Bacaterus / Film Anime / Inilah Rekomendasi 10 Anime tentang Game yang Seru

Inilah Rekomendasi 10 Anime tentang Game yang Seru

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bisa dikatakan, genre isekai yang memiliki konsep tersesat atau terjebak dalam dunia game maupun dunia lain telah menjadi salah satu genre serial animasi Jepang yang tengah mewabah. Kesuksesan Sword Art Online maupun Overlord yang mengisahkan petualangan dalam dunia maya meraih hati para fans membuat genre sejenis menjadi sangat populer.

Namun, anime tentang game tidak melulu tentang ‘terjebak’ tapi ada juga diantaranya yang benar-benar mengisahkan tentang sebuah permainan. Lagipula game, komik dan anime merupakan satu bagian yang tidak terlepaskan dalam lini pop culture ini. Dan, inilah judul-judul anime seru yang mengangkat tema tentang game.

1. Gundam Build Series

Gundam Build Series (Copy)

Gundam Build Fighters, Gundam Build Fighters Try, Gundam Build Diver, Gundam Build Re:Rise. Itulah judul-judul yang telah dikembangkan oleh seri Gundam yang satu ini. Temanya adalah tentang merakit model kit Gundam, kemudian di-custom dan dipertandingkan, atau bertempur. Gundam Build menghadirkan permainan dimana para pehobi Gundam saling adu kekuatan model kit mereka.

Meski meleset dari konsep awalnya yang menghadirkan tema militer, politik dan peperangan menggunakan robot raksasa, harus diakui bahwa pada akhirnya, salah satu waralaba serial mecha paling kenamaan ini pada berhasil meraih simpati banyak fans. Dan pastinya, membuat kita ‘keracunan’ untuk membeli model kit Gundam atau biasa disebut Gunpla.

2. Quan Zhi Gao Shou (The King’s Avatar)

Quan Zhi Gao Shou (The King’s Avatar) (Copy)

Bisa jadi, anime ini adalah salah satu anime tentang game terbaik yang pernah disuguhkan lewat layar kaca. Kalau kamu suka esports, bermain game MOBA atau MMORPG, ini adalah tontonan yang bakal menjadi favorit kamu. Kisahnya sendiri tentang seorang gamer pro kenamaan yang dipaksa hengkang dari dunia profesional lalu menjadi penjaga warnet dan mulai comeback ke dunia game.

Tepatnya, The King’s Avatar adalah sebuah donghua atau film animasi Tiongkok. Kisah ini diangkat dari light novel karya Hu Dielan yang diadaptasi oleh jaringan Tencent. Yang membuat serial ini menarik adalah, kita akan melihat bagaimana para gamer pro saling adu strategi untuk menjadi yang terbaik dan tentu saja adegan laga dalam dunia mayanya bikin ketagihan.

3. No Game No Life

No Game No Life (Copy)

Dalam anime, memasak dan bermain gansing saja bisa menjadi tema yang sangat seru. Begitu juga dengan anime yang satu ini. Kamu akan melihat bagaimana permainan catur berubah bak pertempuran para ksatria, bahkan permainan sederhana seperti jankenpon memiliki strategi yang membuat kita memutar otak.

No game No Life mengisahkan kakak beradik Sora dan Shiro yang kenamaan di dunia game, bertanding catur dengan seorang dewa. Berhasil menang atas entitas tersebut, sang dewa lantas membawa mereka ke sebuah dunia bernama Disboard, dimana segala macam konflik di dunia tersebut diselesaikan dengan bermain game, meski harus mencurangi lawan mereka.

4. Btooom!

Btooom! (Copy)

Sakamoto Ryouta adalah seorang pengangguran sejati. Yang ia lakukan hanyalah bermain game dan sangat mahir dalam bermain Btooom!, sebuah game battle royal yang berpusat pada penggunaan bahan peledak.

Satu kali, ia terbangun di sebuah pulau dan apa yang ia mainkan tersebut kini menjadi kenyataan. Singkatnya, ia harus bermain Btooom! dalam dunia nyata. Btooom! Bukan sebuah tontonan yang direkomendasikan bagi anak-anak dibawah umur mengingat adegan kekerasan dan tema psikologi yang ada di dalamnya.

Kita akan dibawa untuk melihat bagaimana Sakamoto berusaha mengalahkan pemain lain dan lolos dari permainan yang kini, bukan hanya sekedar sebuah game belaka.

5. Accel World

Accel World (Copy)

Semuanya berawal saat Haruyuki Arita, seorang pemuda yang kelebihan berat badan dan sering di-bully di sekolahnya bertemu Kuroyukihime, seorang gadis yang cantik, populer dan merupakan Wakil ketua OSIS di sekolahnya. Gadis inilah yang kemudian membawa Haru bertualang di dunia digital demi mendapatkan sebuah program bernama Brain Burst.

Menurut para kritikus, Accel World merupakan salah satu anime yang dinilai mampu menyaingi keseruan Sword Art Online. Kisah yang diadaptasi dari manga karya Reki Kawahara dan artist Ayato Sasakura ini juga mampu menghadirkan cerita yang relate dengan dunia nyata.  

6. Log Horizon

Log Horizon (Copy)

Sama seperti hack atau Sword Art Online (SAO), Log Horizon menceritakan tentang petualangan terjebak dalam dunia game, tapi kali ini, game dengan titel Elder Tale ini sama sekali tidak mengancam nyawa pemainnya. Tapi Log Horizon bisa dikatakan cukup suskses bahkan mampu menyaingi SAO, juga Overlord.

Log Horizon menceritakan kisah tentang seorang gamer veteran bernama Shiroe yang sangat ahli dalam berstrategi, bertualang dalam dunia Elder Tale demi mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dalam game tersebut dan membantu para pemain yang terjebak di dalamnya untuk dapat lolos. Plot ceritanya standar isekai tapi anime ini adalah salah satu yang terbaik di genrenya.

7. Summer Wars

Summer Wars (Copy)

Para penggemar anime sepertinya tidak asing dengan judul yang satu ini. Summer Wars mengisahkan sebuah dunia game digital bernama OZ, dimana didalamnya orang-orang bisa berinteraksi melalui game, berbelanja, chatting dan masih banyak lagi. Para penggunanya pun bebas untuk menggunakan avatar yang mereka kenakan dalam dunia itu.

Suatu kali, OZ diretas oleh seorang hacker yang mengambil nama Love Machine. Seorang pengguna OZ yang kenamaan yaitu King Kazma menantang sang peretas dalam permainan kartu demi menyelamatkan dunia. Anime ini tidak melulu menceritakan peristiwa di dunia maya, tetapi juga Jepang di dunia riil. Dan permainan kartu yang seru dan menegangkan itu memang keren.

8. Darwin’s Game

Darwin’s Game (Copy)

Yang satu ini adalah anime yang menggabungkan game dengan dunia nyata. Dimana Darwin’s Game merupakan sebuah game mobile yang dapat memberikan kekuatan unik pada para pemainnya dan pesertanya harus saling mengalahkan, bahkan hingga saling bunuh. Game yang cukup menyeramkan memang.

Sudou Kaname yang tidak menyadari betapa berbahayanya Darwin’s Game menerima undangan temannya untuk memasang aplikasi tersebut di ponsel tanpa menyadari betapa berbahayanya game tersebut. Anime ini baru saja tayang pada 3 Januari 2020. Untuk kamu yang penasaran, silahkan ikuti karena serial ini sepertinya akan memiliki banyak penggemar.

9. Infinite Dendrogram

Infinite Dendrogram (Copy)

Layaknya anime isekai atau yang mengisahkan tentang game, Infinite Dendrogram menceritakan petualangan dalam sebuah game VRMMO yang memiliki nama sesuai judulnya. Mukudori Reiji mencoba game tersebut dimana ia diperlengkapi dengan sebuah ‘jimat’ yang memiliki sebutan Embriyo.

Ketika Reiji baru mencoba game tersebut, ia mendapatkan sebuah quest untuk mencari dan menyelamatkan seorang gadis. Ditemani ‘saudaranya’ –yang adalah manusia setengah beruang- ia menjalani misi yang mendadak menjadi sangat sulit. Saat itulah ia menyadari kekuatan dari Embriyo-nya. Judul ini baru memulai serialisasinya di layar kaca pada 9 Januari 2020.

10. I Hate Being in Pain, So I Think I’ll Make a Full Defense Build

I Hate BI Hate Being in Pain, So I Think I’ll Make a Full Defense Build (Copy)eing in Pain, So I Think I’ll Make a Full Defense Build (Copy)

Potential wifu alert!’ langsung saja diberi tahu (supaya para wibu lebih bersemangat ya!). Memiliki judul asli BOFURI: I Don’t Want to Get Hurt, so I’ll Max Out My Defense, serial ini diangkat dari light novel karya Yuumikan dan ilsutrasinya dibuat oleh Koin. Animenya sendiri baru saja tayang perdana pada 8 Januari 2020.

Kaede Honjo atau Maple sama sekali tidak mengetahui apa-apa tentang game VRMMO yang bernama New World Online. Ia pun membuat karakter dengan kekuatan bertahan yang sangat tinggi meski harus menghadapi konsekuensi bahwa ia tidak bisa menggunakan kekuatan sihir. Namun pada akhirnya, ia mampu menahan segala jenis serangan yang ditujukan padanya.

Meski sangat terkenal dan sukses besar, Sword Art Online juga Overlord bukan berarti dua anime tersebut selalu mendominasi favorit para penggemar anime. Masih ada judul-judul lain bahkan masih baru sekalipun yang tidak kalah serunya dengan kedua judul tersebut.

Silahkan dipilih mana kira-kira yang kamu sukai. Ada beberapa serial baru juga yang kami rekomendasikan. Mumpung masih hangat, silahkan disimak dan jangan lupa untuk memberitahu anime mana saja paling kamu suka di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *