Bacaterus / Bahan Kue / Perbedaan Baking Soda dan Soda Kue Beserta Manfaatnya

Perbedaan Baking Soda dan Soda Kue Beserta Manfaatnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Untuk kamu yang baru saja mencoba memasak dan membuat kue sendiri, pasti akan ada saat dimana kamu bingung ketika berbelanja bahan-bahannya. Kasus terbanyak adalah bingung membedakan mana baking soda dan mana soda kue. Sebenarnya baking soda dan soda kue itu tidak ada bedanya, karena baking soda jika diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah soda kue.

Bagaimana, sudah terjawab, bukan, kebingungan kalian selama ini? Nah, sekarang, mari kita cari tahu apa itu baking soda. Baking soda adalah bahan pengembang yang di dalamnya terkandung Natrium Bikarbonat (NaHCO). Dalam dunia kue, hampir semua jenis roti, kue bolu, kue kering, menggunakan baking soda supaya adonannya naik atau mengembang.

Bagaimana cara kerjanya? Baking soda atau soda kue ini akan berfermentasi pada adonan basah, dan kemudian bereaksi jika bercampur dengan bahan yang mengandung asam, seperti telur, cokelat, yoghurt, mentega, dan bahan lainnya. Ketika adonan dibakar atau dipanggang, baking soda akan bereaksi dan menghasilkan karbondioksida yang membuat adonan mengembang.

Sekarang sudah paham, kan, kalau baking soda dan soda kue itu sama? Tapi ada lagi yang namanya baking powder yang akan dibahas di artikel yang berbeda. Jangan sampai tertukar, karena bisa-bisa kue yang kalian bikin ‘bantat’.

Sekarang kita bahas manfaat dari baking soda atau soda kue ini. Selain untuk memasak, ternyata banyak, lho, manfaat lainnya dari baking soda. Mulai dari manfaatnya untuk kecantikan, kesehatan, bahkan untuk keperluan rumah tangga. Selain aman karena ini adalah bahan alami, baking soda juga lebih murah dan mudah ditemui di warung atau minimarket terdekat.

Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan

1. Mengatasi Jerawat

baking soda

* sumber: www.paleoplan.com

Untuk kalian yang sering diganggu dengan jerawat yang membandel karena kulit berminyak, kalian bisa coba resep untuk mengempiskan jerawat dengan baking soda ini. Caranya :

  • Ambil dua sendok makan baking soda.
  • Campurkan dengan sedikit air.
  • Aduk hingga kental dan membentuk adonan pasta.
  • Oleskan baking soda yang sudah seperti pasta itu ke jerawat.
  • Biarkan hingga mengering, lalu bilas menggunakan air bersih.

2. Menyamarkan Flek Hitam

Penyebab Flek Hitam

* sumber: www.vivantskincare.com

Biasanya setelah jerawat pecah, terbitlah si flek hitam ini. Walaupun sebenarnya banyak hal yang bisa memunculkan flek hitam di wajah seperti akibat terbakar sinar matahari. Sayangnya, bekas jerawat atau flek hitam ini tidak bisa hilang begitu saja. Tapi kalian bisa coba cara samarkan noda bekas jerawat atau flek hitam yang membandel menggunakan baking soda. Caranya :

  • Ambil satu sendok makan baking soda.
  • Campur dengan sedikit air, usahakan untuk tidak encer.
  • Oleskan ke wajah kecuali bagian mata dan bibir, kemudian diamkan sampai kering atau diamkan selama 25 menit.
  • Bilas menggunakan air hangat.

3. Penghilang Bau Badan dan Pencerah Kulit Ketiak

bs untuk penghilang bau ketek

* sumber: deodorantcontainer.com

Baking soda ternyata bersifat sebagai antiperspirant yang dianggap bisa menyamarkan bau tidak sedap dan membuat kulit ketiak lebih cerah. Dibandingkan dengan deodoran, menggunakan baking soda akan lebih aman dan lebih berkhasiat dibandingkan dengan deodorant yang memiliki banyak bahan kimia. Berikut ini cara pembuatan pemutih ketiak alami yang bisa dilakukan di rumah :

  • Siapkan shea butter, cocoa butter, minyak kelapa, tepung pati garut, dan baking soda.
  • Campurkan semua bahan dan panaskan dalam double boiler.
  • Setelah semuanya mencair dan tercampur, angkat dari kompor lalu tambahkan essential oil dengan aroma sesuai selera.
  • Tuangkan dalam wadah dan tunggu sampai sedikit mengeras, lalu colek secukupnya dan usapkan pada ketiak.

Kalau kalian sedikit kesulitan mencari shea butter, cocoa butter dan tepung pati garut, kalian bisa dengan memakai baking soda bubuk saja. Ambil secukupnya lalu oleskan ke kulit ketiak.

Manfaat Baking Soda Untuk Kesehatan

manfaat bs untuk kesehatan

* sumber: grist.org

1. Obat Kumur Alami

Baking soda bisa digunakan untuk menyegarkan mulut dan mengusir kuman dari mulut. Berikut ini cara membuat obat kumur alami dari baking soda:

  • Siapkan satu sendok teh baking soda.
  • Campur dengan 100 ml air.
  • Aduk sampai rata.
  • Gunakanlah berkumur saat pagi hari atau saat mau tidur. Jangan ditelan, ya, nanti kumannya bisa ikut masuk ke perut.

2. Mengobati Asam Lambung

Baking soda bisa digunakan sebagai penetralisir asam lambung. Campuran baking soda dan air hangat bisa digunakan sebagai antasida yang bisa meredakan atau menetralkan asam lambung. Untuk mengobati asam lambung, cukup campurkan sebanyak seperempat sendok teh dari baking soda dengan air matang dan minum campuran tersebut.

3. Pemutih Gigi

Ingin punya gigi putih berseri seperti bintang iklan pasta gigi, tapi belum bisa pergi ke klinik gigi untuk bleaching karena tabungan belum mencukupi? Ada cara yang lebih mudah, murah, dan alami untuk memutihkan gigi. Caranya:

  • Hancurkan satu buah stroberi sampai lembut.
  • Campurkan dengan setengah sendok teh baking soda.
  • Oleskan campuran stroberi dan baking soda ke permukaan gigi.
  • Diamkan selama lima menit.
  • Setelah didiamkan, sikat gigi dan kemudian berkumur hingga bersih.

Lakukanlah selama seminggu sekali. Dijamin setelah pemakaian rutin selama satu bulan, kalian akan mendapatkan gigi yang putih berseri. Jangan dilakukan terlalu sering karena dikhawatirkan lapisan enamel gigi kalian akan terkikis.

Manfaat Baking Soda Untuk Keperluan Rumah Tangga

baking soda utk rumah

* sumber: www.popsugar.com

1. Pembersih Noda Pakaian

Baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan noda pakaianmu yang membandel. Caranya:

  • Siapkan seperempat cangkir baking soda.
  • Campurkan dengan deterjen.
  • Lalu gunakan untuk mencuci pakaian yang ada nodanya tersebut.

2. Pembersih Saluran Pembuangan

Sering kesal dengan genangan air di wastafel di rumah? Itu tandanya saluran pembuangannya tersumbat sampah. Tidak perlu terburu-buru memanggil tukang ledeng untuk membersihkannya. Kalian bisa membersihkannya sendiri menggunakan baking soda.

Caranya adalah, taburkan secangkir baking soda dan satu botol air yang berisi air panas ke saluran pembuangan. Saluran air pun bisa terbebas dari sampah dan menjadi normal kembali. Mudah, bukan?

3. Menghilangkan Noda Gosong Alat Masak

Bagian bawah panci atau bagian bawah peralatan masak rentan untuk terkena gosong atau hangus. Kamu bisa gunakan baking soda untuk mengembalikan kecantikan dan kemulusan alat masakmu. Caranya adalah :

  • Tuangkan baking soda secukupnya ke spon kawat
  • Tambahkan sedikit cuka.
  • Kemudian, gosokkan campuran tersebut pada alat masak yang ada noda hangus atau gosongnya. Kerak noda gosong tersebut juga akan hilang dalam sekejap.

Itulah beberapa manfaat baking soda, selain berguna untuk bahan pembuat kue, ternyata baking soda juga bisa dimanfaatkan dalam kegiatan sehari-hari lainnya.

Tapi perlu diingat, bagi kalian yang memiliki kulit wajah dan ketiak yang sensitif, harus berhati-hati dalam pemakaian baking soda untuk kulit kalian. Cobalah terlebih dahulu di area sensitif lainnya yang tidak terlihat, seperti belakang kuping atau bagian dalam lengan.

Kalau tidak ada reaksi alergi dan iritasi, pilihan tetap ada pada kalian untuk mencobanya atau tidak. Kalian boleh bagikan pengalaman kalian menggunakan baking soda dalam keperluan sehari-hari atau manfaat baking soda lainnya di kolom komentar di bawah. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

4 Responses

  1. baking soda sama soda kue,, itu sama nggak??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *