Bacaterus / FYI / 10 Bajak Laut Legendaris Dunia yang Membuat Orang Merinding

10 Bajak Laut Legendaris Dunia yang Membuat Orang Merinding

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bila selama ini kita hanya mengenal Jack Sparrow, yaitu tokoh dalam film “Pirates of Caribbean” sebagai seorang bajak laut. Maka di dunia nyata, terdapat tokoh-tokoh bajak laut legendaris yang bisa membuat orang kagum karena reputasinya yang menakutkan sebagai penjelajah samudera.

Siapa saja mereka? Apa yang membuat mereka terkenal? Nah, kali ini Bacaterus akan membahas tuntas tentang sosok bajak laut legendaris yang ada di dunia. So, inilah 10 bajak laut legendaris dunia yang bisa membuat orang merinding. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Barbarossa Brother

Barbarossa Brother

Aruj dan Khairuddin adalah dua kakak beradik yang dikenal dengan sebutan Barbarossa. Mereka adalah bajak laut muslim yang paling ditakuti oleh bangsa Eropa. Barbarossa sendiri berarti Jenggot Merah, nama ini merupakan julukan dari bangsa Eropa karena keduanya memiliki jenggot berwarna kemerahan.

Barbarossa sendiri merupakan dua pemuda biasa sebelum akhirnya terjun menjadi bajak laut paling ditakuti. Bermula ketika kapal Spanyol datang menghancurkan kapal milik mereka hingga membunuh adik keduanya, karena hal tersebut mereka pun murka dan memutuskan menjadi perompak bagi setiap kapal Spanyol yang melintas.

Hal tersebut berlangsung cukup lama sehingga akhirnya membuat nama Barbarossa dikenal dan sangat ditakuti oleh sebagian besar bangsa Eropa. Barbarossa sendiri merupakan bajak laut yang berhasil menyelamatkan ribuan muslim dari pembantaian yang ada di Andalusia. Dan karena kesuksesannya tersebut, mereka kemudian menjadi pemimpin pasukan Elit Janissary.

Berkat kehebatan Barbarossa bersaudara di medan tempur. Turki menjadi salah satu bangsa dengan kekuatan militer menakutkan pada masa tersebut. Mereka berhasil menguasai laut timur tengah serta sebagian besar Afrika Utara. Kemasyhuran Barbarossa semakin dikenal ketika melawan pasukan Andrea Doria yang terkenal memiliki armada serta kekuatan besar milik bangsa Eropa.

Dengan sepertiga pasukan yang dimiliki Andrea Doria. Barbarossa pun berhasil mengalahkan pasukan tersebut hingga membuat nama mereka semakin disegani dan menjadi salah satu bajak laut legendaris yang ada di dunia.

2. Sir Henry Morgan

Sir Henry Morgan

Sir Henry Morgan adalah salah satu bajak laut legendaris pada abad ke-17. Pada masanya, Sir Henry Morgan termasuk salah satu bajak laut yang sangat disegani oleh pasukan Spanyol karena keberhasilannya menguasai wilayah Hindia Barat. Sir Henry secara tidak resmi mendapat dukungan dari pemerintah Inggris saat melakukan operasi.

Selama kariernya sebagai perompak, ia ketahui pernah memimpin 36 kapal dengan lebih dari 2 ribu anak buah kapal. Kemasyhurannya sebagai bajak laut semakin mendunia ketika ia diketahui menjadi satu-satunya bajak laut pada masa itu yang berani melewati laut Afrika.

Ia bahkan menguasai sebagian besar wilayah yang ada di sana. Sir Henry Morgan lahir di  Llanrhymney, Wales pada tahun 1635. Ia sendiri diketahui menutup usia pada tanggal 25 August 1688 pada usianya yang ke-53 di Lawrencefield, Jamaica.

3. John Ward

John Ward

John Ward adalah bajak laut legendaris dunia selanjutnya. Kamu tentu asing dengan nama tersebut. Namun apakah kamu tahu bila John Ward merupakan tokoh yang menjadi inspirasi untuk karakter Jack Sparrow yang kita kenal? Ya, John Ward adalah salah satu bajak laut yang namanya cukup melegenda.

John Ward lahir di Inggris pada tahun 1553. John sendiri memiliki banyak julukan diantaranya Jack Ward dan Jack Bird, karena kesukaannya bermain dengan burung-burung gereja. Hal tersebut pada akhirnya menginspirasi sineas film untuk menciptakan karakter Jack Sparrow. Jack Ward terkenal karena menjadi bajak laut satu-satunya yang berani melintasi laut Mediterania, Yunani.

Ia juga menjadi satu-satunya bajak laut yang memiliki kapal jarahan terbanyak. Jack Ward pun menjadi salah satu  bajak laut yang memeluk agama Islam setelah bertemu sultan Tunisia. Masyarakat Tunisia sendiri mengenalnya dengan nama Yusuf Reis. Jack Ward meninggal tahun 1622 pada usianya yang ke-70 di Ottoman, Tunisia.

4. Edward Black Beard

Edward Black Beard

Bernama Edward Teach Blackbeard, pria yang diketahui lahir pada 1680 ini memiliki nama asli Drummond. Reputasinya sebagai bajak laut yang berbahaya memang pantas disemat olehnya. Teach mulai masuk ke dunia bajak laut pada tahun 1716 sebagai anak buah kapal Benjamin Hornigold.

Julukan Blackbeard disematkan padanya karena ia memiliki jenggot yang sangat hitam. Ia memiliki postur tubuh tinggi yang mampu membuat orang orang-orang yang melihat gentar. Kesuksesannya sebagai bajak laut dimulai ketika ia berhasil mengalahkan kapal-kapal di New Providence Karibia.

Sebagai imbalan baginya, Teach pun mendapat sebuah kapal Queen Anne’s Revenge yang digunakannya untuk memulai karier bajak lautnya. Selepas dari Hornigold, Teach mulai membentuk aliansi dan melakukan perompakan kapal-kapal Spanyol yang melintas.

Keganasannya saat beraksi memang sering membuat nyali musuh menciut. Ia dikenal karena keberanian serta kekejamannya saat di medan tempur karena hal tersebut Edward pun menjadi salah satu bajak laut yang melegenda.

5. Bartholomeuw Robert (Black Bart)

Bartholomeuw Robert (Black Bart)

Salah satu legenda samudera lainnya bernama Bartholomeuw Robert, pria yang dikenal dengan julukan Black Bart ini lahir pada 17 Mei 1682 di Wales. Bart sendiri memulai karier bajak lautnya sebagai officer di kapal budak “Princess”.

Karena reputasinya yang baik sebagai navigator handal. Ia pun kemudian terpilih sebagai kapten pengganti setelah kapten mereka tewas saat hendak mencoba menawan gubernur Pulau Principe. Dengan kemampuannya, Bart pun berhasil melumpuhkan sebagian besar penduduk pulau Principe.

Sejak saat itu setiap aksi yang dilakukannya selalu membuahkan hasil. Namanya semakin dikenal sekaligus ditakuti. Ia pun selalu sukses saat melancarkan aksinya dalam membajak puluhan kapal dengan harta rampasan yang cukup banyak.

6. Calico Jack

Calico Jack

Bernama asli John Rackham, bajak laut legendaris yang satu ini lahir pada 26 Desember 1682 di Inggris. Ia sendiri beroperasi di wilayah perairan Bahama dan Kuba pada awal abad ke-18. Ia sendiri dikenal sebagai bajak laut yang beringas dan paling ditakuti di Inggris.

Calico adalah bajak laut yang memiliki banyak anak buah kapal sepanjang sejarah bajak laut. Karena jumlahnya yang luar biasa, ia pun tercatat pernah mencoba menyerang kerajaan Inggris dengan menggunakan kapalnya.

Kepiawaiannya memimpin anak buah kapal bisa jadi menurun dari keluarga yang memiliki latar belakang sebagai perompak. Calico juga dikenal dengan teropongnya yang mampu melihat dari jarak sejauh 400 km.

7. Madame Ching

Madame Ching

Salah satu bajak laut legendaris selanjutnya datang dari Asia. Madame Ching merupakan legenda mengerikan bagi dunia bajak laut di China Selatan. Sebelum menjadi kapten kapal wanita paling kejam. Madame Ching adalah seorang pekerja seks yang bertugas menggali informasi dari awak kapal.

Karena kepiawaiannya mengumpulkan informasi, ia pun pada akhirnya memiliki kendali yang dapat menguntungkan dirinya. Hingga suatu hari, ia berhasil mendapatkan komandan besar salah satu bajak laut yang menakutkan bernama Cheng I.

Keduanya kemudian menikah dan dengan sekejap berhasil menghimpun kekuatan besar berkat informasi penting yang diberikan Ching. Keduanya lantas memanfaatkan informasi tersebut untuk mengumpulkan harta dan membentuk kekuatan secara terorganisir dan licin.

Suaminya menghilang akibat sebuah badai besar di Vietnam hingga akhirnya kekuasaan pun beralih padanya. Ching sendiri dinilai telah berhasil mengatur strategi untuk mempertahankan posisinya yang selalu menjadi incaran banyak orang. Keberhasilannya dibuktikan dengan memimpin 1800 kapal dengan total awak kapal mencapai 100 ribu orang.

8. William Kidd

William Kidd

Legenda bajak laut dunia selanjutnya adalah William Kidd atau Captain Kidd. Ia lahir di Skotlandia pada tahun 1645. Kidd sendiri terlahir dari keluarga pendeta. Kapten Kidd terkenal karena harta karun miliknya yang masih menjadi misteri.

Kidd sendiri memulai karier sebagai “Privateer” bagi pemerintahan  kerajaan Inggris. Dimana ia bekerja untuk menyerang kapal-kapal asing yang berada di kawasan Hindia Barat. Kidd sendiri menerima bayaran cukup fantastis untuk pekerjaannya.

Setelah selesai dengan tugasnya. Ia pun kemudian beralih profesi menjadi seorang bajak laut dengan menghancurkan kapal-kapal yang kebetulan melintas di zona merah, termasuk kapal milik pemerintah.

Setelah berselisih faham dengan anak buah kapal. Ia pun kemudian ditinggalkan oleh sebagian anak buahnya di Madagaskar. Ketika dirinya berada di Hindia Barat, ia pun baru sadar telah menjadi buruan banyak kerajaan.

Kidd sendiri ditangkap pihak kerajaan Inggris ketika sedang berlayar menuju Boston dan dihukum gantung pada 23 Mei 1701. Pemerintah pun menyita seluruh harta rampasan milik Kidd. Namun jumlah yang ia sembunyikan jauh lebih besar dari yang berhasil pemerintah sita.

9. Olivier Levasseur

Olivier Levasseur

Olivier Levasseur merupakan bajak laut yang lahir pada 1688 di Perancis. Ia sendiri memiliki julukan La Bouche atau Elang. Hal tersebut karena kecepatannya dalam menyerang musuh. Levasseur sendiri terlahir dari kalangan bangsawan yang berpendidikan.

Karier bajak lautnya sendiri dimulai ketika bergabung dengan perompak terkenal Benjamin Hornigold. Setelah satu tahun melakukan pembajakan bersama Hornigold. Hubungan mereka pun terpecah belah sehingga Oliver memutuskan untuk mulai menjalankan kariernya sebagai perompak dengan membentuk aliansi baru bersama Howell Davis dan Thomas Cocklyn.

Mereka pun sukses membajak kapal-kapal dan menjadi perompak paling sukses pada masa itu. Karena luka pada mata yang didapatnya saat bergabung dengan pasukan militer Perancis, Ia pun pada akhirnya menutup sebelah mata.

Oliver terkenal karena kesuksesannya mengumpulkan harta rampasan dari kapal-kapal besar. Ia kemudian tewas setelah tertangkap dan digantung di pulau Bourdon pada 7 Juli 1730.

10. Anne Bonny

Anne Bonny

Meskipun catatan sejarah tentang Anne Bonny terbatas, namun ia sendiri diketahui sebagai salah satu bajak laut wanita yang cukup sukses. Ia bergabung sebagai kru bajak laut yang dipimpin oleh Calico Jack antara tahun 1718-1720 bersama rekan wanita lainnya yang bernama Mary Read.

Keduanya terkenal sering berperilaku kasar dan terlibat perkelahian untuk menunjukan identitas perompak mereka. Anne dan Mary sempat tertangkap dan hendak dieksekusi bersama beberapa para awak kapal. Namun karena Anne sedang hamil, ia pun mendapatkan ulur waktu yang dimanfaatkannya untuk kabur.

Menurut sebuah catatan bajak laut, Anne sendiri adalah wanita yang sangat dicintai oleh Calico Jack. Meskipun begitu, Anne diketahui menikah dengan bajak laut miskin bernama James Bonny. Anne pun menjadi salah satu bajak laut wanita yang sering menjadi inspirasi dalam sebuah buku, puisi dan lagu karena sepak terjangnya.

Itulah 10 bajak laut legendaris dunia yang  bisa membuat orang merinding yang telah Bacaterus rangkum. Meskipun apa yang mereka lakukan hebat. Namun apa yang sudah mereka lakukan memang bukan sesuatu yang baik untuk ditiru. Bila ada bajak laut lain yang kamu tahu. Tulis komentar di bawah, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *