Bacaterus / KPOP / Biografi IU dan Fakta Menarik Seputar Kehidupannya

Biografi IU dan Fakta Menarik Seputar Kehidupannya

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Februari 2019

Untuk kalangan Kpopers alias pencinta Korean pop mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Lee Jieun atau yang dikenal sebagai IU. Lee jieun lahir di Seoul, Korea Selatan pada tanggal 16 mei 1993. Biografi IU sangat menarik untuk disimak karena memiliki perjalanan karir yang cukup unik.

Nama IU sendiri adalah penggabungan kata dari ‘You’ dan ‘I’ yang artinya adalah “kita” dapat menjadi “satu” melalui musik. Sebelum debut, IU sudah mencoba audisi sampai 20 kali dan akhirnya dirinya diterima di Loen Entertainment yang membesarkan namanya sampai sekarang.

IU sempat menerima beberapa penghinaan karena dirinya dulu adalah sosok wanita yang chubby dan tidak menarik. Namun, dengan tekad dan keinginannya agar dapat menyanyi di atas panggung, IU terus berusaha memberikan yang terbaik.

Sampai akhirnya, IU debut pada tanggal 18 September 2008 pada ajang musik M! Countdown. Mini album pertama yang ia keluarkan adalah Lost Child yang juga dijadikan sebagai lagu perdananya. Namun, lagu tersebut belum menghantarkannya pada puncak karirnya.

Pada tahun 2009, Loen memproduksi album untuk IU yang berjudul Growing Up dan lagu promosinya adalah ‘Boo’. Lagu tersebut berjalan baik di KBS Music Bank K-Chart, di chart Mnet M!Countdown, dan bermacam-macam online chart.

Bukan hanya dua lagu tersebut yang terkenal, ada beberapa lagu yang tidak asing di telinga seperti Someday, The Story Only I Didn’t Know, You and I, Good Day dan lagu yang baru ia rilis adalah My Old Story.

IU juga sering melakukan duet dengan penyanyi-penyanyi terkenal seperti Seulong 2AM, Yoo Seung Hoo, Jonghyun SHINee, Key SHINee, Eunhyuk Super Junior, Jang Yi-Jeon, Yonghwa CN.Blue, dan lain-lain. Berikut beberapa cuplikan duet IU dengan beberapa artis tersebut:

 

Pada tahun 2013 IU meluncurkan album berjudul Modern Times dan lagu promosinya adalah Red Shoes. Karirnya pun bukan hanya menyanyi tetapi juga bermain film dan drama Korea. Drama yang sudah ia perankan adalah Dream High, You’re the best Lee soon-shin dan Pretty man.

Dalam drama Dream High, IU berperan sebagai Kim Pil-sook. Ia menjadi gadis bertubuh gemuk dan pandai bernyanyi serta bermain gitar, lawan mainnya adalah Wooyoung 2PM (Jason). Peran tersebut tidak begitu menonjol karena dalam film tersebut IU hanya mendapat sedikit scene.

Berbeda dengan drama you’re the best Lee Soon-shin, IU mendapatkan peran utama yaitu menjadi seseorang anak terakhir dari 3 bersaudara. Kakak perempuannya telah menjadi orang sukses sedang dirinya sedang mencari pekerjaan. Soon-shin (IU) adalah orang yang sial, namun dirinya tidak pernah berhenti berusaha untuk mendapatkan pekerjaan dan menjadi orang yang sukses sama seperti kedua kakaknya.

biografi iu

Film ketiga dari IU ialah Pretty Man, ia bermain dengan Aktor terkenal yaitu Ja Geun Suk. IU berperan sebagai Kim BoTong, ia adalah gadis miskin lugu yang sangat mencintai Dokgo Ma Te (Ja Geun Suk) dan ia berjanji pada ibunya Ma Te bahwa dirinya akan membahagiakan Ma Te bagaimanapun caranya.

Perjalanan kehidupan BoTong dan Ma Te pun semakin berwarna dengan munculnya David (Lee Jang Wo) yang ternyata menyukai Bo Tong. Cerita tersebut diambil dari serial komik korea. Setelah selesai dengan dramanya, IU kembali hadir pada beberapa MV boyband History dan juga girlband Fiestar yang berada pada Entertainment yang sama dengan IU (Loen Entertainment).

Bukan hanya drama dan bernyanyi, IU pun sudah menjalani berbagai macam pemotretan majalah, iklan makanan, pakaian bersama segelintir artis lainnya seperti INFINITE, Lee Hyun Woo, dan lain-lain. IU juga mendapatkan tawaran di beberapa radio dan menjadi MC acara musik bersama rekan-rekan artisnya yang lain.

fakta iu

Pada tahun 2013, tersiar kabar bahwa IU memiliki scandal dengan Eunhyuk Super Junior, hal tersebut disimpulkan berdasarkan postingan IU di akun twitternya. Dirinya mengunggah foto bersama Eunhyuk Super Junior sedang topless. Namun IU dan managemennya langsung membantah berita tersebut, dan mengadakan konferensi pers mengenai berita miring tersebut.

Setelah berita tersebut, IU pun menjelaskan bahwa dirinya dan Eunhyuk hanya sebatas teman, dan foto tersebut adalah foto yang diambil ketika Eunhyuk berkunjung ketika IU sakit. Seiring berjalannya waktu, IU pun kembali melakukan promosinya.

Mulai dari debutnya hingga sekarang, IU mendapatkan banyak sekali penghargaan musik dan juga pemain peran, berikut daftar beberapa penghargaan yang IU terima:

Tahun 2010

  • 17th Republic of Korea Entertainment Arts Awards Ceremony : New Generation Singer Award
  • 11th Korea Visual Arts Festival: Photogenic Award
  • Cyworld Digital Music Awards: Song Of The Month (June) (Nagging)
  • 25th Golden Disk Awards: Digital Music Bonsang[60]
  • 2nd Melon Music Awards: 2010 TOP 10
  • Cyworld Digital Music Awards: Song Of The Month (December) (Good Day)
  • 2010 SBS Entertainment Awards: Variety New Star Award

Tahun 2011

  • 20th Seoul Music Awards: Bonsang Award[61]
  • 20th Seoul Music Awards: Best Digital Album (REAL)[61]
  • 5th Mnet 20’s Choice Awards : Hot CF Star [62]
  • 2011 Style Icon Awards : Top 10 Style Icon
  • 3rd Melon Music Awards: 2011 Top 10
  • 3rd Melon Music Awards: Song of the Year (Digital Daesang)
  • 13th Mnet Asian Music Awards : Best Vocal Performance Solo

Akhir-akhir ini IU membuat sebuah featuring dengan Yoon Hyun Sang yang berjudul When would it be. Dikabarkan dalam waktu dekat ini, IU memainkan sebuah drama dengan Kim Soohyun, Cha Tae-Hyun, dan juga Gong Hyo-Jin yang berjudul ‘The Producer’ yang akan rilis bulan Mei 2015 mendatang.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar