bacaterus web banner retina

10 Artis Indonesia yang Pernah Perankan Tokoh Culun

Ditulis oleh Erfah Nanda SW - Diperbaharui 6 Desember 2020

Menjadi artis adalah impian banyak orang. Ya, hal ini karena artis dikenal sebagai salah satu pekerja seni yang mempunyai masa depan cerah. Tak banyak dari artis Tanah Air yang hidup bergelimang harta dan sukses sebagai pemain sinetron dan film.

Akan tetapi apakah kamu tahu bahwa setiap artis harus bisa memerankan karakter yang dimainkannya. Tak sembarangan, para artis harus rela riset, meneliti, hingga memahami tokoh yang diperankannya. Hal ini tentu berguna agar para artis bisa menjiwai peran yang dimainkannya.

Tak sedikit pula para artis yang memerankan tokoh yang jauh dari kepribadiannya di dunia nyata. Salah satunya saat artis memainkan peran sebagai tokoh culun. Berkat kemampuannya dalam akting, siapa sangka 10 artis ini berhasil berperan sebagai tokoh yang culun. Tak sedikit dari mereka justru yang akhirnya dikenal karena perannya ini. Siapa sajakah mereka? Mari simak di bawah ini!

1. Esa Sigit

Esa Sigit

* sumber: headtopics.com

Siapa yang tak kenal dengan artis bernama Esa Sigit? Pria kelahiran 4 September 1994 ini pamornya melejit pesat usai membintangi perannya di sinetron Heart Series. Aktor dengan nama asli Esa Septian Pramuda ini berperan sebagai Didit.

Di sinetron Heart Series, Didit adalah siswa SD kelas enam. Walaupun kakak kelas dari Rachel (Yuki Kato) dan Farel (Irshadi Bagas) tapi Didit kerap dijahilin oleh teman-temannya. Hal ini karena Didit dikenal sebagai sosok yang culun memakai kacamata. Akan tetapi berkat aktingnya nama Esa terkenal!

2. Anjasmara

Anjasmara

* sumber: www.serumpi.com

Jika melihat aktor Anjasmara kamu pasti teringat dengan tokoh Cecep yang terkenal di sinetron era 2000-an. Ya, hal ini karena Anjasmara terkenal dan populer karena memerankan tokoh Cecep di sinetron Si Cecep.

Sinetron Si Cecep pertama kali tayang pada tahun 2004 silam. Saat itu Anjasmara menginjak usia ke-29 tahun. Namun siapa sangka Anjasmara justru dengan hebatnya mampu menjadi tokoh yang berkebutuhan khusus. Rambut yang klimis membuat tokoh Cecep semakin terlihat culun.

3. Teuku Ryan

Teuku Ryan

* sumber: bali.idntimes.com

Aktor Teuku Ryan Rezky Hamzah atau yang dikenal dengan Teuku Ryan ini juga pernah memerankan tokoh culun. Tepatnya saat Teuku membintangi sinetron Si Yoyo dan berperan sebagai tokoh utama, yaitu Yoyo.

Diketahui Yoyo adalah pemuda yang berusia 23 tahun tapi dirinya mempunyai tingkat kecerdasan setara dengan anak 8 tahun. Berkat aktingnya yang ciamik membuat sinetron Si Yoyo berhasil sampai mempunyai 4 musim lho!

4. Tissa Biani

Tissa Biani

* sumber: www.popmagz.com

Tissa Biani adalah artis yang mampu memerankan tokoh apa saja. Perempuan kelahiran 24 Juli 2002 ini pernah menjadi tokoh culun di sinetron Catatan Harian Aisha yang tayang pada tahun 2018 kemarin. Dirinya berperan sebagai tokoh utama bernama Aisha.

Di sinetron ini Tissa memainkan peran Aisha. Diketahui Aisha adalah siswa yang masih memakai sepeda ke sekolah yang berada di tengah kota. Apalagi Aisha berasal dari desa sehingga cara berpakaiannya dan gaya bicaranya sangat berbeda dengan teman-teman sekolah lainnya.

5. Cut Syifa

Cut Syifa

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=ag5bcNE-qiU

Siapa yang tak kenal dengan Cut Syifa? Setiap hari kamu bisa menemukan wajah Cut saat berakting di sinetron. Sukses dan mampu memerankan tokoh apa saja sehingga Cut tampak tak pernah absen dalam berakting. Mulai dari di sinetron hingga web series.

Nah, di web series "BeYouthyful Story B!" garapan Pigeon Teens Indonesia Cut memainkan tokoh anak SMA yang culun bernama Bianca. Penampilannya di "BeYouthyful Story B!" sukses bikin penonton pangling. Tak sedikit yang menyangka jika tokoh itu adalah Cut.

6. Zumi Zola

Zumi Zola

* sumber: m.tribunnews.com

Zumi Zola adalah aktor sekaligus politikus, dirinya pernah menjabat sebagai Gubenur Jambi periode 2016-2021. Namun sayang di tengah masa kerjanya, tepatnya pada 2018 kemari dirinya terseret kasus korupsi. Hal ini membuat dirinya mendekam di balik jeruji beji.

Namun, sebelum hal itu terjadi Zumi ternyata juga pernah berperan sebagai tokoh yang culun. Tepatnya di sinetron Culunnya Pacarku yang tayang pada tahun 2004 silam. Di sinetron ini, Zumi berperan sebagai Machmudin, pria yang cerdas dan kaya raya. Namun dirinya harus bersembunyi jadi sosok culun agar para gadis bisa jatuh cinta apa adanya diri dia.

7. Zoe Abbas Jackson

Zoe Abbas Jackson

* sumber: www.idntimes.com

Nama Zoe Abbas Jackson melejit pesat usai sinetron yang Kisah Cinta Anak Tiri yang dibintanginya. Nah, di sinetron selanjutnya yang berjudul Cinta Tapi Benci, Zoe memerankan karakter yang sangat berbeda dengan dirinya. Tokoh itu bernama Anya, mahasiswa culun yang memakai kacamata bulat.

Di sinetron Cinta Tapi Benci yang tayang pada September 2020 ini tokoh Anya sibuk dengan pendidikannya. Tak hanya itu dirinya juga melakukan kegiatan positif seperti mengadakan go green. Dirinya tak peduli dengan pendapat orang lain terhadap dirinya!

8. Febby Rastanty

Febby Rastanty

* sumber: jateng.idntimes.com

Artis sekaligus mantan personel BLINK, Febby Rastanty kini semakin eksis main sinetron. Salah satunya adalah di sinetron Diam-Diam Suka. Di sinetron yang tayang pada  tahun 2013 ini Febby memerankan tokoh culun bernama Sri.

Penampilannya dibilang kuno oleh teman-teman sekolahnya. Ya, diketahui Sri kerap menguncir atau mengepang dua rambutnya. Tak hanya itu dirinya juga hadir dengan memakai kacamata, perbedaan gaya dengan teman-teman jadi salah satu alasan kenapa dirinya kerap dibully. Kalau di dunia nyata sudah pasti bully dilarang ya!

9. Alyssa Soebandono

Alyssa Soebandono

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=cVMielmI9vM&app=desktop

Selanjutnya ada Alyssa Soebandono, artis sinetron yang namanya tak pernah absen di sinetron. Sejak tahun 2003 hingga artikel ini dibuat Alyssa setiap tahun pasti membintangi sinetron di layar kaca. Salah satu sinetron yang pernah dimainkan Alyssa adalah Upik Abu dan Laura.

Sinetron Upik Abu dan Laura ini pertama kali tayang pada tahun 2008 silam. Di sinetron ini Alyssa memerankan tokoh Oppie, gadis pintar, sederhana, dan pekerja keras. Namun sayang di sekolah dirinya dibilang gak gaul, sehingga inilah yang membuat Oppie dibully oleh Laura (Cinta Laura).

10. Reza Rahadian

Reza Rahadian

* sumber: akuaktor.com

Terakhir ada Reza Rahadian, aktor yang dikenal serba bisa memerakan apa saja. Mulai dari tokoh bangsa, seorang ayah, hingga tokoh culun sekalipun. Nah, salah satunya pria kelahiran 5 Maret 1987 ini pernah menjadi tokoh culun di film My Stupid Boss.

Di film My Stupid Boss Reza berperan sebagai Boss Man, sosok bos yang nyebelin dan culun. Kumis yang panjang dan memakai celana di perut semakin mendukung tokoh Boss Man terlihat culun. Berkat aktingnya Reza meraih penghargaan di Festival Film Indonesia 2016 kategori Aktor Utama Terbaik.

Ternyata menjadi artis bukan hal yang mudah. Para artis harus dituntut bisa memerankan karakter apa saja, tak terkecuali sebagai tokoh culun.  Dari nomor 1-10 siapa menurut kamu yang paling menjiwai? Tulis dong di kolom komentar!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram