Bacaterus / Film Anime / 7 Rekomendasi Anime Slice of Life yang Wajib untuk Ditonton

7 Rekomendasi Anime Slice of Life yang Wajib untuk Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 April 2019

Setelah kemarin membahas anime tentang masak yang seru dan bikin ngiler saat nonton, kali ini, Bacaterus akan membahas mengenai anime slice of life yang sarat akan pesan moral dan tentunya tidak membosankan alias tetap menarik untuk disimak.

Yup, dari sekian banyak judul anime bergenre slice of life yang dirilis, ada 7 anime slice of life terbaik versi Bacaterus yang kami rekomendasikan untuk kamu tonton. Anime apa sajakah itu? Daripada penasaran, simak langsung saja pembahasan berikut, ya.

1. Barakamon

barakamon-review

* sumber: www.ricedigital.co.uk

Barakamon berkisah tentang seorang kaligrafer bernama Seishuu Handa yang terpaksa harus pindah tempat tinggal, dari kota ke sebuah pulau terpencil. Seishuu dihukum ayahnya, Seimei Handa setelah meninju seorang kritikus kaligrafi senior pada saat pameran.

Di pulau tersebut, Seishuu tinggal di sebuah rumah yang sederhana. Di sana Ia bertemu dengan jalan hidupnya yang baru bersama teman-teman baru, yakni warga pulau tersebut. Seishuu juga bertemu dengan seorang bocah lucu bernama Naru yang akhirnya bersahabat dengannya. Tidak hanya dengan Naru, Seishuu juga berteman dengan beberapa bocah lain di tempat itu.

Selama tinggal di pulau tersebut, Seishuu menghabiskan waktunya untuk menulis kaligrafi. Ia ingin membuktikan pada ayahnya bahwa dirinya adalah seorang kaligrafer hebat dan kompeten. Seishuu berkali-kali gagal dalam membuat tulisan kaligrafi, namun dukungan dari teman-temannya di pulau itu membuat semangatnya membara lagi.

Anime ini nggak cuma mengajarkan kita tentang arti persahabatan, mengejar mimpi atau memaknai kehidupan semata, tetapi juga mengocok perut kita dengan semua adegan lucunya. Penasaran ingin menyaksikan kisah Seishuu dan teman-temannya? Tonton anime Barakamon sekarang juga.

2. Non Non Biyori

non non biyori

* sumber: lunaticmoe.blogspot.com

Kalau kamu ingin menonton anime slice of life yang tidak memiliki plot dan nyaris tak ada konflik cerita sama-sekali, kamu bisa menonton anime Non Non Biyori yang nyantai abis.

Anime ini bercerita tentang seorang anak kelas 5 SD bernama Hotaru yang pindah dari kota ke pedesaan. Serupa dengan Seishuu di Barakamon, Hotaru juga harus beradaptasi dengan lingkungan dan penduduk setempat.

Di sana, Ia menjadi satu di antara lima murid dari Asahigaoka Branch School, satu-satunya sekolah di desa tersebut. Yup, sekolah itu cuma punya total lima murid yang sebenarnya adalah murid dengan tingkatan kelas yang berbeda, tapi semua disatukan dalam satu kelas.

Mereka adalah Ren-chon, karakter lucu dan menggemaskan, kemudian ada Komari yang punya sifat kekanakkan namun kadang bersikap sok dewasa, selain itu ada juga Natsumi dan Kaede.

Kala menonton anime ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan di pedesaan yang jauh dari hiruk pikuk kota metropolitan. Anime ini mengajarkan tentang pelajaran kehidupan hingga manisnya pertemanan. Gimana, mau nonton Non Non Biyori? Hati-hati jatuh cinta sama si imut Ren-chon, ya. Nyanpasu!

3. Clannad

anime slice of life clannad

* sumber: luminosky.wordpress.com

Selanjutnya, ada Clannad. Anime yang juga bertema romance ini mengisahkan tentang seorang anak sekolah bernama Tomoya yang menyerah dengan kehidupan sekolahnya dan lebih senang bermalas-malasan. Hal ini bermula sejak keluarganya hancur dan ia gagal meraih mimpinya untuk menjadi seorang pemain basket karena tangannya cedera.

Tomoya yang bisa dibilang sudah kehilangan tujuan hidupnya, kemudian bertemu dengan Nagisa Furukawa, gadis yang juga duduk di kelas yang sama dengannya di sekolah. Pertemuan dengan Nagisa ibarat sebuah epifani bagi cowok ganteng ini. Ia seperti menemukan semangat baru dalam hidupnya.

Nagisa sendiri baru kembali ke sekolah saat pertama kali bertemu dengan Tomoya, setelah sebelumnya beristirahat dari kegiatan sekolah karena sakit. Bisa ditebak, kedua orang ini akhirnya saling jatuh hati.

Dalam anime ini, Tomoya dan Nagisa membantu teman-temannya yang memiliki masalah masing-masing dalam hidup mereka. Bahkan, sebenarnya Tomoya sendiri juga membantu Nagisa untuk meraih mimpinya menjadi pemain teater.

Oh ya, anime ini sangat wajib untuk kamu tonton, lho. Terlebih bila kamu menyukai cerita romansa yang sekaligus mengajarkanmu tentang makna kehidupan dan persahabatan. Nah, kalau mau menonton, jangan lupa siapkan tisu yang banyak, ya.

4. ReLIFE

RELIFE ANIME

Kebayang nggak, kalau kamu bisa balik lagi ke masa-masa SMA hanya dengan menenggak pil? Yep, inilah yang terjadi kepada Kaizaki Arata, seorang pria ganteng namun pengangguran yang merasa gagal menjalani kehidupan.

Kaizaki akhirnya memutuskan untuk mengikuti sebuah eksperimen dari sebuah perusahaan. Perusahaan tersebut menciptakan pil yang membuat orang dapat kembali ke kehidupan masa lalunya.

Nah, akhirnya setelah meminum pil tersebut, Kaizaki kembali menjadi anak SMA, namun jiwanya tetaplah pria berumur 28 tahun. Ia diberi kesempatan untuk memperbaiki hidupnya yang awut-awutan, dimulai dari masa SMA.

Ia harus bergabung dengan murid-murid lainnya, mengikuti kegiatan belajar mengajar untuk meraih nilai akademik yang bagus. Di SMA dia juga berteman dengan beberapa murid lainnya yang belajar di kelas yang sama.

Nah, penasaran gimana kisah perjuangan seorang cowok berusia 28 tahun yang balik lagi menjadi anak SMA untuk memperbaiki kehidupannya? Tonton langsung saja anime yang satu ini, ya!

5. Usagi Drop

usagi drop

* sumber: virtualverbal.com

Selanjutnya, ada Usagi Drop. Anime ini mengisahkan tentang seorang pria berumur 30 tahun bernama Daikichi yang dihadapkan pada kenyataan yang cukup rumit dalam hidup setelah sang Kakek meninggal dunia.

Kakeknya ternyata mengadopsi seorang anak perempuan bernama Rin. Sepeninggal sang kakek, tak ada satupun dari anggota keluarga Daikichi yang peduli terhadap gadis cantik berambut panjang itu. Akhirnya, Daikichi pun mau tidak mau harus mengasuh Rin sendirian.

Daikichi yang sama sekali tak memiliki pengalaman mengurus dan mendidik Anak, akhirnya harus belajar dari nol agar Ia bisa membesarkan Rin. Kira-kira, bisakah Daikichi melakukannya sendiri? Nah, jika kamu ingin tahu bagaimana perjuangan menjadi seorang single parent, anime yang satu ini bisa kamu tonton.

6. Working!!

working anime

* sumber: www.anditrisia.com

Working!! adalah anime slice of life yang menceritakan kisah dari seorang anak SMA bernama Souta yang bekerja paruh waktu di sebuah restoran cepat saji bernama Wagnaria. Di sana, Souta bertemu dengan rekan-rekan kerjanya yang memiliki kisah hidup, sifat unik dan tentu saja karakter yang berbeda- beda.

Salah satu dari rekan kerja Souta adalah Inami yang memiliki phobia terhadap cowok, sehingga saat bekerja, Inami hanya bisa melayani pelanggan cewek saja.

Oh ya, anime ini bercerita tentang rutinitas para tokohnya di Wagnaria. Anime Working!! adalah anime yang memiliki alur cerita yang ringan dan sarat humor yang menghibur. Kalau kamu bosan dengan anime bergenre slice of life yang berat, kamu bisa menonton anime ini.

7. Anohana

anohana

* sumber: www.kincir.com

Terakhir, ada Anohana. Anime ini menceritakan tentang persahabatan antara enam orang anak manusia yang terpaksa harus hancur karena meninggalnya salah satu sahabat mereka, Menma. Jintan, sang tokoh utama, kembali didatangi Menma sepuluh tahun setelah gadis cantik itu tiada. Yup, Menma kembali kepada Jintan dan teman-temannya dalam wujud arwah.

Meski begitu, anime ini tidak horor, kok. Malah cenderung sedih dan terkadang kita dibuat tertawa oleh tingkah konyol Menma. Oh ya, Jintan yang sudah kehilangan keakraban dengan sahabat-sahabatnya mencoba meyakinkan mereka bahwa Menma telah kembali, namun bukan dengan wujud manusia.

Nah, apakah para sahabatnya percaya? Simak langsung saja kisah Jintan, Menma dan para sahabatnya dalam anime slice of life, Anohana ya.

Itulah ketujuh rekomendasi anime slice of life dari sekian banyak anime bergenre sama yang wajib  untuk ditonton. Adakah salah satu di antara ketujuh anime dalam daftar yang menjadi anime favorit kamu?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar