Bacaterus / Film Anime / 10 Anime Terbaik yang Pernah Tayang di Layar Kaca Indonesia

10 Anime Terbaik yang Pernah Tayang di Layar Kaca Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Maret 2020

Berbagai anime sempat lalu lalang di pertelevisian Indonesia. Bahkan, hingga kini, beberapa karakter anime tersebut masih populer dan melekat di ingatan. Khususnya generasi 90-an yang masa kecilnya selalu ditemani beberapa siaran anime saat pagi sebelum berangkat sekolah dan sore hari setelah pulang sekolah.

Tidak sedikit pula anime yang dihadirkan dalam bentuk film dan ditayangkan di televisi seperti Doraemon dan Pokemon, misalnya. Bacaterus sudah membahas artikel ini dalam versi animasi.

Kalau animasi itu identik dengan kartun gaya Amerika, kan? Sedangkan anime lebih kepada kartun gaya Jepang. Lalu, apa saja anime yang pernah menghiasi layar kaca TV di Indonesia? Simak daftar anime yang sudah Bacaterus kumpulkan di bawah ini.

1. Samurai X

Anime yang memiliki latar belakang era Meiji di Jepang ini merupakan karya dari Nobuhiro Watsuki di tahun 1994. Anime ini pertama kali ditayangkan oleh Fuji TV di Jepang, namun sukses tembus ke televisi lokal Indonesia juga.

Usai peperangan Bakumatsu selesai, Kenshin Himura yang awalnya membantai banyak orang berjanji tidak akan membunuh lagi. Kenshin Himura bertekad untuk membela orang yang membutuhkan bantuannya saja. Ia pun mengembara ke seluruh pelosok Jepang dengan membawa katana, pedang samurai bermata terbalik miliknya.

2. Detective Conan

Anime karya Gosho Aoyama ini pertama kali ditayangkan oleh Yomiuri TV pada tahun 1994. Bercerita tentang seorang detektif berumur 17 tahun masih duduk di bangku SMA bernama Shinichi Kudo. Awalnya, detektif muda itu tengah membantu polisi memecahkan kasus pembunuhan di taman hiburan ketika ia dan sahabat kecilnya, Ran Mouri, kebetulan sedang berkunjung ke sana.

Setelah selesai memecahkan kasus tersebut, Shinichi melihat gerak-gerik aneh dari dua orang tersangka yang tak ada kaitannya dengan pembunuhan tadi, tapi Shinichi curiga mereka memiliki maksud lain ada di tempat tersebut. Ia pun menguntit kedua orang berjas hitam tersebut. Malang, ia ketahuan dan dipukul kepalanya sampai pingsan.

Tak ingin ada saksi mata, orang-orang dari Organisasi Jubah Hitam itu pun memberi minum racun buatan ahli medis mereka kepada Shinichi. Obat tersebut memang belum diketahui hasilnya, tapi mereka yakin bisa memusnahkan Shinichi. Sehingga, setelah meminum racun, mereka pun pergi, membiarkan Shinichi untuk mati.

Akan tetapi, obat tersebut bukannya membunuh Shinichi, ia malah menyusut kembali seperti anak kecil lagi. Sejak saat itu, Shinichi Kudo menyamarkan identitasnya menjadi Conan Edogawa.

Untuk memudahkan ia mencari tahu informasi tentang Organisasi Jubah Hitam dan bagaimana cara mendapatkan penawar obatnya, Conan Edogawa tinggal di rumah Kogoro Mouri, ayah Ran. Ia berharap jika tinggal bersama detektif, maka siapa tahu suatu hari nanti ia akan mendengar informasi tentang Organisasi Jubah Hitam.

3. Captain Tsubasa

Anime milik Yoichi Takahashi ini mengangkat kisah tentang Tsubasa Ozora, seorang pelajar SD yang baru saja pindah dan menetap di Kota Nankatsu. Tsubasa Ozora yang ingin menjadi pemain sepak bola profesional langsung mendaftarkan dirinya sebagai anggota klub sepak bola di sekolah barunya. Klub sepak bola tersebut dipimpin oleh kapten Ishizaki.

Sayangnya, saat klub mereka sedang latihan di lapangan, datang klub sepak bola lain yang selalu mengganggu mereka. Itu adalah klub yang diketuai oleh Genzo Wakabayashi. Dengan keahlian yang dimiliki oleh Tsubasa Ozora dalam sepak bola, ia pun sukses mengalahkan klub tersebut. Tsubasa Ozora yang terus berlatih akhirnya masuk dalam klub Nankatsu dan menjadi pemain sepak bola yang dapat diandalkan.

Hingga, suatu hari, Tsubasa Ozora bertemu dengan Roberto Hongo. Saat dirinya tumbuh semakin dewasa, Tsubasa Ozora pun memutuskan pergi ke Brasil dan bergabung dalam klub sepak bola Sao Paulo. Perlahan, kemampuan sepak bola Tsubasa Ozora semakin diakui dunia, ia pun menjadi pemain sepak bola handal yang dapat membaca dan meniru semua teknik lawan mainnya.

4. Doraemon

Doreamon komik tentang persahabatan

* sumber: variety.com

Kalau anime yang satu ini pasti sudah sangat familiar, dong? Doraemon adalah anime yang paling laris dan populer di Indonesia karena ceritanya yang sangat ringan dan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, khususnya tentang anak sekolah. Setiap episode dari Doraemon, punya cerita yang unik. Namun, ceritanya tidak jauh dari Nobita yang selalu minta bantuan pada alat-alat Doraemon.

Selain cerita per-episode, Doraemon juga pernah tayang di Indonesia sebagai movie. Untuk filmnya sendiri juga sangat beragam dan semuanya punya genre petualangan. Uniknya, petualangan Nobita dan Doraemon ini ada cerita yang sampai ke luar angkasa lho! Mau re-watch anime ini?

5. Dragon Ball

Anime yang pernah ditayangkan di Indonesia yang satu ini adalah manga karya Akira Toriyama yang diperkenalkan pada tahun 1988. Satu tahun setelahnya, manga tersebut disiarkan oleh Fuji TV di Jepang, hingga akhirnya populer hingga ke berbagai negara.

“Dragon Ball” bercerita tentang kisah petualangan Goku dengan teman-temannya yang ingin menyelamatkan bumi dari serangan musuh. Kisah pun berlanjut hingga Goku tumbuh dewasa dan menjadi sosok ayah dari Gohan.

Namun, misinya belum juga selesai. Raditz, musuh yang awalnya ingin mengelabui Goku, akhirnya menculik Gohan. Goku pun bersatu dengan Piccolo dan terlibat pada satu pertarungan yang ujungnya meregang nyawa Yamcha, Tien Shinhan, Chiaotzu dan Piccolo sendiri.

6. Naruto

Anime tahun 1997 karya Masashi Kishimoto ini disiarkan pertama kali oleh TV Tokyo sebelum akhirnya masuk ke Indonesia. “Naruto” bercerita tentang kehidupan seorang ninja yang sebenarnya keturunan dari sosok Kyuubi, seekor monster rubah. Ia adalah Naruro Uzumaki yang dikenal hiperaktif, periang dan ambisius.

Dengan segala tingkah konyolnya, Naruto berupaya mewujudkan mimpinya untuk dapat menerima gelar Hokage, yaitu gelar sebagai ninja terkuat sekaligus pemimpin Desa Konoha. Naruto sendiri hidup di Desa Konoha, desa yang terkenal dengan ninja tanpa sosok orang tua. Pada serial animasi ini terdapat juga tokoh lainnya seperti Sakura, Kakashi dan Sasuke.

7. Crayon Shinchan

Diangkat dari manga Jepang karya Yoshito Usui, serial animasi “Crayon Shinchan” bercerita tentang petualangan anak TK berumur 5 tahun, yaitu Shinnosuke Shin Nohara (Shinchan) dengan orang tua, adik bayi dan anjing pintar bernama Shiro. Orang tua Shinchan bernama Misae dan Hiroshi, sedangkan adiknya bernama Himawari.

Seluruh keluarga ini memiliki karakter unik. Shinchan dikenal suka menirukan tingkah laku orang dewasa dan senang merayu wanita cantik yang lebih dewasa darinya. Tak hanya itu, Shinchan juga sering membuat ulah hingga merepotkan orang di sekitarnya. Anime karya Yoshito Usui di tahun 1990 ini pertama kali ditayangkan oleh TV Asahi, dua tahun setelah manga tersebut diperkenalkan.

8. One Piece

“One Piece” adalah karya Eiichiro Oda yang dirilis tahun 1997 ini memuat cerita petualangan Monkey D. Luffy. Serial manga ini dijadikan anime dan ditayangkan pertama kali oleh Fuji TV.

Luffy adalah sosok anak laki-laki yang ingin menjadi bajak laut. Ia memakan buah iblis bernama Gomu Gomu no Mi yang membuat tubuhnya lentur seperti karet. Itu lah mengapa Luffy selalu memanjangkan tubuhnya ketika berhadapan dengan musuh.

Luffy identik dengan penampilannya yang mengenakan topi jerami. Luffy bersama Bajak Laut Topi Jerami pun berpetualang mencari harta karun yang disebut One Piece hingga mengelilingi Grand Line dan bertemu dengan musuh yang berbeda-beda.

9. Sailor Moon

Anime tahun 1992 karya Naoko Takeuchi ini mengangkat kisah kepahlawanan yang dipimpin oleh beberapa gadis yang memiliki kekuatan super. Mereka mendapatkan kekuatan itu dari elemen-elemen alam dan tata surya. Mereka menggunakannya untuk melawan beragam musuh yang datang dari kegelapan dan ingin menggagalkan misi mereka.

Sekelompok gadis itu terdiri dari Usagi Tsukino sebagai Sailor Moon, Setsuna Meiou sebagai Sailor Pluto, Hotaru Tomoe sebagai Sailor Saturnus, Michiru Kaioh sebagai Sailor Neptune, Minako Aino sebagai Sailor V, Makoto Kino sebagai Sailor Jupiter, Ami Mizuno sebagai Sailor Merkuri, serta Rei Hino sebagai Sailor Mars.

Sailor Moon dan teman-temannya ditugaskan untuk menyelesaikan misi yang mengharuskan mereka mencari sang putri bulan dan Kristal Perak.

10. Gintama

Anime karya Hideaki Sorachi yang dirilis pada tahun 2003 ini pertama kali disiarkan oleh TV Tokyo. Anime ini memasukkan unsur komedi dan memiliki latar belakang negara Jepang pada masa zaman Edo.

Jepang didatangi alien bernama Amanto yang rupanya datang untuk menjajah negara tersebut dengan cara menyengsarakan penduduknya. Muncul Gintoki Sakata bersama dua temannya, Shinpachi Shimura dan Kagura, yang berjuang untuk membayar sewa bulanan. Segala hal pun dilakukan oleh ketiga orang itu agar dapat bertahan hidup.

Itulah tadi kesupuluh anime terpopuler yang pernah tayang di Indonesia. Dari kesepuluh anime yang sudah kami sebutkan, anime mana yang selalu Anda tonton?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *