Bacaterus / lagu / Suka Musik? Kamu Harus Tahu 10 Band Rock Legendaris Ini

Suka Musik? Kamu Harus Tahu 10 Band Rock Legendaris Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Musik memang hiburan yang paling mudah untuk dinikmati kebanyakan orang. Bahkan, disadari atau nggak, setiap hari kita pasti mendengarkan musik. Ada yang butuh musik untuk membunuh sepi selama perjalanan. Ada yang butuh musik untuk membangkitkan suasana hati di pagi hari. Bahkan, ada yang butuh musik untuk meluapkan emosi di dalam hati.

Ada banyak genre musik yang kita nikmati, kamu suka genre apa? Pop? Dangdut? Rock? Nggak ada benar atau salah ketika memilih genre musik, semuanya kembali ke selera masing-masing. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang musik rock. Tepatnya, 10 band rock legendaris yang lagunya masih sering diputar sampai sekarang. 

1. The Beatles

The Beatles

Siapa sih yang nggak kenal band rock legendaris yang ini? Suka atau nggak suka, orang-orang pasti tahu kalau nama The Beatles merujuk pada sebuah band rock asal Inggris yang lahir tahun 60-an. Mungkin ada orang yang belum pernah mendengarkan lagu The Beatles, tapi dia pasti pernah melihat sesuatu yang berkaitan dengan The Beatles entah baju atau sticker.

Ada beberapa lagu The Beatles dikenal lebih luas dari lagu mereka yang lain seperti A Hard Day’s Night, I Saw Her Standing There, Twist and Shout, Let It Be. Kalau kamu belum pernah mendengarkan, cobalah luangkan waktu untuk mendengarkan musik mereka. Lagu-lagu The Beatles itu timeless. Meski lahir tahun 60-an, musiknya nggak akan habis ditelan jaman.

2. Led zeppelin

Led zeppelin

Band rock legendaris selanjutnya masih dari Inggris, Led Zeppelin. Band ini dibentuk tahun 1968, kurun waktu yang berdekatan dengan The Beatles. Memang Inggris pada era itu sedang menginvasi dunia melalui musik mereka, sampai-sampai lahir istilah ‘British Invasion’. Lagu-lagu Led Zeppelin akan cocok kalau kamu menyukai musik yang keras tetapi rapi.

Kalau kamu belum pernah mendengarkan lagu-lagu Led Zeppelin, ada beberapa lagu Led Zeppelin yang paling terkenal dan biasanya disukai orang awam. Lagu-lagu itu adalah Black Dog, Rock and Roll, dan yang paling banyak disukai orang berjudul  Stairway to Heaven. Nikmati alunan musik mereka yang kemungkinan besar akan bikin kamu ketagihan.

3. The Stooges

The Stooges

Kali ini kita menyebrang dulu ke Amerika. Nggak kalah sama Inggris, Amerika juga mencetak banyak band rock legendaris. The Stooges adalah salah satunya. Perjalanan band rock legendaris ini cukup unik. The Stooges lahir pada tahun 1967 dan bubar pada tahun 1974 karena Iggy Pop, sang vokalis kecanduan heroin.

Iggy sempat memulai karir sebagai musisi solo pada tahun 1976, setelah sembuh dari obat-obatan terlarang. Namun pada akhirnya The Stooges bergabung kembali pada tahun 2003. Kalau kamu belum pernah mendengarkan lagu-lagu mereka, cobalah dengarkan Search and Destroy, Loose, atau Skull Ring. Perkenankan telingamu mendengarkan mahakarya mereka.

4. Queen

Queen

Kita kembali ke Inggris sejenak. Rasanya kurang afdol kalau membahas band rock tanpa melibatkan Queen yang lahir di London tahun 1970. Gaya musik mereka banyak dipengaruhi oleh hard rock, progressive rock, bahkan heavy metal. Seiring berjalannya waktu warna musik mereka mulai semakin matang dan beragam.

Freddie Mercury, sang vokalis memang telah tiada. Dia meninggal tahun 1991 dan karena itulah Queen sempat vakum. Namun, meski sang vokalis telah tiada, karyanya masih akan terus menghibur jiwa-jiwa penggemarnya. We Will Rock You akan selalu menularkan energi penuh semangatnya.

5. The Who 

The Who 

The Who adalah band rock legendaris asal Inggris yang dibentuk tahun 1964. Nama mereka melejit melalui lagu yang berjudul My Generation dan Substitute yang menjadi hit. My Generation adalah album pertama mereka, pintu yang kemudian membuat mereka menjadi salah satu band rock legendaris.

Formasi mereka sudah nggak selengkap dulu. Hanya Roger Daltrey dan Pete Thowsend yang melanjutkan napas berkarya teman-teman mereka yang telah tiada. Menariknya, The Who masih aktif menggelar konser sampai sekarang. Kamu bisa mengecek jadwal konsel di situs pribadi mereka, thewho.com. Sebagai perkenalan, cobalah dengar My Generation dulu.

6. The Rolling Stones

The Rolling Stones

Siapa sih yang nggak kenal The Rolling Stones? Band rock asal Inggris yang lahir tahun 60-an ini memang mudah diterima kebanyakan orang. Mereka juga punya logo yang ikonik yang berupa ilustrasi lidah menjulur itu. Kehebatan band ini bukan cuma ada pada lagu-lagunya yang mudah disukai, tapi juga kehebatan mereka menjaga eksistensi bahkan sampai sekarang.

Untuk orang yang nggak terlalu menggandrungi The Rolling Stones, minimal mereka pasti tahu beberapa lagu The Rolling Stones yang terkenal. Sebutlah, lagu Angie, Honky Tonk Women, atau She’s a Rainbow. Kalau kamu belum pernah mendengar, lagu-lagu itu bisa jadi lagu perkenalan untuk lagu The Rolling Stones yang lain.

7. Bon Jovi

Bon Jovi

Kalau membahas soal band rock legendaris, Bon Jovi nggak boleh dilewatkan. Band rock asal New Jersey, Amerika ini lahir di era 80-an. Sejak kemunculannya sampai sekarang, mereka telah berhasil menjual lebih dari 120 juta keping album di seluruh dunia. Tentu saja angka itu nggak termasuk yang mengakses musik mereka secara digital.

Pernah mendengarkan lagu-lagu Bon Jovi? Kalau belum, kamu bisa mencoba lagu It’s My Life ketika kamu butuh penyemangat. Lagu itu cukup ampuh untuk membangkitkan semangat. Kalau kamu ingin merasakan suasana romantis,  lagu I’ll Be There For You sangat cocok untuk didengarkan. Setelah itu kamu bisa menyembung ke lagu Thank You For Loving Me.

8. Guns N’ Roses

Guns N' Roses

Ada lagi nih, band rock legendaris asal Amerika, Guns N’ Roses. Orang-orang biasanya memanggil mereka dengan sebutan GNR, biar lebih singkat. Mereka adalah band hard rock yang lahir pada pertengahan tahun 80-an. Sejak saat itu, suara Axl Rose dan petikan gitar Slash berhasil menghipnotis para pendengarnya.

Lagu Sweet Child O’Mine seringkali menjadi lagu favorit yang dibawakan anak-anak sekolah kalau ada pentas seni. Mungkin kamu juga pernah menonton teman kamu manggung membawakan lagu ini karena memang lagunya enak untuk didengarkan. Keras, tapi harmoninya juga dapat. Mau yang agak kalem? Mereka punya lagu berjudul November Rain, silakan dicoba! 

9. Deep Purple

Deep Purple

Pernah mendengar lagu Smoke on the Water? Lagu yang melegenda itu adalah karya Deep Purple, band rock legendaris asal Inggris. Mereka lahir tahun 60-an dan berhasil menciptakan lagu-lagu yang masih terus diputar sampai sekarang.

Selain Smoke on the Water, lagu hits mereka yang lain ada Soldier of Fortune, Highway Star dan masih banyak lagi. Musik mereka punya harmonisasi yang pas, jadi meski cenderung keras seperti karakter rock pada umumnya, musik mereka tetap nyaman di telinga.

10. Aerosmith

Aerosmith

Band rock asal Amerika ini mulai berkarya di tahun 1970. Sampai sekarang, lagu-lagu mereka masih terus diputar bahkan hingga lintas generasi. Lagu-lagunya begitu berkarakter sehingga para pendengar akan mudah mengenali mereka. Coba saja dengarkan lagu Come Together, I Don’t Wanna Miss a Thing, atau Fly Away From Here.

Setelah mendengarkan lagu-lagu mereka, kamu pasti bisa membedakan lagu mereka dengan lagu rock lainnya. Karakter yang mereka miliki dalam bermusik memang sekuat itu. Meski mereka adalah band rock, mereka juga punya lagu-lagu romantis kok. Lagu I Don’t Wanna Miss a Thing adalah salah satu yang paling terkenal. 

Itulah 10 Band Rock Legendaris yang karya-karyanya masih eksis sampai sekarang. Selain band-band di atas, tentu masih banyak band rock legendaris lainnya. Kalau band rock favorit kamu belum tertulis, kamu bisa ikut menambahkan di kolom komentar yang sudah disediakan. Atau mungkin kamu masih penasaran dengan rekomendasi musik lainnya, kami juga punya rekomendasi lagu enak dari Oasis untuk kamu!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *