bacaterus web banner retina

Inilah 10 Artis Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 1 Juli 2021

Indonesia memiliki sejumlah artis yang tidak kalah berbakat dari artis dunia. Hal itu dibuktikan oleh sederet nama artis asal tanah air yang berhasil memukau penggemar dunia dengan bakat dan kepiawaian mereka dalam menghibur penonton. 

Berangkat dari latar belakang yang berbeda, inilah deretan artis Indonesia yang terkenal di luar negeri yang telah berhasil dirangkum oleh Bacaterus. Apakah artis kesayanganmu menjadi salah satunya? Biar kamu tahu. Berikut adalah daftarnya:

1. Niki 

artis indoneisa yang terkenal di dunia_Niki

Nicole Zefanya atau yang dikenal dengan nama panggung Niki merupakan penyanyi kelahiran Jakarta yang sukses membius penggemar luar negeri dengan suara merdunya yang khas. Niki memulai debut musiknya di tanah air dengan mengeluarkan single lagu berjudul "Awali Hari dengan Cinta" Pada tahun 2014. 

Perhatian publik pun semakin besar setelah gadis cantik tersebut bergabung dengan 88Rising, yaitu label musik asal Amerika Serikat yang juga menaungi rapper asal Indonesia, Rich Bryan.

Sejak merilis debut luar negeri pertamanya yang berjudul See You Never, namanya pun mulai meroket dan dikenal luar oleh penikmat musik dunia.  Beberapa lagu yang cukup populer dinyanyikannya antara lain Lowkey, Plot Twist, La La Lost You, dan Lose.

2. Rich Brian 

artis indoneisa yang terkenal di dunia_Rich Brian

Rich Brian adalah rapper asal Indonesia yang turut mengharumkan nama tanah air di mancanegara. Pria bernama asli Brian Imanuel Soewarno memulai debut musiknya dengan lagu single berjudul Dat Stick pada tahun 2016. Gayanya yang unik saat membawakan lagu tersebut berhasil membuatnya viral, dan mendapat respons yang cukup positif dari sejumlah rapper terkenal asal Amerika Serikat. 

Bakatnya membawakan rap membuat salah satu label asal Amerika Serikat, yaitu 88Rising menggaetnya sebagai salah satu artisnya. Pada tahun 2017, ia kemudian merilis single lagu pertamanya yang berjudul Gospel. Beberapa lagu lainnya yang cukup popular dibawakan olehnya antara lain Who that be, Glow like dat, Chaos, dan Amin.

3. Iko Uwais

artis indoneisa yang terkenal di dunia_Iko Uwais

Iko Uwais adalah salah satu aktor yang ikut mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Sebelum meniti kariernya di dunia akting, pemilik nama asli Uwais Qorny ini diketahui sempat berprofesi sebagai seorang sopir. Namun berkat kemampuan beladiri silat yang telah dipelajarinya sejak lama, ia berhasil mendapatkan peran utama dalam film Merantau pada tahun 2009 silam. 

Nama Iko Uwais sendiri mulai dikenal luas oleh penggemar luar negeri setelah perannya dalam film The Raid (2012) dan The Raid 2: Berandal (2014). Berkat aktingnya yang memukau, ia pun kemudian dipercaya untuk memerankan sejumlah film Hollywood populer seperti Star Wars: The Force Awakens (2015), Mile 22 (2018), dan Stuber (2019).  

4. Joe Taslim

artis indoneisa yang terkenal di dunia_Joe Taslim

Aktor tampan yang menguasai seni beladiri Judo ini mulai dikenal para penggemar setelah berperan di film The Raid (2012). Berkat kemampuan aksinya yang menawan, aktor kelahiran Palembang tahun 1981 ini mulai mendapat perhatian para penggemar. Kariernya sendiri mulai semakin melambung setelah Joe berperan dalam film mega franchise Hollywood, Fast and Furious 6 pada 2013 silam. 

Pelan tapi pasti, popularitas Joe Taslim di kancah internasional pun semakin meningkat. Hal itu dibuktikan dengan keberhasilannya mendapat peran dalam sejumlah film Hollywood sukses seperti Star Trek Beyond (2016), The Swordsman (2020), dan film terbarunya Mortal Kombat (2021).

5. Stephanie Poetri 

artis indoneisa yang terkenal di dunia_Stephanie PutriSumber: Instagram @evanmullingphoto

Meskipun terbilang baru di belantika musik, tetapi putri dari pasangan Titi DJ dan Andrew Hollis Dougharty ini berhasil menunjukkan prestasinya yang mulus di bidang tarik suara. Lagu ciptaannya yang berjudul I love you 3000 telah berhasil menarik perhatian, tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia Internasional. 

Kesuksesannya melambungkan lagu tersebut membuat penyanyi kelahiran Jakarta tahun 2000 ini kemudian mendapat perhatian 88Rising, label musik milik Sean Miyashiro yang berbasis di Amerika Serikat. Label tersebut juga yang menaungi dua penyanyi tanah air terkenal lainnya, yaitu Rich Bryan dan Niki. 

6. Agnez Mo

artis indoneisa yang terkenal di dunia_Agnez Mo

Kariernya di belantika musik tanah air memang sudah tidak diragukan lagi. Wanita bernama lengkap Agnes Monica Muljoto memulai kariernya di usia muda sebagai penyanyi cilik. Sejak merilis album pertamanya yang berjudul Whaddup A, namanya mulai diperhitungkan sebagai seorang penyanyi terbaik. 

Wanita yang kerap disapa Agnez Mo ini pun mulai go Internasional dan merilis album Internasional pertamanya "X", pada tahun 2017. Ia sendiri sukses mencuri perhatian publik Internasional pasca duetnya bersama penyanyi R&B terkenal asal Amerika Serikat, Chris Brown dalam lagu berjudul Overdose

Sebelumnya, Agnez juga sempat mencuri perhatian penggemar dengan sejumlah lagu international seperti Coke Bottle, As Long As I Get Paid dan Promise

7. Dita Karang

artis indoneisa yang terkenal di dunia_Dita Karang

Dita Karang adalah main dancer dari girlband asal Korea, Secret Number. Dita sendiri dikenal sebagai wanita Indonesia pertama yang bergabung dengan girlband K-pop. Ia diketahui sempat gagal mengikuti audisi musical theatre di Broadway New York. Meski begitu, Ia kemudian sukses mencuri perhatian salah satu agensi di Korea Selatan, Vine Entertainment. 

Dita kemudian debut dengan Secret Number pada tahun 2020 dengan merilis single lagu berjudul Who Dis. Antusiasme masyarakat dunia terhadap girlband satu ini memang cukup besar. Hal itu dibuktikan dengan jumlah viewer untuk music video yang mencapai 36 juta. Selain itu, Secret Number berhasil meraih penghargaan bergengsi Rookie of the Year di ajang Asian Artist Award. 

8. Anggun C Sasmi

artis indoneisa yang terkenal di dunia_Anggun C Sasmi

Anggun C Sasmi adalah penyanyi kelahiran Indonesia yang sukses mencuri hati penggemar dunia berkat kualitas vokalnya yang luar biasa. Anggun memulai karier dengan merilis album berjudul Dunia Aku Punya (1986) di Indonesia. Kariernya semakin melesat pasca merilis single lagu berjudul Mimpi, pada 1988. 

Popularitas Anggun sendiri semakin meningkat saat merilis lagu berjudul Snow On the Sahara. Lagu tersebut telah berhasil menduduki tangga lagu di beberapa negara Eropa dan Asia. Anggun sendiri diketahui merupakan musisi wanita Indonesia pertama yang berhasil masuk dalam Chart Billboard. 

9. Claudia Emanuella Santoso

Inilah 10 Artis Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri 9

Claudia Emanuella Santoso adalah gadis muda asal Indonesia yang telah menunjukkan karier cemerlang di dunia musik. Claudia sendiri memulai karier dengan mengikuti berbagai ajang kontes bernyanyi seperti Idola cilik, Akademi Fantasi Indosiar Junior, dan Mamamia. Kemampuan olah vokalnya yang luar biasa telah berhasil mengantarkannya sebagai juara di The Voice of Germany. 

Gadis cantik asal Cirebon ini menjadi orang Asia pertama yang memenangkan kontes tersebut. Ia sendiri diketahui telah merilis single lagu berjudul Goodbye pada tahun 2019. Lagu ini diketahui telah menempati berbagai tangga lagu di Eropa dan juga Asia. 

10. Afgan

artis indoneisa yang terkenal di dunia_Afgan

Afgan merupakan salah satu solois tanah air yang cukup dikagumi. Pria pemilik suara khas ini memulai karier dengan merilis debut albumnya berjudul Confession No.1, pada tahun 2008. Sejumlah lagu populer yang sempat dinyanyikannya antara lain Terima kasih cinta dan Sadis. 

Pria kelahiran 1989 ini mulai melebarkan sayapnya ke kancah internasional Internasional dengan merilis single Say I'm Sorry. Afgan sendiri kembali mencuri perhatian dunia setelah merilis lagu berjudul M.I.A, bersama mantan anggota GOT7, Jackson Wang. 

Saat ini Afgan berada di bawah naungan label Empire yang berbasis di Amerika Serikat. Empire sendiri salah satu label tempat para penyanyi terkenal dunia bernaung seperti Iggy Azalea, Robin Thicke, Snoop Dogg, dan Jay-Z. 

Demikian deretan 10 artis Indonesia yang terkenal di luar negeri, yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Kerja keras yang ditunjukkan para artis tanah air untuk meraih kesuksesan memang patut diteladani. Nah, kira-kira siapa lagi yang akan mengikuti jejak mereka untuk go internasional? Kalau kamu tahu. Tulis komentarmu di bawah, ya! 

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram