Bacaterus / Binatang / Inilah 12 Buaya Terbesar di Dunia yang Pernah Ditangkap

Inilah 12 Buaya Terbesar di Dunia yang Pernah Ditangkap

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Maret 2020

Buaya adalah binatang reptil besar yang dapat hidup di air, buaya bisa kamu temukan di Asia, Afrika, Amerika dan Australia, tetapi kamu tak akan menemukan mereka di Eropa. Buaya-buaya dengan ukuran besar biasanya bisa mencapai ukuran 5 meter dan berat hingga lebih satu ton. Ulasan berikut ini akan memperlihatkan buaya-buaya dengan ukuran yang sangat besar. Simak yuk ulasannya!

1. Buaya Lolong

Buaya Lolong

Lolong adalah buaya terbesar yang pernah di catat, panjangnya sekitar 6,17 meter dan beratnya sekitar 1,075 kg. Lolong adalah buaya air asin yang ditangkap di sungai Bunawan Filipina, pada tanggal 13 September 2011. Setelah ditangkap, lolong disimpan di penangkaran.

Penangkapan Lolong merupakan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat, serta ahli pemburu buaya. Perkiraan usianya adalah 50 tahun saat buaya Lolong ditangkap. Penakapannya memerlukan waktu hingga 3 minggu, dan memerlukan 100 orang untuk mengangkatnya ke darat.

Nama Lolong sendiri berasal dari nama seorang pemburu buaya veteran yang bernama Ernesto Lolong Goloran Canete. Beliau telah berburu Lolong selama berminggu-minggu, sebelum akhirnya meninggal karena serangan jantung.

2. Buaya Dominator

Buaya Dominator

Dominator adalah buaya yang berada di Australia tepatnya berada di sungai Adelaide. Dominator belum pernah diukur secara resmi, tetapi diperkirakan panjangnya sekitar 6,1 meter. Di tempatnya, dia harus berbagi tempat dengan buaya besar air asin lain yang bernama Brutus.

Terkadang keduanya keluar meloncat didekat perahu para turis saat turis datang untuk melihat keberadaan mereka berdua. Keberadaan buaya itu kini menjadi destinasi wisata bagi orang yang ingin melihat buaya dari dekat. 

3. Buaya Bujang Senang

Buaya Bujang Senang

Buaya satu ini berasal dari Serawak Malaysia yang memdiami Sungai Batang Lupar. Bujang senang diperkirakan berusia 50 tahun dan memiliki panjang sekitar 5,88 meter. Buaya ini dipercaya sebagai buaya yang sering menyerang manusia.

Bujang senang ditangkap pada tahun 1992, dengan cara ditembak oleh penduduk setempat. Walaupun sebagian orang berspekulsi bahwa mungkin saja buaya tersebut bukan bujang senang, mengingat banyaknya buaya yang menghuni sungai di Serawak.

Ada mitos yang mengatakan bahwa Bujang senang sebenarnya adalah manusia. Dia adalah seorang satria yang bernama Simalungun yang akan membunuh semua keturunan dari orang yang telah membunuh dia dan isterinya.

4. Buaya Brutus

Buaya Brutus

Buaya yang berada di sebelah utara Sungai Adelaide Australia. Panjang dari buaya ini diperkirakan sekitar 5,6 meter dan beratnya lebih dari satu ton.  Sebagian orang percaya bahwa Brutus pernah melawan hiu saat berada di muara sungai yang mengakibatkan dia kehilangan kaki depannya.

Brutus adalah buaya yang menjadi daya tarik wisatawan untuk melihatnya dari dekat. Brutus menjadi terkenal setelah fotonya yang sedang memakan seekor hiu. Brutus diperkirakan telah berusia sekitar 80 tahun.

5. Buaya Yai

Buaya Yai

Yai adalah jenis buaya Siam muara yang berada di Thailand tepatnya di Kebun Binatang Samut Prakan. Buaya Yai memiliki panjang sekitar 5,5 sampai dengan 6 meter. Yai dapat dikatakan sebagai buaya yang jinak, dia tidak merasa terusik walaupun berdekatan dengan manusia.

Pengasuh dan orang yang membersihkan kandangnya pun dapat menyentuh Yai tanpa harus merasa takut. Yai tidak menampakan sifat yang agresif sebagai buaya walau dikelilingi oleh banyak manusia. Tertarik untuk mencoba memegang Yai?

6. Buaya Cassius

Buaya Cassius

Buaya Cassius masuk dalam Guinness World Record sebagai buaya terbesar yang berada di penangkaran. Di tahun 2011 Buaya ini tinggal di Marineland Melania di Green Island Australia. Pada tahun 1987 buaya ini ditangkap di sungai Finis di daerah sebelah utara setelah menyerang perahu.

Cassius memiliki panjang sekitar 5,48 meter, dan usianya diperkirakan sekitar 110 tahun. Nama Cassius sendiri adalah nama asli dari seorang petinju ternama Muhammad Ali yaitu Cassius Clay. Dalam sebuah perkelahian Cassius kehilangan kaki depannya dan ujung dari ekornya.

7. Buaya Gomek

Buaya Gomek

Gomek adalah buaya air asin yang ditangkap di Papua Nugini oleh George Craig. Pada tahun 1985 Gomek dibeli oleh Terri dan Arthur Jones dan berdiam selama lima tahun di Ocala Florida sebelum akhirnya dijual Ke Kebun Binatang Saint Agustine di Florida.

Buaya ini memiliki toleransi terhadap manusia dengan diizinkanya orang mendekat dalam jarak 1 meter pada saat memberinya makan tanpa merasa takut akan diserang. Gomek dianggap jinak, walaupun pada saat memberi makan masih harus menggunakan tongkat panjang.

Pada tanggal 6 Maret 1997, Gomek meninggal karena masalah pada paru-parunya. Pada saat meninggalnya Gomek berusia sekitar 60- 80 tahun dengan ukuran panjangnya 5,42 meter dan berat badannya sekitar 860 kg.

8. Buaya Puento Noire

Buaya Puento Noire

Sudah tak asing lagi kalau di dunia ini banyak binatang yang berukuran sangat besar atau raksasa. Buaya salah satunya. Buaya jarang kita temui karena mereka mereka tinggal di perairan, hutan atau daerah terpencil, contohnya buaya Puento Noire yang berasal dari Afrika.

Banyak desas-desus yang beredar seputar buaya tak bernama ini. Jenis buaya sungai Nil ini di bunuh dalam sebuah operasi pengamanan di Republik Kongo di dekat Puento Noire. Perkiraan panjang dari buaya ini adalah 5,4 meter.

9. Buaya Jaw III

Buaya Jaw III

Jaw merupakan salah satu dari empat tukik buaya air asin yang diimpor dari Singapura oleh Central Leather Research Institute, Madras, pada awal 1970-an. Organisasi itu berencana untuk membantai hewan ini setelah lima tahun untuk menilai kelayakan pertanian buaya.

Jaw III tinggal di sebuah kebun binatang reptil dan stasiun penelitian herpetologi dengan nama Madras Crococile Bank Trust and Centre for Herpetology yang terletak di Chennai India. Ukuran dari Jaw III sekitar 5,2 meter dan beratnya lebih dari satu ton.

10. Buaya Tawi-Tawi

Buaya Tawi-Tawi

Buaya air asin ini ditangkap pada tanggal 9 September 2017, di daerah Tawi-Tawi di Filipina. Buaya ini awalnya terlihat oleh seorang nelayan pada tanggal 8 september 2017, yang di awal dianggap sebagai kayu yang mengapung, tetapi setelah didekati ternyata seekor buaya.

Buaya ini memiliki ukuran panjang sekitar 5, 15 meter. Banyak nelayan dan pegawai pemerintah yang terlibat dalam penangkapan buaya ini dikarenakan buaya ini cukup agresif. Selama penangkapan buaya ini, telah banyak perahu dan jaring nelayan yang rusak. 

11. Buaya Gustave

Buaya Gustave

Buaya yang berasal dari Burundi ini mungkin bukan buaya yang paling besar. Namun buaya ini terkenal karena adanya rumor yang mengatakan dia telah memakan 300 manusia di sekitar pesisir sungai Ruzizi dan di sebelah utara danau Tanganyika.

Tidak ada ukuran yang pasti, berapa ukuran  panjang dan berat dari Gustave dikarenakan sulit untuk menangkap buaya ini. Pada saat terlihat di tahun 2002, perkiraan dari ukurannya sekitar 7,5 meter dan beratnya lebih dari satu ton. Usia Gustave diperkirakan sekitar 60 tahun.

12. Buaya Kalia

Buaya Kalia

Buaya yang berada di Taman Bhitarkanika di di daerah Orissa India, tak ada ukuran yang pasti dari buaya ini dikarenakan kesulitan untuk menangkap buaya besar ini. Hanya perkiraannya ukuran buaya ini sekitar 7,01 meter dan beratnya sekitar 2,000 kg.

Kalia merupakan buaya yang pertama kali ditemukan di India lalu dikirim ke Taman Bhitarkanika yang berada di daerah Orissa Negara India. Buaya Kalia yang disebut-sebut sebagai buaya paling besar di dunia yang tinggal di perairan air asin.

Nah itulah beberapa buaya-buaya dengan ukuran besar, kamu juga dapat melihat mereka karena sebagian dari mereka tinggal di kebun binatang atau fasilitas penangkaran. Ada juga beberapa atraksi yang membuat kamu bisa melihat buaya dari dekat. Apa kamu tertarik untuk melihat mereka sedang beraksi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *