bacaterus web banner retina

20 Anime Terbaru yang Tayang di Musim Semi (Spring) 2022

Jepang sangat kental dengan hiburan animasinya yang disebut dengan anime. Setiap musim, banyak rumah produksi anime yang menelurkan anime menghibur dengan berbagai genre. Khusus di musim semi (spring), ada banyak pilihan anime yang bisa ditonton. Bahkan, anime yang masuk dalam daftar ini juga memiliki rating yang bagus di MyAnimelist.net.

Tidak hanya itu saja, anime spring di tahun sekarang juga banyak yang meneruskan anime di season sebelumnya. Jadi, tidak heran kalau banyak pecinta anime yang menunggu daftar anime terbaru di musim semi ini. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, silakan baca terus artikel ini sampai akhir, ya!

1. Shadowverse Flame

shadowverse flame_
Tahun Rilis 2022
Genre
Produksi
Sutradara
Pemeran Yūto Uemura Hibiku Yamamura Kazuki Ura Shiori Izawa

Shadowverse Flame adalah anime yang diadaptasi dari sebuah video game dengan judul yang sama dan merupakan anime series ke-2. Ceritanya fokus pada pemain protagonis Ryuugasaki Hiro yang merupakan seorang siswa pindahan di Akademi Tensei. 

Hiro mengalami kejadian aneh setelah mendapatkan sebuah smartphone misterius. Di dalam smartphone itu terdapat sebuah game kartu yang populer. Melalui game tersebut, Hiro bertemu dengan rival dan teman baru yang ikut dalam pertandingan di permainan Shadowverse.

2. Paripi Koumei

paripi koumei_

Paripi Koumei merupakan anime adaptasi dari sebuah manga dengan judul yang sama. Anime ini diadaptasi dan diproduksi oleh P.A Works dan disutradarai oleh Honma Osamu.

Seorang Jendral bernama Kongmin di sepanjang hidupnya telah berjuang dalam menghadapi pertempuran yang tak terhitung jumlahnya. Hal tersebut membuat dirinya menjadi seorang pembuat strategi yang ulung. Kongmin berharap, jika ia dilahirkan kembali, ia bisa hidup damai di kemudian hari.

Lantas, suatu ketika tiba-tiba Kongmin dikirim ke sebuah pusat di kota moden: Tokyo! Bisakah Kongmin beradaptasi di kehidupan barunya yang lebih liar di sana?

3. Kawaii dake ja Nai Shikimori-san

kawaii dake ja nai _
Tahun Rilis 2022
Genre , ,
Produksi
Sutradara
Pemeran Saori Ōnishi Shūichirō Umeda

Kawaii dake ja Nai Shikimori-san merupakan sebuah anime adaptasi dari serial romantic-comedy manga karya Keigo Maki dengan judul yang sama. Ceritanya berpusat pada kisah Shikimori yang terlihat seperti seorang pacar sempurna. Shikimori adalah orang yang cantik, imut dan merupakan sosok yang menyenangkan.

Namun, Shikimori memiliki sisi gelap yang ‘keren’ dan sisi tersebut akan keluar ketika ia berada dalam situasi tertentu. Bahkan, Izumi yang merupakan pacarnya merasa senang di dekat Shikimori ketika sisi gelapnya keluar. Kira-kira sisi gelap Shikimori seperti apa yang sampai-sampai membuat Izumi senang?

4. Summer Time Rendering

summertime render_

Akhir-akhir ini banyak sekali anime yang diadaptasi dari serial manga maupun novel. Termasuk anime Summertime Rendering ini. Ceritanya berpusat pada seorang laki-laki bernama Shinpei yang kembali ke kampung halamannya.

Setelah mendengar kabar kematian teman masa kecilnya, Ushio, Shinpei kembali ke kota Wakayama yang merupakan kampung halamannya. Di sana ia bertemu kembali dengan teman masa kecil keluarganya. 

Namun, Shinpei menemukan sesuatu yang ganjal di kampung halamannya itu. Dengan bantuan Mio dan yang lainnya, Shinpei berusaha menguak misteri yang ada di sana dan menyelamatkan Mio sesuai permintaan terakhir Ushio.

5. Birdie Wing: Golf Girls’ Story

birdle wing_
Tahun Rilis 2022
Genre ,
Produksi
Sutradara
Pemeran Asami Seto Akari Kitō

Anime ini berpusat pada kisah remaja wanita yang merupakan pemain golf yang ada di negara Nafres di benua Eropa. Eve merupakan seorang wanita yang memiliki keterampilan bermain golf yang jenius. Eve menghabiskan kesehariannya dengan bermain golf untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Suatu ketika, Eve bertemu dengan seorang Aoi yang merupakan pemain golf elit dari sebuah perusahaan besar. Mereka adalah dua gadis yang berasal dari latar belakang yang berbeda dan gaya bermain golf yang berbeda pula. Permainan golf dari dua gadis yang berbeda pun dimulai.

6. Spy x Family

spy x family_

Anime ini diproduksi oleh dua rumah produksi yang terkenal, yaitu Wit Studio dan CloverWorks. Anime ini menceritakan ketika negara-negara yang ada di seluruh dunia ikut terlibat dalam perang informasi yang sengit. 


‘Twilight’ merupakan agen mata-mata dari Westalis. Ia adalah mata-mata terbaik dalam melakukan penyamaran untuk misi yang berbahaya atas nama perdamaian dunia. Twilight bekerja tanpa lelah untuk mencegah para ekstrimis memicu perang dengan negara tetangga, Ostania. 

Twilight memiliki sebuah misi rahasia untuk mengawasi pergerakan dari politisi Donovan Desmond. Ia adalah seorang presiden di Persatuan Nasional Timur, dan merupakan orang yang berbahaya yang mengancam perdamaian Timur-Barat. Kira-kira, apakah Twilight dapat menyelesaikan misinya dengan baik?

7. Tomodachi Game

tomodachi game_

Fokus pada kisah Katagiri Yuuicihi, seorang laki-laki murid SMA yang sangat menghargai persahabatan di atas segalanya. Katagiri menikmati kehidupan yang menyenangkan bersama teman-teman dekatnya, Sawaragi Shiho, Mikasa Tenji, Shibe Makoto dan Kokorogi Yutori.

Tapi, suatu ketika terjadi sebuah insiden yang membuat mereka terseret dalam sebuah permainan untuk membayar utang yang dikenal dengan ‘Permainan Persahabatan’. Game ini merupakan sebuah game psikologi yang menguji persahabatan mereka berlima.

8. Gunjou no Fanfare

gunjou no fanfare_

Akademi Keiba adalah sebuah sekolah khusus untuk pacuan kuda yang terkenal dan hanya menerima 10 sampai 20 siswa setiap tahunnya. Ceritanya mengikuti kisah tiga orang laki-laki berusia 15 tahun yang masuk ke akademi tersebut dan memiliki latar belakang yang berbeda-beda.

Tiga pemuda tersebut adalah Yu Arimura, seorang idol terkenal, kemudian ada Shun Kazenami, seorang anak laki-laki yang dibesarkan di pulau terpencil, dan Amane Grace, seorang anak blasteran Inggris-Jepang.

Kini saatnya mereka belajar dan latihan menjadi joki balap kuda professional. Bisakah mereka melewati tiga tahun sekolah yang tidak hanya menguji keterampilan motorik, tapi juga menguji keterampilan akademis dan fisik mereka?

9. Kunoichi Tsubaki no Mune no Uchi

kunoichi tsubaki_
Tahun Rilis 2022
Genre ,
Produksi
Sutradara
Pemeran Yuuko Natsuyoshi

Sekelompok Kunoichi tinggal jauh di pegunungan terpencil. Mereka dikenal dengan grup ‘Akane-gumi’. Kunoichi dan teman-temannya dibagi kedalam beberapa kelompok tanpa individualitas, dan mereka bekerja keras satu sama lain untuk mengasah keterampilan masing-masing.

DI Akane-gumi, ada aturan yang tidak boleh dilanggar, yaitu larangan untuk kontak dengan laki-laki. Namun, Tsubaki merasakan sesuatu yang aneh dan penasaran dengan sosok ‘laki-laki’.

Setiap kali ia memikirkan hal tersebut, maka rasa penasarannya semakin besar. Kira-kira apa yang akan dilakukan Tsubaki untuk mengatasi rasa penasarannya?

10. Yuusha, Yamemasu

yuusha, yamemasu_
Tahun Rilis 2022
Genre , , ,
Produksi
Sutradara
Pemeran Kensho Ono

Setelah menyelamatkan dunia, seorang pahlawan yang kuat bernama Leo mulai diasingkan di dunia manusia. Leo yang terlalu kuat, mencari pekerjaan di dunia Iblis yang telah ia kalahkan dan berniat untuk membangun kembali tentara iblis.

Banyak sekali permasalahan yang perlu diperbaiki di dunia iblis. Kemudian, Leo mulai memperbaiki segala permasalahan di sana dengan kekuatan yang dimilikinya. Leo bertemu dengan Echidina dan bertanya mengapa mereka menyerbu dunia manusia? Dan ada sebuah cerita yang tak terduga!

11. Heroine Tarumono!: Kiraware Heroine to Naisho no Oshigoto

heroine tsurumono_

Hiyori Suzumi pergi ke Tokyo dan meninggalkan kampung halamannya untuk mendaftar ke SMA Sakuragaoka, karena ingin mengejar hasratnya dalam bidang Atletik. Hiro mencari pekerjaan paruh waktu dan menjadi manajer untuk teman sekelasnya, Yuujirou dan Aizou Shibasaki yang merupakan duo grup idola LIPxLIP.

Ceritanya sendiri terfokus pada perjuangan Hiyori dengan kesehariannya di sekolah, kegiatan ekstrakurikuler dan pekerjaan paruh waktunya sebagai seorang manajer grup idol.

Padahal, Hiyori tidak tertarik dengan idol dan tidak ingin terlibat dalam dunia idol yang menyeramkan. Lantas, bagaimakah Hiyori menjalani hidupnya sebagai seorang manajer grup LIPxLIP?

12. Yatogame-chan Kansatsu Nikki 4th Season

yatogame_

Anime ini merupakan adaptasi dari komik empat strip yang ditulis dan diilustrasikan oleh Masaki Andou. Serial kali ini merupakan season ke-4 dan melanjutkan cerita pada season sebelumnya.

Jin Kaito adalah seorang siswa SMA yang dibesarkan di Tokyo. Jin Kaito pindah ke Nagoya dan bertemu dengan seorang siswi bernama Yatogame Monaka. Yatogame adalah seorang gadis yang memiliki penampilan seperti kucing dan dialek Nagoya yang mencolok.

Anime ini menampilkan sebuah komedi lokal yang sangat populer dengan penampilan Yatogame-chan yang lucu dan meningkatkan status Nagoya.

13. Kaginado Season 2

kaginado s2_

Anime ini menampilkan karakter-karakter yang menggemaskan dengan khas karakter chibi. Anime satu ini merupakan crossover anime yang menampilkan karakter chibi dari beberapa franchise oleh Key (studio visual novel Jepang), termasuk diantaranya adalah Kanon, Air, Clannad, Little Buster!, Rewrite, Planetary dan masih banyak lagi.

Ceritanya melanjutkan kisah kehidupan sekolah yang penuh cinta, impian dan harapan: pertemuan para bintang yang berkumpul di ‘Akademi Kagindo’. Kira-kira bagaimanakah kisah kelanjutan pertemuan para bintang yang penuh komedi dan drama ini?

14. Estab-Life: Great Escape

estab life_

Anime ini menceritakan kisah kehidupan di masa depan. Ketika populasi manusia semakin menyusut, dikembangkanlah AI untuk mengatur ekosistem dan dibuatlah sebuah eksperimen besar menggunakan rekayasa genetika, sehingga tidak hanya ada manusia saja, tapi ada juga beastmen, cyborg dan iblis yang hidup berdampingan.

Kehidupan di kota Tokyo dibagi ke dalam beberapa ‘kelompok’. Setiap kelompok memiliki budaya yang unik sesuai dengan orang-orang yang tinggal di sana. Semua kehidupan mereka dibatasi oleh AI untuk memastikan kelangsungan hidupnya. 

Namun, ada beberapa orang yang berusaha melarikan diri ke kelompok lain karena tidak bisa beradaptasi. Inilah kisah kelompok yang mencari nafkah dan membantu orang-orang yang ingin melarikan diri.

15. Onipan!

onipan_

Anime ini merupakan serial anime yang dibuat oleh Norihiro Naganuma yang disutradarai oleh Oota Masahiko dan diproduksi oleh Wit Studio. Onipan! adalah sebuah anime original yang menceritakan tentang kehidupan manusia dan iblis yang saling berdampingan. 

Tiga anak iblis pindah dari pulau iblis ke SMA Tokyo untuk memperbaiki hubungan manusia dan oni (iblis). Tiga anak iblis yang memiliki kekuatan yang disebut dengan ‘onipan’ ini, memanfaatkan kekuatan mereka untuk memperbaiki citra iblis.

Kadang-kadang mereka membantu orang, merevitalisasi kota, datang ke acara sekolah dan di lain waktu menjadi idola. Kisah tiga anak iblis yang hidup di dunia manusia pun dimulai!

16. Komi-san wa, Komyushou desu, 2nd Season

komi_
Tahun Rilis 2022
Genre , ,
Produksi
Sutradara
Pemeran Aoi Koga Gakuto Kajiwara

Komi san wa, Komyushou Desu atau yang dikenal juga dengan judul Komi Can’t Communicate ini merupakan anime yang sukses pada tahun 2021 lalu. Setelah menuai kesuksesan di season pertamanya, pada 23 Desember, Netflix mengumumkan akan merilis season keduanya pada April 2022.

Kisahnya sendiri masih fokus pada dua pemain utama, yakni Komi dan Tadano. Kira-kira bagaimanakah kisah kehidupan sekolah Komi selanjutnya? Dan bagaimanakah hubungan Komi dan Tadano di season kali ini?

17. Otome Game Sekai wa Mob ni Kibishii Sekai desu

otome game sekai_

Anime ini diadaptasi dari seri novel ringan karya Mishima Yomu dan Monda. Kisahnya fokus pada seorang laki-laki pekerja kantoran bernama Leon yang meninggal dunia. Kemudian, ketika Leon berinkarnasi, ia masuk ke dalam sebuah permainan video game simulasi kencan (Otome game) yang pernah dimainkannya.

Di dalam dunia game tersebut, sosok wanita adalah sosok yang paling berkuasa. Leon yang mengetahui tentang alur cerita dalam dunia game itu, memanfaatkan pengetahuannya tentang permainan yang pernah dimainkannya tersebut. 

Lantas, Leon menemukan sebuah item cheat Luxion dan kemudian mendaftarkan diri di Akademi Holtfort. Leon mencoba menjali kehidupan normal, tetapi ia terlibat dalam semua jenis plot dan berbaur dengan karakter lainnya yang ada di dalam otome game. Kira-kira bagaimanakah kehidupan Leon sekarang?

18. Love All Play

love all play_

Ceritanya adalah tentang karakter seorang laki-laki bernama Mizushima Ryou yang bergabung dengan klub bulu tangkis di sekolahnya. Meski pun klub tersebut tidak memiliki seorang pelatih hebat, Mizushima meningkatkan keterampilannya dengan kekuatan fisiknya sendiri pada saat ia berpartisipasi di turnamen prefektur.

Setelah itu, Mizushima didekati oleh seorang pelatih dari SMA Yokohama Minato, Ebihara. Mizushima merasa malu dan ragu-ragu untuk mengunjungi sekolah bergengsi tersebut. Namun, ia memberanikan diri setelah mendapatkan dorongan kuat dari kakak perempuannya, Rika.

Kini Mizushima memiliki seorang pelatih dan rekan satu tim yang istimewa. Ia pun mendapatkan pengalaman yang tidak dimiliki sebelumnya dan bertujuan untuk memenangkan turnamen yang lebih bergengsi lagi.

19. RPG Fudousan

rpg fudou_

Ceritanya dimulai 15 tahun setelah raja iblis dikalahkan dan dunia menjadi damai. Seorang gadis yang telah menjadi penyihir dan lulus dari sekolahnya, bertanya mengenai sebuah tempat yang dikenal dengan ‘RPG Real Estate’.

Kenyataannya, RPG Real Estate adalah tempat kerja Kotone bersama Rakira, Fa, dan Rufria, rekannya. Mereka bekerja membantu para pelanggannya untuk mencari properti bagus dengan berbagai tantangan yang tidak masuk akal. Mereka pun menggabungkan kekuatannya untuk membantu para pelanggan yang datang ke RPG Real Estate.

20. Shijou Saikyou no Daimaou, Murabito A ni Tensei suru

shijou saikyou_

Sebagai entitas paling kuat sepanjang masa, Raja Iblis Varvatos bereinkarnasi di dunia selama ribuan tahun untuk kemudian menjadi seorang penduduk desa bernama Ard Meteor. Tapi, di masa depan, kekuatan magis semakin menurun dan sihir dirinya pun melemah.

Lantas, Ard masuk ke sekolah sihir dengan seorang teman pertamanya dan teman masa kecilnya, Irina. Bisakah mantan Raja Iblis memiliki kehidupan yang damai dan biasa-biasa saja? Fantasi heroik sekolah yang bergejolak telah dimulai!

Itulah beberapa anime musim semi yang seru untuk mengisi waktu luang. Ceritanya yang beragam membuat penonton semakin punya banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Nah, kalau kamu punya saran anime lainnya, bisa tulis di kolom komentar, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram