Ditulis oleh - Diperbaharui 12 April 2019

Bicara soal anime memang tidak akan pernah ada habisnya, nih. Pada kesempatan kali ini, Bacaterus akan membagikan informasi mengenai rekomendasi 7 anime tentang musik yang tidak kalah menarik untuk disaksikan, khusus untuk kamu yang menyukai anime bertemakan musik.

Nah, kamu penasaran, anime apa sajakah yang masuk dalam daftar? Yuk, simak langsung saja pembahasannya di bawah ini. Tapi sebelumnya, jangan lupa juga simak artikel tentang anime horor terseram dari Bacaterus, ya.

1. Nodame Cantabile

anime tentang musik nodame cantabile

* sumber: www.dailycal.org

Nodame Cantabile adalah anime tentang musik yang bercerita tentang seorang gadis muda bernama Megumi Noda yang juga dipanggil Nodame, yang bertemu dengan seorang cowok ganteng, Shinichi Chiaki.

Shinichi yang saat itu baru putus dari pacarnya, Saiko, terduduk lemas dalam keadaan mabuk di depan apartemen Nodame. Nodame kemudian membawa Shinichi ke dalam apartemennya dan membiarkan Shinichi tidur hingga keesokan harinya.

Nah, tak disangka, esoknya Shinichi bangun dan mendapati dirinya tengah berada di sebuah tempat yang penuh dengan sampah dan barang-barang. Ia kemudian melihat seorang gadis yang tak lain dan tak bukan adalah Nodame, sedang memainkan sebuah lagu klasik dengan pianonya.

Ya, ternyata, Nodame dan Shinichi menimba ilmu di kampus yang sama, yakni Momogaoka University. Shinichi dan Nodame sama-sama belajar di kelas piano. Mereka akhirnya dipertemukan dan duet bersama di kelas yang sama.

Nodame sendiri sebenarnya adalah gadis desa yang sangat jorok dan kekanak-kanakan, namum memiliki hati yang tulus dan bakat yang besar dalam bermain musik. Sementara Shinichi, Ia adalah cowok cool yang cerdas dan berbakat yang berasal dari keluarga terpandang.

Shinichi yang nyaris sempurna juga memiliki kekurangan, Ia trauma naik pesawat sejak kecil. Akhirnya cowok ini harus mengubur cita-citanya untuk menjadi konduktor hebat dari orkestra besar karena tidak bisa terbang ke luar negeri untuk menimba ilmu.

Namun, segala kekurangan yang mereka miliki tak menghalangi keduanya untuk saling jatuh cinta. Akhirnya, keduanya sama-sama berjuang untuk menjadi musisi hebat yang mendunia.

Anime yang pertama kali mengudara di tahun 2007 ini akan memanjakan kamu dengan alunan musik klasik, humor yang bagus dan tentu saja cerita yang berkualitas. For your info, Nodame Cantabile ini memiliki lebih dari satu season.

Namun tentu semuanya sangat menarik untuk disimak. Oh ya, Nodame Cantabile juga diangkat kedalam drama live action dengan judul yang sama, lho. Drama tersebut dibintangi oleh Hiroshi Tamaki dan Juri Ueno. Kamu penasaran dengan kelanjutan kisah Shinichi dan Nodame? Langsung saja tonton Nodame Cantabile, ya!

2. BECK

beck anime

Selain Nodame Cantabile, ada juga BECK. Anime ini diangkat dari manga karya Harold Sakuishi. BECK bercerita tentang remaja bernama Koyuki yang bertemu dengan seorang musisi bernama Ryuusuke. Ryuusuke dan Koyuki akhirnya membentuk sebuah band rock yang diberi nama BECK.

Koyuki sendiri tidak memiliki banyak pengetahuan tentang musik, namun secara perlahan, remaja yang masih duduk di bangku SMP ini mempelajari musik, khususnya yang bergenre rock dan grunge. Ia mulai mendengarkan lagu-lagu dari band, seperti Queen, The Rolling Stones, hingga Nirvana.

BECK yang mulanya beranggotakan dua orang, lama kelamaan diramaikan oleh kedatangan para personil lainnya. Mereka akhirnya berlatih dan tampil bersama di bawah nama band mereka, BECK.

Anime ini tidak hanya menceritakan tentang lika-liku perjalanan karir sebuah band, tetapi juga dilengkapi bumbu romansa di antara tokoh-tokoh utamanya. Gimana, kamu tertarik untuk menonton anime yang satu ini?

3. Sakamichi No Apollon

Sakamichi-no-Apollon

* sumber: meownime.com

Next, ada anime yang berjudul Sakamichi No Apollon. Kalau kamu suka musik jazz, kamu wajib banget nonton anime tentang musik yang satu ini. Anime ini bercerita tentang persahabatan tiga orang remaja, dua di antaranya adalah cowok ganteng bernama Kaoru dan Sentaro, serta satu cewek cantik bernama Ritsuko.

Ketiganya sama-sama menyukai musik jazz dan sering berlatih bersama di ruang bawah tanah yang berada di toko rekaman piringan hitam milik keluarga gadis itu.

Nggak cuma alunan musik jazz saja yang akan memanjakan kamu ketika menonton anime yang berlatar tahun ’60-an ini. Kamu juga akan disuguhkan kisah cinta segitiga yang rumit antara para karakter utamanya. Hayo, penasaran ingin mengetahui kisah selanjutnya dari anime ini? Tonton langsung saja Sakamichi No Apollon, ya.

4. Shigatsu Wa Kimi No Uso

Shigatsu wa Kimi no Uso

* sumber: corneranimeku.blogspot.com

Selain Nodame Cantabile, ada juga anime bertemakan musik klasik yang juga seru untuk ditonton. Yep, ada Shigatsu Wa Kimi No Uso, atau You Lie in April. Anime ini menceritakan tentang seorang cowok bernama Kousei yang ditinggal ibunya sejak kecil. Kousei ini kemudian berjuang untuk meraih mimpi sang Ibu, menjadi pianis handal.

Kousei sempat membenci piano dan akhirnya berhenti memainkan alat musik itu. Sampai suatu ketika, cowok ganteng ini bertemu dengan Miyazano Kaori, gadis cantik yang pandai bermain biola. Keduanya akhirnya berduet bersama, layaknya Nodame dan Shinichi di anime Nodame Cantabile.

Kousei yang tadinya sudah mulai menyerah dengan musik, akhirnya kembali menekuninya. Kousei menjadikan Kaori sebagai alasannya untuk bermusik.

Sayang, Kaori jatuh sakit lalu meninggal. Gadis ini sempat menulis surat dan mengungkapkan apa yang Ia rasakan kepada Kousei lewat surat tersebut. Anime Shigatsu Wa Kimi No Uso ini memang memiliki akhir cerita yang menyedihkan, namun anime yang satu ini juga tetap menarik untuk disimak. Sudah pernah menonton anime populer yang mulai tayang tahun 2014 lalu ini?

5. K-On!

K-ON_Character

* sumber: k-on.fandom.com

Selanjutnya, ada K-On! K-On sendiri bercerita tentang gadis-gadis yang duduk di bangku SMA yang mencoba untuk menyelamatkan klub musik di sekolahnya dengan merekrut personil baru.

Salah satu karakter utama dari anime ini, Yui Hirasawa, bergabung dengan klub musik sebagai gitaris dan secara otomatis Yui menyelamatkan klub musik yang hendak ditutup. Yui akhirnya bergabung bersama tiga personil lainnya, yakni Mio (bassist), Ritsu (drummer) dan juga Mugi (pianist).

Faridazroel menyebutkan, anime ini sangat ringan dan lucu. Anime tentang musik yang satu ini juga memiliki cerita yang menarik untuk ditonton, terutama untuk kamu yang menyukai musik sekaligus humor.

6. Tari-Tari

taritari anime

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=bd9GrH88plU

Selain kelima judul di atas, ada juga anime yang berjudul Tari-Tari yang tentunya nggak kalah seru untuk ditonton. Anime ini berkisah tentang anak-anak SMA yang membentuk grup paduan suara di sekolah.

Ide pembentukan grup ini muncul dari Konatsu Miyamoto, gadis yang tidak diizinkan tampil dan bergabung dengan grup paduan suara di sekolahnya karena sudah melakukan kesalahan fatal setahun sebelumnya. Konatsu akhirnya mengajak beberapa temannya untuk bergabung dengan grup paduan suara yang Ia bentuk.

Oh ya, tidak cuma bertemakan musik saja, Anime yang satu ini juga bercerita tentang lika-liku kehidupan para tokohnya, lho. Tari-Tari yang tayang tahun 2012 silam ini juga sangat layak untuk kamu saksikan. Dijamin, kamu akan ketagihan menontonnya.

7. Detroit Metal City

detroit metal city

* sumber: www.last.fm

Terakhir, ada Detroit Metal City. Anime ini bercerita tentang Souichi Negishi, seorang pemuda desa biasa yang ingin mengejar cita-cita menjadi penyanyi pop terkenal. Souichi kemudian pindah dari desa ke kota untuk mengejar mimpinya menjadi penyanyi.

Alih-alih menjadi penyanyi pop sesuai keinginannya, Souichi justru terjerumus ke dunia musik metal dan akhirnya malah menjadi vokalis dari grup band yang bernama Detroit Metal City.

Ia kemudian memakai nama panggung Johannes Krauser II. Penasaran dengan kelanjutan cerita anime ini? Tonton langsung saja animenya, deh!

Itulah ketujuh anime tentang musik yang seru dan menarik untuk ditonton. Adakah salah satu di antara ketujuh anime di atas yang sudah kamu saksikan? Jika iya, sampaikan pendapatmu tentang anime tersebut di kolom komentar di bawah, ya.

[sharethis-inline-buttons]