Bacaterus / Benda Antik / 10 Barang Langka yang Dicari Kolektor dan Bernilai Tinggi

10 Barang Langka yang Dicari Kolektor dan Bernilai Tinggi

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Lagi berbenah gudang ternyata Anda menemukan begitu banyak barang lama yang sudah tidak terpakai. Hmm.. Enaknya dirombeng atau dibuang ke tempat sampah, ya? Tunggu dulu! Bisa jadi barang-barang lama yang Anda temukan merupakan barang langka yang dicari kolektor. Bahkan, jika barang tersebut memang terbilang langka dan diminati kolektor, Anda bisa menjualnya dengan harga yang tinggi.

Apa saja sih barang langka yang dicari kolektor? Bacaterus sudah merangkum daftar barang-barang langka yang cukup diminati kolektor dan dapat dijual dengan harga tinggi. Yuk, cek artikel ini sembari membereskan gudang Anda!

10 Barang Langka yang Dicari Kolektor

1. Setrika Arang

Setrika Arang Barang Langka yang Dicari Kolektor

* sumber: jualsecond.blogspot.com

Zaman sekarang kita bisa membeli setrika uap terbaru hanya dengan harga di bawah 500 ribu rupiah. Padahal, zaman dulu orang tua atau kakek-nenek kita menggunakan setrika arang untuk melicinkan pakaian.

Setrika arang ini tidak menggunakan daya listrik, melainkan diisi dengan arang panas untuk menghasilkan panas. Bagian atas setrika jadul ini bisa dibuka dan diisi dengan beberapa butir arang panas. Selain itu, bahan pembuatan setrika arang ini adalah kuningan, jadi bobot setrika ini lumayan berat.

Apabila Anda memiliki setrika arang jadul yang benar-benar dari zaman dulu, setrika tersebut bisa dihargai hingga jutaan rupiah. Meskipun saat ini banyak replika setrika arang, tapi para kolektor barang antik bisa membedakan mana yang benar-benar lawas dan yang tiruan.

2. Perangko

Perangko

Siapa di sini yang gemar mengoleksi perangko? Perangko zaman dulu termasuk barang langka yang dicari kolektor. Semakin lama tahun pembuatan perangko tersebut, maka semakin mahal harga jualnya di pasaran.

Usut punya usut, ternyata ada sebuah perangko dari Indonesia yang dibandrol dengan harga 20 milyar rupiah, lho! Perangko tersebut terbitan tahun 1864, dicetak di zaman Hindia-Belanda, bertema Naga Air, dan memiliki cap pos dari Ngawi. Nah, kalau Anda sedang butuh uang, boleh nih menjual koleksi perangko-perangko lama Anda ke para kolektor.

3. Uang Kuno

Uang Kuno

* sumber: iyakan.com

Indonesia termasuk negara yang cukup sering melakukan pergantian uang kertas dan uang koin. Namun, apabila Anda memiliki uang kuno yang benar-benar lawas, Anda bisa menjualnya dengan harga ratusan ribu sampai jutaan rupiah, lho.

Di Indonesia cukup banyak kolektor uang kuno. Sama seperti perangko, semakin tua tahun cetak uang tersebut pasti akan semakin mahal harganya. Sebagai contoh, uang kertas nominal seratus rupiah yang terbit pada tahun 1948 dihargai 100 juta rupiah. Kalau kondisinya mulus, uang kertas bergambar Ir. Soekarno itu bisa laku dengan harga 1,5 kali lipat.

Baca juga artikel uang koin yang dicari kolektor ini untuk menambah informasi Anda mengenai uang kuno bernilai tinggi.

4. Piringan Hitam

Piringan Hitam

Piringan hitam alias vinyl juga merupakan barang langka yang dicari kolektor. Bahkan, meskipun tidak memiliki alat pemutar vinyl, masih banyak orang yang berminat mengoleksi piringan hitamnya dengan alasan langka dan sudah tidak diproduksi lagi.

Perlu Anda ketahui bahwa piringan hitam adalah benda yang paling diincar para kolektor meskipun harganya tidak terlalu tinggi. Komunitas pecinta vinyl percaya bahwa kualitas musik analog jauh lebih baik dibanding musik digital yang bisa didengarkan melalui smartphone.

Salah satu piringan hitam termahal adalah album vinyl The Quarrymen, band bentukan John Lennon di tahun 1959. Piringan hitam tersebut pernah laku terjual dengan harga 170 juta rupiah.

5. Sepeda Onthel Gazelle

Sepeda Onthel Gazelle Barang Langka yang Dicari Kolektor

Anda pasti pernah melihat sepeda onthel yang seperti di gambar ini, bukan? Sepeda ini namanya Onthel Gazelle. Gazelle sendiri merupakan produsen sepeda yang mulai memproduksi sepeda sejak tahun 1892. Di masa itu, sepeda Gazelle termasuk barang mewah.

Sampai saat ini kita sering melihat komunitas pecinta sepeda antik mengendarai Onthel Gazelle. Sepeda yang tampak kuno ini ternyata dihargai mulai 5 juta rupiah. Bahkan, jika sepedanya masih mulus seperti baru Anda bisa menjualnya dengan harga puluhan juta rupiah.

6. Kamera Daguerreotype

Kamera Daguerreotype

Jauh sebelum ditemukan DSLR atau kamera dengan fitur-fitur canggih di smartphone ternyata ada Kamera Daguerreotype. Gambar dari kamera jadul ini dihasilkan dari sistem Daguerreotype, dari amalgam atau alloy campuran mercury dan perak. Proses pengambilan gambar dengan kamera ini memang cukup rumit bagi kita yang terbiasa membidik gambar dengan kamera masa kini.

Foto dengan Kamera Daguerreotype pertama dihasilkan pada tahun 1838 – 1839. Jadi, bisa Anda bayangkan bahwa kamera ini sudah berusia ribuan tahun. Nah, jika nenek moyang Anda memiliki kamera yang sangat diincar oleh kolektor ini, maka Anda bisa mendapatkan uang hingga milyaran rupiah.

7. Vespa

Vespa

Vespa merupakan merk skuter asal Italia yang sampai saat ini tetap aktif memproduksi skuter-skuter terbaru. Sayangnya, Vespa terbaru justru kalah pamor dengan motor-motor Vespa jadul keluaran tahun 1960-an.

Ada banyak kolektor Vespa yang asyik berburu Vespa lawas. Bahkan, salah satu jenis Vespa langka ada di Indonesia, yaitu Vespa GS 180 Super Sport yang diproduksi 1965. Vespa langka ini dimiliki oleh seorang musisi bernama Denny Chasmala yang juga merupakan kolektor belasan Vespa lawas.

8. Game Konsol Lawas

Game Konsol Lawas

Di era digital ini, game-game online yang dapat dimainkan di PC maupun smartphone memang sangat digemari. Namun, ternyata game konsol lawas menjadi barang langka yang dicari kolektor dan dihargai cukup mahal. Game lawas apa sajakah yang menjadi incaran kolektor?

Game sejenis Nintendo keluaran tahun 1988, Family Fun Fitness Mat, misalnya. Tak ada yang menyangka bahwa sebuah copy dari game tersebut bisa laku hingga 560 juta rupiah. Nah, jika Anda menemukan game konsol kuno yang sudah tidak terpakai, coba tawarkan saja di forum jual beli online, siapa tahu ada kolektor yang berminat membelinya.

9. Artefak

Artefak

Dari sekian banyak barang langka yang dicari kolektor, nampaknya artefaklah yang memiliki nilai jual paling tinggi. Seperti yang kita ketahui, artefak adalah benda arkeologi yang sarat akan sejarah. Nilai histori sebuah artefak ini dapat meningkatkan harga jualnya.

Kolektor artefak tidak hanya berasal dari Indonesia saja, tapi juga di seluruh dunia. Oleh karena itu, artefak yang ditempatkan di museum akan dijaga dengan sangat ketat untuk menghindari pencurian. Pasalnya, artefak adalah salah satu barang langka yang paling banyak peminatnya.

10. Tanda Tangan Public Figure

Tanda Tangan Public Figure

Apa yang Anda lakukan jika bertemu dengan selebriti atau tokoh terkenal? Di era teknologi seperti ini sudah pasti Anda akan mengeluarkan ponsel untuk mengajak mereka berfoto. Namun, di zaman dulu, saat ponsel masih belum dilengkapi kamera, tentunya orang akan meminta tanda tangan dari tokoh terkenal.

Nah, uniknya tanda tangan public figure ini juga menjadi koleksi bagi beberapa kolektor, lho. Akan tetapi, sebagian besar kolektor tanda tangan public figure ini tidak memperjualbelikan koleksinya dan memilih untuk menyimpannya sendiri demi kepuasan batin.

Apakah di rumah Anda terdapat 10 barang langka yang dicari kolektor? Mengingat barang tersebut adalah barang langka, Anda boleh memilih untuk menyimpannya sendiri atau menjualnya kepada kolektor lain. You choose.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

5 Responses

  1. Macam mana cara kita hubungi para pembeli barang antik ini sekiranya kita memiliki salah satu barang antik yang paling di cari oleh pengemar kolektor ini

    1. Mohon maaf, kami belum mempunyai ulasan tentang tempat penjualan barang langka.

  2. sayah puya strika areng jaman dulu dirumah insa allah itu barang asli .soalya sampe skarang sama bapk sayah masi di rawat di simpen di dalam peti kayu jati .dan lambang ayam jagoya pun masi ada dan utuh .kalo bapak ataw ibu ada minat melihat barang tersebut .sayah bersedia melihatkanya

  3. Iya, bagaimana kita tau para kolektor yg minat, mau beli barang antik.. sy punya lemari ukir antik yg dibuat th 1970 an.. & tempat, kotak perhiasan agak besar yg ukiran jg itu terbitan th 70 an jg..klo ada yg minat bs hub sy di email sy..

    Terima.kasih

    1. Hai Deli, coba manfaatkan marketplace (Situs jual beli online) untuk mengiklankan barang antikmu. Semoga segera laku terjual, ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *