Bacaterus / Anjing / 10 Jenis Anjing Termahal di Dunia, Berminat untuk Adopsi?

10 Jenis Anjing Termahal di Dunia, Berminat untuk Adopsi?

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Juli 2019

Berencana memelihara anjing? Anda bisa mendapatkan anjing dari tempat penampungan, kerabat yang ingin berbagi anakan anjing, atau membelinya di pet shop. Beda jenis anjing, beda pula harganya. Semakin langka atau populer jenis anjing, maka harga jualnya pun semakin tinggi.

Di sebagian besar negara yang ada di dunia ternyata terdapat sejumlah jenis anjing dengan predikat ‘termahal di dunia’. Penasaran jenis anjing apa sajakah yang diklaim sebagai anjing termahal? Simak ulasan dari Bacaterus berikut ini.

1. Löwchen

Löwchen

* sumber: www.pets4homes.co.uk

Meskipun tampilannya mirip dengan Shih Tzu, tetapi anjing ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal dari Shih Tzu. Ya, Löwchen adalah anjing berukuran kecil yang merupakan satu dari sekian banyak jenis anjing termahal. Bagaimana tidak, seekor anjing ini bisa dijual dengan harga USD 10.000 atau jika dirupiahkan (Kurs $1 = Rp 14.000) kira-kira harganya sekitar 142 juta rupiah.

Löwchen dianggap sebagai anjing mainan yang cocok dipelihara oleh keluarga. Anjing yang sudah populer sejak Abad Renaisans ini memang unik dan menggemaskan. Walaupun tubuhnya sangat mungil, ternyata seekor Löwchen mampu hidup hingga 12-14 tahun, lho.

2. Samoyed

Samoyed

* sumber: www.pets4homes.co.uk

Saya punya Samoyed, tapi harganya nggak segitu kok..” Mungkin para pemilik anjing Samoyed bakal berpendapat seperti ini ketika mengetahui harga Samoyed yang akan diulas dalam artikel ini. Ya, memang tidak semua Samoyed dibanderol dengan harga yang kami sebutkan di sini, tetapi anjing dengan ras termurni ini ‘pernah’ dijual dengan harga tertinggi tersebut.

Samoyed masuk dalam kategori anjing paling mahal di dunia karena pernah dihargai hingga USD 8.000 – 10.000 atau kurang lebih 114-142 juta rupiah. Anjing dengan bulu putih (ada pula yang berwarna krem) yang lebat ini memiliki wajah khas serigala. Akan tetapi, sifat Samoyed sangat ramah dan penyayang.

3. Tibetan Mastiff

Tibetan Mastiff

* sumber: www.dog-learn.com

Ada yang unik ketika kita melihat gambar Tibetan Mastiff ini. Anjing ini memiliki rambut yang mengembang layaknya seekor singa jantan. Ras yang satu ini berasal dari budaya nomaden Cina, Tibet, Nepal, dan Mongolia. Banyak suku lokal yang mengandalkan Tibetan Mastiff untuk melindungi domba-domba peliharaan mereka dari ancaman serigala, beruang, macan tutul, dan hewan buas lainnya.

Tibetan Mastiff tergolong sebagai anjing besar. Bobot anjing ini dapat mencapai 160 pon dengan tinggi 30 inci. Walaupun badannya yang besar dan bulunya yang lebat membuatnya terlihat menggemaskan, tapi kamu harus waspada berada di dekat anjing ini. Pasalnya, Tibetan Mastiff memiliki sifat yang keras kepala dan protektif terhadap majikan atau sesuatu yang memang dilindunginya.

4. Pharaoh Hound

Pharaoh Hound

* sumber: wagwalking.com

Merasa kurang familiar dengan anjing yang satu ini? Maklum saja, Pharaoh Hound memang bukan jenis anjing yang mainstream dipelihara. Di Indonesia sangat jarang orang yang memiliki anjing dari ras tertua ini. Pharaoh Hound sudah hidup sejak zaman Mesir kuno. Konon, dahulu anjing ini dimanfaatkan oleh bangsa Mesir untuk berburu hewan seperti kelinci.

Dengan tubuh yang ramping dan tegap, anjing jenis ini benar-benar terlihat menarik untuk dimiliki. Apalagi Pharaoh Hound tergolong anjing yang cerdas dan bisa dilatih dengan baik. Sayangnya, anjing ini dijual dengan harga yang cukup mahal, yakni yang termahal bisa mencapai USD 6.500 atau 92 juta rupiah.

5. Akita

Akita

* sumber: destructivepuppy.blogspot.com

Jika dilihat sekilas, anjing yang berasal dari pegunungan utara di Jerman ini terlihat seperti Siberian Husky. Namun, Akita memiliki wajah yang lebih friendly ketimbang Siberian Husky. Anjing dengan bulu yang sangat lebat ini memerlukan perawatan yang baik untuk menjaga agar bulunya tetap mengembang dan terlihat cantik.

Akita sendiri sering diklaim sebagai anjing penjaga. Dengan sifatnya yang sangat loyal, Akita mampu berkorban apapun untuk sang majikan. Di samping itu, Akita juga mampu hidup hingga 10-15 tahun terutama jika perawatan yang ia peroleh benar-benar baik. Akita yang termahal dijual seharga USD 4.500 atau 64 juta rupiah.

6. Azawakh

Azawakh

* sumber: www.showsightmagazine.com

Tahukah kamu bahwa Azawakh adalah ras anjing kuno? Anjing ini berasal dari Mali, Afrika. Ciri khas dari Azawakh adalah tubuhnya yang kurus dengan keempat kakinya yang kurus dan jenjang. Dengan penampilan yang demikian, Azawakh terlihat seperti anjing yang sangat tinggi.

Walaupun tubuhnya terlihat ‘langsing’, Azawakh mampu berburu dengan cepat sambil mengandalkan penglihatannya. Dahulu, anjing ini dikenal sebagai anjing liar yang menjaga tenda tempat tinggal Suku Suareg. Akan tetapi, saat ini Azawakh dianggap sebagai anjing langka nan eksotis. Tak heran jika harga jual Azawakh bisa menyentuh nominal USD 3.000 (42 juta rupiah) atau bisa lebih.

7. Peruvian Inca Orchid

Peruvian Inca Orchid

* sumber: wagwalking.com

Jika di keluarga kucing ada jenis Sphynx yang dikenal sebagai kucing yang tak berbulu, dalam keluarga anjing ternyata ada pula jenis yang tidak berbulu, yakni Peruvian Inca Orchid. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak jika ras anjing ini berasal dari budaya pra-inca Peru.

Peruvian Inca Orchid memiliki ukuran tubuh yang terbilang standar. Tampilannya yang mulus dan tidak berbulu membuat harga jual anjing jenis ini semakin tinggi. Tubuhnya yang ramping membuat anjing ini tergolong sebagai anjing yang lincah. Untuk memiliki Peruvian Inca Orchid kamu harus menyediakan dana USD 3.000 atau 42 juta rupiah.

8. Saluki

Saluki

* sumber: brit-petfood.com

Sebelum masa di mana anjing Pom, Shih Tzu, Poodle, dan Golden menjadi piaraan favorit, ternyata Saluki merupakan jenis anjing piaraan pertama di dunia. Banyak fakta yang menunjukkan bahwa jenis anjing ini sudah dipelihara sejak zaman Firaun. Anjing ras murni ini sudah dibiakkan oleh manusia sejak tujuh ribu tahun yang lalu.

Saluki termasuk dalam golong sighthound di mana anjing ini memiliki kaki yang panjang dan dada yang dalam. Bentuk tubuh Saluki memang tinggi dan ramping sehingga anjing ini cukup lincah jika diajak bermain. Harga jual tertinggi untuk seekor Saluki mencapai USD 2.500 atau 35 juta rupiah.

9. Chow Chow

Chow Chow

* sumber: www.zooplus.co.uk

Siapa yang tak gemas ketika melihat Chow Chow? Jenis anjing ras tertua dari Tiongkok ini memang sangat menggemaskan. Tubuhnya terlihat besar karena bulunya memang sangat tebal. Saking tebalnya bulu Chow Chow, kedua matanya memang jadi seperti tidak terlihat.

Perawatan anjing Chow Chow ini terbilang rumit. Anjing ini harus berada di dalam ruangan yang sejuk untuk menjaga kecantikan bulunya. Chow Chow juga bukan jenis anjing yang aktif dan gemar diajak berjalan-jalan. Anjing ini lebih gemar menyendiri ketimbang bermain dengan anjing lain. Chow Chow dapat dibanderol mulai USD 3.000 – 8.500 (42 juta – 120 juta rupiah).

10. Canadian Eskimo

Canadian Eskimo

* sumber: animalsadda.com

Jenis anjing yang terakhir boleh dibilang sudah sangat langka. Canadian Eskimo merupakan anjing pekerja di Kutub Utara. Di kutub, anjing ini menjadi penarik kereta luncur, mirip dengan Siberian Husky. Tak dapat dipungkiri, penampilan anjing ini memang serupa dengan Siberian Husky. Namun, keduanya adalah jenis yang berbeda.

Sayangnya, trah ini sudah hampir punah. Di tahun 1963 saja hanya ada satu ekor Canadian Eskimo di Kanada. Sementara di Amerika Serikat jumlahnya tersisa 500 ekor saja. Oleh karena itu, harga Canadian Eskimo ini terbilang sangat tinggi, yakni USD 7.200 atau 100 jutaan rupiah.

10 jenis anjing termahal di dunia ini memiliki keunikannya tersendiri sehingga dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Harga yang disebutkan di atas juga bukan harga mutlak. Mungkin saja kamu bisa menemukan jenis anjing dalam daftar ini dengan harga yang lebih murah dari yang disebutkan.

Kunjungi artikel jenis anjing kecil berikut jika kamu berminat memelihara anjing berukuran kecil yang lucu dan menggemaskan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *