bacaterus web banner retina
Bacaterus / Film Indonesia / 11 Artis Indonesia yang Pernah Memerankan Tokoh Presiden

11 Artis Indonesia yang Pernah Memerankan Tokoh Presiden

Ditulis oleh Erfah Nanda SW - Diperbaharui 7 Januari 2021

Di dunia perfilman Tanah Air sudah tidak asing lagi dengan film-film tentang sejarah. Nah, film-film sejarah Indonesia biasa menceritakan tentang tokoh-tokoh ternama. Mulai dari Jenderal Sudirman, Kartini, hingga para Presiden Indonesia.

Ya, beberapa artis ini beruntung dapat memerankan tokoh presiden. Ada yang menjadi Soekarno, Soeharto, B. J. Habibie, hingga Joko Widodo. Kira-kira artis siapa yang berhasil memerankan tokoh-tokoh ini? Yuk simak di bawah ini. Check this out!

1. Baim Wong

Baim Wong

* sumber: www.berdikarionline.com

Siapa yang tidak kenal Baim Wong? Namanya melejit pesat sebagai pemain sinetron dan YouTuber. Dirinya bahkan sekarang dikenal dengan sebutan Raja Prank. Hal ini karena konten-kontennya di YouTube yang suka prank atau mengerjai orang lain. Salah satunya Rafathar, anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Namun siapa sangka di balik ketenarannya itu, pria kelahiran 27 April 1981 pernah beradu akting jadi presiden Soekarno dua kali. Tepatnya pada film Ketika Bung di Ende yang tayang pada 2013 dan  Jenderal Soedirman yang rilis tahun 2015 lalu. Di film ini Baim memerankan Presiden Indonesia pertama saat usianya masih 35 tahun.

2. Ario Bayu

Ario Bayu

* sumber: cinemapoetica.com

Selain Baim, nama Ario Bayu juga punya pengalaman yang sama. Ario memerankan tokoh Soekarno di film Soekarno: Indonesia Merdeka (2013). Di film ini porsi cerita tentang Soekarno lebih luas dan mendalam daripada Jenderal Soedirman.

Akting Ario tidak perlu diragukan lagi. Dirinya mampu memainkan scene-scene bersejarah dalam kehidupan Soekarno. Maka tak heran jika Ario mampu masuk nominasi sebagai Aktor Terpuji di berbagai penghargaan, seperti Festival Film Indonesia, Festival Film Bandung, Piala Maya, dan Indonesian Movie Awards.

3. Anjasmara

Anjasmara

* sumber: berita.baca.co.id

Aktor Anjasmara memang dikenal dengan tokoh lugu yang bernama Cecep di sinetron Si Cecep. Namun siapa sangka suami Dian Nitami ini dipercaya untuk membawakan tokoh bangsa, Presiden Soekarno. Tepatnya di serial drama dokumenter berjudul Pustaka Tokoh Bangsa.

Serial drama ini tayang perdana pada tahun 2003 silam. Menariknya karena masuk sebagai karya dokumenter, maka sang produser, Garin Nugroho melakukan wawancara khusus dengan beberapa narasumber. Sehingga membuat Pustaka Tokoh Bangsa semakin punya cerita yang mendalam.

4. Soultan Saladin

Soultan Saladin

* sumber: berita.baca.co.id

Pasti kamu tidak asing dengan film Gie yang dibintangi oleh Nicholas Saputra. Film yang diangkat dari buku berjudul Catatan Seorang Demonstran karya Gie ini ternyata juga menunjukkan tokoh Bapak Proklamator, Soekarno, yang diperankan oleh Soultan Salasin.

Walaupun bukan tokoh utama tetapi Soultan menjadi pelengkap di film Gie. Apalagi film ini yang mengisahkan tentang demonstran pasti momen bertemu dengan Soekarno adalah momen yang paling ditunggu penonton.

5. Amoroso Katamsi

Amoroso Katamsi

* sumber: tirto.id

Sebelum Amoroso Katamsi meninggal dunia pada 2018 lalu, dirinya pernah beradu akting sebagai Presiden Soeharto sebanyak  tiga kali. Dirinya mempunyai bakat akting yang ciamik, maka tak heran jika Amoroso dipercaya memerankan tokoh Soeharto.

Pertama dirinya berperan sebagai Soeharto di film Djakarta 1966 (1982). Kemudian di film yang cukup terkenal, yaitu  Pengkhianatan G30S/PKI (1984) lalu. Puluhan tahun kemudian, Amoroso kembali berakting sebagai Soeharto di film Di Balik 98 (2015).

6. Marcell Siahaan

Marcell Siahaan

* sumber: www.kincir.com

Penyanyi sekaligus aktor, Marcell Siahaan ini juga pernah memerankan tokoh Presiden Soeharto. Tepatnya di film Laskar Pemimpi yang tayang pada tahun 2010 silam. Dirinya berhasil beradu akting sebagai Soeharto, Presiden Indonesia yang menjabat paling lama.

Di film Laskar Pemimpi, Marcell memerankan Soeharto saat dirinya masih menjadi tentara Pembela Tanah Air. Walau film ini tentang perjuangan rakyat Indonesia yang dijajah Belanda tapi siapa sangka Laskar Pemimpi justru dikemas unik dengan unsur komedi.

7. Reza Rahadian

Reza Rahadian

Aktor ternama Reza Rahadian pun tak bisa dilewatkan begitu saja. Dirinya berhasil memerankan tokoh Presiden Indonesia ke-3, B. J. Habibie. Reza sukses menjadi Habibie di film Habibie & Ainun (2012), Rudy Habibie (2016), dan Habibie & Ainun 3 (2019).

Di film Habibie & Ainun 3, penampilan Reza berubah drastis menyerupai Habibie. Berhasil memerankan tokoh B. J. Habibie dari segi mana pun, tak heran jika Reza mampu mengantongi sejumlah penghargaan bergengsi. Seperti di Festival Film Bandung, Festival Film Indonesia, dan Indonesia Movie Awards.

8. Agus Kuncoro

Agus Kuncoro

* sumber: www.fimela.com

Bagi penggemar sinetron Dunia Terbalik pasti tidak asing dengan Akum Surakum yang dibintangi oleh Agus Kuncoro. Nah, sebelum terkenal sebagai Akum, Agus sempat beradu akting sebagai B. J. Habibie di film Di Balik 98 (2015).

Sama seperti Reza, Agus juga sukses memerankan B. J. Habibie. Hal ini dilihat akting Agus saat  mengikuti gaya bicaranya dan gerak-gerik dari B. J. Habibie. Bahkan kamu pasti tidak percaya bahwa tokoh B. J. Habibie di film Di Balik 98 adalah Agus yang kini populer dengan tokohnya sebagai Akum.

9. Pandji Pragiwaksono

Pandji Pragiwaksono

Siapa bilang Pandji Pragiwaksono tidak bisa akting dengan peran yang serius? Walau dirinya sering memerankan film komedi tapi pria kelahiran 18 Juni 1979 ini ternyata pernah lho berperan sebagai Susilo Bambang Yudhoyo. Tepatnya di film Di Balik 98.

Meski peran yang dimainkan Pandji bukan tokoh utama tapi siapa sangka dirinya berhasil mencuri perhatian penonton. Tokoh Susilo Bambang Yudhoyo di film ini muncul hanya saat adegan rapat dengan TNI. Walaupun jadi cameo, tapi Pandji cukup bangga karena dipercaya memerankan tokoh Susilo Bambang Yudhoyono.

10. Aghniny Haque

Aghniny Haque

* sumber: www.kincir.com

Aghniny Haque berhasil memerankan Presiden perempuan satu-satunya di Indonesia, Megawati Soekarno Putri. Tepatnya di film Taufiq: Lelaki yang Menantang Badai (2019). Cara bertutur kata dan gerak gerik Megawati dapat diperankan apik oleh Aghniny.

Diketahui film Taufiq: Lelaki yang Menantang Badai ini mengisahkan perjalanan hidup Taufiq Kiemas, mantan Ketua MPR Indonesia yang juga merupakan suami Megawati. Film bioptik tokoh politik ini sangat menarik ditonton. Bisa membuka wawasan kamu!

11. Teuku Rifnu Wikana

Teuku Rifnu Wikana

* sumber: hai.grid.id

Terakhir ada Teuku Rifnu Wikana yang berhasil memerankan tokoh Presiden Joko Widodo atau yang sering disapa Jokowi. Tepatnya di film berjudul Jokowi yang tayang pada 2013 silam. Film Jokowi ini dirilis saat Jokowi masih menjabat jadi Gubenur DKI Jakarta.

Dikisahkan film Jokowi tentang anak tukang Kayu yang bernama Joko Widodo. Banyak duka yang dilewati Joko namun dirinya tak mau menyerah. Hingga akhirnya Joko yang berasal dari pinggiran sungai mampu menjadi pimpinan di kota besar.

Itulah tadi jajaran artis yang dipercaya memerankan tokoh Presiden Indonesia. Ada yang berhasil memerankan hingga dua sampai tiga kali. Beberapa lainnya pun raih nominasi juga penghargaan karena berhasil berperan sebagai tokoh bangsa ternama.

Mulai dari Presiden Indonesia pertama Soekarno, si Bapak Proklamator, ada Presiden yang menjabat terlama, Soeharto, sampai Megawati Soekarno Putri sebagai Presiden perempuan satu-satunya. Semua film mempunyai kisah yang menarik untuk ditonton!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram