bacaterus web banner retina

Inilah 20 Anime Tentang Musik yang Seru untuk Ditonton

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

Bicara soal anime memang tidak akan pernah ada habisnya, nih. Pada kesempatan kali ini, Bacaterus akan membagikan informasi mengenai rekomendasi 20 anime tentang musik yang tidak kalah menarik untuk disaksikan, khusus untuk kamu yang menyukai anime bertemakan musik.

Nah, kamu penasaran, anime apa sajakah yang masuk dalam daftar? Yuk, simak langsung saja pembahasannya di bawah ini. Tapi sebelumnya, jangan lupa juga simak artikel tentang anime horor terseram dari Bacaterus, ya.

1. Shigatsu wa Kimi no Uso

Shigatsu wa Kimi no Uso

Shigatsu Wa Kimi No Uso atau You Lie in April menceritakan tentang seorang cowok bernama Kousei yang ditinggal ibunya sejak kecil. Kousei ini kemudian berjuang untuk meraih mimpi sang Ibu, menjadi pianis handal.

Kousei sempat membenci piano dan akhirnya berhenti memainkan alat musik itu. Sampai suatu ketika, cowok ganteng ini bertemu dengan Miyazano Kaori, gadis cantik yang pandai bermain biola. Keduanya akhirnya berduet bersama, layaknya Nodame dan Shinichi di anime Nodame Cantabile.

Kousei yang tadinya sudah mulai menyerah dengan musik, akhirnya kembali menekuninya. Kousei menjadikan Kaori sebagai alasannya untuk bermusik.

Sayang, Kaori jatuh sakit lalu meninggal. Gadis ini sempat menulis surat dan mengungkapkan apa yang Ia rasakan kepada Kousei lewat surat tersebut.

Anime Shigatsu Wa Kimi No Uso ini memang memiliki akhir cerita yang menyedihkan, namun anime yang satu ini juga tetap menarik untuk disimak. Sudah pernah menonton anime populer yang mulai tayang tahun 2014 lalu ini?

2. K-On!

K-ON_Character
  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Comedy
  • Produksi: Kyoto Animation
  • Sutradara: Naoko Yamada
  • Pengisi Suara: Aki Toyosaki, Asami Sanada, Madoka Yonezawa, Satomi Satou
  • Jumlah Episode: 13

K-On! bercerita tentang gadis-gadis yang duduk di bangku SMA yang mencoba untuk menyelamatkan klub musik di sekolahnya dengan merekrut personil baru.

Salah satu karakter utama dari anime ini, Yui Hirasawa, bergabung dengan klub musik sebagai gitaris dan secara otomatis Yui menyelamatkan klub musik yang hendak ditutup. Yui akhirnya bergabung bersama tiga personil lainnya, yakni Mio (bassist), Ritsu (drummer) dan juga Mugi (pianist).

Anime ini sangat ringan dan lucu. Anime tentang musik yang satu ini juga memiliki cerita yang menarik untuk ditonton, terutama untuk kamu yang menyukai musik sekaligus humor.

3. Nana

anime musik_Nana_

Nana merupakan anime adaptasi dari seri manga dengan judul sama karya Yazawa Ai. Ceritanya berpusat pada Nana Osaki dan nana Komatsu, dua orang wanita yang pindah ke Tokyo pada usia 20-an. Nana Osaki mengejar ketenaran melalui musik, sementara Nana Komatsu mengejar asmara. 

Cerita dimulai ketika Nana Komatsu dan Nana Osaki bertemu secara tidak sengaja dalam perjalanan menuju ke Tokyo. Namun, kehidupan di Tokyo dan harapan mereka tidak semulus yang mereka bayangkan.

Hingga akhirnya dua orang Nana itu kembali bertemu dan memutuskan untuk hidup di bawah atap yang sama. Keduanya kembali melanjutkan kehidupan sambil mempertahankan hubungan persahabatan mereka.

4. Given

anime musik_Given_

Anime tentang musik selanjutnya adalah Given yang mengandung cerita boys love (BL). Anime ini menceritakan kisah empat orang pemuda yang tergabung dalam sebuah band musik bernama Given.

Mereka adalah Satou Mafuyu, Uenoyama Ritsuka, nakayama haruki dan Kaji Akihiko. Cerita bermula ketika Mafuyu melihat Ritsuka dan memarahinya karena membiarkan senar gitarnya berkarat. 

Sadar tentang kemampuan bermain musik Ritsuka, Mafuyu kemudian meminta Ritsuka untuk mengajarinya cara bermain gitar.

Ritsuka menyetujui permintaan Mafuyu dan mengajaknya untuk datang pada jam kedua untuk bertemu dengan dua orang teman bandnya, Nakayama Haruki, basis dan Kahi Akihiko seorang drummer.

Ritsuka kemudian meminta Mafuyu untuk menyanyi dan terkejut setelah mendengar suaranya yang indah. Mafuyu ditawarkan untuk menjadi penyanyi utama dalam band Ritsuka. Meski pun awalnya enggan, akhirnya Mafuyu menerima tawaran itu.

5. Zombieland Saga: Revenge

anime musik_Zombieland Saga Revenge_

Grup idol ‘Franchouchou’ telah kembali dan tampil lebih baik lagi dari sebelumnya. Namun, sayangnya setelah pertunjukan Franchouchou di Arpino, kesuksesan grup ini meredup. Dan kini mereka terlilit hutang. 

Para idol dalam grup tersebut lantas menghabiskan beberapa bulan untuk bekerja dan mengerjakan berbagai pekerjaan di Saga.

Mereka berusaha untuk menutupi biaya, sementara Kotaro, meninggalkan usahanya untuk menyelamatkan Saga. Sedangkan gadis-gadis yang lain percaya, bahwa keberhasilan grup mereka bergantung pada Kotaro. 

6. Vivy: Fluorite Eye’s Song

anime musik_Vivy Fluorite Eyes Song_

Vivy: Fluorite Eye’s Song memiliki cerita tentang AI yang sudah berevolusi dan datang untuk membasmi umat manusia. Pembantaian itu membuat udara penuh dengan bau darah segar dan tubuh yang terbakar.

Dalam keputusasaan, seorang ilmuwan mengerahkan segalanya dengan memanfaatkan sisa-sisa yang ada. 100 tahun sebelumnya, AI sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. AI itu diprogram dengan sebuah misi khusus.

Vivy, merupakan AI pertama yang memiliki tugas untuk menyanyi dan menyebarkan kebahagiaan dengan suaranya. 

7. Love Live! School Idol Project

anime musik_Love Live! School Idol Project_

Love Live! School Idol Project, merupakan bagian dari seri Love Live!. Anime ini merupakan bagian pertama dari seri tersebut. Anime ini mengikuti kisah sebuah grup idola sekolah.

SMA Otonokizaka, merupakan sekolah yang sangat disukai oleh Honoka Kousaka. Dia sedih ketika mendengar berita kurang enak mengenai penutupan sekolahnya karena jumlah murid yang mendaftar semakin sedikit.

Suatu ketika, Honoka menemukan sebuah grup idol sekolah populer bernama ‘A-RISE’. Terinspirasi dari grup tersebut, Honoka berusaha membuat grup idol sekolahnya sendiri dengan meminta beberapa teman masa kecilnya. Dia berharap grup idolnya bisa meningkatkan pendaftaran murid ke sekolahnya.

8. Hibike! Euphonium

anime musik_Hibike! Euphonium_
  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Drama
  • Produksi: Kyoto Animation
  • Sutradara: Ishihara Tatsuya
  • Pengisi Suara: Kurosawa Tomoyo, Anzai Chika, Asai Ayaka, Toyota Moe
  • Jumlah Episode: 13

Hibike! Euphonium, mengikuti kisah seorang gadis SMA bernama Oumae Kumiko yang mendaftar di SMA Kitauji. Dia berharap bisa melupakan masa lalunya dan mencoba memulai awal yang baru.

Tiba-tiba, Kumiko diseret oleh teman-teman barunya, Kawashima Sapphire dan Katou Hazuki, untuk memainkan euphonium. Sekali lagi dia terjebak memainkan alat musik tersebut.

Tidak ingin mengulangi kesalahannya ketika SMP, Kumiko ragu apakah dia dan temannya harus mencoba kompetisi nasional. Di tengah kebingungan, secara tak terduga teman lamanya, Kousaka Reina, bergabung dengan klub band Kitauji.

Di bawah tekanan pelatihan ketat dari Noboru, Kumiko dan teman-teman bandnya harus berjuang demi kesuksesan bersama.

9. Takt Op. Destiny

anime musik_Takt Op. Destiny_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Action, Fantasy
  • Produksi: Madhouse, MAPPA
  • Sutradara: Itou Yuuki
  • Pengisi Suara: Wakayama Shion, Uchiyama Kouki
  • Jumlah Episode: 12

Takt Op. Destiny, proyek media campuran yang berpusat pada musik klasik, dibuat oleh Bandai Manco Arts dan DeNA. Anime ini tidak hanya mengusung tema tentang musik, tapi ada adegan aksi dan fantasi. Dalam anme ini, musik merupakan alat yang digunakan untuk mengalahkan monster.

Musik menjadi hal yang tabu dan orang-orang sudah tak bisa mendengarkan alunan musik kembali, sebab para monster D2 akan menyerang ketika ada alunan suara musik. Satu-satunya pertahanan orang-orang dari monster D2 adalah musik, konduktor dan Musicart.

Adalah Takt Asahina, seorang ahli piano penyendiri yang tiba-tiba berubah menjadi seorang Konduktor. Sementara itu, sebuah insiden telah membunuh adik perempuan dari teman Takt.

Hal ini pun membuat dia berhubungan dengan Musicart-nya, Destiny. Akankah musik bisa didengar kembali oleh orang-orang jika monster D2 menghilang? 

10. Sakamichi no Apollon

Sakamichi-no-Apollon

Kalau kamu suka musik jazz, kamu wajib banget nonton anime tentang musik yang satu ini. Anime ini bercerita tentang persahabatan tiga orang remaja, dua di antaranya adalah cowok ganteng bernama Kaoru dan Sentaro, serta satu cewek cantik bernama Ritsuko.

Ketiganya sama-sama menyukai musik jazz dan sering berlatih bersama di ruang bawah tanah yang berada di toko rekaman piringan hitam milik keluarga gadis itu.

Nggak cuma alunan musik jazz saja yang akan memanjakan kamu ketika menonton anime yang berlatar tahun '60-an ini. Kamu juga akan disuguhkan kisah cinta segitiga yang rumit antara para karakter utamanya.

Hayo, penasaran ingin mengetahui kisah selanjutnya dari anime ini? Tonton langsung saja Sakamichi No Apollon, ya.

11. BECK

beck anime
  • Tahun Rilis: 2004
  • Genre: Comedy, Drama, Slice of Life
  • Produksi: Madhouse
  • Sutradara: Osamu Kobayashi
  • Pengisi Suara: Daisuke Namikawa, Kazuya Hirabayashi, Yuuma Ueno, Shintarou Oohata, Miho Saiki 
  • Jumlah Episode: 26

Anime ini diangkat dari manga karya Harold Sakuishi. BECK bercerita tentang remaja bernama Koyuki yang bertemu dengan seorang musisi bernama Ryuusuke. Ryuusuke dan Koyuki akhirnya membentuk sebuah band rock yang diberi nama BECK.

Koyuki sendiri tidak memiliki banyak pengetahuan tentang musik, namun secara perlahan, remaja yang masih duduk di bangku SMP ini mempelajari musik, khususnya yang bergenre rock dan grunge. Ia mulai mendengarkan lagu-lagu dari band, seperti Queen, The Rolling Stones, hingga Nirvana.

BECK yang mulanya beranggotakan dua orang, lama kelamaan diramaikan oleh kedatangan para personil lainnya. Mereka akhirnya berlatih dan tampil bersama di bawah nama band mereka, BECK.

Anime ini tidak hanya menceritakan tentang lika-liku perjalanan karir sebuah band, tetapi juga dilengkapi bumbu romansa di antara tokoh-tokoh utamanya. Gimana, kamu tertarik untuk menonton anime yang satu ini?

12. Carole & Tuesday

anime musik_Carole & Tuesday_
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Drama, Sci-Fi
  • Produksi: Bones
  • Sutradara: Hori Motonobu
  • Pengisi Suara: Ichinose Kana, Shimabukuro Miyuri
  • Jumlah Episode: 24

50 tahun berlalu sejak umat manusia memulai migrasinya ke Mars, mereka hidup dengan nyaman karena kemajuan AI. Seorang gadis bernama Carole tinggal di kota metropolitan Alba City. Dia bekerja paruh waktu pada siang hari dan bermain keyboard di malam harinya.

Sementara Tuesday, dia melarikan diri dari cengkraman keluarganya dan berharap bisa mengejar musik dengan bermain gitar akustiknya. Lalu, takdir mempertemukan Carole dan Tuesday, mereka memutuskan untuk tampil bermain musik bersama. 

Melawan penyanyi AI yang mendominasi dunia musik, keduanya percaya kalau mereka bisa menyampaikan perasaan melalui lagu-lagu mereka. Akankah kerja keras dan keberuntungan cukup bagi keduanya untuk menciptakan keajaiban di Mars?

13. Nodame Cantabile

anime tentang musik nodame cantabile

Nodame Cantabile adalah anime tentang musik yang bercerita tentang seorang gadis muda bernama Megumi Noda yang juga dipanggil Nodame, yang bertemu dengan seorang cowok ganteng, Shinichi Chiaki.

Shinichi yang saat itu baru putus dari pacarnya, Saiko, terduduk lemas dalam keadaan mabuk di depan apartemen Nodame. Nodame kemudian membawa Shinichi ke dalam apartemennya dan membiarkan Shinichi tidur hingga keesokan harinya.

Nah, tak disangka, esoknya Shinichi bangun dan mendapati dirinya tengah berada di sebuah tempat yang penuh dengan sampah dan barang-barang. Ia kemudian melihat seorang gadis yang tak lain dan tak bukan adalah Nodame, sedang memainkan sebuah lagu klasik dengan pianonya.

Ya, ternyata, Nodame dan Shinichi menimba ilmu di kampus yang sama, yakni Momogaoka University. Shinichi dan Nodame sama-sama belajar di kelas piano. Mereka akhirnya dipertemukan dan duet bersama di kelas yang sama.

Nodame sendiri sebenarnya adalah gadis desa yang sangat jorok dan kekanak-kanakan, namum memiliki hati yang tulus dan bakat yang besar dalam bermain musik. Sementara Shinichi, Ia adalah cowok cool yang cerdas dan berbakat yang berasal dari keluarga terpandang.

Shinichi yang nyaris sempurna juga memiliki kekurangan, Ia trauma naik pesawat sejak kecil. Akhirnya cowok ini harus mengubur cita-citanya untuk menjadi konduktor hebat dari orkestra besar karena tidak bisa terbang ke luar negeri untuk menimba ilmu.

Namun, segala kekurangan yang mereka miliki tak menghalangi keduanya untuk saling jatuh cinta. Akhirnya, keduanya sama-sama berjuang untuk menjadi musisi hebat yang mendunia.

Anime yang pertama kali mengudara di tahun 2007 ini akan memanjakan kamu dengan alunan musik klasik, humor yang bagus dan tentu saja cerita yang berkualitas. For your info, Nodame Cantabile ini memiliki lebih dari satu season.

Namun tentu semuanya sangat menarik untuk disimak. Oh ya, anime ini juga diangkat kedalam drama live action dengan judul yang sama, Nodame Cantabile. Drama tersebut dibintangi oleh Hiroshi Tamaki dan Juri Ueno. Kamu penasaran dengan kelanjutan kisah Shinichi dan Nodame? Langsung saja tonton Nodame Cantabile, ya!

14. Fuuka

anime musik_Fuuka_
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Drama, Romance, Ecchi
  • Produksi: Diomedea
  • Sutradara: Kusakawa Keizou
  • Pengisi Suara: Lynn, Hayama Sori, Kobayashi Yuusuke, Komatsu Mikako, Saitou Souma, Okitsu Kazuyuki
  • Jumlah Episode: 12

Fuuka, anime yang mengikuti cerita kehidupan seorang siswa SMA bernama Haruna Yuu. Dia baru saja pindah ke Tokyo bersama saudara perempuannya, setelah ayah mereka dipaksa pindah ke luar negeri untuk bekerja.

Sambil melihat akun Twitternya, Yuu sedang dalam perjalanan untuk membeli makan malam. Tiba-tiba, seorang gadis SMA menabraknya. Yuu terpikir untuk mengambil foto bagian dalam roknya, tapi gadis itu mengambil ponsel Yuu dan memecahkannya. Tidak hanya itu, Yuu pun ditampar sebelum gadis itu pergi. 

Kemudian Yuu mengetahui kalau gadis yang menabraknya adalah Akitsuki Fuuka dan satu sekolah dengannya. Fuuka merupakan gadis yang berbeda, karena dijaman modern ini dia tidak memiliki ponsel. Dia bahkan mendengarkan musik melalui pemutar CD.

Tak lama, Yuu dan Fuuka menjadi lebih dekat dan memutuskan untuk membentuk band bersama teman-teman mereka.

15. Kono Oto Tomare!

anime musik_Kono Oto Tomare!_
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: Platinum Vision
  • Sutradara: Mizuna Ryouma
  • Pengisi Suara: Uchida Yuuma, Tanezaki Atsumi, Matsumoto Sara, Enoki Junya, Namikawa Daisuke, Iguchi Yuuichi, Ishiya Haruki, Furukawa Makoto
  • Jumlah Episode: 13

Kono Oto Tomare!, mengikuti sekelompok musisi yang bercita-cita untuk bermain dalam kompetisi nasional. Kudou Gen adalah seorang pembuat koto (alat musik tradisional Jepang, mirip kecapi). Dia percaya cucunya, Chika, tidak akan pernah mengerti kedalaman musik tradisional ini. 

Dalam upaya untuk menebus kenaifannya, Chika mencoba memahami kata-kata dari mendiang kakeknya dan bergabung dengan Klub Koto SMA Tokise. Meskipun klub membutuhkan anggota baru, tapi ketua klub, Kurata Takezou, tidak mau menerima Chika begitu saja. Apalagi mengetahui reputasi Chika yang buruk.

Tapi, setelah melihat keseriusan dan antusiasme Chika, akhirnya Takezou mengizinkan Chika untuk bergabung. Selain itu, Houzuki Satowa dan tiga teman Chika yang energik juga ikut bergabung dalam klub tersebut. Mereka berharap bisa membuat sebuah keajaiban dengan koto.

16. White Album 2

anime musik_White Album 2_
  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Drama, Romance, Slice of Life
  • Produksi: Satelight
  • Sutradara: Andou Masaomi
  • Pengisi Suara: Nabatame Hitomi, Yonezawa Madoka, Mizushima Takahiro
  • Jumlah Episode: 13

White Album 2 diadaptasi dari trilogi visual novel dewasa dan merupakan musim ke dua dari seri White Album. Ceritanya mengikuti kisah pada semester terakhir Haruki dengan romansa yang kompleks dan musik yang menggembirakan. 

Kitahara Haruki bermimpi bisa tampil di festival sekolah pada tahun terakhirnya. Tapi, mimpi tersebut tidak akan pernah terwujud karena klub musiknya berada di ambang pembubaran. Haruki melihat sebuah album berjudul ‘White Album’, yang merupakan lagu pertama yang ia mainkan. 

Tersisa 30 hari menuju festival budaya sekolah, Haruki mencari cara agar impiannya tampil di atas panggung festival bisa terwujud. Haruki merekrut dua anggota baru untuk bergabung dalam klub musik. Namun, hidup Haruki menjadi lebih rumit dari yang diperkirakannya setelah merekrut dua anggota baru tersebut.

17. Uta no☆Prince-sama♪ Maji Love 1000%

anime musik_Uta no☆Prince-sama♪ Maji Love 1000%__
  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Comedy, Romance
  • Produksi: A-1 Pictures
  • Sutradara: Kou Yuu
  • Pengisi Suara: Miyano Mamoru, Terashima Takuma, Shimono Hiro, Suwabe Junichi, Suzumura Kenichi, Taniyama Kishou, Sawashiro Miyuki
  • Jumlah Episode: 13

Uta no Prince sama, merupakan anime yang diadaptasi dari game berjudul sama. Nanami Haruka sangat mengagumi Hayato yang merupakan idol populer. Karena idolanya itu, dia bercita-cita menjadi seorang komposer terkenal.

Demi mencapai tujuannya itu, Haruka mendaftar ke Saotome Akademi, sebuah sekolah kejuruan yang terkenal dengan seninya.

Setelah masuk ke sekolah itu, Haruka menyadari mulai dari staf hingga kepala sekolah adalah orang-orang penting yang menjadi idol, komposer bahkan penyair. Selain itu, murid-muridnya pun merupakan calon idola dan komposer di masa depan yang berbakat. 

Persaingan antar siswa pun menjadi sangat ketat, dengan kemungkinan perekrutan oleh agen setelah lulus pun semakin tinggi. Ketika berusaha untuk mencapai mimpinya di akademi, Haruka menemukan enam orang pria yang sangat gagah yang bisa diajaknya untuk bekerjasama.

18. Paripi Koumei

anime musik_Paripi Koumei_

Paripi Koumei dikenal juga dengan judul Ya Boy Kongming!. Anime ini merupakan salah satu anime musim semi 2022 yang diadaptasi dari seri manga dengan judul sama. Ceritanya mengikuti kisah seorang ahli strategi militer terkenal, Zhuge Kongming.

Setelah memimpin pasukan militer dan melalui pertarungan yang melelahkan, Kongming jatuh sakit parah. Pada detik-detik terakhir nafasnya, Kongming berharap bisa bereinkarnasi dan dilahirkan kembali ke era yang damai.

Kemudian keinginan Kongmin menjadi kenyataan. Dan ketika tersadar, kini Kongming berada di Tokyo era modern dengan tubuh yang lebih muda tapi ingatan masa lalunya masih utuh.

Di dunia yang asing, ia bertemu dengan seorang gadis bernama Tsukimi Eiko, seorang calon penyanyi. Perjalanan kehidupan kedua Kongming pun dimulai.

19. Tari-Tari

taritari anime
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Slice of Life
  • Produksi: P.A. Works
  • Sutradara: Masakazu Hashimoto
  • Pengisi Suara: Nobunaga Shimazaki, Saori Hayami, Ayahi Takagaki, Natsuki Hanae, Ayahi Takagaki 
  • Jumlah Episode: 13

Ada juga anime tentang musik berjudul Tari-Tari yang tentunya nggak kalah seru untuk ditonton. Anime ini berkisah tentang anak-anak SMA yang membentuk grup paduan suara di sekolah.

Ide pembentukan grup ini muncul dari Konatsu Miyamoto, gadis yang tidak diizinkan tampil dan bergabung dengan grup paduan suara di sekolahnya karena sudah melakukan kesalahan fatal setahun sebelumnya. Konatsu akhirnya mengajak beberapa temannya untuk bergabung dengan grup paduan suara yang Ia bentuk.

Oh ya, tidak cuma bertemakan musik saja, Anime yang satu ini juga bercerita tentang lika-liku kehidupan para tokohnya, lho. Tari-Tari yang tayang tahun 2012 silam ini juga sangat layak untuk kamu saksikan. Dijamin, kamu akan ketagihan menontonnya.

20. So Ra No Wo To

anime musik_So Ra No Wo To_
  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Sci-Fi, Slice of Life
  • Produksi: A-1 Pictures
  • Sutradara: Kanbe Mamoru
  • Pengisi Suara: Yuuki Aoi, Kanemoto Hisako, Kobayashi Yuu, Endou Aya, Kitamura Eri, 
  • Jumlah Episode: 12

Di pinggiran negara Helvetia, terdapat sebuah kota tenang bernama Seize. Para warga menjalani kehidupan sehari-hari mereka tanpa terganggu oleh hubungan militer antara Helvetia dan Kekaisaran Romawi yang semakin menegang.

Di sebuah Benteng Menara Jam di Seize, Kanata Sorami direkrut. Dengan semangat, dia belajar untuk mengejar mimpinya bermain terompet. Dibimbing oleh Sersan Mayor, Kazumiya Rio, Kanata sangat semangat karena seniornya merupakan pemain terompet yang mahir. 

Terlepas dari dunia disekitarnya yang hampir runtuh, Kanata mengalami kehidupan yang menyenangkan. Bersama dengan rekan-rekannya, Noel Kannagi, Kureha Suminoya dan Kapten Felicia Heideman, mereka menikmati keindahan hidup di kota Seize.

Itulah judul-judul anime tentang musik yang seru dan menarik untuk ditonton. Adakah salah satu di antara ketujuh anime di atas yang sudah kamu saksikan? Jika iya, sampaikan pendapatmu tentang anime tersebut di kolom komentar di bawah, ya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram