bacaterus web banner retina

Inilah 10 Anime dengan Tokoh Utama yang Pura-Pura Lemah

Anime Jepang memang memiliki beragam genre serta tema cerita yang unik dan sangat bervariasi. Banyaknya judul anime yang dirilis mampu menarik perhatian para pencinta kartun Jepang di seluruh dunia. Salah satu anime dengan tema unik yang akan Bacaterus bahas kali ini tentu bisa menjadi alternatif tontonan yang asyik di saat liburan.

Biar tidak menunggu lama. Inilah 10 anime dengan tokoh utama pura-pura lemah yang bisa membuat penonton gemas. Apa saja judulnya? Berikut adalah daftarnya:

1. Cowboy Bebop

anime tokoh utama pura-pura lemah_Cowboy Bebop_
  • Tahun Rilis: 1998
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Drama
  • Produksi: Sunrise
  • Sutradara: Watanabe Shinichiro
  • Pengisi Suara: Yamadera Kouichi, Hayashibara Megumi, Tada Aoi, Ishizuka Unshou
  • Jumlah Episode: 25

Anime Cowboy Bebop merupakan anime yang dibuat dan diproduksi oleh Sunrise dan disutradarai oleh Watanabe Shinichiro. Sejak debutnya, Cowboy Bebop dipuji sebagai salah satu seri anime terbesar sepanjang masa dengan kritik positif baik di Jepang maupun internasional. Bahkan, anime ini berhasil meraih beberapa penghargaan.

Anime ini mengambil tema di luar angkasa pada tahun 2071, setelah sebuah peristiwa yang mengakibatkan Bumi hampir tidak bisa dihuni. Sehingga umat manusia pun menjajah sebagian besar planet yang berbatu dan juga beberapa planet lainnya yang ada di Tata Surya.

Dikisahkan empat karakter utama yang memiliki rasa kesepian dan pasrah pada nasib juga masa lalu mereka. Dengan fokus pada karakter utama bernama Spike Spiegel. Spike adalah seorang koboi luar angkasa yang ikonis dengan masa lalu cukup suram. Meskipun terlihat seperti orang yang biasa-biasa saja, tapi Spike nyatanya memiliki kemampuan yang luar biasa.

2. Gintama

anime tokoh utama pura-pura lemah_Gintama_

Gintama adalah salah satu anime yang cukup banyak disukai oleh penontonnya. Terbukti dengan rating yang ditinggi, yakni 8,8 di IMDb dan 9,0 di MyAnimeList. Anime ini diadaptasi dari seri manga dengan judul yang sama karya Hideaki Sorachi.

Ceritanya sendiri berlatar tentang sebuah sejarah alternatif pada akhir periode Edo di Jepang. Pada saat itu, umat manusia diserang oleh alien yang dikenal dengan sebutan Amanto. Saat invasi terjadi, Samurai yang ada di Edo, Jepang, berjuang untuk mempertahankan Bumi. Namun, Shogun yang menjabat saat itu menyerah ketika mengetahui kekuatan pasukan alien yang menyerang.

Dalam animeini terdapat tiga karakter utama yakni Gintoki, Shimura dan Kagura. Mereka memiliki sebuah pekerjaan sampingan demi bisa membayar uang sewa tempat mereka tinggal.

Tiga karakter utama ini dikenal dengan karakter yang cukup unik dan kocak. Tapi, meskipun penampilan dan perilakunya sering kali aneh dan kocak, mereka memiliki kekuatan yang cukup hebat saat melawan musuh-musuhnya.

3. One Punch Man

anime tokoh utama pura-pura lemah_One Punch Man_

One Punch Man adalah sebuah seri anime yang diproduksi oleh Madhouse. Tak diragukan lagi kalau anime yang diproduksi oleh Madhouse seringkali menjadi anime yang banyak digemari oleh para penonton pecinta anime.

One Punch Man dikenal dengan karakter utamanya yang bernama Saitama. Jika sekilas, Saitama ini terlihat seperti karakter yang cupu dan sebenarnya ia memiliki kekuatan yang bisa dikatakan over power. Saking kuatnya, Saitama bisa mengalahkan musuh-musuhnya hanya dengan satu kali pukulan saja, lho. 

Namun karena penampilannya, Saitama sering kali dianggap sebagai orang biasa, padahal ia adalah seorang pahlawan yang luar biasa. Bahkan salah seorang pahlawan bernama Genos yang merupakan cyborg meminta Saitama untuk menjadi gurunya, setelah ia melihat kekuatan Saitama.

4. Demon Slayer

anime tokoh utama pura-pura lemah_Demon Slayer_

Demon Slayer atau yang dikenal juga dengan Kimetsu no Yaiba adalah salah satu anime yang sedang digandrungi oleh para pencinta anime. Anime ini menceritakan tentang sekelompok ‘Pasukan Pembunuh Iblis’ yang tentunya memiliki tugas untuk membasmi para iblis yang menyerang.

Salah satu karakter utama yang bergabung dengan Pasukan Pembunuh Iblis ini adalah Zenitsu. Meskipun sebenarnya ia adalah seorang anak pengecut yang terpaksa bergabung dengan Pasukan Pembunuh Iblis, Zenitsu selalu menganggap dirinya lemah karena hanya memiliki satu teknik saja. Tapi sebenarnya ia memiliki kekuatan overpower ketika tak sadarkan diri atau ketika tidur.

Zenitsu bergabung dengan karakter utama lainnya yang bernama Tanjiro dalam sebuah misi. Sejak saat itulah, Zenitsu selalu ikut bersama dengan Tanjiro untuk menyelesaikan misinya. Meskipun sebenarnya ia sangat tergila-gila pada adik Tanjiro, Nezuko.

5. Dragon Ball Z

anime tokoh utama pura-pura lemah_Dragon Ball Z_
  • Tahun Rilis: 1986
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy
  • Produksi: Toei Animation
  • Sutradara: Yasuhiro Nowatari, Nohiro Terazaki
  • Pengisi Suara: Nozawa Masako, Horikawa Ryo, Furukawa Toshio, Tanaka Mayumi
  • Jumlah Episode: 291 + 4 OVA

Bagi pencinta anime tahun 90-an, pasti sudah tidak asing lagi dengan anime Dragon Ball. Anime ini populer dengan jurus khasnya yaitu ‘Kamehameha’ yang mengeluarkan cahaya dan biasanya digunakan oleh Goku, Krillin dan Yamcha. 


Di Dragon Ball Z yang mana diceritakan setelah lima tahun berlalu semenjak turnamen Seni Bela Diri Dunia, Goku menjalani kehidupan normal yang damai dengan istri dan anaknya, Gohan. Dibesarkan dan dimanjakan oleh ibunya, Chichi, Gohan tumbuh menjadi seorang anak yang cengeng. Namun, Gohan tumbuh menjadi seorang yang kuat berkat dilatih oleh Piccolo.

Saat di sekolah, Gohan berpura-pura menjadi seorang kutu buku yang lemah agar orang-orang tidak mengetahui kemampuan dirinya yang sebenarnya. Meskipun pada akhirnya ada juga orang yang mengetahui identitas sesungguhnya.

6. Code Geass

anime tokoh utama pura-pura lemah_Code Geass_
  • Tahun Rilis: 2006
  • Genre: Action, Drama, Sci-Fi
  • Produksi: Sunrise
  • Sutradara: Taniguchi Gorou
  • Pengisi Suara: Fukuyama Jun, Yukana, Koshimizu Ami, Sakurai Takahiro
  • Jumlah Episode: 25

Code Geass adalah sebuah anime yang merupakan judul singkat dari Code Geass: Lelouch of the Rebellion. Anime ini diproduksi oleh studio Sunrise dan disutradarai oleh Taniguchi Gorou. Anime ini menceritakan tentang penaklukan Jepang oleh Kekaisaran Suci Britannia pada tahun 2010. 

Seorang laki-laki bernama Lelouch dikenal sebagai seorang yang pintar, namun dia dikenal juga dengan pribadi yang egois. Demi membalaskan dendam atas kematian ibunya dan mengalahkan Kerajaan Britannia, Lelouch menggunakan kekuatan misteriusnya untuk tujuan tersebut. Tidak hanya untuk membalaskan dendam, tapi Lelouch juga ingin menciptakan dunia yang damai kembali.

7. Mob Psycho 100

anime tokoh utama pura-pura lemah_Mob Psycho 100_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Action, Comedy, Slice of Life 
  • Produksi: Bones
  • Sutradara: Yuzuru Tachikawa, Takahiro Hasui
  • Pengisi Suara: Itou Setsuo, Sakurai Takahiro, Ootsuka Akio, Matsuoka Yoshitsugu, Irino Miyu
  • Jumlah Episode: 25 + 2 OVA

Sekilas jika dilihat Mob Psycho 100 ini mirip dengan One Punch Man. Dengan karakter utama yang bisa dibilang agak mirip juga, sama-sama memiliki kekuatan yang overpower dan terlihat seperti orang yang cupu juga lemah.

Tapi, dibalik penampilan secara fisiknya tersebut, Mob yang merupakan karakter utama di anime ini mampu mengalahkan musuh-musuhnya. Terutama ketika kemampuannya sudah mencapai sampai 100%.

Anime ini menceritakan kisah Mob, seorang siswa SMA yang bekerja paruh. Namun, di tempat kerjanya, Mob hanya dimanfaatkan oleh atasannya untuk mengusir roh-roh jahat. Padahal Mob awalnya berpikir agar dia bisa mengontrol kekuatannya jika bekerja di tempat tersebut.

8. Samurai Champloo

anime tokoh utama pura-pura lemah_Samurai Champloo_
  • Tahun Rilis: 2004
  • Genre: Action, Adventure, Comedy
  • Produksi: Manglobe
  • Sutradara: Shinichirou Watanabe
  • Pengisi Suara: Nakai Kazuya, Sato Ginpei, Kawasumi Ayako
  • Jumlah Episode: 26

Samurai Champloo merupakan salah satu anime yang mengambil tema tentang sejarah Jepang, khususnya pada periode Edo. Anime ini memiliki perpaduan cerita yang cukup unik, karena terdapat budaya juga unsur musik hip hop Jepang. 

Terdapat tiga karakter utama di anime ini, yaitu Fuu Kasumi, Mugen dan Jin. Mugen adalah seorang samurai yang memiliki gaya bertarung yang unik karena memadukan seni bela diri juga break dance. Sementara Jin adalah seorang ronin yang memiliki gaya bertarung kenjutsu tradisional ala seorang Samurai pada umumnya.

Fuu mempekerjakan Mugen dan Jin sebagai pengawal pribadinya, meskipun sekarang Fuu sudah tidak memiliki lagi tempat tinggal. Demi membantu Fuu mencari seorang prajurit misterius, Jin dan Mugen setuju dengan permintaan Fuu. Kemudian mereka bertiga pun pergi berpetualang bersama.

9. Rurouni Kenshin (Samurai X)

Rurouni Kenshin (Samurai X)
  • Tahun Rilis: 1996
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Historical, Shounen
  • Produksi: Aniplex
  • Sutradara: Furuhasi Kazuhiro, Yoshida Shunji
  • Pengisi Suara: Suzukaze Mayo, Ueda Yuuji, Fujitani Miki, Tominaga Miina
  • Jumlah Episode: 94

Kamu pasti sudah tidak asing dengan karakter Kenshin Himura? Tokoh utama dalam anime yang cukup ikonik ini memang sangat populer tidak hanya di negeri asalnya, Jepang namun juga di seluruh dunia. Rurouni Kenshin sendiri bercerita tentang sosok "Hitokiri Batousai" bernama Kenshin Himura. Ia adalah seorang legenda pembunuh samurai.

Dahulu kala, Kenshin adalah seorang yang sangat ditakuti. Namun banyak orang yang tidak menyangka bahwa sosok pembawa samurai dengan mata pedang terbalik atau "Sakabatou" tersebut adalah sosok yang pernah ditakuti selama bertahun-tahun. Kenshin sendiri memang memutuskan untuk tidak membunuh dan mulai menjalani hidupnya dengan normal seperti orang-orang biasa.

Bagaimana keseruan perjalanan sang legenda samurai tersebut dengan kehidupan barunya? Kamu bisa tonton sendiri anime populer yang satu ini.

Baca juga: Review & Sinopsis Live Action Rurouni Kenshin (2012)

10. Saiki Kusuo Psi-Nan

Saiki Kusuo Psi-Nan

Anime terakhir dengan tokoh utama pura-pura lemah selanjutnya berjudul Saiki Kusuo Psi-Nan. Berkisah tentang seorang pemuda bernama Saiki Kusuo, seorang pria yang memiliki kemampuan luar biasa seperti terbang, membaca pikiran, berteleportasi dan memperbaiki segala sesuatu.

Kemampuan yang dimiliki Kusuo memang bisa membantunya dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Namun hal tersebut malah membuat dirinya bosan hingga ia pun memutuskan untuk menjalani kehidupannya menjadi seorang pemuda biasa. Ia pun kemudian dipertemukan dengan teman-temannya yang memiliki karakter unik yang selalu membuatnya berada dalam masalah.

Bagaimana kisah perjalanan Kusuo dengan teman-teman anehnya tersebut? Anime yang satu ini dijamin bisa membuat kamu tertawa. Ingin tahu kelucuan seperti apa yang ada dalam anime ini? Tonton sendiri, ya!

Demikianlah 10 anime dengan tokoh utama pura-pura lemah yang bisa membuat penonton gemas. Kehadiran anime yang telah dibahas Bacaterus di atas memang bisa menghibur liburan kamu di rumah. So, jangan lupa ditonton, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram