Bacaterus / AC / 10 Bahaya AC untuk Kesehatan dan Tips untuk Mencegahnya

10 Bahaya AC untuk Kesehatan dan Tips untuk Mencegahnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Januari 2019

Jika di tahun 1980-an AC merupakan sebuah barang mewah, kini AC sudah dianggap sebagai barang elektronik yang wajib dimiliki. Tanpa AC, kita akan kegerahan saat melakukan aktivitas. Bahkan, ada yang tidak bisa tidur jika di kamarnya tidak dipasang AC.

Mengingat AC sudah menjadi kebutuhan sekunder dalam kehidupan kita sehari-hari, tentu saja Anda dan sebagian besar orang lainnya tertarik untuk memiliki alat pendingin ruangan. Namun, di balik fungsinya sebagai pendingin ruangan ternyata ada sejumlah bahaya AC bagi kesehatan.

Di tulisan ini, Bacaterus akan membahas seputar bahaya AC dan tips untuk mencegah bahaya tersebut. Yuk, gunakan AC dengan aman!

10 Bahaya AC untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Risiko Gangguan Saraf Wajah

Meningkatkan Risiko Gangguan Saraf Wajah Bahaya AC

Pernah mendengar seseorang mengalami kelumpuhan wajah akibat saat tidur wajahnya terus menerus terpapar udara dingin dari AC? Kasus tersebut memang pernah terjadi, meskipun hanya sebagian orang yang mengalaminya.

Kelumpuhan wajah sebenarnya bukan karena udara dingin AC, melainkan infeksi virus dari udara yang dikeluarkan dari AC yang kotor. Gejala dari penyakit yang memiliki nama lain Bell’s Palsy ini antara lain adalah mulut miring, bicara pelo, fungsi pengecapan berkurang, dan mata terasa pedit saat terkena air.

2. Leher Kaku dan Pegal

Leher Kaku dan Pegel

Leher tengeng biasanya disebabkan karena posisi tidur yang salah. Gejalanya adalah leher akan terasa sakit jika dipakai untuk menengok ke kiri atau kanan. Namun, kasus ini tidak semata-mata disebabkan karena posisi tidur yang salah saja, tapi juga karena AC di kamar Anda.

Bahaya AC yang paling sering dirasakan oleh sebagian orang adalah leher menjadi kaku, pegal, dan sakit bila digerakkan. Hal ini disebabkan karena udara dingin dari AC menyebabkan urat saraf dan pembuluh darah di sekitar leher menjadi kaku dan pegal saat bangun tidur.

3. Sakit Kepala

Sakit Kepala

Dari bayi sampai orang dewasa dapat mengalami sakit kepala jika suhu udara yang dihembuskan AC terlalu dingin. Penggunaan AC dengan suhu di bawah 26 derajat celcius dapat menyebabkan penyumbatan ringan di aliran darah menuju ke kepala.

Akibatnya, Anda akan terbangun dengan kepala yang sakit (pening) di pagi hari. Pada bayi, mereka akan terus menerus rewel karena merasa sakit kepala tapi tak bisa mengungkapkannya.

4. Risiko Gangguan Pernapasan

Risiko Gangguan Pernapasan

Walaupun terlihat sepele, tetapi bahaya AC yang satu ini tidak bisa dianggap remeh. AC yang terlalu dingin dapat membuat seseorang mengalami flu dan pilek. Hidung jadi tersumbat ketika Anda tidur di ruangan yang suhunya terlalu dingin.

Tak hanya itu saja, AC dapat mengubah suhu ruangan dan kelembaban secara drastis. Hal tersebut dapat berakibat buruk pada sistem pernafasan seseorang. Bahkan, AC dapat memicu risiko asma dan sejumlah penyakit pernafasan lainnya.

5. Kulit Menjadi Kering

Kulit Menjadi Kering

Bahaya buruk penggunaan AC juga mengancam kesehatan kulit Anda. Kulit yang terpapar AC terus menerus akan kehilangan kelembabannya dan menjadi sangat kering hingga pecah-pecah. Suhu udara dingin dari AC-lah yang menjadi penyebab hilangnya kelembaban kulit.

Akibatnya, kulit yang tadinya halus dapat menjadi sangat kasar. Pada kulit bagian wajah yang kering akan timbul kulit yang mulai mengelupas sehingga mengganggu penampilan Anda. Itulah sebabnya mengapa kita selalu dihimbau untuk menggunakan pelembab kulit ketika beraktivitas di ruangan ber-AC dalam jangka waktu yang lama.

6. Mempermudah Penyebaran Virus

Mempermudah Penyebaran Virus

AC biasa digunakan pada ruangan yang tertutup. Hal tersebut membuat ruangan tersebut jadi tidak memiliki pergantian udara. Udara yang terus berputar di dalam satu ruangan tentu mempermudah penyebaran virus, kuman, dan bakteri. Sebagai contoh, ketika Anda berada dalam satu ruangan yang sama dengan penderita flu, maka virus flu dari orang tersebut dapat dengan mudah berpindah ke tubuh Anda.

7. Gangguan Reproduksi

Gangguan Reproduksi

Gangguan reproduksi adalah efek negatif penggunaan AC yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang. AC menghasilkan senyawa phthalates yang merupakan senyawa asam phatalic. Paparan dari senyawa ini ternyata dapat berdampak pada sistem reproduksi Anda, terutama jika Anda merupakan kaum hawa.

8. Gangguan Kehamilan

Gangguan Kehamilan

Dampak buruk penggunaan AC yang ditimbulkan dari senyawa asam phatalic pada AC ternyata tidak hanya sebatas gangguan reproduksi saja. Wanita hamil yang terpapar oleh senyawa ini juga berisiko tinggi mengalami gangguan kehamilan sampai dengan proses persalinan. Senyawa asam phatalic memberikan dampak buruk terhadap janin yang dikandung. Risiko terburuk dari paparan senyawa ini adalah bayi lahir cacat.

9. Dehidrasi

Dehidrasi

Pernahkah Anda terbangun dengan rasa haus meskipun Anda tidur dalam kamar yang ber-AC? Jika ya, itu tandanya Anda mengalami dehidrasi setelah berada di ruangan ber-AC.

Usut punya usut, udara dingin yang dikeluarkan AC dapat mengikat dan menyerap cairan tubuh secara bertahap. Alhasil, Anda yang tertidur lelap di ruangan ber-AC dapat mengalami dehidrasi dan akan terbangun dengan rasa haus yang teramat sangat.

10. Gangguan Kandung Kemih

Gangguan Kandung Kemih

Penggunaan AC dengan suhu yang terlalu rendah dan terlalu dekat dengan tubuh maka dapat menyebabkan gangguan pada kandung kemih. Ketika sedang tidur dalam ruangan yang sangat dingin, kinerja kandung kemih akan terganggu sehingga kehilangan kemampuannya untuk menahan air kecing sebelum waktunya dikeluarkan.

Yang paling parah, gangguan kandung kemih ini dapat menyebabkan seseorang mengompol. Jika tidak mengompol, seseorang yang tidur di ruangan ber-AC akan terbangun tiba-tiba karena ingin buang air kecil.

Tips Mencegah Bahaya AC

Tips Mencegah Bahaya AC

Meskipun ada 10 bahaya AC untuk kesehatan, tetapi hal tersebut bisa dicegah. Anda tidak perlu melepas AC di ruangan Anda. Tetap gunakan AC di ruangan Anda, tapi ikuti beberapa tips mencegah dampak buruk dari penggunaan AC berikut ini:

  • Gunakan Penahan Angin AC

Jika udara AC langsung berhembus ke tubuh Anda, sebaiknya gunakan penahan angin AC yang terbuat dari material akrilik. Penahan ini akan mencegah paparan udara dingin AC pada tubuh Anda.

  • Atur Suhu AC Secukupnya

Beberapa tips menyarankan kita untuk tidak mengatur suhu AC di bawah 22 derajat celcius. Selain untuk menghemat listrik, pengaturan suhu ini juga bermanfaat agar tubuh kita tidak terpapar udara yang terlalu dingin.

  • Gunakan Pakaian Tebal atau Selimut

Saat menggunakan AC di dalam ruangan, gunakan pakaian yang cukup tebal agar Anda tidak kedinginan. Pakaian yang tebal juga melindungi kulit dari paparan udara dingin AC. Ketika tidur, jangan lupa untuk menggunakan selimut untuk mencegah paparan udara yang keluar dari dalam AC.

  • Pakai Pelembab Kulit

Untuk mencegah kulit kering karena berada di ruangan yang ber-AC, gunakan pelembab kulit wajah maupun tubuh. Pelembab akan memberikan kelembaban secara intensif meskipun udara dingin AC berusaha untuk menyerap kelembaban kulit Anda.

Itulah 10 bahaya AC dan tips mencegahnya secara sederhana. Meskipun memiliki dampak buruk bagi kesehatan, Anda tetap dapat menggunakan AC. Gunakan AC secara benar agar tidak membahayakan kesehatan diri sendiri. Baca juga artikel cara menggunakan AC ini agar Anda dapat menggunakan AC secara tepat.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar