Bacaterus / Kesehatan / Olahraga / 10 Perlengkapan dan Barang yang Harus Dibawa Saat Hiking

10 Perlengkapan dan Barang yang Harus Dibawa Saat Hiking

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Desember 2018

Hiking adalah istilah perjalanan panjang yang penuh kebahagiaan, biasanya melewati jalan setapak di pedalaman. Di Indonesia, hiking sangat identik dengan mendaki gunung. Kegiatan ini umumnya dilakukan oleh komunitas pecinta alam. Di Indonesia sendiri, banyak tempat-tempat terbaik untuk melakukan aktivitas hiking, misalnya Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat.

Dalam sebuah perjalanan mendaki gunung, ada kalanya kita harus berjalan melalui hutan yang lebat dan memotong semak belukar untuk membuat jalur yang bisa dilalui. Perjalanan ini bisa memakan waktu lebih dari 1 hari, sehingga ada sensasi seru tersendiri bagi yang menyukainya.

Karena perjalanannya yang cukup memakan waktu, makanya kita perlu mempersiapkan semua kebutuhan yang harus dibawa untuk mengisi perut atau untuk kebutuhan lainnya secara matang. Lalu, apa saja barang penting yang harus dibawa saat hiking? Simak pemaparannya di bawah ini.

10 Barang yang Harus Dibawa Saat Hiking

1. Tas Gunung

* sumber: womantalk.com

Sebelum melakukan pendakian, maka peralatan mendaki harus dipersiapkan terlebih dahulu. Alat-alat untuk mendaki ini di antaranya adalah tas gunung atau Carrier. Tas gunung ini sangat dibutuhkan sebagai tempat membawa barang-barang untuk melakukan pendakian. Bingung cari tas gunung yang bagus? Kami punya beberapa rekomendasinya dalam artikel 10 merk tas gunung yang bagus.

Tas gunung memilki ukuran yang beragam. Gunakanlah tas gunung sesuai dengan kebutuhan agar kamu merasa nyaman membawanya. Selain tas gunung, sepatu gunung pun sangat diperlukan karena sepatu ini dirancang khusus untuk melakukan pendakian yang memiliki jalur ekstrem berupa batuan atau lumpur.

2. Makanan & Minuman

Makanan & Minuman

* sumber: cadventura.com

Kegiatan hiking adalah salah satu kegiatan yang melelahkan dan menguras banyak energi. Untuk mengembalikan kembali energi yang hilang di perjalanan, maka para pendaki harus membawa makanan dan minuman dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi asupan pangan selama pendaki melakukan pendakian.

Makanan yang dibawa pun tentunya makanan yang memiliki nilai gizi tinggi sebagai pengganti energi yang hilang. Namun perlu diingat, jika makanan atau minuman yang dibawa memiliki wadah tersendiri, misalnya bungkus plastik, maka jangan buang sampah secara sembarangan karena hal itu dapat merusak alam.

3. Alat Camping

Alat camp

* sumber: iprice.co.id

Kegiatan hiking biasanya memakan waktu yang cukup lama tergantung pada ketinggian gunung yang didaki. Maka dari itu banyak orang-orang yang melakukan pendakian ke puncak gunung juga melepas lelah saat sudah sampai di puncak dengan memasang tenda atau camping.

Oleh karena itu, alat camping adalah salah satu barang yang sangat penting untuk dibawa para pendaki untuk bermalam di atas gunung. Alat-alat camping sendiri terdiri dari beberapa bagian, di antaranya tenda yang berfungsi melindungi kita dari dinginnya suhu, sleeping bag, dan matras.

Tenda sendiri memiliki ukuran yang bermacam-macam sesuai kebutuhan, maka pastikan tenda yang kamu pakai dapat mencukupi untuk tidur sendirian ataupun bersama dengan kelompok.

4. Jas Hujan

* sumber: afmoto.blogspot.com

Suhu di pegunungan tentunya berbeda dengan suhu di kota-kota yang panas. Suhu di gunung biasanya lebih rendah atau lebih dingin, bahkan perubahan cuaca yang sangat drastis dan tak dapat diprediksi sering terjadi di gunung, misalnya awan tiba-tiba mendung dan terjadi hujan.

Untuk menghadapi cuaca ekstrem yang berubah-ubah di luar prediksi, maka siapkan jas hujan untuk badan juga pelindung untuk tas agar tidak basah. Selain itu, perjalanan kamu juga bisa dilakukan secara nyaman tanpa khawatir baju yang basah atau tas terkena air.

5. Pakaian Hangat

Pakaian Hangat

* sumber: pxhere.com

Mengingat bahwa semakin tinggi suatu permukaan di bumi, maka semakin dingin pula suhu yang dirasakan. Begitu pula dengan gunung yang memiliki suhu sangat dingin terutama di malam hari. Suhu yang terlalu dingin tidak baik untuk kesehatan dan yang paling sering terjadi pada para pendaki saat melakukan aktivitas hiking adalah hipotermia.

Maka dari itu, antisipasi semuanya sebelum hal tersebut terjadi dengan membawa cadangan pakaian, terutama pakaian hangat seperti sweater, jaket, sarung tangan, dan buff. Hal ini akan mengurangi rasa dingin yang disebabkan oleh suhu di atas gunung dan mencegah potensi dari hipotermia.

6. Obat-obatan

* sumber: www.murahkan.co

Dalam melakukan sebuah aktivitas hiking, tak sedikit orang yang merasa kelelahan, lemas, dan sakit, baik itu terbilang ringan ataupun berat. Berbagai macam penyakit yang biasanya terjadi para pendaki adalah masuk angin, lemas, pusing, terkilir, kedinginan, ataupun sesak nafas.

Maka dari itu, obat-obatan atau P3K adalah barang yang sangat penting untuk dibawa saat melakukan pendakian. Hal ini untuk memberikan pertolongan pertama jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

7. Alat Penerangan

* sumber: phinemo.com

Jika kamu yang melakukan aktivitas hiking pada malam hari, maka alat penerangan sangatlah dibutuhkan karena kondisi gunung dengan hutannya yang lebat dan gelap akan menyulitkanmu berjalan tanpa adanya bantuan dari penerangan. Agar tidak tersesat di perjalanan, maka jangan lupa untuk membawa alat penerangan yang praktis dan mudah dibawa.

Alat penerangan yang bisa digunakan pun sangat bermacam-macam, misalnya senter dan handlamp. Selain menjadi alat penerangan saat di perjalanan, alat penerangan juga dibutuhkan untuk memberikan penerangan di dalam tenda jika kamu melakukan camping.

8. Peralatan Serba Guna

* sumber: ynegift.blogspot.com

Peralatan serba guna ini merupakan alat pembantu yang tak kalah pentingnya untuk selalu dibawa saat melakukan kegiatan hiking. Alat-alat ini di antaranya adalah korek api untuk membuat api unggun guna menghangatkan tubuh atau untuk sekedar memasak air hingga memasak makanan.

Selain korek api, pisau juga termasuk pada peralatan serba guna yang selalu dibutuhkan saat melakukan aktivitas hiking. Jangan lupakan pisau yang biasanya digunakan untuk memotong makanan ataupun benda lain yang harus dipotong. Barang-barang serba guna lain yaitu benang, peniti, dan jarum untuk mengantisipasi jika tas yang digunakan mengalami masalah.

9. Alat Masak

* sumber: phinemo.com

Jika kamu yang melakukan aktivitas hiking dengan waktu yang panjang, maka alat masak sangatlah dibutuhkan. Alat masak yang dibawa pun adalah alat masak yang dibuat khusus untuk melakukan hiking atau travelling sehingga memudahkan para penggunanya untuk membawanya dengan nyaman.

Alat masak yang dibawa di antaranya adalah kompor lapangan beserta gasnya, wadah almunium, dan spatula. Berbeda dengan alat masak pada umumnya yang berukuran besar, alat masak ini memiliki ukuran yang kecil sehingga mudah untuk dibawa dan tidak terlalu banyak memakan tempat.

10. Kompas

* sumber: www.kabarpenumpang.com

Saat melakukan pendakian atau hiking, tak sedikit orang yang kebingungan dalam menentukan arah mata angin terutama umat Islam yang hendak beribadah menghadap kiblat. Maka dari itu, kompas adalah salah satu alat yang sangat penting untuk dibawa karena menjadi petunjuk arah untuk kita yang sering kali kebingungan. Dengan membawa kompas, kita bisa menentukan arah mata angin tanpa kebingungan lagi.

Nah, itu dia 10 benda dan peralatan yang harus dibawa saat kamu hendak melakukan aktivitas hiking. Selain benda-benda di atas, kamu bisa membawa benda lain yang dianggap bermanfaat dan akan dibutuhkan. Sudahkah kamu merencanakan perjalanan hiking? Sebelum melakukan aktivitas hiking, pastikan 10 barang di atas sudah kamu persiapkan untuk dibawa, ya.

Perlu diingat juga, sepanjang perjalanan hiking dilarang membuang sampah sembarangan. Biasanya para pendaki membawa kantong khusus untuk mengatasi sampah atau yang sering disebut trash bag. Selain itu, kita juga perlu mematuhi aturan yang ada sesuai dengan peraturan yang berlaku dan yang terpenting tidak merusak alam.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Saya adalah seorang pelajar yang masih duduk di bangku SMK Negeri di Cianjur. Cita-cita utama saya adalah ingin membahagiakan orang tua,menjadi pribadi yang bermanfaat bagi banyak orang, serta menjadi manusia yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik. Sementara cita-cita untuk karir saya sangatlah banyak. Bisa dibilang saya ingin menggeluti berbagai macam profesi seperti menjadi pengusaha, photografer, jurnalis, content creator, dan masih banyak lagi karena saya menyukai hal-hal yang baru. Hobi saya adalah travelling dan memotret.

Leave A Comment