bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / 10 Batu Mulia yang Paling Mahal dan Langka di Dunia

10 Batu Mulia yang Paling Mahal dan Langka di Dunia

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 12 April 2021

Kilau dari batu-batu mulia telah memikat banyak orang sejak dahulu. Dari warnanya yang pekat hingga hanya seutas sapuan warna yang lembut, banyak orang menyenanginya dengan beragam alasan. Sebagian dari batu mulia ini mungkin pernah kamu dengar atau juga tidak pernah sama sekali.

Ada banyak batu mulia memiliki komposisi beragam yang menjadikannya mereka istimewa. Karena itu ada beberapa batu mulia yang memiliki harga yang tinggi, contohnya berlian. Berikut ini adalah ulasan beberapa batu mulia  yang  membautnya menjadi batu berharga yang banyak diminati.

1. Berlian Biru

batu mulia termahal di dunia_Berlian Biru

Berlian biru atau Blue Diamond merupakan batu berlian alami yang terbentuk jutaan tahun lalu di bawah permukaan bumi. Warna biru yang terdapat dalam berliannya merupakan warna yang alami, bukan buatan. Warna biru dalam berlian berasal dari kandungan boron dalam struktur karbonnya.

Berlian biru memiliki beragam warna biru, dari biru saja, biru keabuan, biru keunguan, dan biru kehijauan. Berlian dengan warna biru merupakan jenis yang paling langka, apalagi dengan warna yang lebih gelap. Warna biru yang semakin pekat membuat harganya semakin mahal dan juga paling langka.

Berlian biru ini hanya dapat kamu temukan di beberapa tambang saja, diantaranya adalah Golconda di India, Cullinan di Afrika selatan, dan Argyle di Australia. Berlian biru termahal yang pernah dijual dalam sebuah lelang adalah Berlian Biru bernama Oppenheimer seharga 57.5 juta dolar Amerika.

2. Jadeite

batu mulia termahal di dunia_Jadeite

Jadeite merupakan jenis batu dari keluarga giok yang paling murni, langka dan juga paling cerah. Warna batu Jadeite yang paling umum adalah warna hijau, walaupun Jadeite memiliki warna lainnya. Batu giok Imperial menjadi batu giok yang banyak dicari dengan warna hijau yang semi transparannya.

Batu giok Imperial merupakan batu giok yang paling langka dan juga paling mahal, jenis giok ini berasal dari Myanmar. Jadeite sendiri merupakan jenis batu yang terbuat dari mineral piroksen yang memiliki komposisi NaAlSi2O6. Batu ini terbuat dari mineral yang padat dengan berat jenisnya 3,4.

Sebuahkalung yang menggunakan batu Jadeite yang pernah dimiliki oleh seorang ahli waris berkebangsaan Amerika Barbara Hutton, pernah terjual dengan harga yang sangat mahal. Kalung yang bertahtakan 27 butir Jadeite tersebut terjual dengan harga 27,44 juta dolar Amerika Serikat.

3. Berlian Merah Muda

batu mulia termahal di dunia_Berlian Merah Muda

Semua jenis berlian yang berwarna merupakan batu mulia yang sangat langka, begitu pula dengan Berlian merah muda. Batu mulia yang satu ini didapat dari sebuah pertambangan Argyle yang berada di Australia.  Jumlah berlian merah muda yang beredar di dunia, mayoritas berasal dari Argyle.

Pada sebuah lelang, harga berlian merah muda dapat mencapai 1 juta dolar per karatnya. Bahkan, berlian merah muda dengan nama ‘Bintang Merah’ dengan berat 59,60 karat harganya dapat menyentuh 71,2 juta dolar atau sama dengan 1,19 juta dolar per karatnya. Berlian ini dijual oleh Sotheby Hongkong.

4. Ruby

batu mulia termahal di dunia_ Ruby

Rubi merupakan batu mulia yang berasal dari famili batuan corundum, bentuk kristal dari aluminium oksida. Rubi biasanya memiliki warna merah yang pekat seperti darah yang berasal dari elemen kromium. Sedangkan warna lain batu ini seperti merah muda, biru, atau kuning akan dinamakan safir. 

Ruby merupakan batu mulia yang cukup keras sehingga kamu dapat membuatnya sebagai anting atau liontin tanpa takut membuat batunya rusak. Selain itu batu rubi juga terkenal sebagai hadiah yang biasa diberikan pada ulang tahun pernikahan yang ke-15 dan juga ke-40 tahun.

Batu rubi akan semakin mahal jika intensitas warnanya semakin pekat, selain faktor-faktor lain seperti potongan, kejernihan, dan kadar karatnya. ‘The Sunrise Ruby’ merupakan jenis rubi yang pernah dilelang Sotheby Geneva dengan harga 30 juta dolar yang artinya harga per per karatnya $1,18 juta.

5. Berlian Merah

batu mulia termahal di dunia_Berlian Merah

Seperti semua jenis berlian yang berwarna, mereka merupakan jenis berlian yang paling langka. Saat ini belum ada teori yang pasti darimana warna merahnya berasal. Tetapi satu teori yang dapat diterima adalah dalam pembentukan berlian terdapat deformasi plastis pada struktur kisi kristalnya.

Sama seperti berlian lain, nilai dari berlian merah juga ditentukan oleh warna, kecerahan, potongan, dan juga kadar karatnya. Berlian merah yang termasuk dalam batu mulia sangat langka membuatnya memiliki harga yang cukup fantastis yaitu 1 juta dolar Amerika per karatnya.

Moussaieff Red Diamond merupakan berlian terbesar yang pernah ditemukan di dunia dengan berat 5,11 karat. Berlian ini ditemukan seorang petani berkebangsaan Brasil di Sungai Abaete Zinho. Berliannya diperkiraan dibeli dengan harga sekitar hampir 8 juta dolar Amerika Serikat.

6. Zamrud

batu mulia termahal di dunia_Zamrud

Zamrud  merupakan batu yang sangat populer karena warna hijaunya yang eksostis. Zamrud merupakan batu mulia yang berasal dari beragam mineral beryl. Mineral yang menyusun beryl diantaranya adalah beryllium aluminium cyclosilicate, formula kimianya adalah Be3Al2Si6O18.

Batu Zamrud sesungguhnya dapat ditemukan di banyak negara, tetapi Kolombia menjadi negara penghasil Zamrud terbanyak. Kebanyakan batu Zamrud memiliki sedikit ketidaksempurnaan, sehingga jika ada Zamrud alami yang tidak memiliki cacat sama sekali harganya akan menjadi sangat mahal.

Jamrud termahal yang pernah dilelang adalah batu Zamrud yang pernah dimiliki oleh John D. Rockefeller. Zamrud ini di lelang oleh anaknya di Rumah Lelang Christie, dengan harga 5,5 Juta dolar Amerika Serikat. Dengan kata lain, Zamrud Rockefeller itu memiliki harga 305 ribu dolar Amerika per karatnya.

7. Alexandrite

batu mulia termahal di dunia_Alexandrite

Batu Alexandrite merupakan jenis batu mulia langka yang unik karena dapat berubah warna. Batuan ini pertama kali ditemukan ditemukan di Pegunungan Ural, Rusia, pada tahun 1830. Tetapi selain di Rusia ada juga penambangan batu Alexandrite  di Srilanka, Tanzania, dan juga India. 

Kebanyakan dari batu mulia ini ditemukan dalam ukuran yang kecil. Sehingga jika ditemukan batu Alexandrite dalam ukuran besar, maka harganya akan langsung naik. Batu ini berasal dari mineral yang bernama chrysoberyl. Batu ini memiliki kemampuan berubah warna di saat siang dan malam hari.

Ukuran dari batu Alexandrite yang alami biasanya memiliki harga sekitar 15 ribu dolar Amerika untuk ukuran 1 karat. Sedangkan untuk ukuran lebih dari satu karat biasanya harganya berkisar 5 -70 ribu dolar Amerika. Ukuran terbesar batu Alexandrite yang pernah ditemukan adalah 65,7 karat.

8. Musgravite

batu mulia termahal di dunia_Musgravite

Nama dari batu mulia ini berasal dari tempat pertama kali batu ini ditemukan, yaitu daerah Musgrave di Australia. Batu ini pertama kali ditemukan di Australia pada tahun 1967. Batu ini juga termasuk ke dalam jenis batu yang cukup langka. Selain di Australia, batu ini juga ada di Madagaskar dan Greenland.

Batunya biasanya memiliki warna hijau zaitun. Batu mulia ini cukup langka sehingga sangat sulit bagi kamu untuk menemukannya di pasaran. Harga di pasaran dari batu mulia ini sekitar 35 ribu dolar Amerika, harga ini berdasarkan harga batu Musgravite yang pernah dijual sebelumnya.

9. Taaffeite

batu mulia termahal di dunia_Taaffeite

Batu Tasffeite ini  memperoleh namanya dari nama penemu batunya yaitu Richard Taaffe yang menemukan batu ini di Dublin Irlandia. Pada awalnya, batu Taaffeite ini sering salah diidentifikasi sebagai batu spinel selama bertahun-tahun. Tetapi batu Taaffeite berbeda dengan batu spinel.

Taaffeite berasal dari mineral beryllium, magnesium dan alumunium. Hal yang membedakan Taaffeite dengan batu spinel adalah kemampuannya untuk melakukan pembiasan ganda. Harga dari batu mulia langka ini berkisar 35 ribu dolar Amerika Serikat  per karatnya.

10. Grandidierite

batu mulia termahal di dunia_Grandidierite

Satu lagi batu mulia yang cukup langka adalah batu Grandidierite, batu yang pertama kali ditemukan di Madagaskar tahun 1902. Nama dari batu ini berasal dari seorang eksplorer berkebangsaan Perancis Alfred Grandidier. Batu dari Grandidierite ini biasanya memiliki warna biru kehijauan.

Batu Grandidierite ini akan tampak berwarna biru jika memiliki kandungan besi yang banyak. Batu mulia yang cukup langka ini dihargai sekitar 20 ribu dolar Amerika Serikat per karatnya. Selain di Srilangka, kamu juga dapat menemukan batu ini di Amerika, Aljazair, Italia, India dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa jenis batu mulia yang cukup mahal harganya. Keindahan dari batu-batu itu banyak memikat orang yang memandangnya. Nilai dari batu mulia itu ditentukan oleh warna, kecerahan, potongan dan karatnya. Selain karena sebagian dari batu-batu mulia ini juga terbilang cukup langka.

Walaupun batu-batu ini memiliki harga yang cukup tinggi, tidak berarti membuat batu ini menjadi sangat istimewa. Setiap batu mulia memiliki keunikan tersendiri yang membuat orang merasa batu yang mereka sukai itu istimewa. Bisa saja orang memilih hanya sekadar dari warnanya yang memikat.

Baca juga artikel mengenai batu berlian biru indah yang punya misteri di dalamnya pada artikel Misteri Hope Diamod.

Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram