Bacaterus / Buah / Yuk, Kenalan dengan 10 Buah yang Ternyata Asli Indonesia!

Yuk, Kenalan dengan 10 Buah yang Ternyata Asli Indonesia!

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Desember 2019

Indonesia mempunyai kekayaan flora dan fauna yang luar biasa. Kamu bisa menemukan satwa maupun tumbuhan unik yang mungkin tak akan kamu temukan di negara lain. Sebagai negara yang punya kekayaan flora, Indonesia turut menghasilkan sejumlah buah-buahan unik yang memang khas dari negara ini.

Buah asli Indonesia ini ternyata sering kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari, lho. Bahkan, beberapa di antaranya sudah diekspor dan dibudidayakan di luar negeri. Penasaran dengan ragam buah-buahan asli Indonesia? Yuk, simak ulasan lengkap dari Bacaterus berikut ini!

1. Ciplukan

Buah Ciplukan

* sumber: gudang-program20.blogspot.com

Buah dengan nama ilmiah Physalis angulata merupakan tanaman liar yang biasa tumbuh di ladang atau sawah. Tanaman ini menghasilkan buah berbentuk ceri tapi memiliki selubung tipis yang nampak seperti payung pelindung. Ketika musim hujan, tanaman ini akan menghasilkan buah ciplukan yang sangat banyak.

Ciplukan sendiri merupakan buah asli Indonesia yang kini sudah bisa dijumpai di negara-negara sub-tropis dan tropis. Mengingat tanaman ini merupakan tanaman liar, jadi ciplukan memang bisa tumbuh dengan sangat mudah.

Ingin tahu lebih dalam seputar manfaat buah ini? Kunjungi artikel manfaat ciplukan berikut ini untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

2. Cempedak

Cempedak memiliki tampilan yang nampak seperti buah nangka. Bagian kulitnya terlihat bergerigi lembut persis seperti kulit nangka. Namun, ketika coba dirasakan buah cempedak memiliki rasa yang sangat berbeda dengan nangka. Bahkan, musim kedua jenis buah ini juga berlainan.

Wilayah di Indonesia yang ditumbuhi oleh cempedak adalah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku,dan Papua. Meskipun sejatinya buah ini juga tumbuh di beberapa bagian di Thailand.

Di Indonesia, masyarakat di sini mengkonsumsi cempedak secara langsung atau diolah dulu menjadi makanan. Adapun makanan olahan cempedak meliputi manisan dan gorengan. Sudah pernah makan cempedak belum nih?

3. Manggis

* sumber: bogor.net

Jika durian disebut sebagai “raja buah”, manggis mendapat gelar sebagai “ratu buah”. Buah dengan daging berwarna putih dan rasa yang manis dengan sedikit sentuhan rasa asam ini memang enak dan segar. Meskipun buahnya tidak banyak dijual di pasaran, tetapi manggis tetap menjadi idola bagi masyarakat Indonesia.

Buah manggis pertama kali ditemukan di Indonesia tepatnya di wilayah Kalimantan dan Jawa Barat. Cita rasa unik yang ditawarkan manggis sampai membuat Ratu Victoria di Inggris ketagihan menyantap buah yang satu ini.

4. Gandaria

* sumber: id.wikipedia.org

Eits! Yang satu ini bukan nama pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan, ya! Gandaria yang akan kita bahas di sini adalah buah asli Indonesia yang kini sudah banyak dibudidayakan di Thailand. Buah tropis yang satu ini masih sering dikonsumsi sebagai pelengkap rujak. Gandaria juga bisa langsung dimakan dan rasa buahnya kecut-manis.

Buah gandaria yang sudah matang akan memiliki daging berwarna kekuningan. Sementara yang belum matang daging buahnya nampak berwarna hijau. Buah yang memiliki kandungan air cukup banyak ini akan berbuah subur pada bulan Maret-Juni.

5. Rambutan

* sumber: www.1health.id

Walaupun tumbuh subur di negara tropis lainnya, seperti Afrika, Kamboja, Karibia, India, Malaysia, dan Thailand, rambutan tetap menjadi salah satu buah asli Indonesia. Tak tanggung-tanggung, Indonesia termasuk negara penghasil rambutan yang terbesar.

Rambutan yang matang memiliki kulit berwarna merah atau orange. Ketika dikupas, daging buahnya yang manis bisa langsung dimakan. Namun, tetap hati-hati dengan biji yang ukurannya cukup besar dan melekat pada daging buahnya, ya!

Di tahun 1906, Amerika sempat mengimpor biji rambutan dari Indonesia. Sayangnya, buah ini tidak bisa tumbuh di negara tersebut.

6. Salak

* sumber: nulis.babe.news

Salak tergolong sebagai buah yang cukup populer di Indonesia. Buah ini selalu mudah dijumpai di pasar tradisional sampai dengan supermarket modern. Daging buahnya yang manis dengan sedikit sentuhan rasa sepat membuat siapapun doyan memakannya. Apalagi salak sendiri tergolong sebagai buah yang murah dan kulitnya mudah dikupas.

Dapat dipastikan bahwa salak merupakan buah endemik Indonesia karena buah ini ditemukan pertama kali di Pulau Jawa dan bagian selatan Sumatera. Sejak penemuan inilah buah salah jadi mulai dibudidayakan di wilayah lain Indonesia, bahkan sampai ke mancanegara meliputi negara Thailand, Malaysia, sampai dengan Filipina.

Salak adalah buah yang sangat mengenyangkan karena dagingnya cukup padat. Namun, hati-hati saat mengkonsumsi salak karena bijinya berukuran cukup besar dan mudah tertelan ketika kita asyik menyantap buah ini.

7. Duku

* sumber: oknews.co.id

Duku dan kelengkeng, dua buah ini nampak serupa jika dilihat sekilas. Akan tetapi, keduanya adalah jenis buah yang berbeda dan memiliki rasa yang berbeda pula. Kelengkeng lebih berair, sementara duku lebih sedikit air dan rasanya tidak semanis kelengkeng. Biarpun demikian, keduanya tetap menjadi buah favorit bagi masyarakat Indonesia.

Usut punya usut, ternyata duku adalah buah asli Indonesia yang tumbuhannya merupakan flora endemik Sumatera Selatan. Buah yang satu ini bersifat musiman karena pohonnya hanya berbuah satu tahun sekali. Di kawasan Asia buah duku sangat diminati, hanya saja buah ini masih belum bisa menembus pasar ekspor ke Amerika dan Eropa.

8. Menteng

* sumber: id.wikipedia.org

Selanjutnya, ada buah asli Indonesia yang ternyata sudah tergolong langka, namanya adalah buah menteng. Buah ini berpenampilan seperti duku. Hanya saja warnanya lebih kehijauan dan kulitnya pun lebih halus. Rasa buah menteng terbilang masam (kecut) meskipun ada juga yang rasanya manis.

Buah asli dari Pulau Jawa ini mempunyai nama ilmiah Baccaurea racemosa. Dewasa ini, cukup sulit untuk menemukan buah menteng. Namun, di Jakarta dan Depok masih ada penjual menteng yang bisa ditemukan di pasar tradisional.

9. Belimbing

* sumber: www.harianlampung.co.id

Siapa yang tak suka buah yang satu ini? Belimbing adalah buah dengan kandungan air yang tinggi dan rasa yang manis. Buah ini cukup mudah ditemukan di Indonesia. Maklum saja, buah bernama ilmiah Averrhoa carambola memang berasal dari Indonesia, India, dan Sri Lanka.

Belimbing mempunyai biji yang ukurannya sangat kecil sehingga kamu harus hati-hati ketika menyantapnya. Selain itu, buah ini dinamakan starfruit dalam bahasa Inggris karena ketika dipotong kecil-kecil bentuknya nampak seperti bintang.

10. Jambu Air

* sumber: diriau.com

Ketika cuaca panas, menyantap buah segar dengan kandungan air yang tinggi bisa menjadi pelepas dahaga. Nah, buah yang punya kandungan air tinggi dan rasa yang manis adalah jambu air. Sangat mudah menemukan jambu air di pasar maupun supermarket. Apalagi harga buah yang satu ini juga terbilang murah.

Tahukah kamu bahwa jambu air adalah buah asli dari Indonesia? Meskipun beberapa negara di Asia Tenggara lainnya juga memiliki pohon jambu air yang subur, tetapi buah ini pertama kali ditemukan di sebelah timur Nusantara.

Dari sepuluh buah asli Indonesia yang kami sebutkan, manakah buah yang paling kamu sukai? Jika kamu ingin menambahkan informasi buah-buahan lainnya yang berasal dari Indonesia, jangan ragu untuk menuliskan komentarmu pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *