Bacaterus / Film Anime / Dahsyat Penuh Aksi, Inilah 10 Anime Superpower Terbaik

Dahsyat Penuh Aksi, Inilah 10 Anime Superpower Terbaik

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Maret 2020

Shonen merupakan genre anime yang paling digandrungi oleh orang banyak. Menghadirkan kisah petualangan juga aksi, tokoh utamanya sering kali diceritakan memiliki perkembangan from zero to hero melalui proses yang bisa dikatakan cukup kompleks.

Dan yang tidak kalah menarik, kekuatan-kekuatan unik yang dimiliki para tokoh utama dalam ceritanya. Kekuatan super ini bermacam-macam. Baik itu faktor genetik, ada yang didapatkan melalui latihan seiring petualangan yang mereka jalani, mengkonsumsi sesuatu dan lain-lain.

Di sini, banyak anime bertemakan kekuatan super yang pernah tayang bahkan sejak tahun 90-an. Kami merangkum beberapa anime terbaik yang menghadirkan tema superpower. Simak berikut ini ya!

1. Dragon Ball

Dragon Ball

Siapa yang tidak tahu dengan serial Dragon Ball yang pernah tayang di salah satu stasiun televisi nasional di sini. Serial animasi ini bahkan sangat populer di kalangan anak 90’s malahan kebanyakan dari mereka menunjuk anime yang diangkat dari manga karya Akira Toriyama ini sebagai salah satu anime favorit sepanjang masa.

Kisah yang memulai serialisasinya sejak tahun 1984 ini menceritakan tentang petualangan sang karakter utama, Son Goku yang mencari tujuh bola naga yang jika dikumpulkan menjadi satu, dapat mewujudkan permintaan pemegangnya. Seiring berjalannya cerita, Goku pun dikisahkan menjadi semakin kuat dengan jurus andalannya, Ka-me-ha-me-ha…! Pasti langsung ingin diperagakan ya?

2. One Piece

One Piece

Sejujurnya, mangaka Eiichiro Oda memang adalah seorang fans berat Dragon Ball. Jadi, tidak heran jika ia kemudian menelurkan sebuah karya yang bisa dibilang sebagai salah satu masterpiece di dunia manga dan anime, yaitu One Piece. Di Indonesia, anime dan manganya juga sangat populer dan serial favorit para milenial jaman now.

One Piece mengisahkan petualangan Luffy dan kawan-kawan Straw Hat Pirates-nya dalam mencari harta karun peninggalan raja bajak laut Gol D. Roger. Kekuatan super yang hadir dalam serial ini unik dan bermacam-macam tergantung dari ‘buah iblis’ yang dikonsumsi karakternya. Kemudian muncul juga kekuatan yang disebut ‘haki’ dan semakin membuat One Piece begitu adiktif.

3. Naruto

Naruto

Naruto….! Sasuke…! Ya, sangking populernya, teriakan perang kedua sahabat yang terpaksa saling berlawanan itu begitu ikonik, menempel dalam kepala para penggemar animenya di Indonesia. Maklum, selain Dragon Ball dan One Piece, serial ini juga sangat dikenal di sini. Sekarang, aksi anak Naruto yaitu Boruto bisa disaksikan lewat serialnya sendiri.

Kisah yang ditulis oleh Masashi Kishimoto ini menceritakan Uzumaki Naruto, seorang anak laki-laki yang bercita-cita untuk menjadi Hokage. Berbagai kekuatan dari para ninja dalam Naruto dapat kita lihat disini. Kekuatan tersebut datang dari ‘chakra’ yang kemudian ditumpahkan lewat sebuah teknik atau biasa disebut Jutsu. Kage Bunshin no Jutsu…! Ingat, jangan diperagakan…

4. My Hero Academia

My Hero Academia

Saat seluruh orang di dunia memiliki kekuatan super yang disebut ‘quirk’, Midoriya Izuku terlahir tanpa kekuatan tersebut. Namun satu kali, pahlawan super paling kenamaan All Might, ‘mewariskan’ quirk miliknya pada Midoriya sehingga pemuda yang biasa disebut dengan panggilan Deku tersebut dapat bergabung di sekolah superhero.

Disebut-sebut sebagai generasi baru shonen yang telah siap untuk menjadi suksesor dari judul-judul genre serupa sebelumnya. Memiliki judul Boku no Hero Academia dalam bahasa Jepang, mangaka Kōhei Horikoshi menyuguhkan konsep baru di genre shonen, yaitu, superhero. Mungkin sedikit memiliki aroma X-Men dipadu cerita ala Harry Potter.

5. One Punch Man

One Punch Man

Satu lagi anime populer yang tengah menjadi favorit para fans. Uniknya, serial ini berbeda dengan genre shonen lain karena sang karakter utama yaitu Saitama tidak mengalami proses perkembangan kekuatan melalui latihan dan pegalamannya.

Tapi, dia justru telah memiliki kekuatan super yang sangat dahysat hingga bisa melumpuhkan musuh dalam satu pukulan saja. Kisahnya sendiri berpusat pada Saitama yang berusaha untuk menaikan levelnya menjadi superhero papan atas di dunia yang kotanya hanya memiliki nama A sampai Z.

Ia kemudian bertemu dengan seorang cyborg bernama Genos yang ingin berguru dan menjadi semacam side kick dari pahlawan berkepala pelontos ini. Penuh aksi dan kocak adalah ciri khas dari One Punch Man.

6. JoJo’s Bizarre Adventure

JoJo’s Bizarre Adventure

Sebenarnya, manga JoJo’s Bizarre Adventure telah memulai serialisasinya sejak tahun 1984 sehingga bisa dikategorikan sebagai judul klasik. Setelah sempat menjadi film lepas bahkan gamenya hadir untuk platform Playstation, anime dari cerita hasil rekaan Hirohiko Araki ini sendiri baru tayang di layar kaca pada tahun 2012 dan tentu saja menjadi salah satu anime favorit para fans.

Uniknya, Jojo’s Bizarre Adventure tidak mengisahkan petualangan satu orang saja. Ceritanya dimulai dari kisah Jonathan Joestar di Inggris pada abad 19. Jonathan kemudian mempelajari kekuatan bernama Hamon, yang lantas diwarisi secara turun-menurun pada keturunannya yang memiliki satu musuh abadi, yaitu Dio.

7. Hunter x Hunter

Hunter x Hunter

Hunter x Hunter bercerita tentang petualangan Gon, seorang anak laki-laki yang memiliki cita-cita untuk menjadi seorang Hunter. Dalam usahanya untuk menjadi Hunter terbaik, ia bertemu dengan Kurapika, Leorio dan Kilua. Lantas, merekapun bertualang bersama.

Kekuatan super yang dihadirkan dalam serial ini bernama Nen dan ternyata, Gon menyimpan kekuatan yang keren banget. Lagi-lagi salah satu anime yang pernah hadir di layar kaca Indonesia dan memiliki basis fans yang cukup loyal.

Kisah yang lahir dari tangan Yoshihiro Togashi ini telah dimulai sejak tahun 1998. Sempat mengudara pada tahun 1999, animenya kemudian diperbaharui pada tahun 2011. Sebagai informasi, bahkan manganya pun belum tamat dan tengah memasuki masa break atau hiatus.

8. Saint Seiya

Saint Seiya

Tidak mungkin rasanya jika anak 90-an tidak mengenal serial yang satu ini. Sempat ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta Indonesia, pada masanya, Saint Seiya mungkin adalah Naruto-nya anak-anak masa itu. Selain cerita, salah satu faktor yang membuat kita menyukai Saint Seiya adalah karena mereka merupakan para ksatria zodiac.

Ceritanya adalah mengenai Seiya sang ksatria Pegasus yang harus menyelamatkan Saori atau Athena dari ancaman kekuatan jahat yang menyusup dalam diri para ksatria zodiak. Kekuatan super dalam serial ini disebut ‘cosmo’. Sekarang, Saint Seiya mendapatkan adapatasi barunya yang mengudara lewat Netflix.

9. The Seven Deadly Sins

The Seven Deadly Sins

Salah satu anime kenamaan masa kini yang masuk daftar favorit para fans. Cerita hasil rekaan Juichi Yamaki ini mengisahkan tentang kelompok ksatria perkasa di negeri fiksi bernama Britannia.

Mereka disebut sebagai The Seven Deadly Sins karena kesalahan-kesalahan yang pernah mereka perbuat di masa lalu. Merekapun harus menghadapi kekuatan iblis yang kembali bangkit di negeri tersebut.

Sebenarnya, kekuatan super yang ditampilkan dalam anime yang berjudul asli Nanatsu no Taizai dalam bahasa Jepang ini berbasis ilmu sihir. Hanya saja, ditampilkan dengan aksi memukau ala pertempuran di Dragon Ball. Serial animenya masih terus berjalan dan kalau kamu belum menyaksikannya, mungkin bisa dimulai dari sekarang.

10. Fire Force

Fire Force

Fire Force atau En’en no Shōbōtai menceritakan pemuda bernama Shinra Kusakabe yang bergabung dalam brigade 8 fire force untuk menghadapai ancaman ‘spontaneus human combustion’, kondisi saat seseorang berubah menjadi kobaran api hidup yang disebut ‘Infernal’. Diadaptasi dari manga karya Atsushi Ōkubo, anime ini baru saja tayang pada tahun 2019.

Fire Force disini bukanlah pemadam kebakaran biasa. Tapi, orang-orang dengan kemampuan pyrokinetic yang berjibaku membasmi para Infernal. Disuguhkan dengan gaya suspense, Fire Force menghadirkan aksi seru dan misteri disaat yang bersamaan. Puncaknya adalah, ketika sebuah sekte berusaha merubah dunia dengan cara dan kepercayaan mereka sendiri.

Anime-anime tersebut bukan hanya menyuguhkan aksi keren karena karakter-karakternya yang  memiliki kekuatan super. Tapi juga, kisah tentang persahabatan bahkan bumbu cinta sehingga membuat penontonnya tersentuh.

Jika kami bertanya anime mana yang menajdi favorit kamu, bisa jadi anime yang berada tiga urutan teratas bakalan keluar jadi pemenang. Bahkan, Dragon Ball sekarang telah memiliki serial baru yaitu Dragon Ball Super. Tapi kamu mungkin punya anime tentang superpower yang ingin kamu rekomendasikan. Silahkan ditulis di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *