Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Januari 2019

Makanan pedas atau yang sering kali disebut spicy food merupakan makanan yang lezat dan selalu wajib dikonsumsi oleh para pecinta pedas. Makanan yang memiliki rasa pedas akan memberimu sensasi yang berbeda ketika dimakan. Biasanya, makanan-makanan yang memiliki rasa pedas memiliki bumbu campuran berupa cabai, baik diolah terlebih dahulu ataupun tanpa diolah.

Bahkan, di beberapa daerah dalam suatu negara, makanan pedas dijadikan sebagai makanan khasnya. Semakin berkembangnya zaman, makanan dengan rasa pedas ini semakin berkembang pula dengan inovasi-inovasi baru yang lebih menarik, seperti misalnya di Indonesia yang memiliki makanan olahan pedas modern salah satunya yaitu seblak yang sangat diminati oleh berbagai kalangan.

Memakan makanan pedas memiliki beberapa manfaat yang baik bagi tubuh, seperti misalnya dapat mengurangi risiko terkena flu. Namun, jika makanan pedas ini dikonsumsi terlalu sering dan tak teratur tentu saja akan menimbulkan dampak negatif yang dapat berbahaya bagi kesehatan. Bahkan, beberapa penyakit yang menyerang dapat menyebabkan kematian.

Kira-kira apa saja, sih, dampak negatif yang ditimbulkan karena terlalu sering mengonsumsi makanan pedas tanpa terkontrol? Simak pemaparannya di bawah ini.

10 Dampak Negatif Keseringan Makan Pedas

1. Mengurangi Sensitivitas Lidah

* sumber: hellosehat.com

Lidah merupakan indera pengecap yang tentu saja memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh. Lidah ini mampu membedakan rasa yang kita konsumsi sehari-hari sehingga menimbulkan kesan enak atau tidaknya suatu makanan. Namun, fungsi lidah sebagai indera pengecap ini dapat berkurang karena mengonsumsi makanan pedas, lho!

Ya, sensitivitas pada lidah ternyata dapat berkurang jika kita mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan dan tak terkontrol. Fungsi lidah yang tak bekerja secara optimal ini tentu saja akan membuat kita tidak merasa nyaman karena kita tidak bisa mengecap suatu rasa pada makanan yang kita konsumsi secara maksimal.

Bukan hanya berkurang, bahkan sensitivitas lidah ini dapat hilang secara bertahap jika makanan pedas sering dikonsumsi tanpa kontrol yang baik. Tentu saja kita semua tetap ingin memiliki kemampuan mengecap secara baik dan maksimal, bukan? Maka dari itu, kontrol makanan pedas yang kamu konsumsi.

2. Menyebabkan Insomnia

* sumber: lifehacker.com

Insomnia merupakan gejala di mana seseorang sulit merasa ngantuk sehingga tidak bisa tidur dalam waktu yang cukup panjang bahkan semalaman. Gejala ini sudah tak asing lagi dan banyak dirasakan oleh orang-orang yang kebanyakan di antaranya adalah orang yang beranjak dewasa.

Insomnia ini sebenarnya disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya karena mengonsumsi makanan pedas yang tak terkontrol. Makanan pedas yang kita konsumsi dapat meningkatkan suhu tubuh hingga berkeringat. Selain itu, makanan pedas ini dapat mengaktifkan suatu zat kimia yang menyebabkan seseorang sulit untuk terlelap.

Namun jangan khawatir karena semua ini dapat diminimalisir. Caranya yaitu dengan memakan makanan pedas secara terkontrol dan tak terlalu sering. Selain itu, hindari makan pedas di malam hari ketika hendak tidur.

3. Maag

sakit maag

Maag adalah salah satu penyakit yang menyerang pada lambung. Rasa sakit yang tak tertahankan sehingga sangat mengganggu para penderitanya. Salah satu penyebab maag ternyata adalah makanan pedas yang dikonsumsi terlalu sering. Makanan pedas ini dapat melukai lambung sehingga menyebabkan peradangan.

Hal ini dapat menyebabkan penurunan fungsi pada lapisan pelindung lambung dan yang lebih parahnya lagi dapat menyebabkan gastritis atau maag akut pada lambung dengan beberapa gejala, seperti mual, muntah, dan perut kembung. Jika gejala tersebut mulai terasa, ada baiknya segera cek ke dokter sebelum terlambat, ya.

4. Iritasi Usus

* sumber: m.merdeka.com

Terlalu sering mengonsumsi makanan pedas tanpa diiringi kontrol yang baik akan menyebabkan banyak penyakit. Salah satunya penyakit yang menyerang organ pencernaan yaitu usus. Usus ini merupakan salah satu sistem pencernaan yang sangat berguna dalam memproses makanan yang kita konsumsi dalam tubuh yang harus selalu dijaga dengan baik.

Dengan memakan makanan pedas yang terlalu sering maka akan menimbulkan efek bahaya pada usus karena sensasi panas yang terkandung dalam makanan sangat pedas dapat menimbulkan iritasi usus. Gejala iritasi pada usus biasanya ditandai dengan perut kram dan nyeri.

5. Meningkatkan Asam Lambung

* sumber: doktersehat.com

Selain iritasi pada usus yang diakibatkan oleh makanan pedas yang dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering, lambung juga dapat mengalami hal serupa, lho. Dengan mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan, dapat meningkatkan asam lambung pada tubuh. Jika asam lambung naik, hal ini dapat menyebabkan iritasi pada lambungmu.

Hal ini sangat berkaitan dengan gastritis yang juga disebabkan oleh makanan pedas yang dikonsumsi secara berlebihan. Gastritis atau maag akut ternyata juga dapat menyebabkan iritasi lambung dengan ditandai gejala nyeri di bagian perut dan mual. Jika tidak segera melakukan pengobatan, penyakit pencernaan ini dapat mengakibatkan kematian, lho.

6. Sakit Kepala

Sakit Kepala

Makanan pedas yang dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak secara berlebihan ternyata juga dapat menimbulkan risiko sakit kepala. Hal ini merupakan salah satu gejala yang ditimbulkan dari maag akut yang menimpa seseorang karena mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan.

Sakit kepala ini dapat berupa rasa nyeri di area kepala hingga rasa pusing. Jika sudah terjadi gejala-gejala seperti ini maka kamu harus segera menanganinya dengan cara cek ke dokter dan mengurangi makanan pedas.

7. Sakit perut dan Diare

Sakit perut dan diare

* sumber: doktersehat.com

Penyakit yang paling sering ditimbulkan oleh makanan pedas yang dikonsumsi secara tak teratur yaitu sakit perut. Biasanya sakit perut ini dibarengi dengan rasa panas yang terjadi di dalam perutmu bahkan hingga diare. Tentu saja diare ini menyebabkan rasa yang tidak nyaman bagi para penderitanya dimana ia harus melawan rasa sakit pada perutnya.

Diare ini adalah salah satu penyakit yang cukup berbahaya karena dapat membuat tubuh penderitanya merasa lemas mengingat banyaknya cairan tubuh yang dikeluarkan secara tak terkendali. Meskipun penyakit ini dapat diobati, namun ada baiknya kita mencegah penyakit tersebut agar tidak terjadi.

8. Menurunkan Nafsu Makan

* sumber: travel.tribunnews.com

Mengonsumsi makanan pedas dengan jumlah yang cukup dapat menggugah selera dan meningkatkan nafsu makan. Akan tetapi sebaliknya, jika makanan pedas dikonsumsi dengan jumlah yang melampaui batas atau berlebihan, hal ini dapat menurunkan nafsu makanmu sehingga dapat membuat tubuhmu semakin kecil atau kurus.

Hal ini tentu saja sangat berbahaya bagi kamu yang memiliki tubuh kecil atau kurus karena dapat membuat tubuhmu semakin kurus dan akan menyulitkanmu untuk menambah berat badan agar optimal. Bagi kamu yang ingin menambah bobot tubuh agar lebih berisi dan optimal, yuk kurangi kebiasaan mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan.

9. Tuli

Pompa telinga dengan telapak tangan Tips Menghilangkan Air di Telinga

Tuli atau yang dikenal dengan istilah “budeg” ternyata dapat disebabkan oleh makanan pedas yang dikonsumsi secara berlebihan. Makanan pedas memiliki suatu zat kimia bernama capsaicin yang dapat menimbulkan sensasi panas. Jika dikonsumsi dengan jumlah yang sedikit, capsaicin ini akan menimbulkan sensasi panas dan rasa gerah pada tubuh.

Akan tetapi, jika dikonsumsi dengan jumlah yang cukup banyak, maka sensasi panas ini akan memproduksi air mata, ingus, hingga lendir di sekitar tenggorokan. Tuli ini disebabkan karena tersumbatnya telinga oleh lendir-lendir di sekitar eustachius yaitu saluran penghubung tenggorokan dengan telinga.

10. Risiko Kanker Usus

* sumber: palembang.tribunnews.com

Makanan pedas yang dikonsumsi dalam jumlah banyak tanpa terkontrol tentu saja menimbulkan berbagai penyakit berbahaya. Penyakit ini lebih sering mengganggu organ pencernaan, seperti lambung dan usus. Salah satu penyakit berbahaya yang ditimbulkan oleh makanan pedas yang dikonsumsi berlebihan adalah kanker usus.

Kanker usus ini menjadi salah satu jenis kanker yang dapat menyebabkan kematian tertinggi, lho. Ngeri, bukan? Yuk, segera cegah dengan mengonsumsi makan pedas secara terkontrol tanpa berlebihan!

Nah, itu dia beberapa penyakit berbahaya yang dapat menyerang tubuhmu karena mengonsumsi makanan pedas dalam jumlah banyak tanpa kontrol dan kesadaran tentang dampak negatif yang ditimbulkan. Berbagai penyakit berbahaya tersebut bahkan dapat menyebabkan dampak yang sangat fatal yaitu kematian.

Bagi kamu para pecinta makanan pedas, boleh-boleh saja mengonsumsinya asalkan diiringi dengan kontrol yang baik agar memakannya secara terjadwal dan tidak berlebih-lebihan mengingat bahwa sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Semoga informasi mengenai bahaya terlalu sering mengonsumsi makanan pedas dapat bermanfaat bagi kita semua dan menyadarkan kita untuk tidak mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Punya pengalaman menarik tentang mengonsumsi makanan pedas? Yuk, bagikan ceritanya di kolom komentar!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .