9 Anime Suspense yang Plotnya Dipenuhi Cerita Seru

Ditulis oleh Siti Hasanah

Kalau ditelaah berdasarkan definisi, genre suspense itu memang agak sulit. Tapi secara umum, suspense adalah genre yang mengedepankan isi yang membuat penonton penasaran dengan kelanjutan adegan dalam sebuah film atau serial.

Meskipun genre misteri juga berfokus pada hal yang sama, tapi suspense biasa menampilkan karakter utama atau penjahatnya sejak awal. Genre suspense juga cukup banyak melatari cerita dalam anime. Kalau penasaran dengan genre anime lain, silahkan mampir ke artikel Genre Anime ini.

Death Note, Higurashi no Naku Koro ni, atau Gyakkyou Burai Kaiji: Ultimate Survivor adalah beberapa anime lawas yang mengusung genre ini. Selain dua judul serial anime di atas, Bacaterus masih punya deretan judul lainnya di bawah ini. Simak yuk informasinya!

1. Classroom of the Elite Season 2 

anime suspense_Classroom of the Elite Season 2_

Serial anime yang mempunyai kisah lanjutan di tahun 2022 ini masih mengambil latar di sekolah elite yang terletak di Tokyo. Sekolah ini mampu memberikan jaminan semua muridnya mempunyai masa depan yang lebih baik. 

Kisah dalam anime ini berfokus pada murid laki-laki bernama Kiyotaka Ayanokouji, seorang siswa yang masuk ke Kelas 1-D. Anak pendiam itu sebenarnya cerdas, tapi ia tidak menunjukkannya di kelas.

Suatu hari, Kiyotaka harus lebih serius belajar demi menyelamatkan kelasnya. Di tengah upayanya, wali kelasnya, Chabisara Sae, berulah dan membuat Kiyotaka dipanggil ke ruang guru untuk klarifikasi. 

Kiyotaka pun harus berupaya untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi yang bergengsi. Nah, kisah dalam musim kedua serial anime ini menggambarkan plot di manga-nya. 

2. Talentless Nana 

anime suspense_Talentless Nana_
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Supernatural, Suspense 
  • Produksi: Bridge
  • Sutradara: Shinji Ishihira
  • Pengisi Suara: Rumi Ookuo, Yuuichi Nakamura
  • Jumlah Episode: 13

Dalam anime ini menggambarkan keadaan Bumi lima puluh tahun yang lalu di mana makhluk mengerikan yang disebut Musuh Umat Manusia muncul. Ini merupakan sebuah ancaman bagi seluruh kehidupan manusia di planet ini. 

Para remaja yang mempunyai kekuatan Pyrokinesis mencoba untuk menyelamatkan manusia. Mereka mengasah kemampuan tersebut di sebuah akademi yang terletak di pulau terpencil.

Akan tetapi, Nanao Nakajima tidak seperti anak berkemampuan pyrokinesis lainnya. Ia tidak punya bakat apa pun, karena itulah ia sering menjadi target perundungan. 

Namun, Nanao berusaha menyelesaikan pelatihannya. Apalagi muncul dua siswa pindahan yang misterius, yakni Kyouya Onodera dan Nana Hiiragi yang memaksa Nanao untuk berlatih keras. Ia tidak bisa membiarkan kejadian lenyapnya teman-temannya terus berlanjut dan memakan korban lebih banyak. 

3. Vivy: Fluorite Eye’s Song 

anime suspense_Vivy Fluorite Eye’s Song_

Serial anime satu ini menggambarkan keadaan di mana AI sudah berevolusi menjadi satu kekuatan yang menyerang manusia. Mereka ingin membasmi manusia karena dianggap mengganggu kehidupan. 

Seorang ilmuwan mencoba untuk mencegah kemungkinan terburuk dengan memutar kembali waktu ke titik saat AI dibuat untuk menjalankan operasi untuk manusia. Ada satu karakter sentral dalam animenya, yakni Vivy, AI pertama yang dibuat untuk menyebarkan kebahagiaan melalui suaranya. 

Vivy selalu datang ke taman hiburan dan bernyanyi di sana, tapi tidak pernah ada yang mau mendengarkan suaranya. Dia berusaha untuk mencurahkan jiwanya dalam setiap penampilannya.

Suatu hari ada AI canggih yang meminta bantuan Vivy untuk mencegah bencana perang. Vivy lalu terlempar ke satu abad kemudian dan berusaha menghindarkan manusia dari ancaman itu. 

4. Re:Zero -Starting Life In Another World- Season 2 

anime suspense_ReZero -Starting Life In Another World- Season 2_
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Drama, Fantasy, Suspense 
  • Produksi: White Fox 
  • Sutradara: Masaharu Watanabe 
  • Pengisi Suara: Rie Takahashi, Yuusuke Kobayashi 
  • Jumlah Episode: 13

Reuni yang seharusnya mendatangkan kedamaian malah berujung kehancuran bagi manusia saat Subaru Natsuki dan Emilia kembali ke Desa Irlam, asal mereka.

Subaru tenggelam dalam keputusasaan melihat kehancuran desa akibat ulah Uskup Agung. Ia semakin frustrasi karena kemampuannya tidak berhasil menolong siapa pun. 

Saat kelompok lain berusaha untuk menemukan jawaban, Subaru tidak sengaja bertemu dengan penyihir Echidna. Dia dipaksa untuk tunduk pada nafsu liarnya yang berpotensi menimbulkan ancaman bagi orang lain di Sanctuary.

Didorong oleh keputusasaan untuk menyelamatkan orang-orang, Subaru mau tak mau harus berusaha lebih keras demi orang-orang yang dicintainya. 

5. Moriarty The Patriot 

anime suspense_Moriarty The Patriot_

Anime yang diadaptasi dari manga berjudul sama ini mengambil latar akhir abad ke -19 di mana Inggris Raya menjadi sebuah kerajaan paling besar di seluruh dunia.

Namun, di balik kejayaan kerajaan ini, ada hierarki ekonomi yang kaku dan mendikte rakyat, sehingga membuat rakyat kelas pekerja tidak punya masa depan yang lebih baik.

William James Moriarty, putra kedua dari keluarga Moriarty dan saudara-saudaranya berusaha mengubah sistem kotor itu dan merekonstruksinya agar bisa lebih pro rakyat kecil.

Moriarty dan sudara-sudaranya menjadi konsultan bagi rakyat jelata dan membantu memecahkan masalah mereka. Mereka tidak setengah-setengah dalam membantu, meskipun harus dengan cara paling ekstrem sekalipun. 

6. Steins:Gate 0 

anime suspense_SteinsGate 0_
  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: drama, Sci-fi, Suspense 
  • Produksi: White Fox
  • Sutradara: Kenichi Kawamura
  • Pengisi Suara: Mamoru miyano, asami imai, kana hanazawa, Yukari tamura, tomokasu seki, Sayuri yahagi 
  • Jumlah Episode: 23

Okabe Rintarou adalah tokoh sentral di jagat anime Steins:Gate O. Ia adalah seorang ilmuwan yang tertekan dan frustrasi karena gagal menyelamatkan temannya, Makise Kurisu.

Ia pun meninggalkan alter ego ilmuwannya dan hidup sebagai mahasiswa biasa yang dikelilingi temannya. Okabe menghabiskan waktunya untuk bertualang sendirian. 

Saat tengah bekerja sambilan sebagai resepsionis di sebuah forum teknologi, Okabe bertemu Maho Hiyajo. Dia kemudian menjadi juru bahasa pada presentasi yang dipimpin oleh seorang profesor.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram