Bacaterus / Tikus / Ingin Usir Tikus dari Rumah? 8 Bau Ini Bisa Menjadi Solusinya

Ingin Usir Tikus dari Rumah? 8 Bau Ini Bisa Menjadi Solusinya

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tikus seringkali dianggap sebagai hama, bagaimana tidak, binatang pengerat satu ini memang didapati merusak tanaman di lahan-lahan pertanian hingga perabotan rumah juga pakaian. Kehadirannya di rumah tentu adalah hal yang tak menyenangkan.

Tikus berkeliaran dimana saja tak mengenal tempat bahkan tempat-tempat kotor seperti got, pipa, sawah, juga tempat sampah. Mereka dapat membawa kotoran dan kuman penyakit kedalam rumah, karena itulah tikus dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, diantaranya Sindrom Paru Hantavirus, Demam Tikus, Eosinophilic Meningitis, dan penyakit lainnya.

Ketika tikus menemukan makanan dan rasa nyaman dalam rumah, tikus akan kembali di malam-malam berikutnya hingga menganggap rumah manusia sebagai sarangnya. Jika tikus sudah berada dalam rumah dan sulit diusir, mungkin beberapa cara ampuh dan aman dari Bacaterus ini bisa kamu coba.

1. Merica

Merica

* sumber: zerowastebali.com

Bumbu dapur ini memiliki aroma serta rasa yang pedas. Tikus memiliki indra penciuman yang lebih sensitif. Penciumannya akan terganggu dengan bau rempah dapur seperti merica atau lada hitam. Bentuk rempah yang kecil membuatnya mudah digunakan, kamu hanya perlu menaburkan bubuk merica atau lada hitam di sudut rumah.

Tikus tentu tidak akan suka karena indra penciumannya akan kabur, merasa terganggu dan pergi. Jangankan tikus, indra penciuman kamu juga bisa terganggu jika menghirup bubuk merica, hal ini dikarenakan senyawa piperin pada merica yang menyengat.

2. Bubuk Kopi

Bubuk Kopi

* sumber: burmancoffee.com

Beberapa orang sangat menikmati waktu minum kopi, terlebih bagi para pecinta kopi. Namun taukah kamu selain nikmat diminum kopi juga bisa digunakan sebagai pengusir tikus di rumah lho. Seperti halnya merica, kopi juga memiliki bau yang tajam dan menyengat. Tikus memang tak menyukai bau atau aroma yang tajam dan menyengat.

Sehingga kamu bisa coba mengusir tikus dengan cara ini, cobalah menaburkan bubuk kopi di sekitar pojok rumah atau tempat yang menjadi sarang tikus. Kamu juga bisa membungkus bubuk kopi atau biji kopi dengan kain dan menggantungnya di beberapa sudut rumah, dengan demikian tikus akan terganggu dan pergi.

Jangan lupa pilih bubuk kopi hitam tanpa gula, jika kamu memilih cara ini untuk mengusir tikus di rumahmu.

3. Minyak Peppermint

Minyak Peppermint

* sumber: www.sanitized.com

Minyak peppermint adalah minyak serbaguna yang bisa kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti digunakan untuk meredakan sakit kepala, hidung tersumbat, sampai menghalau serangga. Aroma alami minyak peppermint yang tajam dan menyengat sangat tidak disukai tikus.

Jika kamu tertarik mencobanya, kamu bisa mengoleskan minyak peppermint pada kapas atau kain. Lalu letakkan pada bagian rumah yang sering tikus lewati. Selain membuat tikus pergi karena tak tahan dengan aromanya, rumah juga akan menjadi lebih segar dan wangi karena aroma peppermint.

Selain menggunakan bentuk minyaknya, kamu juga bisa menggunakan daun peppermint. Kamu tinggal memblender daun mint dengan sedikit air, lalu semprotkan cairannya pada area yang sering tikus lewati.

4. Buah Mengkudu

Buah Mengkudu

* sumber: www.sehatq.com

Buah mengkudu menjadi salah satu bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk mengusir tikus. Buah ini terkenal dengan baunya yang menyengat dan kurang sedap. Tikus tidak menyukai buah ini begitu pun dengan baunya. Aroma buah mengkudu akan membuat tikus terganggu.

Trik ini juga mudah untuk kamu ikuti, hancurkan buah mengkudu sampai halus. Masukkan buah mengkudu yang sudah dihaluskan kedalam botol dan tambahkan air. Kemudian biarkan buah mengkudu terlarut dengan air, barulah kamu semprotkan larutan buah mengkudunya ke sudut-sudut rumah yang sering dilewati tikus.

5. Cengkeh

Cengkeh

* sumber: supahasilbumi.com

Satu lagi rempah yang kamu gunakan sebagai bahan alami mengusir tikus dari rumah. Cengkeh memiliki aroma atau bau yang khas, walau sebagian orang kurang suka karena aromanya terlalu menyengat. Walaupun kurang cocok dijadikan bumbu dapur, cengkeh biasa digunakan dalam campuran teh atau kue.

Tikus benar-benar tidak menyukai aroma dari cengkeh ini dan akan kabur begitu bau cengkeh tercium oleh mereka. Cara yang perlu kamu lakukan juga sederhana, cucuk masukan beberapa potong cengkeh kedalam kain kasa. Kemudian biarkan cengkeh mengering selama beberapa hari.

Semakin kering semakin menyengat juga bau yang akan dikeluarkan oleh cengkeh. Kamu juga bisa membeli cengkeh yang sudah dikeringkan. Setelah dibalut kain kasa, letakkan cengkeh di tempat yang sering dilalui atau di tempat sarang tikus.

6. Cuka

Cuka

Bau lainnya yang tak disukai tikus adalah bau cuka, cuka putih adalah bahan yang mudah kita temukan. Tak jarang ditemukan di dapur juga, lalu bagaimana cara menggunakannya untuk mengusir tikus pergi? Kamu perlu siapkan bola-bola kapas dan tuangkan cuka pada bola kapas atau celup bola kapas dalam cuka hingga meresap.

Jangan lupa gunakan sarung tangan jika kamu ingin mencelupkan bola kapas pada cuka agar kulit tangan tidak perih. Selanjutnya kamu tinggal meletakkan bola-bola kapas di tempat yang sering didatangi dan dilewati tikus.

Tikus amat membenci aroma suka yang menyengat, mereka akan kapok datang area tersebut. Jika bola-bola kapas sudah mengering pastikan kamu mengganti bola kapas cuka dengan yang baru.

7. Cabe Rawit

Cabe Rawit

* sumber: paktanidigital.com

Siapa yang suka makanan pedas pasti tau bagaimana pedasnya cabe rawit kan, ternyata jenis cabe ini juga sangat dibenci tikus lho. Selain benci pada aromanya, tikus juga tak menyukai rasa dari cabe rawit. Kalau kamu tertarik mencoba trik ini maka yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan beberapa buah cabe rawit.

Kemudian blender beberapa potongan cabe rawit dan tambahkan sedikit air. Setelahnya kamu bisa letakkan jus cabe tersebut ke tempat yang biasa di datangi atau dilewati tikus, tikus akan merasa panas.

8. Daun Sirsak

Daun Sirsak

* sumber: www.honestdocs.id

Satu lagi bebauan yang tak disukai tikus yakni daun sirsak. Dalam daun sirsak terdapat zat perangsang dimana aroma yang dikeluarkan cukup menyengat dan tidak disukai tikus. Biasanya aroma khas daun itu akan keluar jika daun disobek.

Maka yang perlu kamu lakukAn jika ingin menggunakan daun sirsak sebagai pengusir tikus adalah dengan memotong atau merobek daun sirsak menjadi bagian-bagian kecil. Setelahnya simpan potongan daun sirsak tersebut di area yang sering dilalui tikus. Jangan lupa mengganti daun sirsak jika sudah mengering.

Itulah beberapa bebauan atau aroma yang tidak disukai tikus, jika kamu ingin mengusir tikus bandel di rumahmu cara-cara alami ini bisa kamu coba. Apalagi mengingat racun tikus memiliki bahan kimia yang kurang baik untuk kesehatan.

Penting sekali untuk menjaga kebersihan rumah setiap hari. Kamu juga harus memastikan bahwa rumah dalam keadaan bersih dan tak ada sisa makanan yang tergeletak di sembarang tempat saat kamu pergi tidur di malam hari. Karena biasanya tikus akan menjelajahi rumah untuk mencari makanan di malam hari.

Semoga artikel kali ini bermanfaat apalagi buat kamu yang butuh cara mengusir tikus di rumah. Bacaterus juga punya artikel menarik lainnya untuk menambah pengetahuan kamu, jadi jangan lupa membacanya ya. Kalau kamu punya pertanyaan dan info lain seputar bau yang tidak disukai tikus, kamu boleh menuliskannya di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *