Bacaterus / Dropship, Bisnis Online Tanpa Modal Beruntung Besar

Dropship, Bisnis Online Tanpa Modal Beruntung Besar

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Desember 2019

Saat ini ada banyak model bisnis online yang bisa dilakukan tanpa modal uang sedikit pun. Hanya dengan sosial media saja seseorang sudah bisa menghasilkan ratusan ribu hingga jutaan rupiah setiap harinya.

Salah satu di antara model bisnis online tersebut adalah dropship. Mungkin masih banyak orang yang asing dengan istilah ini, namun jutaan orang di luar sana banyak yang mencari rezeki melalui bisnis dropship.

Apa Itu Dropship?

Model Bisnis Dropship

*

Bisa dikatakan dropship adalah kegiatan menjual barang dari pihak satu (penyuplai barang) ke pihak ketiga (pembeli) dengan perantara pihak kedua, yaitu kamu. Jika proses berjalan lancar, semua pihak bisa sama-sama untung.

Sebagai perantara kamu tidak perlu memiliki stok barang. Tugas kamu adalah meyakinkan pembeli untuk membeli barang pihak pertama yang kamu tawarkan.

Jika pembeli merasa tertarik, mereka akan melakukan transfer uang pembelian ke rekening yang telah kamu tentukan. Pastikan mereka juga mengirimkan data pribadi mereka (nama, alamat, nomor telepon).

Selanjutnya kamu melakukan transaksi dropshipping dengan pihak pertama. Barang yang kamu beli nantinya akan langsung dikirim ke pihak ketiga dengan nama usaha kamu sendiri (misal: Toko Bacaterus). Kira-kira seperti itu model bisnis dropship (selengkapnya baca di situs Cryptoharian).

Dalam dunia bisnis online, dropship hanya bisa dilakukan jika suatu situs marketplace atau perusahaan mendukung program ini. Contoh marketplace yang mendukung bisnis dropship adalah Bukalapak dan Tokopedia.

Bukalapak dan Tokopedia adalah marketplace lokal yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Di sana ada banyak penjual yang membuka toko online mereka. Tidak hanya perorangan, tapi juga perusahaan.

Setiap orang bebas melakukan bisnis dropship di kedua marketplace terbesar di Indonesia ini. Dengan demikian, potensi untuk mendapatkan penghasilan yang besar sangat terbuka di sana.

Syarat Bisnis Dropship

Syarat Bisnis Dropship

*

Ada banyak syarat yang harus dipenuhi jika kamu hendak melakukan bisnis dropship. Kamu tidak bisa langsung terjun ke bisnis ini sebelum memenuhi semua persyaratan yang diperlukan. Berikut adalah syarat-syarat tersebut.

  • Memiliki sosial media dan aktif di dalamnya. Sosial media yang paling umum digunakan untuk menjalankan bisnis dropship adalah Facebook dan Instagram.
  • Akun sosial media yang digunakan bukan akun pribadi, melainkan akun bisnis (Fan Page di Facebook dan Instagram Business di Instagram) yang memakai nama toko atau usaha sendiri.
  • Membuat nama toko sendiri yang sesuai dengan produk yang hendak dijual (misal: Toko Buku A jika menjual buku atau Toko Serba Ada jika menjual berbagai macam produk).
  • Memiliki akun di marketplace yang mendukung dropship (daftar gratis seperti biasa).
  • Memiliki situs mandiri untuk landing page (halaman web yang akan dituju oleh calon pembeli ketika mereka meng-klik tombol pembelian di postingan Facebook atau Instagram). Landing page berisikan semua informasi produk yang dijual, termasuk gambar produk dan form pembelian).

Sebenarnya syarat-syarat di atas sudah bisa mendukung bisnis dropship, namun dalam lingkup yang terbatas. Jika kamu hanya menawarkan barang ke pengikut-pengikut sosial mediamu saja, hal itu sudah cukup.

Sebaliknya jika kamu ingin menjangkau lebih banyak orang, kamu membutuhkan sejumlah syarat lainnya yang akan mengarah pada media promosi berbayar. Dengan demikian, bisnis dropship yang kamu lakukan bisa terus berkembang.

Bisnis Dropship Berbayar

Bisnis Dropship Berbayar

*

Jika kamu ingin melebarkan sayap bisnis dropship, mau tidak mau kamu harus berurusan dengan modal. Jika tidak, akan sulit rasanya bagi sebuah bisnis dropship untuk melangkah lebih jauh dan lebih menguntungkan lagi.

Di Facebook (dan Instagram, karena satu perusahaan) kamu bisa mengandalkan platform periklanan Facebook Ads untuk menjangkau lebih banyak orang untuk membeli produk dropship yang kamu tawarkan.

Mengapa Facebook? Sebagai informasi, Indonesia adalah salah satu negara pengguna Facebook terbesar di dunia. Ada lebih dari 100 juta orang Indonesia yang memiliki akun Facebook. Begitu juga dengan Instagram yang memiliki banyak pengguna di Indonesia.

Dengan Facebook Ads, kamu bisa menjangkau orang-orang dari Sabang sampai Merauke. Dengan demikian, kesempatan untuk mendapatkan banyak pembeli dari Facebook dan Instagram sangat besar sekali.

Sebenarnya kamu bisa dengan mudah menggunakan Facebook Ads untuk mempromosikan suatu produk. Namun, hal itu bisa sangat sia-sia jika kamu tidak memiliki ilmunya.

Oleh karena itu, sekarang banyak para ahli digital marketing yang menawarkan jasa pelatihan untuk bisa beriklan di Facebook Ads dan mengenalkan lebih jauh lagi mengenai bisnis dropship dan ilmu digital marketing lainnya.

Tentunya pilihan ada di tangan kamu. Jika kamu merasa ilmu itu sangat kamu butuhkan, kamu bisa mengikuti program pelatihan mereka. Namun kamu harus memperhatikan biaya dan kepatutannya. Itu karena uang yang akan kamu keluarkan untuk hal seperti itu jumlahnya tidak sedikit.

Model Bisnis Online Tanpa Modal Lainnya

Bisnis Online

*

Masih awam dengan bisnis dropship? Tenang, karena masih banyak model bisnis online tanpa modal lainnya yang bisa kamu pilih. Kamu bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai hal ini di situs Cryptoharian.

Di sana kamu bisa mendapatkan puluhan ide mengenai model bisnis online yang cocok denganmu. Bahasan yang disajikan di sana cukup lengkap, sehingga kamu bisa mudah memilih bisnis online tanpa modal apa yang kamu butuhkan.

Jadi, tunggu apa lagi. Segera jadi jutawan baru dengan bisnis online sekarang juga. Bahkan hanya dengan berbekal keberanian dan ilmu, kamu bisa melakukan hal itu tanpa membutuhkan banyak modal!

Nah, itulah bahasan singkat mengenai bisnis dropship yang sangat terbuka lebar bagi siapa saja. Jika kamu sudah memulainya, jangan pantang menyerah ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *