: Non Finito – Rhenald Kasali

Change Leadership Non Finito

Kalau kita melihat seorang pemimpin, umumnya kita melihat tentang betapa suksesnya dia, atau betapa pintarnya, dan segala kelebihan lainnya. Kita nggak pernah tahu betapa sulitnya dia ada di posisi itu. Buku ini menawarkan sesuatu yang berbeda.

Buku ini akan membawa kita menyelami rintangan, risiko, hingga akibat yang menjadi makanan sehari-hari untuk seorang pemimpin. Itulah yang kerap ditemui seorang pemimpin perubahan. Buku ini banyak bercerita tentang sosok pemimpin perubahan dan cara mereka mematangkan kepemimpinan di balik segala rintangan dan risiko dari perubahan.

5. Man’s Searching For Meaning – Viktor E. Frankl

Man's Searching For Meaning - Viktor E. Frankl

Buku ini yang paling sering disebut sebagai buku kepemimpinan yang baik. Di dalamnya, bukan cuma tertuang teori belaka. Ada sesuatu yang jauh lebih dalam dari itu, yakni makna. Kalau kamu ingin bahagia, buku ini nggak akan mengajari kamu cara untuk berbahagia. Namun, buku ini akan mengubah pandangan kamu tentang kebahagiaan.

Rasanya semua kalau seorang pemimpin pernah membaca buku ini, pandangannya terhadap beberapa hal akan berubah. Kamu ingin sukses? Buku ini nggak akan mengajari kiat-kiat menjadi sukses, tetapi lebih dalam daripada itu. Buku ini akan memberikan pandangan baru tentang apa itu kesuksesan?

Perhatikan nama-nama ini; Steve Jobs, Bill Gates, Elon Musk. Mereka adalah wujud nyata dari ‘originals’ yang dimaksud buku ini. Pertanyaannya, bagaimana caranya menggali dan membangkitkan gagasan itu? Seperti kita nama-nama besar itu adalah orang biasa dengan 24 jam yang sama.

Manusia dilahirkan berbeda-beda, tetapi kenapa sulit mencari apa yang membedakan kita dengan orang lain? Kita semua punya ‘originals’ masing-masing dan buku ini membantu kita untuk menggali dan mematangkan itu. Buku kepemimpinan yang satu ini merupakan salah satu dari 65 buku terbaik yang wajib dibaca menurut Richard Branson. Yuk beli  buku Originals ini dengan masuk ke Bukalapak lewat link ini.

7. The Emperor’s Handbook – Marcus Aurelius

The Emperor's Handbook - Marcus Aurelius

Buku ini ditulis oleh Kaisar Romawi yang berkuasa 161 sampai 180 AD. Bukan presiden atau CEO, tapi Kaisar! Kita sudah sering mendengar para pengusaha sukses menulis buku kepemimpinan, tetapi buku ini ada tingkat yang berbeda. Itulah yang bikin buku ini jadi unik dan penting.

Awalnya, buku ini nggak dimaksud untuk dirilis menjadi sebuah buku. Marcus menulis sebagai catatan pribadi yang berisikan pandangannya tentang kehidupan dan kepemimpinan. Kalau kamu ingin tahu gagasan tentang kepemimpinan yang sudah jadi warisan turun temurun, bacalah buku ini.

8. Six Thinking Hats – Edward de Bono

Six Thinking Hats - Edward de Bono

Edward de Bono memang dikenal dengan buku-bukunya yang membahas tentang teknik berpikir. Gagasannya ini telah diajarkan dan dibuktikan di berbagai dunia. Banyak orang merasa terbantu karena mengaplikasikan gagasannya. Buku ini cocok untuk siapapun yang ingin mengasah kepemimpinannya.

Six thinking hats adalah sistem yang dirancang Edward de Bono untuk menjadi alat diskusi kelompok dan pemikiran individu. Enam topi berwarna berarti enam proses berpikir yang berbeda untuk satu masalah. Setelah membaca buku ini, kamu bisa langsung praktik bersama orang-orang di sekitarmu. Kunjungi link ini untuk membeli Six Thinking Hats via Bukalapak.

9. David & Goliath – Malcolm Gladwell

David & Goliath - Malcolm Gladwell

Buku Malcolm Gladwell selalu laris di pasaran karena caranya mengolah data lalu menuturkannya dengan narasi yang sederhana. Hal-hal rumit bisa menjadi segar dan mudah dipahami oleh orang awam. Ini buku kelimanya.

Dalam buku ini yang menjadi bahasan utama adalah tentang rapuhnya sesuatu yang dianggap hebat. Terkesan seperti paradoks, tetapi Malcolm menjelaskannya dengan cara yang masuk akal. Buku kepemimpinan yang penting, selain mengetahui kekuatan kita juga perlu mengetahui kelemahan kan? Segera beli buku ini di Bukalapak dengan masuk ke link ini.

10. Leaders Eat Last – Simon Sinek

Leaders Eat Last - Simon Sinek

Simon Sinek adalah orang yang mempopulerkan gagasan ‘start with why‘ dan kali ini gagasan itu berkembang. Di buku keduanya Simon berbicara untuk ruang yang lebih besar. Kalau buku pertamanya terfokus pada individu, di buku keduanya Simon mengembangkan gagasan itu untuk kelompok.

Bagaimana caranya membuat orang-orang mempercayai apa yang sedang kita perjuangkan bersama-sama. Gagasan yang krusial untuk pemimpin. Tugas paling awal seorang pemimpin adalah memastikan kalau semua orang yang dipimpin melangkah ke arah yang sama. Setelah mematangkan diri secara individu, saatnya mematangkan kepemimpinan demi kemajuan bersama. Klik link ini untuk membeli Leaders Eat Last melalui Bukalapak.

Itulah buku kepemimpinan terbaik yang bisa jadi bahan referensi buat bos atau calon bos. Kalau ada buku lain yang perlu ditambahkan, kolom komentar sudah disediakan. Tahukah kamu salah satu rutinitas yang dilakukan oleh seluruh pemimpin terbaik di dunia ini? Berbagi. Nggak ada pemimpin yang nggak berbagi. Jadi, berbagilah sekecil apapun itu. Bahkan meskipun itu cuma sebatas berbagi informasi, karena berbagi nggak harus berbentuk materi.

Untuk semakin mengembangkan skill kepemimpinanmu, baca juga artikel buku pengembangan diri berikut ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *