Bacaterus / Manfaat Buah / 5 Manfaat Buah Strawberry Untuk Kecantikan Kulit

5 Manfaat Buah Strawberry Untuk Kecantikan Kulit

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Desember 2018

Strawberry adalah buah yang banyak mengandung vitamin C, flavonoid, mangan, asam folat, kalium, antioksidan dan senyawa lain yang bermanfaat bagi kesehatan.  Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung, atau mungkin dibuat selai, minuman jus, campuran untuk susu, smoothies, kue dan lain sebagainya.

Tapi, tidak hanya itu. Buah strawberry juga bisa bermanfaat untuk kecantikan kulit.  Banyak produk kecantikan kulit di pasaran yang mengandung buah strawberry. Tapi, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan buah strawberry asli dan mengolahnya sendiri sebagai pengganti produk yang sudah ada, bukan? Berikut ini 5 manfaat buah strawberry untuk kecantikan kulit Anda:

5 Manfaat Buah Strawberry Untuk Kecantikan Kulit

1. Mencegah Penuaan Dini

Buah Strawberry penuaan dini Jika Anda memiliki kulit wajah yang kusam, biasanya itu disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati, kurangnya menggunakan tabir surya saat beraktivitas diluar ruangan, dan bisa jadi karena kurang seksama dalam membersihkan wajah setelah menggunakan make-up.

Anda bisa menggunakan scrub alami dari buah strawberry, lakukan perawatan ini dengan rutin seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Scrub dari buah strawberry ini juga dapat membantu Anda dari penuaan dini, karena sel kulit mati akan tergantikan dengan sel kulit baru sehingga kulit Anda akan terlihat segar dan awet muda.

Caranya mudah, ambilah 3 sampai 6 buah strawberry berukuran sedang, 1 sendok makan air hangat, 2 sendok makan madu, 2 sendok makan susu tawar bubuk atau cair, dan 2 sendok makan gula pasir.  Lumatkan buah strawberry dan aduk dengan bahan lainnya sampai rata.

Kemudian, oleskan pada seluruh permukaan wajah yang sudah dibersihkan, pijat dengan lembut selama 10 sampai 15 menit.  Terakhir, bilas dengan air hangat sampai bersih, lalu bilas lagi dengan menggunakan air dingin.

2. Melembabkan Kulit Wajah

Melembabkan Kulit Wajah

Kandungan vitamin C di dalam buah strawberry sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit wajah.  Serta menjaganya tetap kenyal, dan tampak segar.  Sangat cocok untuk Anda yang memiliki jenis kulit wajah yang kering.  Anda bisa menggunakan masker dari buah strawberry, dan lakukan perawatan ini seminggu tiga kali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Caranya mudah, siapkan 3 buah strawberry ukuran sedang dan 7 sendok makan susu tawar. Lalu blender selama 30 detik agar tercampur dengan baik, kemudian oleskan pada seluruh permukaan kulit wajah dengan menggunakan kuas agar lebih merata. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih, lalu bilas lagi dengan menggunakan air dingin.

3. Mengatasi Wajah Berminyak dan Berjerawat

Mengatasi Wajah Berminyak dan Berjerawat

Untuk Anda yang memiliki jenis kulit wajah berminyak, biasanya akan lebih mudah berjerawat dan juga masalah komedo.  Anda harus secara rutin membersihkan wajah dengan menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.  Selain itu lakukanlah perawatan kulit wajah lainnya, seperti menggunakan masker strawberry.  Lakukan secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu.

Ambilah 3 buah strawberry ukuran sedang,  satu buah wortel berukuran sedang, 3 sendok makan yogurt tawar, lalu blender ketiga bahan ini sampai halus. Kemudian tuangkan ke dalam mangkuk bersih, lalu aplikasikan ke seluruh permukaan wajah yang sudah dibersihkan menggunakan produk pembersih wajah yang sesuai dengan kondisi wajah Anda.

Lalu, diamkan selama 10 sampai 20 menit atau sampai masker menjadi kering.  Bilas menggunakan air hangat sampai bersih, lalu bilas lagi dengan air dingin.

4. Mencerahkan Kulit

Mencerahkan Kulit

Warna kulit apapun, akan lebih menarik jika tampak cerah dan bersinar alami.  Diperlukan perawatan khusus supaya mendapatkan hasil yang diinginkan. Tapi Anda bisa kok melakukannya sendiri tanpa harus pergi ke salon. Hanya dengan meluangkan waktu setiap hari selama 15 menit, maka berangsur-angsur Anda akan mendapatkan warna kulit yang lebih cerah alami.

Cara melakukannya cukup mudah, Anda hanya perlu beberapa buah strawberry. Lumatkan sampai hancur, lalu usapkan secara merata ke seluruh kulit wajah, leher, tangan dan bagian tubuh lainnya yang tampak kurang cerah.  Kemudian diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih.

5. Mencerahkan Warna Bibir

Mencerahkan Warna Bibir

Warna kulit bibir bisa berubah menjadi kusam dan menghitam.  Apalagi jika Anda seorang perokok, struktur kulit bibir pun bisa menjadi kering bahkan pecah-pecah. Menggunakan lipstik hanya akan menutupinya sementara. Yang harus Anda lakukan adalah, merawatnya supaya kembali menjadi merah cerah alami.  Dan buah strawberry bisa membantu Anda untuk mendapatkan kembali warna bibir yang alami.

Ambilah satu strawberry kemudian belah menjadi dua. Usapkan strawberry tadi ke seluruh bagian bibir Anda.  Gosok perlahan-lahan supaya tidak terjadi iritasi, karena kulit bibir itu cukup sensitif. Kemudian, biarkan sampai kering dengan sendirinya.

Bilas dengan air hangat, kemudian keringkan menggunakan handuk yang halus dengan cara ditepuk perlahan. Lakukan kegiatan ini seminggu 3 kali, supaya Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Pada saat proses pembilasan menggunakan air hangat, maksudnya adalah supaya pori-pori kulit menjadi lebih terbuka dan kotoran yang menempel ikut terbuang melalui bilasan air hangat tersebut.  Lalu proses pembilasan kembali dengan menggunakan air dingin, dimaksudkan untuk menutup pori-pori kembali, sehingga kulit wajah kembali segar dan tampak cerah merona.

Nah, bagaimana, apakah 5 manfaat buah strawberry untuk kecantikan kulit dari Bacaterus ini bermanfaat untuk Anda? Tidak ada salahnya jika Anda mencoba salah satunya.  Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar