Bacaterus / Tempat Unik / 10 Bendungan Terbesar di Dunia yang Sangat Mengagumkan

10 Bendungan Terbesar di Dunia yang Sangat Mengagumkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bendungan atau disebut juga Dam merupakan konstruksi bangunan yang dibangun untuk menahan aliran air sehingga membentuk sebuah danau atau waduk. Keberadaan bendungan memang memiliki banyak manfaat.

Selain untuk persediaan air dalam kota, menahan banjir, atau menahan limpahan air dari wilayah lain, bendungan juga dapat berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik dan objek wisata yang sangat menarik.

Nah, karena kita sedang membahas masalah bendungan, kali ini Bacaterus telah merangkum 10 Bendungan terbesar dan tertinggi di dunia yang mengagumkan dan mesti kamu tahu. Simak daftarnya dibawah ini ya!

1. Bendungan Zeya

Bendungan Zeya

Bendungan Zeya berada di negara Rusia dan letaknya sendiri berada tepat di daerah perbatasan antara Rusia dan Cina, Tukuringra Range. Masyarakat Rusia menyebutnya sebagai bendungan Zeya. Sesuai namanya bendungan gravitasi beton ini memang menahan aliran sungai Zeya. Bendungan Zeya memiliki panjang 714 meter dan tinggi sekitar 112 meter.

Bendungan ini mampu menciptakan tampungan air seluas 2.419 kilometer persegi dengan volume tampung sebesar 68,42 miliar meter kubik. Bendungan Zeya dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga air dimana bendungan ini mampu menghasilkan listrik sebesar 4,91 TWh listrik per tahun.

2. Bendungan Bratsk

Bendungan Bratsk

Bendungan terbesar selanjutnya masih berada di negara Rusia, tepatnya di Siberia. Bendungan Bratsk dibangun pada tahun 1954 dan secara resmi beroperasi pada tahun 1967. Bendungan Bratsk membendung sungai Angara dan menjadi salah satu bendungan terbesar yang ada di dunia.

Bendungan Bratsk sendiri memiliki panjang sekitar 1.452 meter dengan ketinggian mencapai 125 meter. Bendungan ini membentuk danau seluas 5.540 kilometer persegi dengan volume tampung air sebanyak 169,27 miliar meter kubik. Dengan daya tampung yang cukup fantastis, bendungan Bratsk pun mampu menghasilkan listrik sebesar 22,6 TWh per tahun.

3. Bendungan The Daniel Johnson

Bendungan The Daniel Johnson

Bendungan The Daniel Johnson membendung sungai Manicouagan yang ada di Kanada, Amerika Utara. Bendungan ini dibangun antara tahun 1959 sampai 1970. Nama Daniel Johnson diambil untuk mengenang perdana menteri Quebec yang memulai proyek ketika dirinya menjabat sebagai perdana mentri di Duplessis.

Ia sendiri diketahui meninggal tahun 1968, sebelum bendungan tersebut resmi dibuka. Bendungan Daniel Johnson menjadi salah satu bendungan terbesar yang ada di dunia. Dengan panjang 1.310 meter dan tinggi mencapai 213 meter. The Daniel Johnson mampu menampung volume air sebanyak 139,8 miliar meter kubik.

4. Bendungan Aswan

Bendungan Aswan

Bendungan terbesar selanjutnya berada di kota Aswan yang ada di negara Mesir. Bendungan Aswan merupakan konstruksi bangunan yang dibuat untuk membendung sungai Nil. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir akibat aliran air yang berasal dari Afrika Timur.

Bendungan Aswan memiliki panjang sekitar 3.830 meter dengan tinggi 980 meter. Bendungan ini mampu  menampung air sebesar 132 miliar meter kubik. Selain untuk menanggulangi terjadinya banjir. Bendungan Aswan juga berfungsi untuk pembangkit listrik tenaga air serta sebagai irigasi pertanian bagi penduduk di kota tersebut.

5. Bendungan Guri

Bendungan Guri

Bendungan Guri merupakan bendungan yang berada di wilayah Bolivar, Venezuela, Amerika Selatan. Bendungan Guri didirikan di dekat sungai Caroni pada tahun 1963 dan mulai dibuka pada tahun 1969. Bendungan Guri memiliki panjang 7.426 meter dengan tinggi 162 meter.

Dengan luas permukaan  sebesar 4.250 meter persegi. Bendungan Guri mampu menampung volume air sebesar 135 miliar kubik. Dan menjadikan bendungan Guru sebagai bendungan terbesar dunia yang mampu menghasilkan listrik sebesar 47 TWh pertahun untuk kebutuhan listrik di wilayah Venezuela.

6. Bendungan Amosombo

Bendungan Amosombo

Bendungan Amosombo dibangun untuk membendung sungai Volta yang berada di wilayah Ghana Tenggara, Afrika. Bendungan Amosombo mulai beroperasi pada tahun 1965. Bendungan Amosombo  memiliki panjang 660 meter dan tinggi sekitar 124 meter. Pada awal pembangunannya mega proyek tersebut telah merelokasi 80.000 penduduk dari 700 desa berbeda ke wilayah lain.

Dengan luas permukaan air sebesar 8.500 kilometer persegi. Bendungan ini mampu menampung volume air sebesar 144 miliar meter kubik serta menjadikannya sebagai bendungan air terbesar ketiga di dunia berdasarkan volume airnya.

7. Bendungan W.A.C. Bennet

Bendungan W.A.C. Bennet

Bendungan W.A.C Bennet berada di wilayah Kanada, Amerika Utara. Bendungan ini dibangun untuk membendung sungai Peace yang membentuk danau Williston. Danau Williston sendiri merupakan danau buatan yang cukup terkenal di seantero dunia karena keindahannya.

Pembangunan bendungan ini sendiri menghabiskan dana yang cukup fantastis yaitu sekitar 750 juta dollar. Dan menjadi salah satu mega proyek terbesar di provinsi British Columbia. Bendungan ini memiliki panjang sekitar 2.068 meter dengan tinggi 183 meter. Bandungan yang memiliki luas permukaan 1.773 kilometer persegi ini mampu menampung volume air sebesar 74 miliar meter kubik.

8. Bendungan Robert Baurassa

Bendungan Robert Baurassa

Bendungan Robert Baurassa merupakan tanggul yang membendung Sungai La Grande di Kanada, Amerika Utara. Bendungan yang memiliki panjang dan 2.835 meter dengan tinggi 162 meter ini memiliki luar permukaan sebesar 2.815 kilometer persegi dengan volume tampung air mencapai 61,7 miliar meter kubik.

Bendungan Robert Baurassa dibangun dalam rentan waktu tahun 1974 sampai 1981. Pada tahun 2009 bendungan Robert Baurassa menjadi pembangkit listrik terbesar ke-12 yang ada di dunia. Sementara nama Robert Baurassa sendiri di ambil dari nama perdana menteri Quebec saat itu yang menjabat pada 1970-1976.

9. Bendungan Krasnoyarsk

Bendungan Krasnoyarsk

Bendungan Krasnoyarsk berada di wilayah Divnogorsk, Rusia. Bendungan ini dibangun untuk menahan aliran air sungai Yanisey. Masa pembangunannya menghabiskan waktu dari tahun 1956-1972. Bendungan ini pun menjadi landmark dari Krasnoyarsk dan diabadikan dalam yang uang pecahan 10 Rubel.

Bendungan Krasnoyarsk memiliki panjang 1.065 meter serta tinggi 124 meter. Bendungan ini memiliki luas permukaan 2.000 kilometer persegi dengan volume tampung air sebesar 73,3 miliar meter kubik.

Bendungan ini dimanfaatkan sebagian besar untuk kebutuhan pabrik aluminium Krasnoyarsk. Keberadaan bendungan yang satu ini memang cukup memberi perubahan pada iklim Krasnoyarsk. Hal tersebut dapat dilihat dari aliran air yang tidak membeku meskipun pada cuaca dingin.

10. Bendungan Tiga Ngarai (Three Gorges)

Bendungan Tiga Ngarai (Three Gorges)

Salah satu mega proyek Cina ini menjadi bendungan terbesar yang ada di dunia. Letaknya sendiri berada di antara wilayah tiga ngarai yang melewati daerah Yichang, Hubei dan Fulling, Chongqing. Bendungan ini terletak di sungai Yangtze.

Seperti yang kita ketahui Yangtze merupakan sungai terpanjang ketiga yang ada di dunia. Bendungan Tiga Ngarai atau Three Gorges memiliki ketinggian 185 meter dengan panjang permukaan 2.335 meter. Bendungan ini mampu menampung volume air sebesar 39,3 miliar meter kubik dengan luas permukaan 1.045 kilo meter persegi.

Bendungan Tiga Ngarai ini mulai dioperasikan pada tahun 2009. Dan mampu menghasilkan listrik sebanyak 80.000 GWh yang setara dengan 15 reaktor nuklir.

Nah, itulah 10 Bendungan terbesar dan tertinggi di dunia yang mengagumkan. Meskipun menghabiskan banyak dana serta waktu yang lama dalam proses pembangunannya. Namun keberadaan bendungan memang sangat dibutuhkan manusia. Semoga informasi yang Bacaterus  share untuk kamu bermanfaat. Terima kasih.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *