bacaterus web banner retina

10 Bencana Alam Paling Dahsyat yang Terjadi di Indonesia

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 31 Juli 2021

Bencana memang bisa datang kapan saja dan dimana saja. Sebagai negara yang terletak diantara lempeng tektonik dunia. Serta berada di jalur rangkaian gunung api paling aktif (Ring of Fire). Indonesia memang berada di wilayah yang rawan terkena bencana.

Meskipun demikian, hal tersebut bukan sebuah ancaman besar yang membuat hidup kita lantas berada dalam ketakutan. Sejatinya bencana adalah ketentuan dari Tuhan. Hanya kepadan-Nya, kita meminta perlindungan dari semua bencana.

Nah, dari berbagai bencana alam yang pernah terjadi di Indonesia. Kali ini Bacaterus telah merangkum 10 bencana paling dahsyat yang pernah menimpa tanah air. Kapan dan dimana kejadiannya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Letusan Gunung Merapi

Letusan Gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan gunung teraktif yang ada di Indonesia. Secara letak administrasi gunung yang tercatat memiliki ketinggian 2.930 pada tahun 2010 ini berada di kabupaten Sleman, Yogyakarta serta beberapa daerah Jawa Tengah seperti kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten.

Letusan Gunung Merapi yang menelan banyak korban terjadi pada tahun 1930 dimana lebih dari 1400 orang tewas dalam bencana tersebut. Pada tahun 2010 gunung Merapi pun kembali memuntahkan lahar panas yang menyebabkan korban tewas sebanyak 352 orang.

Menurut BMKG Ledakan yang terjadi pada tahun 2010 disebut sebagai ledakan paling kuat yang hampir mirip dengan yang terjadi pada tahun 1872.

2. Gempa Lombok

Gempa Lombok

Bencana alam selanjutnya terjadi di Lombok, NTB. Gempa dengan kekuatan 7 skala richter terjadi pada 5 Agustus 2018. Gempa tersebut sempat menimbulkan kekhawatiran masyarakat karena menurut BMKG, gempa yang terjadi berpotensi menimbulkan Tsunami.

Pusat gempa sendiri berada di 18 km barat laut Lombok Timur, NTB dengan kedalaman 32 km. Bencana gempa yang terjadi di Lombok tersebut menelan korban tewas sebanyak 428 orang, lebih dari 1000 orang luka berat. Sementara 250 ribu warga terpaksa diungsikan untuk mencegah bencana susulan terjadi.

3. Letusan Gunung Agung

Letusan Gunung Agung

Gunung Agung merupakan gunung tertinggi yang terletak di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. Gunung Agung sendiri termasuk dalam katagori gunung stratovolkano. Gunung Agung pertama kali meletus pada tahun 1808.

Setelah beberapa kali mengalami peningkatan aktivitas di gunung tersebut. Puncaknya pada 17 Maret 1963, Gunung Agung meletus cukup dahsyat hingga menewaskan lebih dari 1500 jiwa. Letusan tersebut mengakibatkan debu vulkanik sejauh 14.000 km serta membuat suhu bumi menurut 0,4 derajat Celsius.

4. Gempa Sumatra

Gempa Sumatra

Bencana alam terdahsyat selanjutnya yaitu gempa Sumatra. Gempa Sumatra terjadi pada 30 September 2009. Gempa dengan kekuatan 7,6 Skala Richter tersebut terjadi di lepas pantai Sumatra sekitar 50 km barat laut kota Padang.

Bencana alam akibat guncangan hebat tersebut dengan sekejap meluluh lantahkan beberapa wilayah yang ada di Sumatra. Sehingga memakan banyak korban, dimana para korban terdiri dari 1.117 korban tewas, 1214 korban luka berat dan lebih dari 1.500 korban luka ringan.

Bencana gempa tersebut telah merusak hampir sebagian bangunan dimana tak kurang dari 135.000 ribu rumah mengalami kerusakan parah akibat bencana alam tersebut.

5. Letusan Gunung Kelud

Letusan Gunung Kelud

Salah satu bencana alam terdahsyat lainnya datang dari gunung Kelud. Gunung yang berada di beberapa kabupaten yang ada di wilayah Jawa Timur ini memang sering menunjukan aktivitasnya dari tahun ke tahun.

Pada tahun 2014, gunung Kelud sempat kembali meletus dan menewaskan 4 korban jiwa. Meskipun korban Jiwa dalam letusan tersebut terbilang kecil. Namun dampak yang terjadi akibat letusan tersebut mengakibatkan beberapa wilayah yang ada di pulau Jawa tertutup abu vulkanik selama beberapa hari.

Gunung Kelud sendiri diketahui pernah beberapa kali menumpahkan lahar panas. Salah satu letusan yang mematikan terjadi di tahun 1919, dmana dalam letusan tersebut telah menelan korban hingga 5.160 jiwa serta merusak 15.000 hektar lahan produktif. Letusan gunung Kelud pada tahun tersebut menjadi salah satu bencana terdahsyat yang pernah terjadi di Indonesia.

6. Letusan Gunung Krakatau

Letusan Gunung Krakatau

Salah satu bencana paling dahsyat sepanjang sejarah terjadi di Ujung Selat Sunda, yaitu letusan Gunung Krakatau. Bencana tersebut bahkan disebut sebut sebagai bencana alam terbesar yang pernah terjadi di dunia.

Puncak letusan dahsyat sendiri terjadi pada 27 Agustus 1883 dimana lebih dari 120 ribu jiwa menjadi  akibat lahar panas dari perut bumi tersebut. Letusan Gunung Krakatau sendiri bahkan terdengar hingga Sri Langka dan Australia.

Menurut para peneliti, kekuatan letusan Gunung Krakatau setara dengan 13.000 kali kekuatan bom atom yang terjadi di Nagasaki dan Hiroshima. Bencana tersebut juga menyebabkan langit ditutupi kabut hitam selama beberapa hari.

7. Bencana Palu dan Donggala

Bencana Palu dan Donggala

Salah satu bencana alam paling dahsyat selanjutnya terjadi di Palu dan Donggala. Bencana yang terjadi di sana tercatat sebagai bencana terparah yang pernah terjadi di Indonesia. 28 September 2018 adalah hari yang mencekam bagi rakyat Sulawesi.

Pasalnya pada hari itu terjadi  gempa dengan kekuatan 7,4 Skala Richter dengan pusat gempa berada di 26 km utara Donggala dan 80 km barat laut kota Palu.

Bencana gempa tersebut kemudian memicu timbulnya Tsunami setinggi 5 meter yang menerjang kota Palu. Selain Tsunami, gempa berkekuatan besar tersebut menimbulkan likuefaksi atau pencairan tanah yang menelan kelurahan Patobo dan Perumnas Balaroa di kota Palu.

Bencana alam yang terjadi di Palu dan Donggala menelan banyak korban lebih dari 2.000 jiwa. Sementara korban yang hilang tak terhitung jumlahnya. Bencana yang terjadi di Palu dan Donggala pun menjadi sejarah memilukan yang pernah terjadi di Indonesia.

8. Gempa Yogyakarta

Gempa Yogyakarta

Gempa Yogyakarta terjadi pada 27 Mei 2006. Bencana alam yang terjadi di kota pelajar merupakan bencana dahsyat yang merenggut banyak korban jiwa. Gempa dengan kekuatan 5,9 Skala Richter tersebut berpusat di kedalaman 11,3 Km.

Guncangan dahsyat tersebut telah merenggut banyak korban jiwa. Dimana jumlah orang tewas mencapai 6.234 korban. Sementara ribuan orang mengalami luka berat. Infrastruktur serta ratusan ribu bangunan ikut menjadi Korban akibat bencana tersebut. Bencana yang sebagian besar terjadi di Bantul, Yogyakarta ini pun menjadi salah satu bencana dahsyat yang pernah terjadi di Indonesia.

9. Letusan Gunung Tambora

Letusan Gunung Tambora

Bencana lainnya yang tak kalah dahsyat di Indonesia adalah letusan Gunung Tambora. Dahulu Gunung Tambora merupakan gunung tertinggi dengan ketinggian mencapai 4300 mdpl. Akibat letusan dahsyat yang terjadi tahun 1815. Tambora pun kehilangan hampir 50% ketinggiannya.

Letusan gunung terdahsyat tersebut tercatat terjadi pada 10 April 1815. Letusan Gunung Tambora yang dahsyat memberi dampak besar bagi perubahan iklim yang terjadi di Amerika serta wilayah Eropa pada tahun berikutnya. Dimana pada tahun 1816 pun dikenal dengan sebutan "Tahun tanpa musim panas".

Letusan tersebut diperkirakan menewaskan hampir 71.000 jiwa. Dimana diantara para korban merupakan korban langsung dari keperkasaan Gunung Tambora.

10. Tsunami Aceh

Tsunami Aceh

Meskipun Tsunami Aceh telah terjadi 15 tahun yang berlalu. Namun kengerian akibat bencana tersebut masih bisa masyarakat Indonesia rasakan hingga saat ini. Tsunami Aceh terjadi pada Minggu pagi tanggal 26 Desember 2004.

Bermula dari gempa dahsyat berkekuatan 9,3 magnitudo yang ditengarai terjadi di kedalaman 10 km di dasar laut Samudera Hindia. Bencana  gempa tersebut pada akhirnya menimbulkan gelombang Tsunami setinggi 30 meter yang menyapu wilayah Aceh.

Ganasnya terjangan Tsunami Aceh telah menghancurkan ribuan bangunan serta menewaskan hampir 230 ribu korban jiwa bahkan lebih. Tsunami Aceh pun menjadi bencana yang paling banyak menelan korban dalam sejarah bencana yang terjadi di Indonesia.

Demikianlah 10 Bencana alam paling dahsyat yang pernah menimpa Indonesia. Sejatinya semua bencana yang telah terjadi telah digariskan oleh Tuhan yang maha Esa. Sehingga manusia hanya bisa berdoa serta menjaga alam yang telah diwariskan pada manusia dengan sebaik-baiknya. Semoga apa yang telah Bacaterus sampaikan bisa bermanfaat untuk kamu semua. Terima kasih.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram