Bacaterus / FYI / Kamu Perlu Tahu Nih! Inilah 7 Bahasa Tertua di Dunia

Kamu Perlu Tahu Nih! Inilah 7 Bahasa Tertua di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bahasa adalah alat komunikasi setiap manusia, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Melalui bahasa, pesan dan makna yang tersembunyi akan tersampaikan dan menumbuhkan pemahaman yang baik satu sama lain.

Bahasa juga sebagai ciri khas suatu kelompok seperti Indonesia yang kaya akan bahasa. Banyaknya bahasa di Indonesia memperlihatkan hubungannya dengan berbagai budaya. Jika dipikir-pikir bahasa adalah ikatan yang saling menghubungkan aspek penting lainnya, lho!

Tanpa adanya bahasa maka kehidupan akan terasa tidak berwarna, setuju? Lantas, jika bahasa terlahir di bumi maka sudah pasti ada yang tertua, kan? Kira-kira apa saja sih bahasa tertua di seluruh dunia? Simak daftar bahasa tertua di dunia yang sudah Bacaterus rangkum berikut ini.

1. Bahasa Mesir

Bahasa Mesir

Bahasa Mesir adalah bahasa dari subrumpun Afro-Asia yang berhubungan dengan bahasa Berber dan juga cabang rumpun Bahasa Semit seperti Bahasa Arab, Ibrani dan Amhar. Bahasa Mesir merupakan salah satu bahasa tertua di dunia. Diketahui bahwa Bahasa Mesir tertulis ada sekitar 3400 SM.

Pada abad ke-7 SM, bahasa Mesir berubah menjadi bahasa Mesir Demotik hingga menjadi bahasa Mesir Koptik pada abad ke-4 M sampai 17 M. Adanya perubahan pada bahasa Mesir membuat para ahli menyatakan bahwa bahasa Mesir memiliki 6 periodisasi.

Periodisasi Bahasa Mesir diawali oleh Bahasa Mesir Kuno, nama pertama sekaligus asal mula Bahasa Mesir ditemukan. Walaupun begitu, teka-teki asal muasal bahasa ini sampai sekarang masih belum terpecahkan.

2. Bahasa Yunani

Bahasa Yunani

Selain menjadi bahasa berumur tua, Bahasa Yunani adalah bahasa yang mencetus sejarah kajian linguistik. Bahasa Yunani adalah cabang dari rumpun bahasa Indo-Eropa dan mempunyai kosa kata lebih dari 600.000 kata hingga masih bertahan sampai saat ini. Bahasa Yunani berkembang dan sangat mempengaruhi bahasa yang muncul saat ini karena Bahasa Yunani adalah bahasa yang Inflektif.

Sejarah mengatakan bentuk awal Bahasa Yunani dinamai Linear B (sekitar 1500 SM). Linear B adalah aksara silabis yang berbentuk skrip bernama “Mycenaean” ditemukan di Knossos. Kemudian, Bahasa Yunani berkembang menjadi Bahasa Koine sekitar era 300 SM-300 M.

Bahasa Koine adalah Bahasa dari perpaduan berbagai dialek terutama dialek Atika. Bahasa Koine sangat terkenal pada masanya hingga digunakan oleh para penulis Kristen yang terilham sebagaimana dipakai di kitab Perjanjian Baru.

Perkembangan Bahasa Yunani menjadi menjadi bahasa yang sangat berpengaruh hingga sekarang terutama di dunia barat. Seperti Alfabet yang mana diambil dari bahasa Yunani hingga makna lingustik lainnya seperti nomina (benda), verba, tenses dan lainnya.

3. Bahasa Sumeria

Bahasa Sumeria

Berbeda dengan sebelumnya, Bahasa Sumeria berumpun Bahasa Isolat atau disebut dengan tidak memiliki kerabat bahasa lain sampai sekarang. Ditemukan sebelum abad milenium ke -2 SM yang diucapkan di Mesopotamia (Irak Modern).

Bahasa ini kemudian digantikan oleh Bahasa Akadia sebagai bahasa lisan sekitar 2000 SM akan tetapi Sumeria masih digunakan sebagai bahasa sakral, ilmu pengetahuan, sastra di berbagai negara seperti Babilonia sampai abad ke-1 SM. Sayangnya, Bahasa ini sudah punah dan kemungkinan terlupakan pada abad ke-19.

4. Bahasa China (Tiongkok)

Bahasa China (Tiongkok)

Sebelum mengenal tulisan, orang China memulainya dengan menggunakan tali dan ukiran kayu hingga terbentuklah aksara pertama sekitar abad 1500 SM pada zaman Dinasti Chang. Aksara tersebut ditemukan di tempurung kura-kura atau hewan lainnya yang disebut sebagai Jiaguwen.

Bahasa China umumnya dibagi menjadi beberapa periodisasi yaitu Periode Kuno, Tengah, Baru dan Modern. Pada saat Republik Tiongkok berdiri, Bahasa China semakin disempurnakan oleh Dinasti Qing dan terbentuk cara menulis baru bernama Zhuyin hingga berkembanng menjadi Hanyu Pinyin.

Istilah Bahasa China sendiri sebenarnya mengacu pada rumpun bahasa yang terdiri dari beberapa banyak bahasa seperti Bahasa Mandarin, Bahasa Jin, Bahasa Wu, Bahasa Min (Hokkien) dan lainnya.

Besarnya pengaruh budaya China ke seluruh dunia membuat Bahasa China berpengaruh dengan bahsa lainnya. Kini Bahasa China termasuk ke dalam enam bahasa resmi PBB.

5. Bahasa Tamil

Bahasa Tamil

Bahasa Tamil merupakan bahasa klasik yang satu-satunya masih bertahan sampai sekarang. Diketahui bahwa awal mula bahasa ini digunakan dari abad 300 SM, namun para pakar percaya bahwa bahasa Tamil pertama kali muncul sekitar 2500 SM.

Berbeda dengan bahasa tua lainnya, rumpun Bahasa Dravida ini terus berkembang hingga menjadi salah satu bahasa resmi di berbagai negara seperti negara India, Singapura, Malaysia dan Myanmar. Awal mulanya, Tamil menggunakan sistem kepenulisan Brahmi namun seiring berjalannya waktu sistem kepenulisan semakin berkembang.

Nama Tamil diambil dari penutur di wilayah selatan India yaitu bernama Tamil Nadu. Bahasa Tamil juga merupakan bahasa yang lebih tua dibandingkan Bahasa Sansekerta dan sekarang terdapat lebih dari 74 juta jiwa yang menggunakannya sampai sekarang.

6. Bahasa Ibrani

Bahasa Ibrani

Bahasa yang dianggap identik dengan bangsa Yahudi ini tercatat bahwa bukti tulis pertama ada pada abad ke-10 SM. Bahasa Ibrani adalah bahasa Semitik yang tidak hanya berasal dari bangsa Yahudi melainkan juga dari kawasan Timur Tengah yang mana banyak kosa kata mirip dengan bahasa Arab.

Sejarah mengatakan bahwa kata Ibrani berasal dari kisah Nabi Ibrahim A.S atau Abraham hingga etimologi tersebut memiliki arti yaitu orang yang pergi ke satu tempat ke tempat lainnya. Kemudian berkembang hingga diperiodisasikan menjadi 6 periode yaitu Pra-Alkitab Ibrani, Taurat Ibrani, Gulungan Laut Mati, Mishnaic Ibrani, Medieval Ibrani, Modern Ibrani.

Pada abad ke-19 dan 20 Bahasa Ibrani dijadikan sebagai Bahasa resmi kaum Yahudi yang sebelumnya hampir punah dan hanya digunakan untuk mempelajari Alkitab dan Mishnah saja.

7. Bahasa Arab

Bahasa Arab

Bahasa Arab adalah bahasa yang mempunyai banyak sejarah dan pendapat hingga beragam pernyataan muncul mengenai asal muasal bahasa ini. Sebagian berpendapat bahwa Bahasa Arab telah ada semenjak Nabi Adam AS. Sebagian lagi mengatakan bahwa Bahasa Arab adalah Rumpun Bahasa Semit yang mana berkerabat dekat dengan Bahasa Ibrani.

Bahasa Arab berkembang hingga memiliki beragam dialek hingga menjadi Rumpun Bahasa Semit yang paling banyak digunakan di dunia. Panjangnya sejarah pada membuat Bahasa ini memiliki banyak kosa kata. Selain itu, Bahasa Arab juga digunakan pada Kitab Suci umat islam.

Bahasa di atas memperlihatkan bahwa bahasa bisa saja mati namun juga masih bisa bertahan dan hal ini memberikan pelajaran kepada kita sebagai penutur untuk terus memelihara dan mengembangkan bahasa ibu sendiri.

Itulah 7 Bahasa Tertua versi Bacaterus. Semua bahasa unik di atas memiliki peran sejarah yang sangat besar hingga bisa menghidupkan berbagai budaya di negara ini dan pastinya perbedaan waktu bahasa masih menjadi perdebatan dan tidak diketahui secara pasti sampai sekarang.

Jadi, apakah kalian ingin mempelajari bahasa tertua di atas? Atau masih ada bahasa tertua yang kalian tahu? Jika ada tulis di bawah kolom komentar ini, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *