Bacaterus / Kesehatan / 10 Ide Buah Tangan untuk Menjenguk Orang Sakit Tipes

10 Ide Buah Tangan untuk Menjenguk Orang Sakit Tipes

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Desember 2018

Tipes adalah penyakit yang terjadi di sistem pencernaan. Oleh karena itu, penderita tipes tidak bisa mengonsumsi sembarang makanan terlebih dahulu. Sekalipun makanan tersebut merupakan buah-buahan, tidak semua buah ternyata aman dikonsumsi oleh penderita tipes, lho.

Sebelum membeli buah tangan untuk menjenguk orang sakit tipes, lakukan research terlebih dahulu untuk mengetahui makanan yang boleh dikonsumsi oleh pasien tipes. Bacaterus akan memberikan 10 ide makanan yang bisa dijadikan buah tangan ketika Anda menjenguk kerabat yang dirawat karena sakit tipes.

10 Buah Tangan untuk Menjenguk Orang Sakit Tipes

1. Buah Naga

Buah Naga Buah Tangan untuk Menjenguk Orang Sakit Tipes

Bingung memilih buah yang bisa dibawa untuk menjenguk kerabat yang sedang sakit tipes? Yuk, beli saja buah naga. Buah yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang tidak terlalu tajam. Teksturnya yang lembut ini membuat daging buah naga bisa dicerna oleh sistem pencernaan penderita tipes.

Buah naga juga tergolong buah yang kaya antioksidan. Itulah sebabnya konsumsi buah naga dipercaya dapat mempercepat pemulihan pasien penyakit tipes. Di samping itu, buah naga juga menyediakan kalsium, fosfor, magnesium, protein, vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B2 yang diperlukan tubuh dalam proses recovery.

2. Air Kelapa

Air Kelapa

Pasca terserang tipes, ada banyak cairan yang keluar dari tubuh penderitanya melalui feses maupun muntah. Penderita tipes membutuhkan asupan cairan yang banyak untuk mencegah dehidrasi dan mempercepat proses penyembuhannya.

Jika saat ini Anda bingung memilih buah tangan untuk menjenguk orang sakit tipes, mengapa tak coba membawakan air kelapa segar saja? Air kelapa mengandung elektrolit untuk mengembalikan kesegaran tubuh. Air kelapa akan mengganti cairan tubuh yang hilang selama Anda diare dan muntah.

Jadi, Anda bisa membawa beberapa liter air kelapa segar untuk diminum oleh si penderita tipes. Namun, pastikan air kelapanya benar-benar bersih dan segar agar tidak menambah parah kondisi si pasien, ya!

3. Pisang

Pisang

Tak hanya buah naga saja yang cocok dijadikan buah tangan untuk menjenguk orang sakit tipes, pisang pun bisa menjadi solusi bagi Anda yang tidak menemukan buah naga. Buah lokal yang satu ini bisa Anda temukan dengan mudah di pasar tradisional sampai supermarket modern.

Pisang memiliki tekstur yang lembek dan mudah dicerna oleh saluran cerna penderita tipes yang sedang bermasalah. Apabila pasien tipes sudah mengalami diare dan muntah sebelumnya, maka kalium dalam pisang akan bantu menggantikan elektrolit yang hilang. Selain itu, pisang juga termasuk buah yang cukup mengenyangkan bagi pasien tipes yang belum bisa makan terlalu banyak.

4. Bubur Ayam

Bubur Ayam

Pasien tipes tidak diperkenankan untuk mengonsumsi makanan padat terlebih dahulu. Jadi, sementara waktu pasien tipes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan tekstur yang halus, salah satunya adalah bubur.

Semangkuk bubur ayam yang sedap dapat menambah selera makan pasien tipes. Bawakan bubur ayam yang bersih dan higienis sebagai buah tangan untuk kerabat Anda yang menderita tipes. Tambahkan kaldu ayam pada bubur yang Anda bawa agar rasanya lebih gurih dan buburnya lebih kaya protein. Selain bubur ayam, Anda bisa membawakan bubur ikan atau bubur telur sesuai dengan selera pasien.

5. Madu

Madu

Buah tangan untuk menjenguk orang sakit tipes tidak harus selalu makanan. Madu murni juga bisa menjadi buah tangan terbaik bagi pasien tipes. Selama proses pemulihan, pasien tipes membutuhkan makanan berkalori tinggi untuk diubah menjadi energi. Madu adalah sumber kalori yang baik untuk penderita tipes.

Bila ingin membawakan madu sebagai buah tangan, pastikan bahwa madunya benar-benar murni. Madu juga dapat mempercepat proses pemulihan sakit tipes. Pasien dapat mengonsumsi madu secara langsung atau menyeduhnya dengan air hangat supaya lebih nikmat.

6. Tim Ikan

Tim Ikan

Kita semua tahu bahwa ikan merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Penderita tipes membutuhkan asupan protein untuk meningkatkan tenaga dan stamina tubuhnya agar cepat kembali pulih. Nah, Anda bisa membawakan makanan tim ikan sebagai buah tangan untuk pasien tipes, lho.

Jenis ikan yang enak dimasak tim adalah kerapu, patin, bawal, dan masih banyak lagi. Namun, hindari memasak tim ikan dengan bumbu pedas karena hal tersebut dapat memperparah kondisi kesehatan pasien tipes. Selain tim ikan, Anda boleh membawa tim ayam atau hainan chicken untuk si pasien.

7. Melon

Melon

Buah lain yang cocok dibawakan untuk pasien tipes adalah melon. Kandungan serat di dalam melon tidak terlalu banyak sehingga tidak membuat pasien tipes terus menerus buang air besar setelah memakannya. Di samping itu, kandungan air di dalam melon cukup banyak sehingga dapat menggantikan cairan yang hilang pasca diare dan muntah.

Di dalam satu buah melon terdapat 50 kalori, 108 persen vitamin A, 98 persen vitamin C, dan 12 persen kalium. Kandungan vitamin dan nutrisi di dalam melon ini sangat baik untuk meningkatkan sistem imun sehingga penderita tipes lebih cepat pulih usai menyantap buah yang satu ini.

8. Puding

Puding

Memilih buah tangan untuk menjenguk orang sakit tipes memang harus ekstra hati-hati. Salah memberi makanan bisa-bisa si pasien tipes ini tidak kunjung pulih. Salah satu jenis makanan yang bisa dijadikan buah tangan untuk penderita tipes adalah makanan yang lunak. Puding bisa menjadi opsi yang tepat untuk dijadikan buah tangan bagi penderita tipes, lho.

Kandungan gula di dalam puding juga bisa menjadi sumber kalori untuk meningkatkan energi pasien yang dalam masa pemulihan. Namun, jangan membawakan puding yang terlalu manis atau banyak topping buahnya. Bawakan saja puding susu atau puding dengan buah yang aman bagi penderita tipes.

9. Anggur

Anggur

Siapa yang tak suka anggur? Buah dengan ukuran kecil ini memang segar dan nikmat. Anda bisa membawakan buah yang satu ini ketika menjenguk penderita tipes. Namun, usahakan memilih anggur ungu yang manis karena jika anggurnya asam, hal tersebut akan memperparah kondisi pencernaan pasien.

Menurut studi yang dilakukan Linus Pauling Institute, anggur mengandung resveratrol yang dapat mengurangi dampak peradangan dari penyakit tertentu, salah satunya tipes. Di samping itu, anggur turut mengandung vitamin C yang berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh pasien dalam masa pemulihan.

10. Makanan Rendah Serat

Makanan Rendah Serat

Ada banyak makanan rendah serat yang bisa diolah menjadi hidangan lezat untuk pasien tipes. Sejumlah makanan yang tergolong rendah serat antara lain adalah kacang panjang, labu siam, buncis muda, alpukat, wortel, dan brokoli.

Olah makanan tersebut menjadi hidangan yang nikmat untuk dibawakan ke penderita tipes. Makanan rendah serat yang diolah dengan sangat nikmat tentu akan meningkatkan selera makan pasien sehingga tubuhnya pun bisa lebih cepat pulih.

10 ide buah tangan untuk menjenguk orang sakit tipes ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang bingung memilih makanan tepat untuk pasien tipes. Jangan lupa untuk turut membaca artikel ciri-ciri gejala tipes untuk mendeteksi penyakit ini lebih cepat.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment