bacaterus web banner retina

10 Anime Terbaik di Tahun 2022

Mengikuti perkembangan anime, tak pernah ada habisnya. Setiap tahun tentu ada saja yang baru; entah sequel atau tayang perdana. Anime memang jadi hiburan tersendiri bagi para penggemarnya. Grafis dan jalan cerita yang sebagian besar bertema fantasi, bikin ketagihan untuk diikuti. Belum lagi setiap karakter yang solid dan khas.

Buat kamu yang ketinggalan info mengenai anime terbaik di tahun ini, kami berikan rekomendasinya di bawah ini. Genre dan tema atau jenis animenya sangat beragam. Penasaran apa saja judul anime yang tersebut? Simak daftarnya di bawah ini!

Baca juga: Daftar Anime Terbaik Sepanjang Masa

1. Shingeki no Kyojin: The Final Season Part 2

shingeki no kyojin final season part 2_

Anime Shingeki no Kyojin: The Final Season Part 2 atau yang dikenal juga dengan Attack on Titan: The Final Season ini memasuki babak final. Namun, ceritanya masih menggantung karena akan dilanjutkan pada season selanjutnya yang akan ditayangkan pada tahun 2023.

Ceritanya melanjutkan kisah Eren yang akan menjalankan sebuah rencana besar dibawah bimbingan Zeke. Eren mengambil sebuah tindakan yang ekstrem untuk mengakhiri konflik kuno antara Marley dan Eldia. Namun, niat Eren yang sesungguhnya masih menjadi sebuah misteri.

Eren mulai menggali jauh ke masa lalu keluarganya sendiri. Sementara itu, sisa-sisa pasukan Marley dan Eldia mulai beraliansi untuk menyelamatkan dunia dan menghentikan Eren, meskipun mereka harus melawan orang-orang dari negaranya sendiri.

2. Karakai Jouzu no Takagi-san 3

karakai jouzo no takagi san_

Anime ini diadaptasi dari seri manga dengan judul yang sama karya Yamamoto Souichirou. Karakai Jouzu no Takagi -san 3 merupakan salah satu anime yang tayang pada musim dingin 2022

Pada saat musim panas berakhir, Nishikata bersemangat untuk mencoba lelucon terbarunya. Ia bertekad untuk mengalahkan teman sekelasnya Takagi untuk selamanya. Meskipun Nishikata telah kalah beruntun, dia perlahan-lahan mengenal cara kerja pikiran liciknya Takagi yang tak ada hentinya.

Namun, Nishikata segera menyadari bahwa motivasi Takagi dibalik lelucon dan godaannya, mungkin tidak seperti yang awalnya dia duga.

Tapi satu hal yang pasti, setiap hari selalu ada hal menyenangkan dalam menyusun strategi dan bersaing bersama Takagi. Dan setiap harinya, Nishikata menjadi lebih dekat dari sebelumnya dengan Takagi.

3. Sono Bisque Doll wa Koi wo Suru

Sono Bisque Doll wa Koi wo Suru_

Sono Bisque Doll wa Koi wo Suru adalah anime adaptasi dari seri manga dengan judul yang sama. Anime yang dibuat oleh studio CloverWorks ini menceritakan kisah seorang siswa SMA bernama Wakana Gojou yang ingin bisa membuat boneka Hina (boneka tradisional Jepang yang dipajang ketika festival Hinamatsuri) seperti kakeknya. 

Jika teman seusianya sibuk dengan budaya pop, Gojou malah merasa bahagia ketika ia bisa menjahit pakaian untuk boneka Hina. Namun, Gojou menyembunyikan hobinya tersebut karena yakin akan menjadi bahan ejekan oleh teman-temannya jika ketahuan.

Suatu ketika, teman sekelasnya Gojou, Marin Kitagawa, seorang siswa yang sangat cantik dan memiliki banyak teman, mengetahui rahasia Gojou.

Secara tidak terduga-duga, Kitagawa malah meminta Gojou untuk membuatkannya pakaian cosplay yang telah menjadi hobinya. Gojou dan Kitagawa pun mulai bekerja sama dalam membuat pakaian cosplay satu demi satu dan perlahan menjadi semakin dekat.

4. Sasaki to Miyano

Sasaki to Miyano_

Sasaki to Miyano merupakan anime adaptasi dari manga karya Harusono Shou. Animenya menceritakan seorang siswa SMA bernama Miyano yang pemalu dan menyembunyikan kalau ia adalah seorang fudanshi (laki-laki yang menyukai manga cinta BL).

Suatu ketika, seorang senior bernama Sasaki mulai memasuki kehidupan Miyano. Secara tidak sengaja, Miyano mengakui tentang hobinya membaca manga boys love yang membuat Sasaki penasaran. Dan Miyano cukup terkejut karena Sasaki menikmati manga BL.

Perasaan Sasaki kepada Miyano menjadi semakin rumit seiring dengan semakin banyaknya waktu yang mereka habiskan bersama. Hari-hari berlalu, hubungan Miyano dan Sasaki menjadi semakin berkembang. 

5. Vanitas no Karte Part 2

Vanitas no Karte Part 2_

Vanitas dan Noé Archiviste pergi ke kota Gévaudan untuk mencari ‘Binatang’, makhluk besar seperti serigala yang telah membantai ratusan orang. Mereka curiga kalau Beast adalah vampir pembawa kutukan, sementara tujuan utama Vanitas adalah untuk menyembuhkannya menggunakan kekuatan grimoire-nya.


Namun, dalam perjalanannya, Vanitas dan Noé terpisah. Tiba-tiba mereka melakukan perjalanan kembali ke masa lalu, tepat pada saat Binatang itu bersembunyi di hutan. Setelah pertempuran melawan serigala raksasa dan pemburu vampir, Vanitas yang bertemu dengan Jeanne bekerja sama untuk menemukan Noé.

6. Princess Connect! Re: Dive Season 2

Princess Connect! Re- Dive Season 2_

Anggota Gourmet Guild yang terdiri dari Yuuki, Kokkoro, Pecorine, dan Karyl terus menjelajahi dunia untuk mencapai tujuan mereka: mencari semua makanan lezat yang ada di dunia.

Namun, seiring berjalannya waktu dan kemajuan petualangan mereka, misteri di balik ingatan Yuuki, kesetiaan Karyl dan warisan Pecorine mulai bersatu. Tampaknya, misteri tersebut membentuk kebenaran yang membentuk fondasi dunia.

7. Akebi-chan no Sailor-fuku

Akebi-chan no Sailor-fuku_

Sejak kecil, Komichi Akebi selalu mengagumi pakaian seragam pelaut (sailor uniforms). Bahkan Komichi sampai meminta ibunya untuk menjahitkan seragamnya jika berhasil masuk ke almamater ibunya, Akademi Roubai. 

Namun, Komichi terkejut mengetahui kalau SMA tempat sekolahnya sudah tidak memakai seragam pelaut lagi, sehingga Komichi menjadi siswa SMA yang cukup menonjol dari teman-teman sekolahnya. Meskipun begitu, Komichi tetap percaya diri dan terus menggunakan seragam pelaut tradisional itu dengan semangat.

8. Genjitsu Shugi Yuusha no Oukoku Saikenki Part 2

Genjitsu Shugi Yuusha no Oukoku Saikenki Part 2_

Bersama dengan para pembantunya yang berbakat, ‘Pahlawan Realis’ Kazuya Souma melanjutkan pencariannya untuk menghidupkan kembali Kerajaan Elfrieden, melalui reformasi administrasi.

Setelah berhasil menaklukkan Van, ibu kota Kerajaan Amidoinia, Kazuya harus berhadapan dengan utusan dari Kekaisaran Grand Chaos. 

Utusan dari Kekaisaran Grand Chaos, ingin menjatuhkan hukuman pada Kazuya karena melanggar larangan perang yang telah ditetapkan oleh Perjanjian Deklarasi Manusia. Terlepas dari situasi sulit dan mengerikan, Kazuya melihat jalan untuk menghindari konflik sambil mendapatkan sekutu baru.

Dengan rencananya yang tampak sempurna, satu-satunya penghalang untuk sukses adalah mendapatkan persetujuan dari utusan tersebut.

9. Tensai Ouji no Akaji Kokka Saise Jutsu

Tensai Ouji no Akaji Kokka Saise Jutsu_

Tensai Ouji no Akaji Kokka Saise Jutsu, menceritakan kisah seorang Pangeran dari Kerajaan Natra bernama Wein, yang harus menggantikan posisi ayahnya yang sedang jatuh sakit. Dalam pikiran Wein, ia hanya ingin menjual negaranya yang miskin dan pergi melarikan diri ke luar negeri. 

Dengan otoritas takhta yang dimiliki oleh Wein sekarang, tentunya tak ada yang bisa menghentikan Wein untuk melakukan niatnya itu. Namun, sebelumnya, Wein harus meningkatkan nilai kerajaan kecil yang akan ia pimpin sementara ini.

Tapi, apakah rencana besar Wein terhadap negaranya bisa berhasil? Bahkan, karena kemampuan dan kecerdasan yang dimilikinya, sering kali membuat Wein terkejut dan bahkan melampaui harapannya sendiri, sehingga secara tak sadar, bermanfaat juga bagi negara dan warga di Kerajaan Natra.

10. Sabikui Bisco

Sabikui Bisco_

Sabikui Bisco, merupakan anime action yang cukup berbeda dari kebanyakan anime bergenre tersebut. Anime ini menceritakan kisah sebuah negara yang mengalami karat di berbagai tempat, bahkan sampai beberapa orang pun mengalami penyakit karat. Sebelumnya diyakini kalau wabah tersebut terjadi karena adanya spora jamur.

Akaboshi Bisco, dikenal sebagai ‘Jamur Pemakan Manusia’, adalah seorang buronan kriminal pemanah yang dari panahnya bisa menumbuhkan jamur dimanapun anak panahnya mendarat.

Namun, sebenarnya Bisco adalah seseorang yang menyebarkan jamur untuk menyerap karat di sekitarnya, atau yang dikenal juga dengan ‘Pelindung Jamur’.

Bisco pergi berkelana ke beberapa tempat yang dilanda oleh wabah karat itu. Bersama dengan rekannya, kepiting Akutagawa, pelindung jamur Jabi dan seorang dokter bernama Milo, mereka mulai menjelajahi tempat-tempat berkarat untuk mencari ‘Sabikui’, obat legendaris yang bisa melahap seluruh karat.

Itu tadi rekomendasi anime terbaik yang bisa dijadikan pilihan di tahun ini. Jenis atau temanya cukup bermacam-macam. Alur ceritanya juga dapat disesuaikan dengan selera; mau yang bertema pertarungan atau slice of life yang ringan tapi tetap menghibur. Di antara daftar judul anime di atas, mana yang bikin kamu penasaran?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram