Bacaterus / Vitamin C / 10 Sayuran & Buah Yang Mengandung Vitamin C Terbanyak

10 Sayuran & Buah Yang Mengandung Vitamin C Terbanyak

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Vitamin C dapat mencegah datangnya flu dan demam, meregenerasi sel darah, serta menguatkan imun atau sistem kekebalan tubuh. Selain itu, penelitian terbaru juga menunjukan jika vitamin C dapat meningkatkan fungsi otak, mempercepat penyembuhan luka, dan menetralisir radikal bebas dalam tubuh.

Dengan berbagai manfaatnya tersebut, maka tidak salah jika vitamin C merupakan nutrisi yang harus dikonsumsi setiap hari. Kekurangan asupan vitamin C dapat membuat tubuh rawan terkena penyakit karena berkurangnya fungsi kekebalan tubuh.

Jumlah asupan vitamin C yang direkomendasikan setiap harinya adalah 90 mg untuk laki-laki dan 75 mg untuk perempuan. Asupan tersebut bisa didapatkan dari berbagai buah dan sayuran. Nah, berikut adalah berbagai sayur dan buah yang mengandung vitamin C dengan kadar yang cukup banyak.

1. Pepaya

masker pepaya

Meskipun tidak asam seperti jeruk, namun pepaya memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Satu buah pepaya dapat mencukupi kebutuhan vitamin C setiap harinya. Selain itu, pepaya juga memiliki kandungan vitamin A, dan vitamin E yang cukup banyak.

Buah yang harganya murah meriah ini juga dapat dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan dan minuman. Salah satu olahan pepaya yang cukup digemari adalah manisannya. Nah, jika Anda tertarik untuk membuat manisan pepaya, silahkan ikuti cara membuatnya di artikel ini.

2. Blackcurrant

Dengan warna hitam keunguannya yang pekat, rasanya tidak sulit untuk membayangkan jika buah ini kaya akan kandungan vitamin C. Dalam segelas jus blackcurrant Anda bisa mendapatkan hingga 180 mg vitamin C. Selain itu, buah ini juga sangat kaya akan kandungan potasium, zat besi, dan vitamin B5.

3. Stroberi

buah yang mengandung vitamin c stroberi

Di balik asam dan kecutnya stroberi, ternyata buah ini memiliki banyak kandungan vitamin C. selain kaya akan vitamin C, buah yang identik dengan warna merah ini juga memiliki banyak kandungan serta dan antioksidan. Keduanya memiliki peran penting untuk melindungi jantung dari kolesterol LDL yang berlebihan.

Dalam 100 gram buah stroberi terdapat sekitar 58 mg kandungan vitamin C. Artinya, jumlah tersebut sudah bisa mencukupi setengah kebutuhan vitamin C harian untuk tubuh.

4. Acerola Cherry

Acerola Cherry atau yang dalam bahasa latinnya disebut Malpighia punicifolia juga merupakan buah yang mengandung vitamin C. Konon, kandungan vitamin C dari buah ini 65 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk. Sayangnya buah ini kurang populer dan jarang ditemukan di Indonesia.

5. Cermai

buah cermai

Cermai atau cereme merupakan buah kecil berwarna kuning yang sangat terkenal dengan keasamannya. Buah ini banyak mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Karena sangat asam, jarang ada orang yang suka memakan buah ini secara langsung. Di Indonesia buah ceremai sering dikeringkan dan dijadikan sebagai manisan.

6. Keluarga Jeruk

cara mengatasi anyang anyangan jeruk nipis

Sudah tidak asing lagi jika keluarga jeruk selalu identik dengan vitamin C. Banyak orang yang mengasosiasikan rasa asam pada buah jeruk sebagai vitamin C. Keluarga jeruk sendiri sangat banyak ragamnya, mulai dari lemon, jeruk limau, jeruk purut, jeruk bali, dan lainnya.

Sebuah jeruk berukuran sedang dapat menghasilkan vitamin C sebanyak 70 mg, sedangkan satu gelas kecil jus keruk mengandung vitamin C hingga sekitar 93 gram. Data tersebut menunjukan bahwa meskipun identik dengan vitamin C, namun sebenarnya jeruk bukanlah buah dengan kandungan vitamin C terbanyak.

7. Kiwi

Kiwi Tips Agar Lancar Buang Air Besar

Beberapa orang mungkin akan terkejut jika mengetahui fakta bahwa Kiwi memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak dibandingkan dengan jeruk. Ya, buah berwarna hijau ini ternyata memiliki kandungan vitamin C sebanyak 92 mg pada setiap 100 gramnya. Artinya, jumlah tersebut sudah mencukupi kebutuhan vitamin C harian.


Buah yang berasal dari Selandia Baru ini juga memiliki kandungan flavonoid dan potasium yang setara dengan buah pisang. Seperti dikutip dari globalhelaingcenter.com, anak-anak yang rutin memakan buah ini akan memiliki saluran pernafasan yang lebih kuat dibandingkan anak-anak lainnya.

8. Paprika

paprika

Paprika merupakan salah satu sayuran yang kaya akan vitamin C dan juga beta carotene. Parika memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti menyehatkan jantung, mencegah katarak, serta mengurangi resiko terjadinya stroke dan serangan jantung.

Sayuran yang biasa menjadi pelengkap dalam masakan ini memiliki kandungan vitamin C sebanyak 183 mg dalam setiap 100 gramnya. Meskipun semua jenis paprika memiliki banyak kandungan vitamin C, namun paprika kuning merupakan yang paling banyak mengandung vitamin C.

9. Jambu Biji

jambu biji

Jambu biji ternyata memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak. Sebuah jambu biji dapat mengandung vitamin C hingga 250 mg atau lebih dari dua kali kebutuhan vitamin C harian yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Jambu biji juga sangat kaya akan serat, asam folik, potasium, dan mangan. Berbagai kandungan tersebut membuat jambu biji menjadi salah satu buah yang cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Di Indonesia sendiri buah ini sangat mudah ditemui dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

10. Brokoli

brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang penuh gizi, termasuk kaya akan kandungan vitamin C. Dalam sekali penyajian, brokoli mampu menyuguhkan vitamin C sebanyak 90 mg. selain itu, brokoli juga terkenal sebagai sayuran penawar racun di dalam tubuh. Brokoli ini dapat dimasak ataupun dimakan mentah dan dijadikan lalapan.

11. Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Berbagai sayuran dengan daun hijau gelap seperti sawi, lobak, selada air, bayam, dan lainnya juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup berlimpah. Setiap 100 gram, sayuran tersebut mampu menyuguhkan vitamin C sebanyak 120 mg. Selain kaya akan vitamin C, berbagai sayuran tersebut juga memiliki berbagai nutrisi lainnya yang sangat berguna untuk kesehatan.

12. Kembang Kol

Kembang Kol

Sayuran lainnya yang menjadi sumber dari vitamin C adalah kembang kol. Dalam sekali penyajian, kembang kol dapat mengandung sekitar 46 mg vitamin C. Nutrisi lainnya yang dimiliki oleh sayuran ini di antaranya adalah vitamin K, folat, dan serat.

13. Tomat

Tomat juga dikenal sebagai sumber vitamin C yang cukup berlimpah. Dalam setiap 100 gram tomat terdapat sekitar 100 mg vitamin C. jumlah tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Menariknya, tomat juga dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, mulai dari dimasak, dijus, hingga dimakan secara langsung.

14. Keluarga Melon

melon

Sama halnya seperti keluarga jeruk, keluarga melon juga dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C yang cukup banyak. Satu gelas jus melon memiliki kandungan vitamin C sebanyak 67 mg, plus vitamin A dan juga potasium. Hal serupa juga berlaku untuk semangka yang mampu mencukupi kebutuhan vitamin C harian dalam satu buahnya.

Nah itulah berbagai buah dan juga sayuran yang memiliki banyak kandungan vitamin C. Dengan rutin mengkonsumsi berbagai buah dan sayuran tersebut, maka kebutuhan nutrisi Anda juga akan selalu terpenuhi setiap harinya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

3 Responses

  1. Mantap terimakasih infonya, sy akan lebih semangat lagi maka buah dan sayur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *