Bacaterus / Buah Berry / Inilah 10 Manfaat Buah Cranberry untuk Kecantikan

Inilah 10 Manfaat Buah Cranberry untuk Kecantikan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ada yang suka makan buah cranberry? Buah yang satu ini memiliki rasa sedikit asam berpadu dengan rasa manis yang segar. Buah ini lebih enak jika dibuat menjadi jus. Sebaiknya, saat dijus, jangan terlalu banyak menggunakan air, gula, ataupun susu agar nutrisi yang terkandung di dalam buah cranberry benar-benar murni dan tidak terjadi penambahan kalori berlebih.

Kandungan vitamin E, C, K, B-12 dan A, fiber, magnesium, asam folat dan kalsium di dalam buah cranberry sangat bermanfaat untuk kesehatan maupun untuk kecantikan kamu. Cranberry sangat populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan dan sebagai antioksidan.

Bahkan, kini ekstrak buah cranberry mulai digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan. Tapi, selain dijadikan kosmetik, kamu juga bisa langsung menggunakan buah cranberry segar untuk perawatan kecantikan kamu, lho. Sebelum itu, mari kita ketahui terlebih dahulu manfaat buah cranberry untuk kecantikan.

10 Manfaat Buah Cranberry Untuk Kecantikan

1. Menjadikan Kulit Lebih Segar dan Bercahaya

Buah Cranberry

Cranberry kaya akan kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu untuk melawan radikal bebas penyebab kulit kusam, kering dan kendor. Kamu cukup ambil satu mangkuk buah cranberry, haluskan menggunakan blender lalu campur dengan beberapa sendok yogurt. Aplikasikan pada wajah sambil dipijat dengan lembut, lalu bilas dengan air dingin.

Atau, kamu bisa memblender satu mangkuk buah cranberry, satu mangkuk irisan apel, dan 2 sendok makan air lemon. Oleskan pada wajah lalu diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air dingin sampai bersih. Hindarilah area mata, bibir dan leher, karena area kulit tersebut lebih tipis sehingga lebih sensitif serta lebih mudah iritasi.

Gunakan masker buah cranberry seminggu sekali secara rutin untuk menjadikan kulit nampak segar dan bercahaya. Tapi, bila muncul reaksi alergi, segera konsultasikan dengan dermatolog, ya.

2. Bekerja Pada Hiperpigmentasi Kulit

Bekerja Pada Hiperpigmentasi Kulit

Hiperpigmentasi merupakan kondisi pada kulit yang disebabkan oleh peningkatan melanin, yang merupakan sebuah zat dalam tubuh yang berfungsi untuk pewarnaan kulit (pigmen). Paparan sinar matahari merupakan penyebab utama dari hiperpigmentasi yang akan menggelapkan daerah yang terkena sinar matahari tersebut.

Dalam kasus penyakit atau cedera, kulit seseorang dapat berubah warna menjadi lebih gelap (hiperpigmentasi) atau lebih terang (hipopigmentasi). Pada kondisi tertentu, seperti kehamilan atau penyakit Addison (penurunan fungsi kelenjar adrenal), dapat menyebabkan produksi yang lebih besar dari melanin dan terjadilah suatu hiperpigmentasi.

Nah, kandungan zat alami pada cranberry dapat membantu bekerja secara efektif pada hiperpigmentasi kulit. Kamu cukup campurkan buah cranberry dengan tepung, aduk hingga mengental dan terapkan sebagai masker pada wajah atau tubuh kamu. Pijat  dengan gerakan melingkar selama 10-15 menit, bilas dengan air hangat lalu bilas kembali dengan air dingin.

3. Membantu Mengatasi Masalah Pada Pori-pori

Membantu Mengatasi Masalah Pada Pori-pori

Pori-pori besar bisa mengurangi kecantikan kulit wajah kamu. Penyebab pori-pori menjadi besar diantaranya seperti jenis kulit, paparan sinar matahari, penumpukan kotoran, minyak yang menumpuk, efek samping dari merokok, ciri-ciri penuaan dan kurangnya pengelupasan sel kulit mati.

Sifat asam dari buah cranberry dapat membantu mengunci pori-pori, mengurangi risiko munculnya jerawat dan bisul pada wajah. Kamu cukup membuat jus cranberry dan mengaplikasikannya pada wajah menggunakan bantuan bola kapas. Diamkan beberapa saat dan bilas dengan air dingin.

4. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Meningkatkan Elastisitas Kulit

Cranberry kaya akan vitamin C yang cukup penting untuk pembentukan zat-zat yang memproduksi kolagen di dalam tubuh yang dapat meningkatkan elastisitas kulit. Jika tubuh mendapatkan asupan vitamin C yang cukup, kulit kamu bisa menjadi lebih sehat, halus dan kenyal.

Selain itu, jika kamu sedang tinggal di negara yang memiliki empat musim, mengkonsumsi jus cranberry saat musim dingin dapat melindungi kulit dari kondisi cuaca yang ekstrem.

Kalau kamu memiliki masalah kulit seperti kulit kering dan kusam, coba kamu campurkan jus cranberry dengan jus jeruk. Kemudian, terapkan pada wajah kamu menggunakan bola kapas. Lalu, diamkan 15-30 menit. Terakhir, bilas dengan air hingga bersih.

5. Membuat Rambut Lebih Berkilau

Membuat Rambut Lebih Berkilau

Cranberry mengandung vitamin C dan vitamin A yang dapat mencegah kerontokan pada rambut. Hal ini disebabkan vitamin tersebut dapat menguatkan akar rambut. Buah cranberry juga mengandung anti-bakteri yang dapat mencegah ketombe dan kerusakan pada rambut.

Buah cranberry juga bagus untuk perbaikan sel, sehingga dapat membantu menyehatkan batang rambut, terutama untuk yang rambutnya kering dan bercabang. Cranberry juga bisa mengembalikan kilau alami, meningkatkan elastisitas dan menambah volume rambut kamu.

Untuk hasil maksimal, aplikasikanlah masker cranberry secara teratur pada rambut kamu. Caranya, cukup ambil satu cangkir mayones dan tambahkan jus cranberry, aduk sampai merata.  Oleskan masker ini pada kulit kepala dan batang rambut kamu, kemudian diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

6. Mengurangi Minyak di Area T-zone

Mengurangi Minyak di Area T-zone

Mengaplikasikan buah cranberry pada wajah dapat membantu mencegah akumulasi minyak pada wajah, terutama di area T-zone. Sehingga, penggunaan buah cranberry pada wajah bisa mencegah penyumbatan pori-pori.

Kamu bisa terapkan jus buah cranberry di bagian wajah tersebut selama 15-30 menit, lalu bilas  dengan air dingin. Dengan cara ini, produksi minyak berlebih pada kulit wajah Anda, terutama pada area T-zone akan berkurang.

7. Mengatasi Masalah Jerawat

Mengatasi Masalah Jerawat

Buah cranberry memiliki kandungan vitamin C, anti-inflamasi dan anti bakteri yang dapat membantu mengobati jerawat dan noda bekas jerawat pada wajah.

Cara memanfaatkannya adalah, cukup siapkan jus cranberry dan aplikasikan pada wajah yang berjerawat atau noda bekas jerawat dengan menggunakan kapas. Biarkan hingga kering dan bilas dengan air dingin sampai bersih.

8. Mengobati Kulit Iritasi

Mengobati Kulit Iritasi

Jus cranberry dapat membantu mencegah iritasi pada kulit. Cara menggunakannya sangat mudah. Campurkan jus buah cranberry dengan putih telur dan aduk sampai rata. Aplikasikan pada kulit kepala, wajah atau tubuh sebagai masker untuk kulit iritasi sambil dipijat dengan lembut.

Setelah itu, diamkan sampai kering, lalu cuci dengan air dingin. Lakukan cara ini dua kali seminggu untuk mengobati iritasi pada kulit kepala, wajah atau tubuh kamu.

9. Membuat Rambut Merah Alami

Membuat Rambut Merah Alam

Buah cranberry ternyata dapat digunakan sebagai pewarna rambut alami, lho. Kamu hanya perlu membuat jus cranberry dengan campuran air. Terapkan pada rambut, lalu biarkan kering secara alami.

Terakhir, bilas dengan air dingin sampai bersih. Ulangi langkah ini selama 2-3 hari berturut-turut untuk mendapatkan warna merah alami pada rambut tanpa efek samping bahan kimia seperti cat rambut yang dijual dipasaran.

10. Menghidrasi Kulit Kepala

Menghidrasi Kulit Kepala

Karena cranberry mengandung banyak air, buah ini dapat membantu menjaga kulit kepala tetap segar dan terhidrasi. Hancurkan beberapa buah cranberry dan aplikasikan pada kulit kepala sambil dipijat perlahan. Biarkan selama 30 menit dan kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Itulah beberapa manfaat dari buah cranberry dan cara menggunakannya ala Bacaterus. Jika kamu ingin mengonsumsi langsung buah cranberry juga bagus untuk kesehatan maupun kecantikan kulit kamu dari dalam. Tapi, perlu diperhatikan kalau buah cranberry tidak  dianjurkan  bagi  orang  yang  mengidap  oliguria  (kurangnya  produksi  urin),  anuria,  atau  terlalu  sensitif terhadap herbal ini.

Fakta lainnya mengenai buah cranberry, zat yang ada di dalam buah ini akan membantu menghambat kuman yang sering bersarang dan membuat plak pada gigi. Untuk penggunaan buah cranberry seperti di atas, buah cranberry cukup dihancurkan saja tanpa menggunakan blender dan campuran air. Supaya kamu bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *