bacaterus web banner retina

10 Idol KPOP dengan IQ Tinggi, Salah Satunya Ada Biasmu?

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 25 November 2020

Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar tentang idol KPOP? Tubuh yang langsing? Kulit putih mulus? Penampilan sempurna? Tidak salah memang jika kamu langsung terbayang kesempurnaan visual dari idol kpop Korea yang sering kamu lihat di MV grup idola kamu. Eitt... jangan cuma berpikir begitu saja.

Deretan idol berikut ini tidak hanya membuatmu terkesima lewat aksi panggungnya yang brilian. Mereka juga diketahui mempunyai IQ tinggi yang dapat membuatmu berdecak kagum dengan kecerdasan dan kejeniusan mereka. Beberapa bahkan berhasil meraih berbagai penghargaan atas pretasi akademik yang diraihnya.

1. Park Kyung - Block B

Park Kyung - Block B

* sumber: www.asianjunkie.com

Park Kyung adalah salah satu rapper dari idol grup di bawah naungan Stardom Entertainment, Block B. Park Kyung merupakan salah satu dari segelintir idol yang mempunyai skor IQ yang tinggi, yaitu 156.

Skor tinggi tersebut membawa rapper kelahiran Seoul tahun 1992 itu tercatat sebagai salah satu anggota dari organisasi yang terdiri dari 2% populasi dunia dengan IQ tinggi, dikenal dengan sebutan MENSA Internasional, sebuah organisasi untuk orang dengan IQ tinggi.

Prak Kyung mempunyai kelebihan yang luar biasa dalam menghitung keuangan grup setiap bulannya. Member satu grupnya menjelaskan bagaimana ia menghitung angka di dalam kepalanya sementara member lain membacakan angka-angka tersebut sekaligus.

Dulu, pernah terjadi kesalahan dalam perhitungan pada dokumen bulanan. Park Kyung dalam sekejap langsung mengetahui letak kesalahan penghitungan tersebut. Hal itu menegaskan betapa akuratnya idol yang pernah menjadi rekan duet Zico ini.

2. Tablo - Epik High

Tablo - Epik High

* sumber: www.koreaboo.com

Leader sekaligus Rapper dari grup Epik High berusia 40 tahun ini sepertinya merupakan idol dengan IQ paling tinggi yang ada di Korea. Hasil skor tes IQ yang diperolehnya mencapai 160.

Tablo tidak hanya mahir dalam mengaransemen musik bagi grupnya. Di bidang akademi ia meraih gelar S1 dan S2 dai Universitas Stanford jurusan Sastra Inggris. Dia secara konsisten meraih nilai A untuk semua mata kuliahnya.

3. Max Changmin - TVXQ

Max Changmin - TVXQ

* sumber: www.koreaboo.com

Terlahir dengan nama asli Shim Changmin, anggota termuda dari grup TVXQ ini merupakan satu dari segelintir idol KPOP ber-IQ tinggi. Skor IQ rata-rata orang Korea adalah 106 sedangkan skor IQ Changmin adalah 155.

Changmin debut ketika ia masih baru lulus SMA. Saat itu ia meraih peringkat ke-9 dari semua angkatan. di sela-sela kegiatannya sebagai seorang artis Changmin masih bisa menyisihkan waktu untuk melanjutkan kuliah.

Changmin memperoleh gelar ganda dari dua universitas berbeda di Korea. Satu gelar ia dapatkan dari Universitas Kyung Hee dan satu lagi ia dapatkan dari Universitas Konkuk. Saat ini ia sedang mengejar satu gelar lagi dari Universitas Inha untuk meraih gelar master.

4. RM - BTS

RM - BTS

* sumber: filmdaily.co

Leader dari salah satu grup fenomenal, BTS, ini dikenal dengan kemampuan bahasa Inggrisnya yang fasih. Kim Namjoon, atau yang dikenal sebagai RM ini merupakan idol KPOP yang jenius. Skor tes IQ RM mencapai 148, skor yang terbilang sangat tinggi di Korea.

Kejeniusannya tersebut pernah ditunjukkan dalam sebuah program televisi Korea, Problematic Man. Ia berhasil memecahkan pertanyaan-pertanyaan sulit yang diajukan oleh PD dari acara tersebut.

Mengenai kemampuan berbicara bahasa Inggrisnya yang fasih, RM mengaku bahwa ia belajar dari sebuah sitkom yang sangat terkenal pada masa itu, Friends. Dari sitkom itu ia banyak belajar mengenai kosakata, cara pengucapan dan pelafalan yang benar.

Di sekolah RM juga merupakan siswa yang pintar. Nilai dan skor ujiannya selalu tinggi. Semasa SMP ia mencapai nilai 900 untuk skor TOEIC. Satu lagi, ia masuk kedalam kelompok 1,3% teratas dalam ujian persiapan masuk universitas di seluruh Korea.

5. Yunho - TVXQ

Yunho - TVXQ

Hyung-nya Changmin di dalam grup ini juga merupakan idol dengan kepintaran di atas rata-rata. Ia tidak hanya mempunyai suara yang indah dan mampu mencapai nada tinggi, Yunho juga memiliki IQ 142.

Sebagian besar keluarga Yunho bekerja di bidang hukum. Seandainya Yunho tidak jadi seorang penyanyi maka ia pun mungkin akan mengikuti jejak saudara-saudaranya bekerja di bidang yang sama sebab ia pernah bercita-cita ingin menjadi seorang jaksa.

Yunho adalah lulusan Universitas Myongji angkatan tahun 2011, lalu melanjutkan kuliah ke Universitas Chungwoon untuk meraih gelar S2. Selain itu, penyanyi kelahiran tahun 1986 tersebut fasih berbahasa inggris dan Jepang.

6. Hani - Exid

Hani - Exid

* sumber: inikpop.com

Siapa sangka bahwa salah satu anggota grup Exid ini menjadi salah satu idol dengan IQ tinggi. Dalam setiap aksi panggungnya Hani selalu tampil seksi dan lucu. Namun, di balik citranya tersebut ia merupakan seorang yang cerdas dengan tingkat yang terbilang IQ tinggi di Korea.

Sama seperti RM, Hani juga merupakan salah satu idol yang berhasil meraih skor TOEIC tinggi, 900 dari skor 990. Padahal Hani saat itu hanya mengikuti les bahasa Inggris selama dua bulan sebelum ikut ujian. Skor IQ Hani 145.

Meskipun hanya belajar bahasa Inggris dengan singkat, ia fasih berbicara bahasa Inggris. Plus, bahasa Cina. Dalam beberapa program variety show baik bersama Exid atau sendiri, Hani terlihat sangat lancar berbicara dalam dua bahasa asing itu.

7. Mina - Gugudan

Mina - Gugudan

* sumber: kpop.fandom.com

Kang Mina merupakan member dari girl group Gugudan. Ia dikenal sebagai maknae, anggota termuda dari grup tersebut. Idol Kpop yang barusia 21 tahun (usia intenasional) tersebut ternyata mempunyai skor IQ yang sama dengan RM BTS, 148.

Mina tidak hanya dikenal sebagai idol dari girl group di bawah asuhan Jellyfish Entertainment ini, ia juga merupakan aktris dengan kemampuan akting yang baik seorang MC yang handal. Ia menjadi salah satu MC di sebuah acara musik Korea, Music Core.

Pada pertengahan tahun ini ia mengucapkan selamat tinggal pada acara yang telah dibawakannya selama 2 tahun berturut-turut itu. Dalam kurun waktu 2 tahun tersebut ia telah berganti-ganti pasangan Mark NCT merupakan salah satunya.

8. Kyuhyun - Super Junior

Kyuhyun - Super Junior

* sumber: kekoreaan.id

Kyuhyun merupakan anggota termuda dari grup besutan SM Entertainment, Super Junior. Veteran idol ini sejak masa training memang dikenal sebagai anak yang cerdas dan jenius dengan IQ 138. Prestasi menonjol seorang Cho Kyuhyun terlihat dari masa-masa sekolahnya.

Ketika duduk di bangku SMA Kyuhyun menjadi juara satu dari seluruh angkatan. Kyu, panggilan akrab Kyuhyun jago dalam memecahkan soal-soal matematika. Menurut penuturan ayahnya, Kyuhyun langganan kompetisi matematika pada saat sekolah.

Berbagai kejuaraan berhasil ia raih. Ia pernah meraih piagam penghargaan dari Menteri Sains dan Teknologi di kompetisi nasional matematika. Bagi Kyuhyun matematika itu seru. Dan memecahkan soal matematika memberikan kepuasan bagi dirinya.

Sebelum memantapkan karir di dunia musik Kyuhyun dipaksa oleh ayahnya untuk kuliah hukum. Dan beliau hanya akan mengizinkan Kyuhyun mengejar karir bermusiknya jika ia berhasil diterima di universitas bergengsi Korea.

Untung saja Kyuhyun diterima di Universitas Kyung Hee. Universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik yang ada di Korea. Ia bisa menjalani karir sesuai minatnya tanpa mengabaikan keinginan orangtuanya.

9. Park Jin Young (JYP)

Park Jin Young (JYP)

* sumber: kpopchart.net

Dalam hal kecerdasan, nama Park Jin Young atau yang lebih dikenal sebagai JYP ini tidak bisa dilewatkan. Ia dikenal sebagai artis dan produser musik di Korea yang serba bisa.

Tak hanya jago dalam menyuguhkan aksi panggung yang menakjubkan, idol Kpop senior ini memiliki mata yang tajam sebagai seorang yang mampu menemukan talenta-talenta muda berbakat yang bisa dikembangkan.

Bos di salah satu agensi terbesar di Korea ini mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi pula. Ketika SMA ia pernah mengikuti ujian tes IQ. Dalam ujian tersebut dinilai sebagai orang yang jenius dengan perolehan skor tinggi, yakni 153.

10. Ye Eun - Eks Wonder Girls

Ye Eun

Mantan penyanyi utama di idol grup senior Wonder Girls ini tidak hanya mempunyai suara merdu, ia juga tercatat sebagai idol KPOP dengan tingkat kecerdasan tinggi mencapai 130.

Park Ye Eun kini aktif sebagai penyanyi solo dengan nama panggung Ha:tfelt ini juga menguasai bahasa Inggris dan China. Di samping itu ia juga handal dalam bermain gitar dan piano. Ia bahkan pernah menjadi guru piano.

Tak banyak yang tahu perjalanan karirnya bersama Wonder Girls. Ia lebih dikenal sebagai seorang solois yang kini bernaung di bawah label Amoeba Culture setelah kontraknya dengan JYP habis.

WOW! Keren sekali bukan para idol KPOP ini? Tidak hanya jago membuat para penonton terkesan, mereka juga cerdas di bidang pendidikan.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram