Bacaterus / Pisau / Inilah 6 Bahan yang Biasa Digunakan untuk Membuat Pisau

Inilah 6 Bahan yang Biasa Digunakan untuk Membuat Pisau

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Mei 2019

Pisau tidak hanya dipakai untuk memasak saja, tetapi benda ini juga bisa menjadi senjata atau barang koleksi. Namun, tahukah kamu bahwa sejatinya pisau dibuat tidak hanya dari satu jenis logam saja. Ada beberapa jenis logam juga yang dijadikan bahan pembuatan pisau. Menariknya, ada juga bahan-bahan non-logam lainnya yang kini juga sering dipakai untuk membuat pisau, lho.

Penasaran dengan bahan-bahan yang biasa dipakai untuk membuat pisau? Bacaterus akan mengulas satu persatu bahan-bahan pembuatan pisau di sini. Bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut, silakan simak informasinya di bawah ini, ya!

1. Stainless Steel

Stainless Steel

Dari sejumlah logam yang menjadi bahan pembuatan pisau, stainless steel adalah logam yang paling populer. Bahkan, mungkin pisau dapur di rumahmu juga merupakan pisau berbahan stainless steel. Maklum saja, logam ini banyak dipilih karena tahan terhadap korosi sehingga lebih aman dipakai dalam jangka waktu panjang, terutama jika dipakai untuk memasak.

Sedikit informasi, stainless steel sendiri merupakan logam yang terbuat dari perpaduan kromium, besi, nikel, karbon, dan molybdenum. Pembuat pisau harus meramu komposisi ini dengan baik karena komposisinya mempengaruhi kualitas stainless steel itu sendiri.

Walaupun pisau stainless steel bersifat tahan terhadap karat, tetapi pisau stainless steel juga bisa kotor dan ternoda. Di samping itu, ketajaman pisau stainless steel juga masih terbilang kalah dari pisau keramik atau baja karbon. Kini, kamu bisa membeli pisau stainless steel  di Bukalapak melalui link ini.

2. Baja Karbon

Baja Karbon

Bahan lainnya yang biasa dipakai untuk membuat pisau adalah baja karbon. Pisau yang terbuat dari baja karbon terkenal tajam, kuat, dan bisa menahan keausan. Akan tetapi, pembuatan pisau dari baja karbon ini sedikit rumit karena si pembuat harus memahami penanganan panas ketika mengolah baja karbon tinggi. Pemanasan yang terlalu cepat bisa membuat pisau rapuh dan patah.

Jika pisau stainless steel tahan terhadap karat, pisau baja karbon justru lebih rentan karatan. Pasalnya, karbon baja tidak mengandung elemen yang mampu menahan korosi. Kamu harus menjaga pisau ini selalu kering dan bersih agar jauh dari noda karat.

Pisau dari baja karbon alias carbon steel biasanya hanya tersedia dalam bentuk pisau lipat. Kamu tidak akan pernah menemukan pisau dapur dari bahan baja karbon karena sifatnya sangat mudah berkarat sehingga kurang aman dipakai untuk memasak. Beli pisau baja karbon di Bukalapak dengan masuk ke link ini.

3. Titanium

Titanium

Pesona kecantikan pisau titanium memang tak terelakkan. Pisau ini sangat mudah dikenali karena warnanya perak gelap. Titanium adalah bahan anti-karat yang dapat menciptakan mata pisau yang sangat kuat. Akan tetapi, ketajaman pisau titanium masih kalah jika dibandingkan dengan pisau baja karbon atau stainless steel.

Pisau titanium cenderung lebih tumpul dan lembut dibandingkan bahan lainnya. Mengingat sifatnya yang tidak terlalu tajam, pisau titanium bukanlah senjata yang tepat. Titanium biasanya dibuat menjadi pisau menyelam atau pisau lipat untuk koleksi. Tertarik untuk turut mengoleksi pisau titanium yang cantik ini? Dapatkan pisau titanium di Bukalapak lewat link ini.

4. Tool Steel

Tool Steel

Selain stainless steel dan carbon steel, ada satu jenis baja lainnya yang biasa dipakai sebagai bahan pembuatan pisau, yakni tool steel. Bahan yang satu ini cukup populer untuk membuat pisau karena memiliki ketahanan pada korosi yang lebih baik dari baja karbon.

Ada beberapa kelas tool steel yang biasa dipakai untuk membuat pisau, antara lain adalah A2 yang cukup keras dan tangguh tapi tidak tahan terhadap karat jika perawatannya kurang baik, D2 yang cukup tahan terhadap korosi tetapi tidak memiliki kekuatan sebagus A2, dan yang terakhir adalah M2 yang cukup tangguh di bagian ujung mata pisau tetapi berpotensi mengalami kerapuhan jika salah mengaplikasikannya.

5. Keramik

Keramik

Satu lagi bahan yang cukup populer dalam membuat pisau di era modern seperti ini, yaitu keramik. Bahan yang satu ini memang sedang sangat populer untuk pembuatan pisau dapur. Pasalnya, keramik dinilai lebih tajam dibanding stainless steel. Selain untuk membuat pisau dapur, keramik juga dapat dipakai untuk membuat pisau lipat untuk koleksi.

Keunggulan pisau berbahan keramik adalah tingkat ketajaman dan kekuatannya yang sangat stabil. Menariknya, pisau keramik memiliki ketajaman yang lebih awet dibanding pisau stainless steel yang harus diasah agar kembali tajam.

Di balik keunggulan yang ditawarkan, ternyata pisau keramik juga memiliki kelemahan, yakni sangat rentan terhadap benturan. Nah, benturan bisa mengakibatkan pisau keramik retak atau bahkan patah. Jika ingin mengasah pisau ini, kamu juga tidak bisa sembarangan menggunakan batu. Pisau keramik dapat dibeli di Bukalapak via link ini.

6. Plastik

Plastik

Yang satu ini adalah bahan pembuatan pisau low grade yang sangat murah. Saking murahnya, pisau yang terbuat dari bahan plastik ini sering dinilai useless bagi sebagian orang karena tidak memiliki ketajaman yang bagus, sekalipun untuk memotong daging matang.

Pisau plastik adalah jenis pisau yang biasa dipakai untuk makan. Pisau ini dirasa praktis karena hanya sekali pakai alias bisa langsung dibuang setelah selesai pakai. Sayangnya, pisau plastik adalah pisau yang tidak ramah lingkungan dan hanya menambah sampah plastik. Pisau plastik dapat dibeli di Bukalapak di link inilho.

Tips Memilih Pisau dari Bahan yang Tepat

Nah, sudah tahu kan bahan-bahan yang biasa dipakai untuk membuat pisau? Kini, kamu bisa memilih pisau dari bahan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Untuk memudahkanmu dalam memilih pisau, Bacaterus akan memberikan tips untuk memilih pisau dari bahan yang tepat.

  • Sesuaikan dengan Kebutuhan
Sesuaikan dengan Kebutuhan

* sumber: medium.com

Setiap orang pasti memiliki alasan tersendiri untuk membeli pisau, baik itu untuk memasak, untuk keperluan menyelam, atau untuk proteksi diri. Nah, pastikan dulu kebutuhanmu dalam membeli pisau agar bisa menentukan jenis pisau yang hendak dibeli.

Sebagai contoh, apabila kamu membeli pisau untuk keperluan memasak, sebaiknya pilih pisau berbahan stainless steel atau keramik. Namun, jika ingin membeli pisau untuk koleksi, pisau dari titanium bisa menjadi pilihan yang tepat.

  • Kesanggupan dalam Merawat Pisau

Kesanggupan dalam Merawat Pisau

Bagi kamu yang ingin membeli pisau, terutama untuk melengkapi koleksi, kamu harus menyanggupi untuk merawat pisau-pisau koleksimu. Ingat, tidak semua pisau tahan terhadap korosi. Sekalipun yang terbuat dari stainless steel tahan korosi, kamu juga harus merawatnya dengan baik agar tidak kotor dan ternoda.

  • Tingkat Ketajaman
Tingkat Ketajaman

* sumber: www.worthpoint.com

Jika tingkat ketajaman menjadi pertimbanganmu dalam membeli pisau, maka kamu wajib memilih pisau baja karbon atau tool steel. Kedua pisau ini cukup tajam, tetapi tidak disarankan untuk memotong makanan.

Itulah bahan-bahan yang biasa dipakai untuk membuat pisau beserta tips lengkap bagi kamu yang ingin membeli pisau baru. Intinya, beda bahan pembuatan, beda pula kualitas dan tingkat ketajaman setiap pisau.

Nah, selain pisau dapur dan pisau lipat, kenali juga jenis-jenis pisau lainnya dalam artikel macam-macam pisau berikut ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar