Bacaterus / Food and Recipe / Makanan dan Minuman / 10 Buah-Buahan yang Bagus Untuk Diet Sehat dan Alami

10 Buah-Buahan yang Bagus Untuk Diet Sehat dan Alami

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, pastinya sudah mengetahui pentingnya menu sayuran dan buah-buahan untuk mendukung keberhasilan program diet Anda. Serat didalam sayuran dan buah-buahan dapat membuat Anda lebih cepat kenyang. Selain itu juga dapat mencegah sembelit.

Setiap sayuran dan buah-buahan memiliki kadar serat yang berbeda-beda. Oleh karena itu Anda harus memilih jenis sayuran dan buah-buahan yang cocok untuk program diet Anda. Sehingga program diet Anda bisa dilakukan tanpa membuat Anda kelaparan. Berikut ini  buah-buahan yang bagus untuk diet  sehat:

1. Apel

apel

Buah apel mengandung serat sebanyak 2,4 gram. Apel juga mengandung antioksidan yang tinggi. Berdasarkan pada penelitian, apel bisa mengurangi kadar kolesterol, mencegah demensia, mengurangi resiko kanker paru-paru dan kanker usus besar, mencegah kelebihan berat badan, dan mengurangi resiko kanker prostat.

Untuk wanita membutuhkan serat sebanyak 21-25 gram serat sehari. Sedangkan untuk pria membutuhkan serat sebanyak 30-38 gram serat sehari. Jadi Anda bisa mengonsumsi 1 buah apel ukuran sedang untuk 1 porsi waktu makan. Yaitu pada jam 7 dan 10 pagi, jam 2 siang, jam 4 sore, dan jam 7 malam. Sedangkan jam 12 siang, Anda boleh makan nasi secukupnya dengan lauk kaya akan sayur-sayuran ya.

2. Grapefruit

grapefruit

Grapefruit merupakan jenis buah jeruk dengan kulit berwarna oranye dan memiliki daging buah berwarna merah keunguan dan rasa yang asam. Vitamin C pada buah grapefruit diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol dan membantu produksi kolagen sehongga membuat kulit lebih mulus, kenyal dan kencang.

Buah grapefruit memiliki kadar serat sebanyak 1,6 gram. Jadi Anda bisa mengkonsumsi 1-2 buah grapefruit untuk 1 porsi waktu makan. Atau bisa Anda selingi pada jam-jam tertentu selain apel yang Anda konsumsi.

3. Melon

melon

Kandungan air di dalam buah melon mampu memberikan efek kenyang. Sehingga buah melon dapat menjadi salah satu pilihan menu buah-buahan dalam program diet Anda. Selain itu, buah melon juga mengandung kolagen yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, mempercepat penyembuhan luka, menyehatkan mata, dan juga sebagai zat anti kanker.

Anda bisa mengkonsumsi 1 buah melon yang dibagi dalam 5 porsi makan. Per waktu makan, Anda bisa mengkonsumsi 1-2 slice ukuran sedang. Anda bisa mengaturnya selang-seling dengan jenis buah lainnya supaya tidak bosan.

4. Semangka

semangka

Buah semangka mengandung kadar air yang cukup tinggi. Serta kandungan serat serta karbohidratnya dapat memberikan efek kenyang. Selain dapat menunda lapar lebih lama, juga dapat memperlancar pencernaan sehingga Anda bisa terhindar dari sembelit.

Dari satu buah semangka ukuran sedang, Anda bisa membaginya dalam 5 waktu makan. Seperti pada jam 7 pagi, 10 pagi, 2 siang, 4 sore, dan 7 malam sebanyak 1-2 slice ukuran sedang. Diantara jam-jam tersebut, Anda bisa selingi dengan buah lain seperti apel, melon, ataupun grapefruit. Anda tetap harus makan nasi secukupnya pada jam 12 ya.

5. Pepaya

pepaya

Buah pepaya sudah lama dipercaya mampu memperlancar buang air besar atau disaat Anda sedang sembelit. Memang tidak semua orang menyukai bau khas dari buah pepaya ini. Tetapi buah pepaya ini bisa menjadi pilihan buah lainnya untuk menu diet Anda.

Makanlah buah pepaya langsung tanpa harus dibuat menjadi jus sebanyak 1-2 slice ukuran sedang. Selain kandungan serat tinggi yang dapat membuat Anda kenyang, juga dengan mengunyahnya akan mengirimkan sinyal ke otak untuk mengontrol rasa kenyang. Hal ini untuk mencegah Anda makan berlebihan. Supaya Anda bisa mendapatkan manfaat yang tepat bagi program diet Anda.

6. Kiwi

kiwi

Sebagian orang mungkin kurang menyukai rasa buah kiwi yang cenderung asam. Tetapi buah kiwi merupakan salah satu buah-buahan yang tepat dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program diet sehat. Buah kiwi mengandung serat dan vitamin C yang tinggi. Sehingga membantu menekan nafsu makan serta  dapat membantu membakar lemak didalam tubuh.

Tetapi bagi Anda yang penderita magh, sebaiknya lebih berhati-hati karena dikhawatirkan kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah kiwi ini akan memicu magh Anda kambuh. Anda tetap bisa mengkonsumsinya 1-2 buah kiwi pada jam 2 siang, atau 4 sore. Supaya kondisi lambung Anda dalam keadaan aman karena sudah makan nasi pada jam 12 siangnya.

7. Blueberry

blueberry

Buah blueberry mengandung kalori yang rendah tapi kaya akan serat. Buah blueberry kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Serat didalam buah blueberry dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Sehingga dapat menjadi salah satu menu buah-buahan dalam program diet Anda.

Tetapi Anda tetap harus mengatur seberapa banyak buah blueberry yang anda konsumsi dalam 1 porsi waktu makan. Supaya Anda tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya, makanlah 5 butir buah blueberry untuk 1 porsi waktu makan.

8. Alpukat

alpukat

Kebanyakan orang salah menganggap alpukat akan membuat gemuk. Alpukat jika disajkan dengan benar maka Anda bisa mendapatkan manfaatnya sebagai salah satu buah yang baik untuk program diet Anda. Alpukat mengandung lemak tidak jenuh tunggal yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

Jika Anda tidak menyukai rasa alpukat yang cenderung pahit, Anda bisa mencampurkannya dengan beberapa sendok madu murni. Jangan menambahkan gula, dan susu yang malah akan membuat Anda menjadi gemuk.

9. Pisang

pisang

Buah pisang mengandung vitamin C, serat dan mineral. Buah pisang juga dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Sehingga buah pisang dapat membantu Anda menunda rasa lapar.

Makanlah 1 buah pisang ukuran sedang dengan disertai mengkonsumsi 2 gelas air putih hangat. Selain Anda mengkonsumsinya pada jam diantara makan berat, Anda juga bisa mengkonsumsinya sebelum makan nasi. Supaya Anda merasa lebih kenyang sehingga Anda hanya makan lebih sedikit nasi.

10. Strawberry

strawberry

Buah strawberry mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Rasanya memang asam tapi cukup berkhasiat meluruhkan lemak dalam tubuh. Jika Anda tidak bisa mengunyahnya secara langsung, Anda bisa membuatnya menjadi jus yang dicampurkan dengan beberapa sendok makan madu dan segelas air es. Supaya terasa lebih manis dan segar.

Dalam satu kali makan, Anda sebaiknya mengkonsumsi 5 butir buah strawberry untuk 1 porsi. Pilihlah buah strawberry yang masih segar. Sebaiknya beli buah strawberry untuk satu kali makan, supaya tidak disisakan untuk keesokkan harinya. Untuk menghindari buah strawberry menjadi kurang segar karena buah strawberry lebih cepat busuk meski disimpan didalam lemari pendingin.

Sepuluh jenis buah diatas bisa Anda konsumsi dalam 1 hari atau bisa Anda atur supaya Anda tidak bosan dengan jenis buah yang itu-itu saja. Pilihlah buah yang segar dan bagus supaya Anda mendapatkan nutrisi baik yang dibutuhkan dari buah-buahan tersebut. Jenis buah-buahan yang kulitnya bisa Anda makan, sebaiknya buah tersebut dicuci terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat.

Proses pencucian dengan air hangat ini disertai dengan mengerik lapisan lilin yang biasanya menempel pada bagian kulit. Setelah itu bilas kembali dengan menggunakan air hangat. Kemudian keringkan dengan menggunakan tisu khusus makanan atau lap bersih dan kering.

Hal ini dilakukan supaya Anda benar-benar mendapatkan manfaat yang maksimal dari buah-buahan tersebut untuk program diet sehat Anda. Jika Anda memiliki pengalaman dan pendapat lain tentang buah-buahan yang bagus untuk diet, Anda bisa berbagi pada kolom komentar yang tersedia.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Referensi dan Sumber Gambar :

About the Author:

Eva Tresna Nurhayati
35 thn, ibu rumah tangga, punya dua anak , jualan online, senang menjahit, menonton film, mendengarkan musik, membaca novel, memasak dan membuat cemilan sehat.

Leave A Comment