Bacaterus / Kuliah / 10 Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil

10 Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kuliah itu butuh biaya yang cukup besar, terlebih bagi yang kuliah di perguruan tinggi swasta. Masa kuliah bisa disebut masa yang menyenangkan karena kita punya waktu luang lebih dibanding saat sekolah. Namun sekaligus bisa menjadi masa yang cukup menantang karena tidak dipungkiri kita butuh biaya lebih banyak.

Tidak harus bekerja di perusahaan atau dengan orang lain, mengapa tidak membangun bisnis sendiri? Banyak jenis bisnis yang mudah dilakukan dan cocok untuk mahasiswa lho! Tidak perlu modal banyak, kamu bisa pilih mau melakukan bisnis produk atau jasa.

Selain membantu meringankan beban orangtua, kamu juga dapat belajar untuk mandiri dan bekerja keras sebelum terjun ke dunia kerja nanti. Yuk simak bisnis apa saja yang cocok untuk mahasiswa berikut ini.

1. Tutor

Tutor

* sumber: studylish.com

Menjalani kuliah itu tidak mudah, sebagian orang dituntut untuk berprestasi di sekolah maupun di perguruan tinggi. Karena satu orang tidak mungkin menguasai banyak subjek, kamu bisa membantu mereka untuk mengajarkan apa yang kamu kuasai. Dengan menguasai suatu subjek, kamu bisa menghasilkan uang tanpa perlu modal ‘kan?

Tidak hanya mengajarkan ilmu ke orang lain, secara tidak langsung kamu juga bisa meningkatkan ilmu tersebut. Tetapi banyak perguruan tinggi atau lembaga bimbingan belajar yang sudah menawarkan layanan tersebut. Jadi bagaimana kamu harus bersaing dengan mereka?

Sebagai pengusaha yang cerdas, kamu mungkin sudah tahu bahwa layananmu perlu memiliki nilai jual yang unik. Jika layanan bimbingan kuliah lain hanya tersedia pada waktu-waktu tertentu, carilah waktu yang paling nyaman bagi para siswa. Ini bisa di malam hari ketika lembaga bimbingan belajar tidak beroperasi.

Atau selama akhir pekan ketika siswa memiliki lebih banyak waktu. Mulailah dengan menawarkan layanan ini kepada teman atau rekan di kampus.

Setelah itu reputasi kamu akan tumbuh dan memungkinkan kamu mendapatkan manfaat dari banyak relasi. Setelah mendapatkan penghasilan, kamu dapat beriklan melalui online seperti iklan Instagram, Facebook, atau Twitter.

2. Jasa Transkrip Bahasa

Jasa Transkrip Bahasa

* sumber: rainydaysandlattes.com

Jika kamu menguasai dua atau beberapa bahasa yang berbeda, kamu bisa memanfaatkan skill yang dimiliki untuk membuka jasa  layanan transkrip. Caranya kamu bisa membuat situs web untuk tempat orang atau perusahaan lain dapat mengunggah dokumen dalam satu bahasa. Jadi kamu dapat memiliki portal kerja online yang dapat dilakukan dari rumah.

Ketika mereka mengunggahnya ke situs web milikmu, kamu dapat mengerjakannya, menyalin dokumen sesuai kebutuhan mereka. Kemudian mengirimkannya kembali kepada mereka melalui portal kamu. Pastikan kamu sudah menentukan berapa biayanya.

Ide bisnis ini juga dapat tumbuh menjadi perusahaan jika kamu dapat mempekerjakan mahasiswa lain untuk membantu usahamu.

3. Online Shop

Online Shop

* sumber: www.pixpa.com

Salah satu cara mudah dengan modal sedikit dalam memulai bisnis adalah menjual produk secara online. Kamu bisa mulai dengan cara menjadi dropshipper atau reseller dari suatu produk. Unggah dan promosikan secara rutin produk yang kamu jual melalui media sosial atau e-commerce.

Sebaiknya jual produk yang kamu suka supaya kamu senang dan merasa tidak terbenani saat menjalaninya. Kamu bisa mulai dengan menawarkan produk yang dijual kepada teman-teman kampus atau tetangga.

4. Jasa Penukaran Buku Teks

Jasa Penukaran Buku Teks

* sumber: www.insopra.com

Buku teks masih menjadi kebutuhan di sebagian perguruan tinggi Indonesia. Layanan pertukaran buku teks adalah akan melibatkan e-commerce atau situs web di mana orang-orang dari perguruan tinggi tertentu dapat mengunggah buku teks mereka. Kemudian dapat digunakan untuk orang lain dengan cara membeli atau menyewanya.

Jika kamu dapat membuat situs web untuk membuat jasa ini, maka akan meningkatkan peluang keberhasilanmu. Ini akan menjadi bisnis yang bagus untuk dijalankan karena sebagian besar buku teks akan dibutuhkan sebelum semester baru.

5. Jasa Konsultasi Ketenagakerjaan untuk Lulusan Baru

Jasa Konsultasi Ketenagakerjaan untuk Lulusan Baru

* sumber: www.healthline.com

Lulus dari perguruan tinggi biasanya akan memilih untuk bekerja di perusahaan. Selain merasa senang setelah mendapatkan gelas S1, para lulusan baru juga merasa khawatir tentang dunia kerja.  Sebagian lulusan baru bahkan masih belum memahami bagaimana untuk mulai melamar kerja di perusahaan atau karir apa yang ingin mereka capai.

Dengan begitu, ini bisa menjadi peluang bisnis yang potensial  untuk mahasiswa. Jika kamu sudah paham tentang persiapan dalam menghadapi dunia kerja, kamu bisa mulai menawarkan jasa konsultasi mengenai ketenagakerjaan untuk lulusan baru.  Karena tidak dipungkiri bahwa lulusan baru perlu bimbingan untuk menghadapi dunia kerja.

6. Jasa Service Laptop

Jasa Service Laptop

* sumber: www.foneezy.com.au

Laptop adalah salah satu barang yang tidak lepas dari kehidupan mahasiswa. Buat kamu mahasiswa yang jurusannya belajar tentang hardware komputer pasti paham soal ini. Kamu bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk membuka jasa service laptop.

Karena gak menutup kemungkinan laptop sebagian orang akan butuh service pada waktunya. Dengan begitu kamu bisa mengerjakannya dari rumah atau kosan tanpa perlu modal sama sekali. Menarik ‘kan?

7. Jasa Pindahan

Jasa Pindahan

* sumber: artikel.rumah123.com

Jika kamu kuliah di perguruan tinggi besar tentunya akan memiliki banyak teman dari luar daerah bukan? Kamu bisa menawarkan jasa pindahan kepada teman yang tinggal di kosan lho! Kamu bisa melayani angkat barang dan bekerjasama dengan pemilik mobil pick up.

Dengan begitu kamu bisa memanfaatkan tenaga lebih yang kamu miliki untuk membantu orang lain yang akan pindahan. Bisnis ini lebih cocok untuk laki-laki karena cenderung akan mengangkat barang-barang berat. Kamu juga bisa mempromosikan jasa ini lewat media sosial.

8. Event Organizer

Event Organizer

* sumber: klikpajak.id

Buat kamu yang pernah menjadi anggota organisasi kampus pasti cocok dengan bisnis yang satu ini. Kamu bisa mengumpulkan beberapa rekan di kampus untuk membangun event organizer. Kamu bisa melayani jasa konser, ulang tahun, pesta, pernikahan, dan lainnya.

Secara tidak langsung, bisnis ini juga dapat melatih kamu menjadi pemimpin sekaligus dapat bekerja dalam tim. Siapa tau bisnis ini dapat bertahan sampai lulus nanti kan?

9. Jasa Penulisan CV

Jasa Penulisan CV

* sumber: laptopstudy.com

Mahasiswa pasti butuh CV untuk magang dan melamar pekerjaan setelah lulus nanti. Nah, jika kamu sudah bisa menulis CV dengan baik, tidak ada salahnya kamu membuka jasa penulisan CV. Buat CV dengan desain yang menarik dan simple. Karena tidak semua orang mau belajar untuk membuat CV.

Jika kamu seorang penulis yang hebat dan teliti untuk bagaimana mengatur informasi dengan jelas, menulis CV adalah peluang yang mudah bagi kamu. Secara tidak langsung kamu sudah membantu orang lain untuk menghasilkan uang juga ‘kan?

10. Fotografi

Fotografi

* sumber: iso.500px.com

Buat kamu yang memiliki kamera profesional dan memiliki hobi fotografi, kamu beruntung lho! Karena kamu sudah memiliki modal lebih untuk memanfaatkannya menjadi penghasilan. Ambil gambar yang bagus, posting di media sosial secara konsisten. Beri keterangan bahwa jasa kamu bisa dipakai.

Fokus untuk menghasilkan banyak konten dan mengembangkan skillmu. Semakin banyak yang memperhatikan hasil foto kamu, semakin banyak peluang bisnis yang akan menghampiri.

Dari beberapa ide bisnis untuk mahasiswa di atas, kira-kira pekerjaan apa nih yang akan kamu pilih? Jika kamu tahu bisnis lainnya yang cocok untuk mahasiswa, jangan ragu untuk berbagi dengan kami di kolom komentar. Simak artikel ide bisnis mudah untuk mahasiswa ini jika ingin mencari peluang bisnis lainnya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *