Bacaterus / Buah / 10 Buah-Buahan Berukuran Raksasa yang Pernah Tumbuh di Dunia

10 Buah-Buahan Berukuran Raksasa yang Pernah Tumbuh di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Januari 2020

Buah-buahan adalah salah satu jenis makanan yang wajib untuk di konsumsi karena dapat memberi manfaat baik bagi tubuh manusia. Buah sendiri banyak mengandung vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh. Beragamnya jenis buah-buahan memang bisa jadi pilihan yang tidak akan membosankan untuk di santap.

Nah, berhubung tema yang akan dibahas tentang buah-buahan. Kali ini Bacaterus telah merangkum 10 Buah-buahan berukuran raksasa yang pernah tumbuh di dunia. Berikut adalah daftarnya:

1. Tomat Gigantomo dari Inggris

Tomat Gigantomo dari Inggris

Tomat adalah salah satu buah yang sering kita temukan di rumah. Buah ini memang banyak mengandung manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh. Tomat sendiri merupakan tumbuhan jangka pendek yang berasal dari Amerika tengah dan selatan. Buah Tomat kaya akan Likopen yang memiliki efek anti oksidan yang bagus untuk menangkal radikal bebas.

Bila pada umumnya tomat berukuran kecil, maka tomat bernama Gigantomo yang dikembangkan oleh petani Inggris ini bisa tumbuh mencapai 12 kali lebih besar dari ukuran tomat yang biasa. Memiliki berat 1,3 kg dengan diameter 48 cm membuat Gigantomo menjadi tomat terbesar yang ada di dunia.

2. Jeruk Eli’s Orange World dari Taiwan

Jeruk Eli's Orange World dari Taiwan

Buah Jeruk adalah salah satu buah yang banyak disukai orang. Selain rasanya yang segar, buah yang banyak mengandung vitamin C ini bermanfaat untuk menjaga fungsi kerja organ pada tubuh manusia. Vitamin C sendiri tidak diproduksi oleh tubuh sehingga untuk mendapatkannya perlu asupan dari luar, salah satunya dengan mengonsumsi buah Jeruk.

Sama seperti Gigantomo, ukuran buah Jeruk yang satu ini pun bisa mencapai berat hampir 0,6 Kg. Jeruk raksasa yang dikembangkan oleh peneliti asal Taiwan bernama Huang Ah Sien ini diberi nama Eli’s Orange World dan menjadi jeruk terbesar yang pernah ada di dunia.

3. Pisang Musa Ingens dari Papua

Pisang Musa Ingens dari Papua

Pisang adalah salah satu buah-buahan yang sangat disukai oleh para petenis dunia. Memiliki kandungan gizi yang lengkap seperti mineral, vitamin, karbohidrat, lemak, protein dan lain-lain. Buah pisang menjadi asupan yang tepat bagi para atlet.

Nah, ternyata salah satu pisang terbesar yang ada di dunia berasal dari pegunungan Arfak, Papua Barat. Bernama Musa Ingens, pisang yang satu ini memiliki ukuran panjang mencapai 28 cm dengan diameter 3-4 cm. Karena ukurannya yang besar, pisang ini kemudian dijuluki sebagai pisang terbesar yang ada di dunia.

4. Mangga dari Filipina

Mangga dari Filipina

Mangga adalah salah satu jenis buah tropis yang memiliki kelezatan dan aroma yang menggoda. Buah eksotis yang satu ini memang kaya akan serat serta vitamin yang baik untuk tubuh. Salah satu mangga terbesar di dunia jatuh pada mangga yang di tanam oleh pasangan bernama Sergio dan Maria Socuri Budia asal Filipina.

Mangga yang ditanam pasangan tersebut di Tibot Elegant City, Minggedanau ini ukurannya bisa mencapai 3,4 kg dengan panjang 30-50 cm. Sehingga buatnya menjasi buah mangga terbesar yang pernah ada.

5. Anggur Japanese Ruby Roman dari Jepang

Anggur Japanese Ruby Roman dari Jepang

Japanese Ruby Roman Grape adalah buah anggur yang terbesar yang ada di seluruh dunia. Buah yang dikembangkan di Ishikawa, Jepang ini memiliki ukuran sebesar 3 cm atau lebih lebar dari ukuran anggur yang biasa. Buah yang kaya akan serat serta kandungan anti oksidan yang tinggi ini sering juga dimanfaatkan untuk membuat minuman seperti Wine.

Japanes Ruby Roman Grape pun selain memiliki ukuran yang besar, buah ini juga dikenal karena harganya yang mahal. Untuk satu tandan yang berisi 26 butir konon dihargai sekitar 38,482 yen atau mencapai sekitar 4,4 juta rupiah. Harga yang fantastis untuk buah yang kaya dengan vitamin ini.

6. Semangka dari Amerika

Semangka dari Amerika

Salah satu buah terbesar selanjutnya jatuh pada buah semangka yang ditanam oleh Hank Houston, petani asal Spotsylvania Country, Amerika Serikat. Semangka yang dimiliki oleh Houston diketahui memiliki bobot bisa mencapai 115 kg.

Semangka itu kemudian menjadi pemenang dalam kontes yang sering di adakan setiap tahun bertajuk State Fair of Virginia. Konon untuk mengangkat buat yang kaya air dan vitamin ini diperlukan tenaga 4 orang pria dewasa. Semangka milik Houston sendiri rencannya akan dijadikan sebagai pupuk dan tidak akan dikonsumsi mengingat usianya yang terlalu tua membuat rasanya tak lagi enak.

7. Labu dari Inggris

Labu dari Inggris

Buah yang satu ini paling populer saat perayaan Halloween. Meskipun populer banyak diantara kita yang tidak mengetahui bahwa Labu kuning termasuk ke dalam jenis buah. Labu kuning sendiri masuk ke dalam Family Squash.

Meskipun buah ini bukanlah jenis buah yang disukai banyak orang. Namun manfaat yang terkandung di dalam buah Labu berguna untuk menjaga kesehatan mata karena kaya akan karotenoid.

Bila selama ini kita melihat ukuran labu hanya sebesar bola. Namun tidak pada Labu yang dibudidayakan si kembar Paton dari Inggris. Bobot labu yang mereka kembangkan berhasil mencapai ukuran yang luar biasa yaitu sekitar 1,6 ton. Sehingga membuat Labu yang mereka miliki pun menjadi Labu raksasa yang pernah ada di dunia.

8. Apel dari Jepang

Apel dari Jepang

Buah Apel memang sering dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program diet. Selain mengenyangkan, rasa buah Apel yang lezat juga menjadi pilihan yang tepat. Warna buah Apel yang memikat memang dapat menggoda siapa pun yang melihatnya, termasuk buah Apel raksasa yang ditanam oleh Chisato Iwasaki yang berasal dari Hiroshi, Jepang.

Buah Apel yang dimiliki Iwasaki ini menjadi buah Apel raksasa yang tercatat dalam Guinness Book of Record. Memiliki berat 1.8 kg, Apel milik Iwasaki ini menjadi apel terbesar di dunia dan  konon terlezat yang pernah ada di dunia.

9. Nanas dari Australia

Nanas dari Australia

Salah satu buah terbesar lainnya yang ada di dunia jatuh pada buah Nanas yang ditanam oleh seorang petani bernama Christine Mcallum di Palmerston, Australia. Buah Nanas yang di tanam Christine mempunyai berat mencapai 8,2 kg dengan panjang sekitar 32 cm. Buah Nanas sendiri memang bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan karena mengandung Enzim Bromelain.

10. Strawberry dari Jepang

Strawberry dari Jepang

Strawberry adalah buah yang disukai oleh banyak orang. Sering dijadikan olahan minuman atau selai, buah yang satu ini memang memiliki rasa segar yang dapat menggugah selera. Rekor buah Strawberry terbesar yang ada di dunia pun jatuh pada buah yang ditanam oleh Koji Nakao asal Jepang.

Buah yang memiliki berat 250 gram dengan panjang 12 cm dan diameter 25 cm ini membuat Strawberry yang dimiliki oleh Nakao ini pun tercatat sebagai Strawberry terbesar yang ada di dunia oleh Guinness Book of Records.

Nah, itulah 10 buah-buahan raksasa yang pernah tumbuh di dunia. Nantikan informasi menarik lainnya yang akan Bacaterus bahas untuk kamu selanjutnya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *