Bacaterus / Food and Recipe / Makanan dan Minuman / Inilah 10 Buah untuk MPASI yang Pasti Disukai Si Kecil

Inilah 10 Buah untuk MPASI yang Pasti Disukai Si Kecil

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

MPASI adalah Makanan Pendamping ASI. Apakah dengan pemberian MPASI ini artinya bayi sudah tidak mendapatkan asupan ASI? WHO menyarankan para ibu untuk memberikan ASI sampai usia 2 tahun. 6 bulan pertama, bayi memang hanya perlu diberi ASI saja. Setelah memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan, ibu bisa memberikan MPASI untuk menambah nutrisi si bayi.

Mengapa harus memberikan MPASI? Apakah ASI tidak mampu memberikan nutrisi yang diperlukan bayi? ASI memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, bahkan kandungan di dalam ASI sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Hanya saja, semakin banyak nutrisi yang diperoleh si kecil tentu semakin baik untuk tumbuh kembangnya, kan?

Nah, bagi Anda yang ingin mulai memberikan MPASI pada si kecil, Bacaterus akan merekomendasikan buah-buahan mainstream yang sering dijadikan MPASI. Tak perlu khawatir karena si kecil pasti akan menyukai buah untuk MPASI ini.

10 Buah untuk MPASI

1. Pisang

Pisang Buah untuk MPASI

*

Buah yang murah meriah satu ini bisa dijadikan MPASI yang pasti disukai si kecil. Rasa manis alami dari pisang membuatnya cocok menjadi buah untuk MPASI, terutama jika Anda ingin membuat makanan perdana untuk pendamping ASI. Di dalam buah pisang terkandung Vitamin A, fosfor, asam folat, dan kalsium.

Pisang bisa diolah menjadi bubur halus dan diberikan kepada si kecil tanpa tambahan bahan apapun. Akan tetapi, jika Anda merasa repot membuat bubur pisang, cukup kerok pisang dengan sendok, lumatkan sebentar dan berikan kepada si kecil.

2. Pir

Pir

Orang dewasa saja sangat menyukai pir, apalagi bayi. Pir adalah buah dengan kandungan air yang sangat tinggi. Rasa manis dan segar dari buah pir tentu akan memberikan sensasi baru bagi si kecil yang baru saja memperoleh MPASI. Buah pir mengandung fosfor, kalium, kalsium, dan Vitamin C yang baik untuk bayi.

Untuk mengolah pir menjadi MPASI, Anda bisa membuatnya menjadi puree. Hal yang harus Anda lakukan adalah mengupas kulit buah pir, kemudian memotongnya jadi beberapa bagian kecil, dan mengukusnya sampai daging buahnya terasa lebih lunak. Jika sudah matang, haluskan dan saring dengan saringan kawat. Buah pir yang sudah disaring inilah yang nantinya akan diberikan untuk bayi Anda.

3. Pepaya

Pepaya

Buah untuk MPASI tidak harus buah-buahan mahal atau impor. Buah lokal pun bisa diolah menjadi MPASI yang pasti disukai oleh bayi, salah satunya adalah pepaya.

Buah murah meriah yang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia ini mengandung enzim papain yang dapat melancarkan pencernaan bayi. Di samping itu, pepaya memiliki kandungan nutrisi seperti zat besi dan asam folat untuk mendukung proses perkembangan otak bayi.

Pada awal memberikan MPASI pepaya, Anda bisa menyaring pepaya dengan saringan kawat terlebih dahulu. Setelah bayi Anda mulai terbiasa, berikan pepaya dalam potongan kecil. Bayi tidak akan tersedak karena daging pepaya sangat lunak.

4. Jeruk

Jeruk

* sumber: www.motherandbaby.co.id

Tak perlu khawatir memberikan jeruk sebagai MPASI. Pasalnya, jeruk adalah sumber Vitamin C yang baik untuk buah hati Anda. Selain diperkaya dengan Vitamin C, jeruk juga mengandung kalsium, kalium, Vitamin A, serat, dan asam folat. Kriteria jeruk yang aman untuk pencernaan si kecil adalah jeruk yang manis, seperti jeruk baby.

Bagian buah jeruk yang dipakai untuk MPASI adalah airnya. Anda harus memeras air jeruk dan mencampurkannya dengan bubur atau puree. Air jeruk yang manis akan menjadi pemanis alami untuk bubur si kecil sehingga Anda tidak perlu lagi menambahkan gula di dalamnya.

5. Buah Naga

Buah Naga

Buah naga dengan daging yang berwarna ungu adalah buah untuk MPASI yang banyak digunakan oleh para ibu modern. Salah seorang selebgram cantik, Rachel Vennya, juga kerap kali memberikan buah naga sebagai MPASI untuk buah hatinya yang lucu, yakni Xabiru.

Vitamin C dan antioksidan di dalam buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi agar mereka tidak mudah sakit. Selain itu, buah naga dapat melancarkan pencernaan bayi agar mereka tidak mengalami sembelit.

Pemberian buah naga untuk MPASI perdana harus didahului dengan mengukus buahnya terlebih dulu. Setelah lunak, haluskan dan saring dengan saringan kawat agar menjadi puree. Jika usia si kecil sudah memadai untuk mengonsumsi makanan yang agak padat, berikan buah naga yang sudah dipotong-potong dadu agar ia dapat menyantapnya sendiri.

6. Alpukat

Alpukat

Dibandingkan dengan buah untuk MPASI lainnya, alpukat mungkin tergolong buah yang rasanya sangat hambar. Mungkin sebagian ibu khawatir bahwa bayinya tidak menyukai alpukat. Akan tetapi, di negara-negara barat, alpukat memang sudah menjadi MPASI yang sehat. Bahkan, alpukat mengandung asam lemak omega-3, Vitamin A, Vitamin C, kalsium, dan magnesium yang bagus untuk menutrisi bayi.

Untuk memberikan alpukat sebagai MPASI, Anda perlu melumatkannya sampai benar-benar lembut. Jika belum terbiasa, Anda dapat menyaring alpukat menjadi puree. Nah, bagaimana jika si kecil tidak menyukai alpukat yang rasanya hambar? Tambahkan saja air perasan jeruk baby yang manis sebagai perasa alami.

7. Apel

Apel

Dari sekian banyak buah untuk MPASI, nampaknya apel menjadi buah paling favorit para ibu di Indonesia, lho. Apel dinilai mengandung banyak gizi dan vitamin yang bagus untuk tubuh bayi. Selain dipenuhi dengan kalium, fosfor, kalsium, magnesium, Vitamin A, dan Vitamin C, apel juga mengandung antioksidan yang tinggi untuk membuat si kecil tumbuh sehat dan kuat.

Saran penyajian apel sebagai MPASI adalah mengupas kulit apelnya terlebih dahulu, lalu memotongnya menjadi kecil-kecil. Setelah itu, kukus apel sampai teksturnya benar-benar lunak. Lanjutkan dengan menyaringnya pakai saringan kawat agar bubur apelnya bisa langsung ditelan oleh bayi.

8. Labu Kuning

Labu Kuning

Yuk, berikan labu kuning sebagai MPASI. Buah yang satu ini rasanya sangat manis yang pasti disukai si kecil. Selain itu, tekstur buah labu kuning yang halus juga membuat bayi lebih mudah menelannya. Labu kuning juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat mendukung tumbuh kembang anak.

Puree labu kuning untuk MPASI dibuat dengan cara mengukus labu kuningnya terlebih dahulu. Kemudian, haluskan dengan saringan kawat. Segera berikan kepada buah hati Anda setelah baru dihaluskan karena rasanya masih segar.

9. Tomat

Tomat

Tomat juga masuk dalam daftar buah untuk MPASI yang pasti disukai bayi. Buah ini juga memberikan asupan kalsium, natrium, serat, protein, magnesium, asam folat, dan Vitamin A untuk buah hati Anda.

Bagaimana cara menggunakan tomat untuk MPASI? Anda bisa membuat puree dari tomat atau mengambil air perasan tomat dan mencampurkannya pada bubur MPASI dari bahan lain agar rasanya lebih enak.

10. Mangga

Mangga

Terakhir, ada mangga yang bisa disajikan sebagai MPASI. Namun, Anda harus memastikan bahwa mangga yang dipilih benar-benar yang sudah matang sehingga rasanya dijamin manis. Cicipi dulu buah mangga yang akan disajikan sebagai MPASI karena jika masih kecut, bayi pasti tidak akan menyukainya dan ia berpotensi terkena diare.

Buat puree mangga dengan cara mengupas kulitnya dulu, lalu buang bijinya dan potong daging buahnya menjadi dadu. Setelah itu, masukkan daging buah mangga ke dalam blender atau food processor sampai teksturnya benar-benar halus. Saring bubur mangga tadi dengan saringan kawat dan tambahkan sedikit air jika teksturnya terlalu kental.

10 buah untuk MPASI ini bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Rasanya pun sudah pasti akan disukai si kecil. Jika Anda ingin mencari bahan makanan lain untuk MPASI, cek artikel merk tepung beras yang bagus ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment