Bacaterus / Binatang / 10 Binatang Terunik yang Bikin Siapapun Gagal Paham

10 Binatang Terunik yang Bikin Siapapun Gagal Paham

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Februari 2019

Hewan yang umum diketahui manusia biasanya kucing, anjing, ikan, dan lainnya. Semua hewan tersebut sangat mudah kita jumpai di manapun. Bahkan, bentuknya pun sudah biasa dilihat oleh manusia. Jadi, jika melihat anjing, kucing, atau ikan maka bukan sesuatu hal yang baru lagi. Namun, pernahkah Anda melihat binatang terunik?

Kali ini bacaterus akan membahas beberapa hewan yang terbilang cukup unik dan mendekati kata “aneh”. Saking anehnya, bentuk dari hewan ini pun membuat orang-orang gagal paham saat melihat binatang terunik ini. Dan hewan yang unik-unik ini pun jarang ditemui oleh manusia. Bahkan salah satu hewan aneh yang akan dibahas kali ini bisa menjadi santapan manusia lho. Penasaran? Berikut ulasannya.

10 Binatang Terunik

1. Star-Nosed Mole

star nose moled binatang terunik

Sebelum membaca penjelasan ini, pasti Anda akan berpikir keras hewan jenis apakah ini. Star-Nosed Mole merupakan salah satu jenis tikus dan juga termasuk binatang terunik. Pada bagian kepalanya terlihat unik dan aneh. Dan ketika melihat ke daerah mulut si tikus ini maka akan terlihat lekatan-lekatan di sekitar mulut.

Tikus ini memiliki lebih dari 25.000 reseptor sensorik yang disebut dengan organ Eimer. Organ inilah yang merupakan organ utama hewan Star-Nosed Mole. Menurut para ilmuwan, organ ini dapat mendeteksi gelombang seismik.

Untuk menemui binatang terunik yang satu ini, Anda dapat menemukannya di daerah Kanada Timur dan juga Timur Laut Amerika Serikat. Biasanya tikus unik ini menghabiskan hidupnya di dalam tanah untuk mencari makanan. Mereka sangat mengandalkan lekatan/tentakel yang ada di mulutnya.

2. Michrohyla Nepenthicola

michrohyla nepenthicola

Kali ini binatang unik dan teraneh datang dari Kalimantan. Sebenarnya ini merupakan hewan sejenis katak. Namun, bentuk katak ini sangatlah kecil. Dan juga warnanya pun terlihat unik. Di atas atau pada punggung sang katak kecil, masih ada katak lebih kecil lainnya.

Induknya saja sudah kecil bagaimana anaknya? Awal mulanya, katak ini atau yang disebut dengan Michrohyla Nepenthicola ditemukan di Kalimantan pada tahun 2010 silam. Para ilmuwan awalnya berpikir katak tersebut merupakan katak belum dewasa.

Namun, mereka baru menyadari bahwa apa yang mereka temukan adalah katak dewasa. Mereka menyadari hal itu setelah orang lain juga menemukan katak yang sama. Panjang dari katak ini pun hanya melebihi setengah inch saja dan juga kurang dari satu inch.

3. Harp Sponge

harp sponge

Sesuai dengan namanya “harp” yang dimaksudkan bentuk binatang terunik yang satu ini menyerupai alat musik harpa. Meskipun bentuknya seperti harpa, namun hewan ini tidak bisa mengeluarkan suara indah seperti harpa.

Harp Sponge hanya dapat ditemukan di laut terdalam. Terkadang hewan ini juga sebagai hewan dengan bentuk alien. Jika diperhatikan, bagian bawah dari hewan ini seperti memiliki dudukan seperti tempat lilin.

Untuk para hewan krustasea harus berhati-hati dengan hewan aneh ini. Hewan krustea seperti kepiting, lobster, udang, kutu air dan lainnya merupakan makanan untuk Harp Sponge.

4. Babi laut

babi laut binatang terunik

Pernah dengar babi yang ada di laut lepas? Mungkin ini akan terdengar aneh dan tidak lazim untuk kebanyakan orang. Babi laut atau yang disebut dengan Sea Pig memiliki kekerabatan hewan terdekat dengan teripang atau yang disebut dengan timun laut.

Disebut sebagai babi laut dikarenakan bentuk dan juga tingkah laku binatang yang satu ini sangat menyerupai babi pada umumnya. Disebut-sebut juga bahwa babi laut merupakan mutasi dari hewan babi.

Babi laut biasa hidup dengan bergerombol. Babi laut juga biasa ditemukan bergerombol di dasar laut Samudera Atlantik, Samudera Pasifik, dan juga India.

5. Piure

piure

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa ada binatang unik yang bisa dijadikan santapan. Nah ini dia hewan aneh yang bisa dijadikan santapan. Hewan aneh ini biasanya menjadi makanan yang cukup populer di Chili.

Bentuk dari hewan terunik yang satu ini memiliki bentuk seperti batu. Namun, di dalam batu tersebut ada darah. Ternyata ini bukanlah batu, melainkan hewan. Karena adanya darah tersebut berarti menandakan bahwa hewan seperti batu itu memiliki daging.

Biasa disebut dengan Piure dengan nama ilmiah Pyura Chilensis. Uniknya hewan ini tidak bisa bergerak. Inilah salah satu alasan mengapa hewan ini bisa disebut menyerupai batu. Bahkan jika orang pertama kali melihatnya, maka akan berpikir ini adalah batu dari jaman kuno.

6. Jerboa

jerboa

Kembali lagi membahas hewan berjenis tikus. Jika sebelumnya ada jenis tikus dengan kepala dan mulut yang aneh, kali ini tikus yang disebut sebagai Jerboa ini memiliki kaki yang aneh seperti kangguru.

Selain kakinya yang hanya dua seperti kangguru, tikus ini juga memiliki telinga yang cukup lebar. Hewan ini merupakan hewan asal Negeri Bambu, China dan juga Mongolia. Jerboa merupakan hewan endemik.

Terkadang tikus unik ini juga biasa dijadikan sebagai hewan peliharaan. Dengan bentuknya yang unik inilah membuat orang-orang tertarik untuk memeliharanya.

7. Red Lipped Batfish

red lipped batfish

Adakah hewan memakai lipstick? Ternyata tanpa memakai lipstick, hewan yang satu ini seperti sudah memakai lipstick dengan warna merah terang. Red Lipped Batfish merupakan hewan endemic yang ada di pulau Galapagos, Ekuador.

Hewan berbibir seksi yang satu ini merupakan hewan yang memiliki satu rumpun dengan ikan. Namun uniknya, ikan ini bisa berjalan. Selain bibirnya yang menggoda dengan warna merahnya, ikan ini terbilang memiliki wajah yang tidak biasa juga lho.

8. Dumbo Octopus

dumbo octopus

Untuk Anda yang pernah atau suka dengan karakter Disney pasti familiar dengan karakter gajah dengan kuping lebar dan juga dapat terbang bernama Dumbo. Ternyata tidak hanya di dunia animasi, namun dunia nyata pun ada Dumbo sekaligus menjadi salah satu hewan unik lainnya.

Hanya saja, Dumbo yang satu ini bukanlah gajah melainkan octopus atau gurita. Penemu hewan unik ini memberikan nama Dumbo Octopus berdasarkan yang ada pada film Disney. Jika diperhatikan hewan ini seperti memiliki telinga, padahal telinga itu adalah siripnya.

Hewan ini akan terlihat sangat imut, lucu, dan juga menggemaskan pada sat masih kecil. Namun kabarnya ketika dewasa, hewan ini begitu menyeramkan lho.

9. Mexican Mole Mizard

mexican mole lizard

Kali ini binatang unik datang dari jenis kadal. Dikenal sebagai Ajolote atau juga Bipes adalah kadal aneh dengan bentuk seperti ular yang memiliki kaki. Bentuk dari kadal ini memiliki tubuh panjang seperti ular namun berjalannya tidak seperti ular yang merayap.

Kadal ini justru berjalan dengan menggunakan sepasang kaki atau mungkin tangan yang berada disamping kepalanya. Namun, terkadang kadal aneh dan unik juga suka merayap seperti ular. Unik bukan?

10. Promachoteuthis Sulcus

promachoteuthis sulcus

Binatang teraneh dan terunik ini memiliki nama yang cukup sulit diucapkan. Hewan unik ini dinamakan secara ilmiah karena memang binatang unik ini hanya 1 spesimen tunggal yang ditemukan dalam wadah riset Jerman.

Pada saat itu, Sulcus ditemukan di kedalaman sekitar 6000 kaki di bawah laut. Binatang terunik ini merupakan spesies cumi-cumi yang cukup mengerikan dengan gigi yang menyerupai manusia. Binatang ini juga memiliki delapan kaki dan dua tentakel.

Nah, itulah beberapa hewan terunik di dunia yang punya bentuk aneh. Jadi, apakah kamu pernah menemukan salah stau dari 10 binatang yang telah disebutkan di atas tadi? Atau pernah lihat binatang unik lainnya? Yuk, share pengalaman kamu di kolom komentar!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar