Bacaterus / Bahan Kue / Ini Dia 5 Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Ini Dia 5 Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 November 2019

Tahukah kamu, ternyata banyak sekali bahan-bahan pembuat kue yang memiliki nama dan bentuk yang hampir sama. Salah satu diantaranya yaitu baking soda dan baking powder. Sebelumnya Bacaterus membahas tentang perbedaan baking soda dan soda kue, kali ini Bacaterus akan membahas perbedaan kedua bahan untuk membuat kue ini.

Baking soda dan baking powder merupakan bahan pengembang kue. Keduanya merupakan bahan pengembang kue yang bereaksi secara kimia dengan melepaskan gas karbon dioksida ketika dicampurkan ke dalam adonan.

Secara kasat mata, baking soda dan baking powder terlihat sama karena dari warna pun sama-sama putih. Tetapi jika dibandingkan melalui tekstur, baking soda terasa lebih kesat dibandingkan baking powder. Tekstur baking soda juga hampir sama dengan tekstur tepung kanji. Kalau kalian mencicipi rasanya, baking soda akan terasa sedikit pahit sedangkan baking powder tidak berasa.

Masih ada banyak perbedaan lain baking soda dan baking powder lainnya. Penasaran? Yuk, simak pembahasannya berikut ini.

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

1. Kandungan dan Penggunaan

kandungan dan penggunaan

* sumber: draxe.com

Meski memiliki banyak kemiripan, baik baking soda maupun baking powder memiliki kandungan yang berbeda. Baking soda terdiri dari 100% Natrium Bicarbonate (NaHCO) atau yang biasa dikenal dengan Sodium Bikarbonat. Sedangkan baking powder, meski sama-sama mengandung Sodium Bikarbonat, masih ditambah kandungan lain yaitu Sodium Asam Pirofosfat dan bahan pengemulsi.

Senyawa Sodium Bikarbonat yang terdapat pada baking soda bersifat larut di dalam air dan jika bertemu dengan bahan bersifat asam, seperti susu dan telur, akan bereaksi membentuk gelembung-gelembung karbon dioksida yang dapat membuat adonan roti mengembang. Baking soda berfermentasi ketika dicampurkan ke dalam adonan dan mengembang saat dipanaskan.

Adapun baking powder, karena sudah mengandung Sodium Asam Pirofosfat, maka tidak perlu lagi dicampur dengan bahan-bahan yang mengandung asam. Baking powder sebaiknya langsung dicampur dengan terigu, gula, dan beragam bahan kering lainnya karena jika dicampur dengan bahan cair bisa menyebabkan kue gagal mengembang atau bantat.

Jika kalian ingin membuat roti atau kue yang diolah dengan cara dikukus atau dipanggang, lebih pas dengan menggunakan baking soda. Tetapi, kalau kalian ingin membuat kue kering yang tidak ada bahan asam di dalamnya, akan sangat cocok menggunakan baking powder.

2. Hasil Kue

hasil kue

* sumber: www.seriouseats.com

Penggunaan baking soda dan baking powder ini ternyata sangat mempengaruhi cita rasa yang dihasilkan. Kue yang menggunakan baking soda sebagai bahan pengembang cenderung terasa lebih pahit, apalagi jika kalian terlalu banyak memasukkan baking soda ke dalam adonan.

Berbeda dengan baking soda, baking powder yang sudah bercampur dengan Sodium Asam Pirofosfat dan bahan pengemulsinya terasa lebih netral dan tidak membuat kue terasa lebih pahit meski terlalu banyak digunakan. Tapi, tetap perhatikan resep dan takaran yang sesuai, ya, agar kue yang kamu buat sesuai dengan hasil yang kamu inginkan.

3. Berdasarkan Jenisnya

jenis

* sumber: resepkoki.id

Di pasaran ada dua jenis baking powder, yaitu single-acting dan double-acting. Perbedaannya adalah baking powder biasa atau yang single-acting akan segera menghasilkan karbon dioksida saat adonan dan baking powder dicampurkan. Agar kue tidak bantat, adonan yang sudah dituangkan ke dalam loyang harus segera dimasukkan ke dalam oven yang sudah dimasukkan.

Untuk Baking Powder Double-Acting (BPDA), gelembung karbon dioksida bisa muncul baik saat adonan masih basah ataupun adonan saat dipanggang, jadi adonan bisa menunggu di luar selagi memanggang kue yang lain.

4. Berdasarkan Fungsinya

rendam kaki baking soda

* sumber: www.livestrong.com

Sekarang pertanyaannya adalah, kalau di dalam satu resep ada yang menggunakan baking powder dan baking soda, apakah semuanya akan berfungsi sebagai pengembang? Tidak perlu bingung. Jika di dalam satu resep ada dua bahan pengembang ini, yang akan bertugas sebagai pengembang adalah baking powder.

Lalu, apa fungsi baking soda di dalam resep tersebut? Fungsi baking soda dalam adonan adalah sebagai penetral zat asam yang terdapat di dalam bahan lainnya. Jadi, kandungan asam yang berlebih dari bahan lainnya seperti, misalnya buttermilk dan sour cream akan diredam oleh baking soda, jadi baking powder bisa tetap aman bekerja sebagai pengembang.

5. Ingat Tanggal Kadaluarsa

tanggal kadaluarsa

Gantilah persediaan baking powder dan baking soda setiap tiga bulan sekali untuk memastikan bahwa bahan yang kamu gunakan masih aman. Untuk mencegah lupa, kamu bisa menuliskan tanggal ketika kamu membeli kedua bahan tersebut pada botolnya dengan spidol.

Jika kamu jarang memasak dengan menggunakan baking soda dan baking powder, atau kamu ragu dan sayang untuk membuangnya, kamu bisa melakukan tes di bawah ini setiap tiga bulan sekali untuk memastikan bahan-bahan tersebut masih layak digunakan.

  • Cara Mengetes Baking Powder

Tuang tiga sendok makan air hangat kedalam mangkok, kemudian campurkan dengan setengah sendok baking powder. Aduk perlahan, dan lihat reaksinya. Jika campuran tersebut menghasilkan sedikit busa, artinya baking powdermu masih layak digunakan. Kalau tidak ada reaksi sama sekali, itu tandanya kamu harus membuangnya dan membeli yang baru.

  • Cara Mengetes Baking Soda

Tuang tiga sendok cuka putih ke dalam mangkuk, dan campurkan setengah sendok teh baking soda. Aduk perlahan. Kalau campuran baking soda dan cuka putih itu menghasilkan gelembung-gelembung, itu artinya baking sodamu masih segar dan masih layak digunakan. Kalau tidak ada reaksi sama sekali, itu artinya saatnya untuk membeli baking soda yang baru.

Membuat Baking Powder Sendiri di Rumah

membuat baking powder sendiri

* sumber: www.whydontyoutrythis.com

Jika kamu memerlukan baking powder di dalam resepmu dan ternyata kamu hanya memiliki baking soda, kamu bisa membuat bahan pengganti baking powder sendiri dengan cara seperti berikut.

Satu sendok teh baking powder setara dengan satu sendok teh baking soda dicampur dengan dua sendok teh cuka atau jus lemon. Jadi, setiap setengah sendok teh baking soda butuh tambahan satu sendok teh cuka atau jus lemon.

Atau, kamu bisa menggunakan campuran antara baking soda dan krim tartar (catatan: krim tartar ini berbentuk serbuk, bukan krim). Satu sendok baking powder setara dengan satu sendok teh baking soda dan dua sendok teh krim tartar. Jika ingin kamu simpan dan tidak segera digunakan, tambahkan satu sendok teh tepung maizena dan aduk merata.

Homemade baking powder ini digunakan untuk bahan yang sudah siap masak ya, karena baking powder ini bersifat single- acting. Kalau kamu membuat homemade baking powder ini untuk disimpan, jangan lupa campurkan dengan tepung maizena agar campuran baking soda dan krim tartar tidak menggumpal.

Bagaimana Jika Tidak Ada Baking Soda dan yang Ada Hanya Baking Powder? Jika kamu membutuhkan baking soda tapi yang ada hanya baking powder, jangan khawatir. Baking powder bisa menggantikan fungsi baking soda. Satu sendok the baking soda bisa diganti dengan dua sampai tiga sendok teh baking powder, namun rasanya akan sedikit pahit.

Ternyata walaupun memiliki banyak perbedaan, baking soda dan baking powder ini bisa bekerjasama atau malah saling menggantikan, ya. Jika kamu mengetahui perbedaan lainnya antara baking soda dan baking powder, yuk, tuliskan di kolom komentar. Selamat berkreasi dan selamat memasak!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

6 Responses

  1. Terimakasih writer..
    Saya sangat terbantu dgn artikel yg anda tulis.
    Anik win-Lampung

    1. Terima kasih sudah mengunjungi Bacaterus.com 🙂

  2. Lengkap penjelasannya. Terima kasih.

  3. Bagus infonya,
    Kebetulan lg bingung sama resep kuker yg ada Baking powder dan baking sodanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *