Bacaterus / Film Anime / 10 Rekomendasi Anime Sepak Bola Paling Keren untuk Ditonton

10 Rekomendasi Anime Sepak Bola Paling Keren untuk Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 November 2019

Kultur populer Jepang seperti anime memang tidak pernah ada habisnya. Dari tahun ke tahun selalu muncul anime baru dengan cerita yang berbeda. Kartun ala Jepang ini menyuguhkan beragam genre yang bisa dinikmati oleh siapa saja.

Tahun 90-an dan 2000-an awal bisa dibilang sebagai kejayaan tayangan anime, karena banyak sekali disiarkan di beberapa stasiun televisi swasta di Indonesia.

Dari banyaknya genre anime yang telah ada, tema sepak bola merupakan salah satu yang favorit. Akibat kesuksesan tayangan Captain Tsubasa, satu persatu tayangan anime sepak bola pun muncul menghiasi layar kaca. Sejak saat itu, suguhan anime pun kembali marak dan menjadi hits lagi.

Untuk mengingat masa-masa seru dan menyegarkan kembali ingatan akan tayangan anime sepak bola, berikut ini Bacaterus sudah merangkum beberapa pilihan anime sepak bola paling keren yang bisa membuat kamu bernostalgia lagi.

1. Captain Tsubasa

Captain Tsubasa

* sumber: cryptotsuki.com

Tak salah jika menempatkan anime Captain Tsubasa di daftar rekomendasi pertama. Siapa yang tidak mengenal ketenaran anime ini? Sejak kemunculannya di tahun 1983, kartun ini telah banyak mengalami perubahan dari sisi cerita dan visualisasi grafis. Pada tahun 2018, Captain Tsubasa kembali hadir dengan tampilan yang lebih modern dan cerita yang sedikit dimodifikasi.

Versi terbaru tersebut tetap menceritakan perjalanan Tsubasa Ozora untuk menjadi pemain sepak bola yang hebat. Ceritanya pun kurang lebih sama, ia bergabung bersama tim sekolahnya Nankatsu hingga menjadi pemain Timnas Jepang. Sampai pada akhirnya, ia merumput di Liga Spanyol bersama Catalonia (Barcelona).

2. Shoot (Aoki Densetsu Shoot)

Poster Aoki Densetsu Shoot

* sumber: id.pinterest.com

“Toshi, apa kamu suka sepak bola?” ujar Kubo Yoshiharu, kapten tim sepak bola SMA Kakegawa kepada Toshi. Bagi Toshi, kalimat tersebut memilki jimat yang kuat pada dirinya.

Di saat ia merasa tertekan dalam sebuah pertandingan, perkataan itu selalu terngiang dalam pikirannya. Hal itu membuat jantungnya berdebar hebat, sehingga ia pun kembali semangat untuk memenangkan pertandingan.

Diceritakan bahwa Kubo meninggal dalam sebuah pertandingan yang hebat. Ia melewati 11 pemain, hingga akhirnya SMA Kakegawa menang 3-2 melawan SMA Kakekita. Namun anime ini tidak berfokus pada karakter yang bernama Kubo. Ia hadir sebagai tokoh yang sangat hebat dan inspiratif dalam perjalanan panjang cerita anime Shoot ini.

Kubo sendirilah yang menemukan bakat Toshi dengan tendangan kaki kirinya yang luar bisa. Sejak mengetahui bahwa Toshi memiliki bakat terpendam, Kubo mulai melatihnya dengan keras. Secara keseluruhan, cerita tetap berfokus kepada perjalanan Toshi bersama tim sepak bola SMA Kakegawa untuk memenangkan kejuaraan sepak bola.

3. Whistle!

Whistle

* sumber: www.akibanation.com

Diangkat dari manga karya Daisuke Higuchi, anime Whistle ini memiliki 39 episode. Shou Kazamatsuri adalah tokoh sentral dalam cerita kartun ini. Seperti halnya seorang anak yang menyukai sepak bola, ia pun memiliki mimpi untuk bisa menjadi pemain bola yang hebat.

Namun, dengan segala keterbatasannya, ia mengalami banyak kesulitan. Shou sendiri memiliki tubuh yang tidak terlalu tinggi dan skill bolanya pun biasa-biasa saja. Ia pindah sekolah dengan alasan ingin menjadi pemain inti di klub sepak bola. Shou selalu berlatih sendiri dan bekerja keras untuk meningkatkan kemampuannya.

Sampai pada akhirnya, Tatsuya Mizuno yang merupakan kapten klub bola tempat Shou berada, melatihnya dengan tekun. Mereka pun membangun kekuatan klub sepak bola sekolahnya, lalu merekrut pemain berbakat lainnya.

4. Offside

Offside

* sumber: anidb.net

Anime ini pernah tayang di salah satu tv swasta Indonesia beberapa tahun lalu. Menjadi tontonan yang seru pada zamannya, cerita anime ini masih berfokus pada perjalanan sebuah tim sekolah sepak bola tingkat SMA di Jepang.

Goro Kumagaya yang memiliki postur tubuh tinggi adalah karakter utamanya. Dengan ukuran tubuhnya itu, ia pun memiliki posisi bermain sebagai penjaga gawang.

Tak berselang lama menjadi seorang kiper, Goro pun mencoba posisi lain sebagai penyerang. Melihat potensi yang dimilikinya, kapten dari tim sepak bola SMA Kawako pun mencoba memainkannya di posisi striker. Bersama teman-temannya yang lain, Goro pun memimpin klub bola sekolahnya. Mereka pun berniat mengalahkan klub bola paling kuat, yaitu SMA Yokonan.

5. Kickers

Kickers

* sumber: alchetron.com

Jalan cerita anime ini tidak berfokus pada sebuah klub sepak bola tingkat SMP atau SMA. Anime Kickers memberikan nuansa lain yang menitikberatkan pada perjuangan sekelompok anak-anak sekolah dasar (SD). Walaupun begitu, menonton Kickers tetaplah seru dan menyenangkan. Kesan nostalgia akan terasa, karena ceritanya dekat dengan kehidupan anak-anak pada umumnya.

Secara garis cerita, anime ini menuturkan perjuangan sebuah klub sepak bola di SD Kitahara. Mereka bukanlah sebuah tim yang kuat dan selalu kalah dalam setiap pertandingan.

Ide untuk membubarkan klub bola di SD tersebut pun muncul, namun sang murid baru bernama Kakeru Daichi punya rencana lain. Ia membujuk semua teman-temannya untuk tidak patah semangat dan tetap bermain bola.

Dengan keahlian bermain bola yang hebat, Daichi pun membangun kembali klubnya tersebut. Ia merupakan seorang penyerang hebat dengan skill yang luar bisa. Lewat proses yang panjang, akhirnya klub bola SD Kitahara mulai memenangkan pertandingan satu demi satu.

6. Hungry Heart: Wild Striker

Hungry Heart Wild Striker

* sumber: www.animesave.com

Kano Kyosuke memiliki seorang kakak yang hebat dalam bermain bola. Kakaknya tersebut adalah seorang pemain andalan Timnas Jepang, dan merumput di Liga Italia bersama AC Milan. Namun, kondisi seperti itu membuat Kano merasa risih karena sering disandingkan dengan kakaknya. Tidak suka akan perlakuan seperti itu, Kano memutuskan untuk berhenti bermain sepak bola.

Sebagai teman satu sekolahnya, Sujiwaki Miki dan Mori mulai membujuk Kano agar terus bermain bola. Melihat usaha keras dari mereka, Kano akhirnya bermain bola kembali. Ia lalu memilih nomor punggung 9 di klub sekolahnya. Perjalanannya sebagai seorang penyerang pun dimulai. Kano pun menjelma menjadi seorang striker yang hebat dan mulai keluar dari bayang-bayang kakaknya.

7. Area No Kishi (The Knight In The Area)

Area No Kishi

* sumber: animanga.es

Memberikan cerita drama yang cukup menyentuh, anime ini menyuguhkan kisah yang menarik untuk diikuti. Suguru Aizawa mempunyai seorang adik bernama Kakeru Aizawa. Mereka berdua memiliki minat yang sama terhadap permainan sepak bola. Namun, sang adik selalu merasa tidak berbakat dalam olahraga tersebut, dan justru sang kakak lebih pandai dalam bermain bola.

Karena merasa minder, Kakeru malah menekuti bidang lain, yaitu menjadi manajer tim sepak bola di sekolahnya. Suguru pun selalu memberikan motivasi kepada adiknya, bahwa ia memiliki bakat sepak bola yang luar biasa. Mereka pun bertengkar hebat, sehingga pada satu momen, kedua saudara ini mengalami sebuah kecelakaan yang merubah kehidupan mereka.

Kakeru selamat dari kecelakaan tersebut namun tidak dengan kakaknya. Ia sangat sedih mengetahui kakaknya menyelamatkan dirinya. Suguru mendonorkan jantungannya agar Kakeru yang sedang sekarat bisa terus hidup. Setelah musibah itu, dengan jantung Suguru yang ada dalam tubuhnya, Kakeru berlatih mengasah kemampuannya untuk mewujudkan mimpi sang kakak.

8. Giant Killing

Giant Killing

* sumber: myanimelist.net

Mengambil sudut pandang yang berbeda, anime Giant Killing memberikan cerita segar dalam anime sepak bola yang pernah ada. Jika selama ini yang menjadi fokus utama cerita adalah seorang pemain bola, dalam kisah ini perspektif itu diambil alih oleh seorang karakter pelatih. Jika kamu bosan dengan premis anime bola yang itu-itu saja, kartun ini bisa menjadi alternatif lain yang menghibur.

Secara keseluruhan, anime ini menceritakan seorang pelatih muda bernama Tatsumi Takeshi. Semasa menjadi pemain bola bersama dengan East Tokyo United, ia menjadi pemain bintang dan hebat. Namun kali ini, Tatsumi harus melatih klubnya tersebut, dan membangkitkan kembali prestasi dari mantan klubnya.

Dengan strategi jitu yang dia miliki, Tatsumi mulai membangun kekuatan dalam klub barunya tersebut. Selain harus memenangkan setiap pertandingannya, ia pun harus menghadapi tekanan dari suporter fanatik East Tokyo United.

9. Fantasista

Fantasista

* sumber: animanga.es

Konsep cerita dari anime ini masih sama dengan genre kartun sepak bola lainnya. Fantasista menuturkan kisah dari seorang pemuda bernama Teppei Sakamoto. Ia ingin sekali merasakan atmosfer bermain di liga-liga top Eropa. Sebuah perjalanan yang tidak mudah tentunya. Namun dengan mimpi yang kuat, Sakamoto terus berlatih untuk mewujudkannya.

Sakamoto bergabung dengan klub sepak bola SMA Mizumoto. Di klub tersebut ternyata banyak sekali pemain-pemain yang hebat. Dengan kondisi seperti itu, Sakamoto semakin bersemangat untuk mengasah skill-nya lebih bagus lagi. Dalam perjalanannya, akhirnya ia berhasil bermain di Liga Italia bersama klub AC Milan. Ia pun menjadi salah satu andalan di Timnas Jepang.

Anime ini memilki sekuel yang berjudul Fantasista Stella. Dalam seri keduanya, anime ini menghadirkan karakter pemain bola asli, yaitu Keisuke Honda. Ceritanya berfokus kepada Sakamoto dan Honda saat berada di Timnas Jepang. Mereka harus berjuang membawa negaranya masuk ke Piala Dunia 2014 di Brazil.

10. Ginga E Kick Off

Ginga E Kick Off

* sumber: lostinanime.com

Anime ini menceritakan tentang perjuangan Oota Shou dalam membentuk sebuah tim sepak bola. Klub bola yang ia bela, Momoyama Predators, terancam bubar karena kekurangan pemain. Ia mempunyai teman seorang anak perempuan bernama Takatou Erika. Temannya tersebut jago bermain bola dan berposisi sebagai pemain tengah.

Mereka berniat mengumpulkan pemain sepakbola berbakat di sekolahnya. Tujuannya agar Momoyama Predators tidak menjadi bubar. Selain pemain, mereka pun membutuhkan seorang pelatih untuk membimbing klub bolanya tersebut. Satu persatu pemain berhasil dikumpulkan, lalu ada satu anak perempuan lagi yang bergabung. Ia bernama Saionji Reika, berposisi sebagai libero.

Menghadirkan karakter perempuan dalam suatu klub bola, membuat jalan cerita anime ini cukup inspiratif. Bisa dibilang Ginga E Kick Off menawarkan cerita sepak bola tanpa terbatas sebuah gender. Keterwakilan pemain bola perempuan dalam kisah kartun ini menjadi hal yang sangat unik.

Itulah 10 rekomendasi anime sepak bola pilihan buat kamu. Kira-kira dari semua judul tersebut, judul anime mana yang langsung membuat kamu bernostalgia? Cerita anime memang mempunyai episode yang banyak, jadi kamu harus punya waktu luang untuk menamatkan setiap serialnya. Jangan sampai kelewatan setiap episodenya, selamat menonton ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar