bacaterus web banner retina
Bacaterus / Film Indonesia / 11 Artis Indonesia yang Pernah Memerankan Tokoh Pahlawan

11 Artis Indonesia yang Pernah Memerankan Tokoh Pahlawan

Ditulis oleh Erfah Nanda SW - Diperbaharui 15 Februari 2021

Pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia merdeka. Keberhasilan ini diberkati oleh perjuangan para pahlawan sampai titik darah penghabisan. Nah, untuk mengenang jasa mereka biasanya dilakukan lewat upacara bendera.

Namun tak hanya itu, dari dunia seni pun ternyata bisa mengenang jasa para pahlawan lho. Di tangan para anak bangsa inilah lahir sebuah karya film yang bertema pahlawan. Beberapa artis Tanah Air pun dipercaya untuk memerankan tokoh pahlawan. Siapa kah mereka? Cari tahu di bawah ini yuk!

1. Ario Bayu

Ario Bayu

* sumber: cinemapoetica.com

Bapak Proklamator sekaligus Presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno jadi salah satu tokoh penting dalam kemerdekaan Indonesia. Lewat film Soekarno: Indonesia Merdeka (2013) kisah Soekarno diangkat menjadi karya yang ciamik.

Ario Bayu jadi aktor yang dipercaya untuk memerankan tokoh Soekarno. Pria kelahiran 6 Februari 1985 ini berhasil menjiwai karakternya dengan baik. Hal tersebut membuat Ario masuk nominasi kategori Aktor Terpuji di berbagai penghargaan. Mulai dari Festival Film Indonesia, Festival Film Bandung, Piala Maya, sampai Indonesian Movie Awards.

2. Lukman Sardi

Lukman Sardi

Akting Lukman Sardi tak perlu diragukan lagi. Sejak awal dirinya main film pada tahun 1978 hingga kini, Lukman selalu mampu menjiwai karakter yang diperankannya. Dirinya pernah memerankan tokoh guru, pengacara, hingga seorang pahlawan.

Tak hanya sekali, Lukman mendapat kesempatan memerankan tokoh pahlawan berkali-kali. Dirinya memerankan tokoh pahlawan Islam Ahmad Dahlan di film Sang Pencerah (2010), menjadi Muhammad Hatta di film Soekarno: Indonesia Merdeka, hingga sebagai Yusuf Ronodipuro lewat film Jenderal Soedirman (2015).

3. Adipati Dolken

Adipati Dolken

Kata siapa film yang dibintangi Adipati Dolken selalu tentang cinta-cintaan? Hmm ternyata itu tidak benar lho. Lewat film Jenderal Soedirman Adipati mampu membuktikan dirinya mampu berakting sebagai pahlawan nasional Soedirman.

Dirinya juga muncul di film Sang Kiai (2013) yang mengangkat perjuangan dari pahlawan Islam, Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari salah satu pendiri Nahdlatul Ulama dari Jombang. Di film ini Adipati raih piala citra Pemeran Pendukung Pria Terbaik di Festival Film Indonesia 2013. Sementara di film Jenderal Soedirman Adipati dapat nominasi Pemeran Utama Pria Terpuji di Festival Film Bandung 2016.

4. Baim Wong

Baim Wong

* sumber: www.berdikarionline.com

Siapa sangka pemain sinetron sekaligus YouTuber ternama ini pernah beradu akting menjadi Soekarno di film Jenderal Soedirman. Walau bukan tokoh utama tapi artis dengan nama asli Muhammad Ibrahim ini mampu menjiwai karakternya sebagai Bapak Prokalamator.

Ternyata tidak hanya di film Jenderal Soedirman, di film Ende yang tayang pada tahun 2013 Baim juga memerankan tokoh sebagai Ir. Soekarno. Kalau kamu lebih suka akting Baim menjadi Soekarno di film apa nih?

5. Anjasmara

Anjasmara

* sumber: berita.baca.co.id

Tak hanya Ario Bayu dan Baim Wong saja, aktor ternama Anjasmara juga pernah memerankan tokoh Soekarno. Ya, Anjasmara mendapat kepercayaan berperan sebagai Soekarno dalam serial drama dokumenter berjudul Pustaka Toko Bangsa (2013).

Serial drama dokumenter ini dikemas sangat spesial. Hal ini karena sang produser, Garin Nugroho langsung melakukan riset dan wawancara kepada orang-orang yang hidupnya berdampingan dengan Soekarno. Maka tak heran jika Pustaka Tokoh Bangsa punya cerita yang lebih detail.

6. Mathias Muchus

Mathias Muchus

Tan Malaka adalah seorang pejuang kemerdekaan Indonesia. Dirinya juga mendirikan sebuah partai bernama Partai Murba. Sosok ini juga muncul di film Jenderal Soedirman yang diperankan langsung oleh Mathias Muchus.

Dirinya juga membintangi film Soekarno: Indonesia Merdeka dan berperan sebagai Hassan Din. Diketahui Hassan Din adalah ayah dari Fatmawati, istri Soekarno yang juga dikenal karena jasanya menjahit Bendera Pusaka Merah Putih untuk dikibarkan pada 17 Agustus 1945.

7. Tika Bravani

Tika Bravani

Nah sosok Fatmawati di film Soekarno: Indonesia Merdeka ini diperankan oleh aktris ternama Tika Bravani. Perempuan kelahiran 17 Februari 1990 ini tampil manis dan menjiwai karakter yang tengah dimainkan.

Di film Nyai Ahmad Dahlan (2017), Tika juga kembali membintangi tokoh yang menjadi pahlawan Islam. Dirinya memerankan tokoh Nyai Ahmad Dahlan atau Siti Walidah, istri pendiri Muhammadiyah Ahmad Dahlan. Film ini jadi salah satu yang mengisahkan tokoh emansipasi perempuan.

8. Reza Rahadian

Reza Rahadian

Siapa yang tak kenal Reza Rahadian? Pria kelahiran 5 Maret 1987 tiap tahun tak pernah absen membintangi film. Dari kurang lebih 50 film yang pernah dimainkan Reza, dirinya pernah beberapa kali berakting sebagai pahlawan nasional.

Lewat film Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015), Reza sukses memerankan Tjokroaminoto salah satu pendiri organisasi pertama di Indonesia, yaitu Serikat Islam. Tjokroaminoto menjadi pahlawan yang berpengaruh dalam politik Indonesia. Selain itu, Reza juga pernah memerankan Presiden Indonesia ke-3 B.J Habibie di Trilogi film Habibie.

9. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo dikenal publik lewat aktingnya sebagai Cinta di film Ada Apa Dengan Cinta (2002).  Aktingnya memang tak perlu diragukan lagi, dirinya bahkan dipercaya untuk memerankan tokoh pahlawan perempuan nasional bernama R. A. Kartini di film Kartini.

Kartini sendiri menjadi film biografi tokoh perjuangan emansipasi perempuan. Film ini menunjukkan perbedaan kasta dalam satu keluarga. Namun meski demikian Kartini tetap berjuang mendapatkan haknya di bidang pendidikan.

10. Christine Hakim

Christine Hakim

Selanjutnya ada Christine Hakim yang juga mendapat kepercayaan untuk memerankan tokoh pahlawan perempuan bernama Cut Nyak Dien. Dirinya berhasil menjiwai karakternya di film Tjoet Nja’ Dhien yang tayang pada tahun 1988 silam.

Film ini mengisahkan perjuangan pahlawan perempuan asal Aceh, Cut Nyak Dien dalam melawan penjajah Belanda. Di film ini , Cut Nyak Dien sangat gigih mengusir penjajah dan dirinya juga dipercaya untuk memimpin perjuangan melawan Belanda.

11. Ikranagara

Ikranagara

Terakhir ada Ikranagara yang merupakan aktor sekaligus sastrawan ternama di Indonesia. Dirinya berhasil memerankan tokoh pahlawan Islam Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari salah satu pendiri Nahdlatul Ulama dari Jombang. Tepatnya di film Sang Kiai.

Film Sang Kiai ini mengisahkan penolakan KH Hasyim Asyari yang menolak melakukan Sekerei (Penghormatan kepada Matahari) saat masa penjajahan Jepang. Dirinya merasa hal itu menyimpang dari ajaran agama Islam.

Nah itulah tadi jajaran artis Tanah Air yang berhasil memerankan tokoh pahlawan Indonesia. Ada yang menjadi pahlawan kemerdekaan, pahlawan Islam, hingga pahlawan pendidikan. Semua jasa mereka tidak bisa kita lupakan dengan mudah.

Dengan adanya film tentang pahlawan membuat penonton semakin mengerti kehidupan dan perjuangan mereka. Penonton pun mampu mengenang jasa para pahlawan yang bisa membuat Indonesia hidup merdeka. So, kira-kira artis siapa nih yang paling menjiwai menurut kamu? Tulis di kolom komentar ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram