Bacaterus / Juicer / Ini Dia 10 Jenis Buah yang Tidak Boleh Dicampur untuk Jus

Ini Dia 10 Jenis Buah yang Tidak Boleh Dicampur untuk Jus

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Enggak hanya berolahraga, tapi mengonsumsi makanan sehat juga penting, lho! Masih ingat dengan istilah 4 sehat 5 sempurna? Salah satunya ialah mengonsumsi buah-buahan.

Dengan mengonsumsi buah, tubuh dapat menerima asupan gizi yang sehat, mulai dari mencegah obesitas, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan risiko penyakit, hingga menjaga Kesehatan organ tubuh. Itu semua didapat karena banyaknya nutrisi yang terkandung dalam buah.

Untuk kamu yang malas mengonsumsi buah dalam bentuk utuh, kreasi olahan kombinasi buah menjadi jus boleh banget nih dicoba. Eits, akan tetapi kamu tahu enggak nih kalau enggak semua jenis buah itu bisa dikombinasikan lho. Alih-alih mau sehat, malah jadi penyakit! Apa saja ya kombinasi buah itu?

Berikut adalah sepuluh kombinasi buah, yang enggak boleh dicampur untuk jus. Ada apa saja, ya? Check this out, guys!

1. Jeruk dan Wortel

Jeruk dan Wortel

* sumber: feastingnotfasting.com

Pasti banyak dari kalian yang bertanya-tanya, kenapa jeruk dan wortel enggak boleh dikombinasikan, ya? Pasalnya, kombinasi keduanya memang lazim dan banyak dijual di gerai jus buah.

Nyatanya, perpaduan jeruk dan wortel ini dapat menyebabkan refluks empedu, dan membuat naiknya asam lambung. Dengan begitu, setelah kamu mengonsumsinya, perut akan terasa mulas. Bahkan risiko paling bahaya ialah dapat merusak ginjal.

2. Pepaya dan Lemon

Pepaya dan Lemon

Pepaya dan lemon dikenal memiliki banyak manfaat. Pepaya yang memiliki banyak biji ini dinilai dapat melancarkan pencernaan, sedangkan lemon dengan khas rasa masam dapat menurunkan berat badan, hingga mengatasi jerawat.

Ternyata kombinasi keduanya berbahaya bagi tubuh. Jika keduanya dipadukan, maka dapat meningkatkan risiko anemia (kekurangan sel darah merah), bahkan memengaruhi tingkat hemoglobin yang ada di dalam darah. Hati-hati ya, guys!

3. Jambu dan Pisang

Jambu dan Pisang

Siapa tak suka dengan jambu dan pisang? Kedua buah ini mudah sekali ditemukan, mulai dari gerai buah, dibuat dalam kemasan minuman, hingga ditanam pada pekarangan rumah. Namun, kombinasi jambu dan pisang ternyata punya khasiat jahat bagi tubuh.

Kalau kamu mengombinasikan keduanya, hal yang dapat terjadi ialah menyebabkan risiko peningkatan kadar keasaman dalam darah. Dengan begitu, kalian akan merasakan sakit kepala hingga mual.

4. Tomat dan Timun

Tomat dan Timun

* sumber: www.weaverstreetmarket.coop

Tomat dan timun enggak hanya dapat dikreasikan menjadi salad buah atau sebagai lalapan saat makan. Keduanya juga bisa lho dijadikan jus. Terdengar sehat, ya? Nyatanya, tahukah kamu jika kombinasi tomat dan timun ini berbahaya?

Tomat yang memiliki kandungan sumber vitamin C enggak baik dipadukan dengan timun, yang pada dasarnya mengandung penyerapan vitamin C. Jika keduanya dikonsumsi secara bersamaan, maka vitamin C yang seharusnya berkhasiat bagi tubuh malah menjadi masalah.

Dengan begitu, kombinasi tomat dan timun menjadi jus, bukanlah pilihan yang tepat karena akan membuat saluran pencernaan kamu mengalami masalah.

5. Mangga dan Kelapa

Mangga dan Kelapa

* sumber: www.eatthismuch.com

Siapa yang tak suka mengonsumsi manga dan kelapa? Rasa mangga yang manis dapat dijadikan cemilan bahkan menjadi bahan rujakan, sedangkan kelapa biasa kamu temukan sebagai bahan minuman untuk es kelapa. Segar!

Namun, jika keduanya dipadukan sangatlah enggak cocok, dan enggak baik bagi kesehatan tubuh kamu. Kombinasi mangga dan kelapa dapat menyebabkan perlambatan pembentukan glukosa, dan memungkinkan membuat terbentuknya toksin atau zat racun. Hih, enggak mau, kan?

6. Alpukat dan Anggur

Alpukat dan Anggur

Siapa suka alpukat dan anggur? Alpukat merupakan salah satu buah netral yang enggak memiliki rasa manis ataupun masam, sedangkan anggur adalah buah yang memiliki rasa manis. Keduanya biasa dikreasikan menjadi jus. Gimana ya rasanya kalau alpukat dan anggur dikombinasikan?

Saat buah netral dan buah manis dipadukan, hasilnya ialah enggak baik untuk kesehatan tubuh kamu. Setelah mengonsumsinya, maka tubuh kamu akan susah untuk mencernanya. Parahnya lagi, kombinasi keduanya dapat merusak hati.

7. Pepaya dan Kiwi

Pepaya dan Kiwi

* sumber: emmafogt.com

Masih dengan buah netral, pepaya adalah salah satunya. Buah ini sering diremehkan banyak orang karena baunya. Padahal, pepaya punya banyak manfaat. Mulai dari dapat melancarkan pencernaan, dapat mencegah kanker, menjaga Kesehatan jantung, hingga meredakan nyeri saat menstruasi melanda.

Namun, jika pepaya sebagai buah netral dipadukan dengan kiwi yang notabene adalah buah manis, akan menimbulkan hal enggak baik bagi kesehatan kamu. Kombinasi keduanya dapat mengakibatkan pembentukan toksin atau zat racun, yang sudah pasti berbahaya bagi tubuh. Efeknya, kamu akan mengalami sembelit karena usus yang bertugas mencerna harus selalu menyortir dan membuangnya.

8. Mangga dan Lemon

Mangga dan Lemon

* sumber: silk.com

Saat membuat kombinasi jus, ada baiknya padukan rasa buah yang sama. Buah manis dengan buah manis, buah asam dengan buah asam. Jika buah manis dan buah asam dicampurkan, akan menimbulkan masalah pada tubuh kamu.

Seperti halnya kombinasi jus antara mangga dan lemon. Terlihat menyegarkan memang. Namun nyatanya, ketika kamu mengonsumsinya, hasil dari kombinasi jus mangga dan lemon akan membentuk zat racun dalam tubuh. Enggak cuma itu, mereka juga bisa memperlambat pembentukan glukosa.

Pada dasarnya, glukosa adalah salah satu sumber energi, karena hampir semua sel di dalam tubuh mengandalkan glukosa sebagai bahan bakarnya. Jika pembentukan glukosa melambat, maka tubuh akan terasa lemas.

9. Stroberi dan Mangga

Stroberi dan Mangga

* sumber: blog.harryanddavid.com

Stroberi dan mangga adalah buah favorit sepanjang masa. Keduanya memiliki perpaduan rasa yang manis dan asam. Saat keduanya dikombinasikan menjadi jus, tentunya akan menghasilkan rasa yang nikmat nan segar.

Akan tetapi, jika stroberi dengan rasa asam dicampur bersama mangga yang manis, khasiat yang dihasilkan bisa menimbulkan gejala enggak baik pada tubuh. Mangga yang merupakan buah dengan karbohidrat tinggi dipadukan dengan stroberi akan membuat usus kamu susah untuk mencernanya. Dengan begitu organ pencernaan akan bekerja lebih ekstra, dan kamu akan mengalami sembelit.

10. Nanas dan Jeruk

Nanas dan Jeruk

Nanas merupakan buah yang memiliki mitos dapat menggugurkan kandungan pada ibu hamil. Enggak cuma itu, untuk perempuan yang mengonsumsi buah ini dinilai juga bisa mengakibatkan perubahan pada aroma, dan kondisi vagina.

Walaupun begitu, nyatanya masih banyak kok orang yang suka makan nanas. Lebih nikmat lagi, nanas bisa dikreasikan menjadi jus dan dikombinasikan dengan buah jeruk. Ternyata, kombinasi keduanya enggak sehat, lho!

Nanas yang mengandung bromelain atau enzim, enggak sehat kalau dicampur dengan jeruk. Kombinasi nanas dengan jeruk yang memiliki 40 mg kalsium per sajian 100 gram ini bisa menyebabkan sakit kelapa, bahkan diare. Enggak mau kan bolak-balik ke toilet?

Itulah sepuluh kombinasi buah yang lazim dicampur, tapi nyatanya enggak baik untuk kesehatan. Mulai sekarang, lebih perhatikan lagi ya kombinasi buah apa yang cocok untuk sajian jus kamu. Cari tahu khasiatnya dan terapkan dalam keseharianmu. Stay healthy, guys! Cek juga artikel mix buah paling enak untuk jus ini, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *