Bacaterus / FYI / 10 Bandara Tersibuk di Dunia Menurut Lalu Lintas Penumpang

10 Bandara Tersibuk di Dunia Menurut Lalu Lintas Penumpang

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Di dunia ini terdapat sejumlah bandara atau bandar udara dengan lalu lintas penumpang sangat padat. Bahkan ada bandara yang setiap tahunnya dikunjungi oleh lebih dari 100 juta orang, baik mereka yang masuk ke pesawat, turun dari pesawat, maupun yang melakukan transit.

Menurut data ACI (Airports Council International) tahun 2013, bandara terbesar di Indonesia, yaitu Bandara Internasional Soekarno-Hatta berada di urutan ke-9 sebagai bandara tersibuk di dunia dengan total penumpang lebih dari 57 juta orang. Namun menurut data tahun 2019, Bandara Soetta keluar dari daftar 10 bandara tersibuk di dunia dengan total 54,2 juta penumpang.

Nah, di bawah ini adalah daftar 10 bandara tersibuk di dunia menurut lalu lintas penumpang pada tahun 2019. Data yang disajikan berasal dari laporan Airports Council International sepanjang tahun 2019.

1. Bandara Internasional Hartsfield–Jackson Atlanta

Bandara Internasional Hartsfield–Jackson Atlanta

* sumber: commons.wikimedia.org

Bandara Internasional Hartsfield–Jackson Atlanta yang terletak di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat ini tetap mengukuhkan dirinya sebagai bandara tersebut di dunia hingga tahun 2019. Menurut laporan ACI yang tersedia, bandara ini telah dinobatkan sebagai bandara tersibuk di dunia sejak tahun 2000.

Pada tahun 2019, jumlah lalu lintas penumpang di Bandara Internasional Hartsfield–Jackson Atlanta mencapai 110,5 juta orang, naik 2,9% dari tahun sebelumnya. Memiliki 192 gerbang, bandara yang menjadi hub utama bagi maskapai Delta Air Lines ini melayani 152 penerbangan domestik dan 40 penerbangan internasional.

2. Bandara Internasional Beijing Capital

Bandara Internasional Beijing Capital

* sumber: id.m.wikipedia.org

Di urutan selanjutnya adalah Bandara Internasional Beijing Capital yang terletak di distrik Chaoyang-Shunyi, Beijing, Tiongkok. Sepanjang tahun 2019, bandara ini telah melayani lebih dari 100 juta penumpang. Peringkat bandara ini tidak berubah sejak tahun 2010 dan kemungkinan akan menggeser peringkat Bandara Internasional Hartsfield–Jackson Atlanta di tahun-tahun mendatang.

Seiring dengan pesatnya perkembangan ekonomi Tiongkok, bandara ini juga mengalami pertumbuhan penumpang yang cepat. Sebagai bandara ibu kota negara, Bandara Internasional Beijing Capital ini melayani puluhan penerbangan internasional ke berbagai kota besar di dunia, termasuk ke Jakarta dan Bali.

3. Bandara Internasional Los Angeles

Bandara Internasional Los Angeles

* sumber: commons.wikimedia.org

Bandara Amerika Serikat lain yang masuk daftar 10 bandara tersibuk di dunia adalah Bandara Internasional Los Angeles, California. Bandara yang dibuka pada tahun 1930 ini melayani lebih dari 88 juta penumpang pada tahun 2019, dengan kenaikan sekitar 0,6% dibanding tahun sebelumnya.

Bandara Internasional Los Angeles menjadi gerbang masuk utama di wilayah Pantai Barat Amerika Serikat. Oleh karena itu, keberadaan bandara ini sangat penting bagi lalu lintas penerbangan internasional. Selain menjadi salah satu bandara tersibuk di dunia, Bandara Internasional Los Angeles memegang rekor sebagai bandara asal dan tujuan tersibuk di dunia.

4. Bandara Haneda Tokyo

Bandara Haneda Tokyo

* sumber: commons.wikimedia.org

Menyandang status sebagai metropolitan terbesar di dunia, maka tak heran kalau Tokyo memiliki bandara yang sangat sibuk. Bandara Tokyo Haneda adalah pintu masuk utama bagi para pelancong dari seluruh dunia yang ingin masuk ke Jepang. Pada tahun 2019, jumlah penumpang yang keluar, masuk, dan transit di bandara ini ada di angka 87-88 juta orang.

Bandara yang terletak di Ōta, Tokyo, sekitar 15 kilometer selatan Stasiun Tokyo ini menjadi hub bagi dua maskapai utama Jepang, yakni Japan Airlines dan All Nippon Airways serta empat maskapai lainnya. Jepang juga punya bandara lainnya yang bernama Bandara Narita, yang jika digabungkan dengan Haneda menjadi sistem bandara kota tersibuk di dunia setelah London dan New York.

5. Bandara Internasional Dubai

Bandara Internasional Dubai

* sumber: commons.wikimedia.org

Siapa yang tidak kenal Dubai? Orang-orang dari seluruh dunia yang tertarik dengan kemewahan pasti kenal dengan kota di Timur Tengah ini. Ya, Dubai dikenal sebagai kota orang-orang berduit di mana hal-hal yang berbau kelas atas mudah ditemukan di sana. Dan sebagai salah satu pusat bisnis di kawasan Asia Barat, Dubai menjadi kota yang sangat sibuk.

Bandara Internasional Dubai yang terletak di kawasan Garhoud melayani lebih dari 86 juta penumpang sepanjang tahun 2019. Selain masuk dan keluar Dubai, banyak penumpang internasional yang melakukan transit di bandara tersebut. Hal itu karena Bandara Internasional Dubai menjadi hub bagi salah satu maskapai penerbangan terbesar di dunia, yakni Emirates.

6. Bandara Internasional O’Hare

Bandara Internasional O'Hare

* sumber: commons.wikimedia.org

Daftar bandara tersibuk di dunia selanjutnya diisi lagi oleh bandara Amerika Serikat, yakni Bandara Internasional O’Hare yang melayani kawasan metropolitan Chicago, Illinois. Bandara yang dibuka pada tahun 1944 ini melayani lebih dari 84 juta penumpang pada tahun 2019, baik itu domestik maupun internasional.

Sebagai salah satu kota utama di Amerika Utara, Chicago pastinya banyak dikunjungi oleh orang-orang dari berbagai penjuru dunia. Oleh sebab itu, Bandara Internasional O’Hare memiliki penerbangan non-stop ke lebih dari 200 tujuan di di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Asia dan Oseania (data per 2018).

7. Bandara Heathrow London

Bandara Heathrow London

* sumber: commons.wikimedia.org

London adalah salah satu kota utama di Dunia Barat. Kota ini dikunjungi oleh jutaan orang dari berbagai belahan dunia setiap tahunnya. Maka dari itu, Bandara Heathrow yang terletak di Hillingdon, London ini menjadi bandara tersibuk di Eropa dan ketujuh di dunia dengan lalu lintas penumpang lebih dari 80 juta orang sepanjang tahun 2019.

Bandara yang dikeliling oleh pedesaan ini terletak sekitar 23 km di barat London Pusat. Disebutkan ada lebih dari 80 maskapai yang beroperasi di bandara ini dan terbang ke lebih dari 180 tujuan di lebih dari 80 negara. Bahkan kita bisa terbang dari Jakarta ke London nonstop alias tanpa transit dengan maskapai kebanggaan Garuda Indonesia.

8. Bandara Internasional Pudong Shanghai

Bandara Internasional Pudong Shanghai

* sumber: id.m.wikipedia.org

Shanghai merupakan kota terbesar di daratan utama Tiongkok. Shanghai kini telah menjadi salah satu pusat global untuk keuangan, inovasi dan transportasi. Selain memiliki Bandara Internasional Pudong yang sangat sibuk dengan lebih dari 76 juta penumpang pada tahun 2019, Shanghai juga memiliki Port of Shanghai yang merupakan pelabuhan peti kemas tersibuk di dunia.

Ada banyak maskapai penerbangan yang menjadikan Bandara Internasional Pudong sebagai hub mereka. Maskapai-maskapai itu adalah Air China, China Eastern Airlines, China Southern Airlines, Juneyao Airlines, Shanghai Airlines, dan Spring Airlines. Maskapai Garuda Indonesia juga punya jadwal ke Bandara Internasional Pudong dari dan ke Jakarta dan Bali.

9. Bandara Charles de Gaulle

Bandara Charles de Gaulle

* sumber: commons.wikimedia.org

Bandara Charles de Gaulle adalah bandara tersibuk kedua di Eropa setelah Bandara Heathrow London dan kesembilan di dunia. Pada tahun 2019, bandara ini melayani lebih dari 76 juta penumpang, sedikit di bawah lalu lintas penumpang Bandara Internasional Pudong Shanghai.

Sibuknya Bandara Charles de Gaulle adalah karena Paris merupakan salah satu kota yang paling banyak dikunjungi di dunia. Menurut data Euromonitor, Paris dikunjungi oleh lebih dari 17 juta pengunjung internasional pada tahun 2018, menjadikannya sebagai kota yang paling banyak dikunjungi keenam di dunia.

10. Bandara Internasional Dallas / Fort Worth

Bandara Internasional Dallas

* sumber: id.wikipedia.org

Di peringkat kesepuluh diisi lagi oleh bandara dari Amerika Serikat, yakni Bandara Internasional Dallas / Fort Worth yang terletak di Dallas-Fort Worth, Texas. Bandara ini melayani lebih dari 75 juta penumpang pada tahun 2019 dan mengalami kenaikan yang cukup besar dari tahun sebelumnya, yakni 8,6%.

Nah, itulah bahasan singkat mengenai daftar bandara tersibuk di dunia pada tahun 2019. Sebagai informasi hingga tulisan ini dibuat, data lalu lintas penumpang bandara tahun 2019 oleh Airports Council International belum sepenuhnya rampung. Jadi, ada kemungkinan perubahan data di masa mendatang.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *